Aplikasi

Pilih Mana: Viu atau Tribe?

Sejak dulu, drama Korea telah memiliki tempat sendiri di hati masyarakat Indonesia. Perkembangan internet yang semakin cepat juga semakin memudahkan pecinta drama Korea untuk mendapatkan drama kesayangan mereka tersebut. Berbagai aplikasi streaming yang menyediakan drama Korea telah banyak dan dapat digunakan. Dua di antara aplikasi tersebut yaitu Viu dan Tribe. Lalu, manakah yang paling baik untuk digunakan menonton drama Korea? Viu atau Tribe?

Viu merupakan aplikasi streaming video yang sudah dikenal memiliki koleksi drama Korea yang banyak. Maka dari itu, tidak mengherankan jika pecinta drama Korea kerap menggunakan aplikasi ini. Namun, aplikasi lain yang juga dianggap menyediakan banyak drama Korea adalah Tribe. Tribe hadir untuk menjawab kebutuhan para penggunanya.

Viu

Viu adalah aplikasi Premium untuk menonton video film atau drama Korea terbaru dan berbagai film lainnya. Anda dapat menonton sesuai keinginan untuk menontonnya melalui berbagai perangkat seperti ponsel, tablet dan desktop. Selain itu, Anda juga bisa menonton video secara online atau mengunduhnya terlebih dahulu untuk kemudian menyaksikan secara offline. Baca juga Pilih Mana: Viu atau HOOQ?

Kelebihan Viu

Berikut kelebihan Viu yang perlu Anda ketahui:

  • Koleksi Drama Asia Lengkap

Dari drama Korea, Jepang, Indonesia, Mandarin bahkan India pun tersedia pada aplikasi ini. Tidak hanya drama, ada juga film layar lebar Indonesia yang disediakan oleh Viu.

  • Pengkategorian yang Rapi

Viu membuat dan menampilkan kategori film dengan rapi. Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah memilih kategori film ketika bingung untuk memilih film yang akan ditonton. Anda bisa memilih berdasarkan kategori yang ditawarkan, seperti Hot Viu, action, thriller, romantic-comedy, drama, atau reality show.

  • Mendapat Gratis 30 Hari

Pada saat setelah mendownload aplikasi ini, Anda akan mendapatkan gratis 30 hari. Jadi Anda dapat melakukan streaming dan download drama atau film free kapan pun dan di manapun selama kita masih terhubung dengan internet. Untuk memperpanjangnya, Anda akan memasuki menu Viu Premium. Dengan berlangganan Viu Premium ini berarti Anda bisa mengakses tanpa batas semua film dan drama yang terbaru dari Viu. Anda tetap bisa mengakses dan menonton meskipun tidak berlangganan tapi aksesnya jadi sangat terbatas.

  • Menikmati Viu dengan Download atau Streaming

Anda dapat melakukan download dan streaming dengan aplikasi Viu ini. Untuk download atau streaming, Anda akan ditawari 2 versi, yaitu : HD (Hi-Definition) atau SD (Standard) yang akan memengaruhi kualitas gambar drama yang kita tonton nanti.

  • Substitle Viu Bisa Dinikmati 8 Jam Setelah Drama Ditayangkan

Untuk penggemar drama Korea dan film-film lainnya, kadang substitle merupakan elemen yang sangat penting dalam menonton film agar kita dapat mengetahui drama atau film tersebut. Kalau di Viu, substile langsung bisa dinikmati 8 jam setelah tayang di Korea. Ini termasuk waktu yang relatif cepat.

  • Pemilihan Pembayaran

Pemilihan pembayarannya bisa berbagai cara. Anda dapat menggunakan cara yang paling mudah. Bagi Anda yang tidak memiliki kartu debet dengan bank yang tertera atau bahkan tidak memiliki kartu kredit, Anda bisa melakukan pembayaran melalui Indomaret atau Alfamart terdekat. Dengan kode unik, nanti aplikasi Viu Premium bisa langsung diaktifkan.

Kekurangan Viu

Berikut kekurangan Viu yang harus Anda ketahui:

  • Internet Harus Kuat

Untuk mendapatkan gambar dengan kualitas yang baik, Jaringan internet harus sangat kuat. Jika Anda tidak menggunakan wifi atau Anda berada pada tempat dengan kondisi internet yang kurang baik, maka sulit sekali untuk bisa melakukan streaming dengan kualitas gambar yang baik.

  • Boros Kuota

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, untuk mendapatkan gambar dengan kualitas yang baik jaringan internet Anda harus kuat. Jika Anda menggunakan kuota untuk streaming atau download video, kuota Anda akan cepat habis karena Viu memakan banyak kuota. Sebenarnya, hal ini sesuai dengan kualitas gambar yang ditampilkan.

  • Film Indonesia Belum Update

Pecinta Korea tidak akan memiliki keluhan terhadap Viu, karena drama Korea yang ditampilkan Viu terbilang cukup lengkap. Namun sayangnya, film-film lokal belum update di Viu. Film yang ditampilkan adalah film-film yang sudah lama.

