Home

Pilih Mana: Vinilex atau Dulux?

Pemilihan cat tembok atau cat dinding pada rumah akan sangat berpengaruh untuk kualitas pada dinding itu sendiri misalnya ketahanan pada cat atau ketahanan tembok pada saat kondisi hujan dan lain sebagainya. Kedua dari banyaknya merek cat tembok yang bisa menjadi rekomendasi untuk kamu adalah Vinilex dan Dulux

Vinilex dan Dulux memiliki kualitas yang sangat baik dan ketahanan yang tinggi, banyak orang yang memilih kedua cat tembok ini untuk membuat rumah mereka menjadi lebih cantik dan nyaman ketika berada dirumah, lalu bagaimana dengan kamu?

Apakah kamu sedang ingin berganti warna cat tembok? Kalau iya, pada artikel kali ini sangat cocok sekali untuk kamu, karena saya akan membahas mengenai kedua cat tembok tersebut yang bisa menjadi rekomendasi untuk kamu guys. Selamat membaca.

Vinilex

Terdapat beberapa macam tipe cat bangunan yang ditawarkan oleh Nippon Paint, salah satunya adalah Nippon Paint Vinilex atau yang biasa disebut dengan Vinilex saja. Cat Vinilex merupakan salah satu produk cat tembok keluaran Vinilex yang banyak diminati dan paling laris di pasaran. Baca juga Pilih Mana: Kem-Tone atau Avitex?

Cat Vinilex berbahan dasar resin kopolimer vinyl akrilik yang mempunyai kualitas tinggi. Apabila dibandingkan dengan merk cat dinding lainnya, Cat Vinilex ini termasuk cat tembok yang mempunyai daya tahan sangat baik dan sampai saat ini banyak menjadi pilihan untuk orang sehingga memiliki rumah yang nyaman dan cantik.

Kelebihan Vinilex

  • Memiliki produk yang bebas merkuri
    Salah satu kelebihan cat Vinilex dari Nippon Paint adalah memiliki produk yang bebas dari merkuri dan timbal. Produk tersebut yaitu Nippon Vinilex Fresh. Varian cat Vinilex ini dapat melindungi dinding interior dari bakteri yang mengganggu kesehatan dan kebersihan. Cat ini juga telah di tes oleh Japan Food Research Laboratories. Hasil tes tersebut menyatakan bahwa cat ini layak untuk melindungi lingkungan dari bakteri seperti MRSA, E-coli dan Staphylococcus Aureus berguna untuk mencegah asma, flu dan diare. Dengan demikian, cat ini ideal untuk digunakan pada tempat pengolahan makanan serta sekolah karena relatif lebih aman.
  • Memiliki varian cat yang dapat dicuci
    Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh cat Vinilex memiliki varian cat yang dapat dicuci atau dapat dengan mudah dibersihkan. Nama varian cat Vinilex yang dapat dicuci yaitu Nippon Vinilex Super Easy Wash. Selain mudah untuk dicuci, cat ini juga memiliki teknologi anti pudar dan lebih cepat kering. Cat ini dapat digunakan untuk eksterior maupun interior wah bagus sekali ya guys kelebihan yang satu ini.
  • Sudah sangat terkenal
    Vinilex ini adalah tipe cat dari Nippon Paint yang sudah dikenal oleh banyak orang, karena cat tembok ini bisa dibilang cat nomor 1 yang terlaris di Indonesia.

Kekurangan Vinilex

  • Masih mengandung VOC yang tinggi
    Kekurangan lainnya yang dimiliki oleh cat Vinilex adalah masih memiliki kandungan VOC yang tinggi. Kandungan VOC ini dapat memberikan dampak yang buruk untuk perkembangan anak. Jika kamu mementingkan keamanan sebaiknya kamu menggunakan cat yang tidak hanya memiliki kualitas yang baik. Tapi juga yang aman ketika terpapar oleh anak.
  • Belum menyediakan produk dengan warna yang berkilau
    Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh cat Vinilex adalah belum menyediakan cat yang memiliki warna yang berkilau seperti yang disediakan oleh cat Catylac. Karena pada cat Vinilex ini hanya memiliki varian dengan warna yang matte atau doff saja.
  • Belum ada green label
    Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh cat Vinilex adalah belum mendapatkan sertifikat green label. Sertifikat ini didapat jika produk dianggap ramah terhadap lingkungan, tetapi merek cat tembok Vinilex ini belum mendapatkan sertifikat ini.
KeteranganVinilex
BrandVinilex
Rekomendasi cat tembokVinilex interior dan eksterior berbahan dasar resin kopolimer vinyl akrilik yang berkualitas tinggi. Dengan keunggulan tahan disikat 1.200 kali, warna tahan lama, anti pudar, anti jamur, cepat kering, dan minimal cipratan ketika aplikasi.
Harga cat tembokRp. 40.000 ukuran 1 kg dan Rp. 600.000 ukuran 25 kg (per September 2019)

Dulux

Dulux adalah suatu merek cat bangunan yang tersedia di seluruh dunia. Merek Dulux telah digunakan baik oleh ICI sejak tahun 1931 dan menjadi salah satu dari cat berbasis-alkid pertama.

Cat ini diproduksi oleh AkzoNobel (sebelumnya Imperial Chemical Industries) walaupun pasar Amerika Serikat saat ini dilayani oleh PPG. Di Australia dan Selandia Baru, merek ini diproduksi oleh DuluxGroup, yang terpisah dari ICI sebagai suatu perusahaan independen sejak tahun 1998.

Cat Dulux ini banyak menjadi pilihan orang karena kualitasnya yang baik dan mudah dibersihkan, dan juga cat tembok Dulux ini banyak pilihan warna yang bervariasi yang bisa kamu sesuaikan dengan keinginan kamu.