Kelebihan ViuKekurangan Viu
- Memiliki koleksi drama yang lengkap- Internet harus kuat
- Pengkategorian yang rapi- Boros kuota
- Pilihan pembayaran yang mudah- Film Indonesia belum update

Tribe

Operator telekomunikasi PT XL Axiata Tbk (XL) resmi meluncurkan layanan video streaming Tribe di Indonesia. Secara tidak langsung, Tribe akan menjadi layanan streaming lokal yang patut dipertimbangkan. Tribe dibuat sebagai aplikasi streaming video atau film yang disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Kelebihan Tribe

Berikut kelebihan Tribe yang perlu Anda ketahui:

  • Harga

Diketahui, Tribe menawarkan biaya langganan Rp.25 ribu untuk per bulannya. Bahkan, XL menawarkan akses gratis selama 30 hari pertama untuk pengguna Tribe. Layanan streaming ala XL tersebut bisa dinikmati melalui aplikasi MyXL di Play Store dan App Store. Ini merupakan harga yang terbilang cukup rumah untuk aplikasi streaming video.

  • Dukungan Perangkat

Agar bisa menyaksikan konten secara maksimal di Tribe, maka perangkat yang digunakan minimal sudah sistem operasi Android versi 4.4 dan iPhone minimal tipe 5S, tentunya sudah mendukung jaringan 4G LTE.

  • Memiliki Koleksi yang Beragam

Selain memiliki koleksi drama Korea, Tribe memiliki koleksi film di luar drama Korea yang cukup beragam. Berikut beberapa koleksi yang dapat Anda tonton secara langsung saluran berlangganan di Indonesia: K+ Asia, tvN Asia, KBS World, OhK TV Asia, Fox Sports, Aniplus, Celestial Movies, TARA HD, KIX, Thrill, EGG Network. Dikutip dari Liputan6.com Tribe bukan hanya menyediakan konten yang beragam, tetapi konten yang relevan dengan konsumen Indonesia.

  • Tidak Berat saat Mempercepat Film

Pada saat Anda ingin mempercepat film, Anda dapat melakukannya tanpa ada kesulitan atau berat saat mempercepat film tersebut. Anda dapat melakukannya dengan lancar dan tanpa mengganggu film yang sedang diputar.

Kekurangan Tribe

Berikut kekurangan Tribe yang perlu Anda ketahui:

  • Tidak Bisa Diputar Melalui PC

Salah satu kekurangan Tribe adalah tidak bisa diputar melalui PC. Tentunya hal ini tidak memberikan kemudahan kepada penggunanya. Pengguna akan merasa kurang nyaman untuk menonton melalui aplikasi ponsel saja. Pastinya menonton film ataupun video dari layar PC akan lebih baik ketimbang menonton dari layar ponsel.

  • Awal Membuka Aplikasi Agak Lama

Pada saat baru selesai mendownload aplikasi Tribe, ketika Anda membuka aplikasi tersebut Anda akan membutuhkan waktu agak lama. Namun pada saat aplikasi telah dibuka, Anda dapat menggunakannya dengan lancar. Anda hanya membutuhkan waktu yang lama saat membukanya di awal.

  • Koleksi Drama Korea Kurang Lengkap

Jika dibandingkan dengan Viu, koleksi drama Korea pada Tribe terbilang hanya sedikit dan tidak selengkap di Viu. Hal ini bisa jadi dikarenakan Viu memiliki hak langsung menayangkan drama-drama Koreanya. Tentunya hal ini berbeda dengan Tribe yang merupakan pihak ketiga dan hanya meneruskan menayangkan drama Korea dari saluran TV berlangganan Indonesia. Rekaman drama Korea biasanya harus menunggu satu minggu setelah penayangannya di saluran TV berlangganan Indonesia.

Kelebihan TribeKekurangan Tribe
- Harga relatif murah- Tidak bisa diputar melalui PC
- Memiliki koleksi yang beragam- Membutuhkan waktu yang agak lama saat membuka aplikasi
- Tidak berat saat mempercepat film Koleksi drama Korea kurang lengkap- Koleksi drama Korea kurang lengkap

Pilih Mana: Viu atau Tribe?

Di atas telah dipaparkan perbedaan antara Viu dan Tribe. Kedua aplikasi ini memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Perbedaan antara kedua aplikasi tersebut telah kami rangkum pada tabel berikut:

ViuTribe
- Dapat diputar pada semua perangkat- Tidak bisa diputar pada PC
- Memiliki koleksi drama Korea yang lengkap - Memiliki koleksi yang lebih beragam
- ilm Indonesia belum update- Film Indonesia lebih update

Kesimpulan

Dari pemaparan mengenai Viu dan Tribe, dapat disimpulkan bahwa aplikasi yang paling baik untuk digunakan menonton atau mendownload drama Korea adalah Viu. Koleksi drama Korea yang dimiliki Viu jauh lebih lengkap dibandingkan Tribe. Tribe menawarkan koleksi lain seperti film-film lokal. Untuk mengakses Viu Anda memerlukan jaringan internet yang kuat dan kuota yang banyak.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Viu vs Tribe

VS

Leave a Reply