Kelebihan Dulux

  • Noda pada dinding mudah dibersihkan
    Untuk interior Dulux ini ada varian Pentalite, Easy Clean dan Catylac Dulux. Keunggulan dari produk Dulux misalnya Easy Clean adalah noda pada dinding mudah dibersihkan. Kalau untuk eksterior Dulux ada Water Shield. Keunggulan Water Shield diantaranya mengurangi panas hingga lima persen derajat celcius dan memantulkan suhu dinding rumah. Sedangkan untuk ketahanan warna baik eksterior maupun interior kami klaim bisa tahan hingga lima tahun.
  • Memiliki banyak varian dan warna cat
    Salah satu kelebihan cat Dulux adalah memiliki varian dan warna yang lebih banyak. Varian cat Dulux baik eksterior maupun interior jauh lebih banyak ini dapat memudahkan pembeli dalam memilih. Orang juga dapat dengan mudah mendapatkan cat sesuai dengan apa yang mereka harapkan.
  • Memiliki varian cat anti rembes
    Keunggulan lainnya yang dimiliki oleh cat Dulux adalah varian Dulux Aqua Shield yang dimiliki oleh cat Dulux lebih baik dalam melindungi tembok dari rembesan air dan mencegah kebocoran. Dulux Aqua Shield adalah varian cat Dulux yang berfungsi menjadi pelapis anti bocor berkualitas tinggi yang memberikan perlindungan maksimal dari kebocoran dan rembesan air sehingga rumah kamu terlindungi dari air lebih lama. Hal ini telah dibuktikan dengan hasil tes AkzoNobel Global Exterior team.
Lihat juga:  10 Merk Lem Besi Terbaik 2020

Kekurangan Dulux

  • Harga mahal
    Kekurangan yang pertama dari cat tembok Dulux ini adalah harga yang ditawarkan atau dijual memiliki harga yang cukup tinggi, tetapi hal ini tidak menjadi penghalang bagi orang yang memang sudah percaya dengan cat tembok satu ini.
  • Memiliki tekstur yang lebih cair
    Dibandingkan dengan cat Mowilex, tekstur cat Dulux memang sedikit lebih cair. Hal ini membuat kamu membutuhkan lebih banyak cat untuk melapisi dinding sehingga cat akan lebih cepat habis. Jika tekstur cat tersebut cair, kamu perlu melapisi dinding dengan cat lebih sering agar cat tampak lebih baik.
  • Masih mengandung VOC yang tinggi
    Salah satu kekurangan cat Dulux adalah kadar VOC yang terkandung masih tinggi. Kandungan VOC ini dapat memberikan dampak yang buruk untuk perkembangan anak. Jika kamu mementingkan keamanan sebaiknya kamu menggunakan cat yang tidak hanya memiliki kualitas yang baik. Tapi juga yang aman ketika terpapar oleh anak.
KeteranganDulux
BrandDulux
Rekomendasi cat tembokDulux Ambiance cat dinding khusus untuk interior premium yang cocok untuk kamu memiliki rumah yang terlihat elegan dan mewah.
Harga cat tembokRp. 250.000 untuk ukuran 2.5 liter (per September 2019)

Tips Memilih Cat Rumah

Karena banyaknya beragam warna cat rumah, tentunya ini menjadi salah satu masalah yang cukup sulit bagi kamu untuk menentukan warna yang akan kita pilih. Namun tentunya dalam memilih warna cat untuk rumah, kamu harus mempertimbangkan terlebih dahulu warna yang cocok untuk rumah kamu. Hal ini tentunya juga berhubungan dengan lokasi dimana tempat tinggal kamu.

Seperti contohnya jika rumah kamu berada di kawasan perkebunan, jangan sampai kamu mengaplikasikan cat warna gelap karena akan membuat tampilan rumah kamu cenderung gelap. Sebaliknya, aplikasikan warna-warna yang cerah untuk membuat tampilan rumah kamu terkesan lebih terang.

Tentunya, ada beberapa tips memilih warna cat rumah agar membuat tampilan rumah kamu tampak lebih menarik. Dalam hal ini tentunya ada proses kombinasi warna yang dapat menghasilkan warna-warna pastel yang cukup lembut. berikut contoh kombinasi pada warna, misalnya kombinasi warna putih dan juga biru terang tentunya akan menghasilkan warna biru muda yang tampak menarik.

Warna ini dapat disebut juga sebagai warna pastel karena cenderung menghasilkan warna yang kalem dan juga soft pada dinding rumah kamu. Perpaduan warna ini juga dapat diaplikasikan pada dinding interior maupun eksterior di rumah kamu. Selain lembut, kombinasi warna ini juga dapat memberikan kesan yang sejuk seperti berada di pantai.

Pilih Mana: Vinilex atau Dulux?

VinilexDulux
Kelebihan- Memiliki produk yang bebas merkuri - Memiliki varian cat yang dapat dicuci - Sudah sangat terkenal - Noda pada dinding mudah dibersihkan - Memiliki banyak varian dan warna cat - Memiliki varian cat anti rembes
Kekurangan- Masih mengandung VOC yang tinggi - Belum menyediakan produk dengan warna yang berkilau - Belum ada green label - Harga mahal - Memiliki tekstur yang lebih cair - Masih mengandung VOC yang tinggi

Kesimpulan

Kedua cat tembok yang sudah dijelaskan di atas, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pilihlah cat tembok sesuai dengan keinginan kamu. Tetapi pada artikel kali ini saya akan lebih merekomendasikan kamu untuk menggunakan cat Vinilex karena kualitasnya pada cat tersebut yang lebih aman.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Vinilex vs Dulux

VS

Leave a Reply