Smartphone

Pilih Mana: Vivo V15 Pro atau Vivo V15?

Tidak lama setelah kemunculan Vivo V15 di Indonesia, Vivo merilis versi lebih canggih dari ponsel keluaran Vivo tersebut, yakni V15 Pro. Dibandingkan dengan Vivo V15 reguler, Vivo V15 Pro memiliki persamaan seperti penggunaan kamera pop-up untuk selfie dengan sensor 32 megapiksel dan sama-sama menggunakan konfigurasi tiga kamera belakang. Pada artikel kali ini akan kita bahas lebih lanjut mengenai kedua smartphone tersebut agar kita lebih mengetahui perbedaannya.

Vivo V15 Pro

V15 Pro merupakan salah satu smartphone unggulan terbaru dari Vivo yang mengandalkan kemampuan kamera depan dan belakangnya. Vivo mengusung layar yang benar-benar penuh pada smartphone kelas menengah terbarunya ini. Dari segi hardware pun, Vivo V15 Pro ini menggunakan chipset yang memiliki performa yang tangguh. Baca juga Pilih Mana: Vivo V15 atau Samsung A50?

Desain Vivo V15 Pro

Smartphone ini memiliki layar yang benar-benar memenuhi bagian depannya tanpa hadirnya poni atau punch hole sama sekali. Sementara bodi belakangnya terlihat menawan berkat warna gradasinya.

Meskipun warna dan desain bodi belakangnya menarik, Tetapi noda sidik jari mudah menempel sehingga sebaiknya pengguna Vivo V15 Pro langsung menggunakan casing tambahan agar dapat melindungi bodinya, baik dari noda, debu, maupun goresan.

Kamera depan smartphone ini terletak di bagian dalamnya dan akan naik apabila penggunanya mengambil foto selfie atau melakukan video call. Sementara pada bagian belakangnya, terdapat 3 kamera utama dan LED Flash.

Vivo V15 Pro memiliki layar dengan desain Ultimate All-Screen dengan resolusi Full HD+ (2316 x 1080 piksel) yang benar-benar memenuhi bagian depan tanpa hadirnya poni dan punch hole sehingga penggunanya dapat melihat video, foto, maupun game dengan area yang luas.

Layar pun tampak menawan berkat kamera depannya yang menggunakan sistem pop-up sehingga ditempatkan di bagian dalamnya. Sementara itu, layarnya ini menggunakan teknologi Super AMOLED yang terang dan tajam sehingga memanjakan saya ketika melihat konten di dalamnya.

Performa Vivo V15 Pro

Vivo V15 Pro dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 675 Octa-core (2×2.0 GHz Kryo 460 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 460 Silver), RAM 6 GB, dan storage internal 128 GB yang bisa ditambahkan microSD.

Dengan kombinasi hardware ini, pihak Vivo mengklaim bahwa Vivo V15 Pro memiliki performa yang bertenaga tangguh pada saat menjalankan aplikasi maupun game. Apalagi chipset tersebut menggunakan teknologi proses 11nm sehingga hemat dalam menggunakan daya baterai.

Vivo V15 Pro ini juga dilengkapi dengan baterai yang berkapasitas 3700 mAh dengan teknologi Lithium Polymer yang diklaim oleh pihak Vivo mampu bertahan lama untuk pemakaian aplikasi sehari-hari.

Vivo V15

Vivo V15 dikabarkan sebagai ponsel perdana Vivo dengan kamera pop-up 32 megapiksel. Kamera depan Vivo V15, yang merupakan salah satu nilai jual ponsel ini, bisa muncul ketika dibutuhkan untuk memotret selfie maupun video call dan akan “bersembunyi” ketika tidak digunakan Dengan tertanamnya kamera selfie di dalam sebuah modul motorized camera, maka ponsel Vivo V15 pun mengusung desain layar berbingkai yang tipis, disebut teknologi Ultimate All Screen.

Dengan begitu, Vivo V15 pun diklaim memiliki rasio screen-to-body hingga 90,95 persen. Ukuran layar Vivo V15 sendiri berukuran 6,53 inci dengan resolusi full HD+ dan aspect ratio 19,5:9. Di bagian belakang, Vivo V15 dilengkapi tiga kamera dan sebuah LED flash. Masing-masing kamera memiliki sensor 13 megapiksel, 8 megapiksel, dan 5 megapiksel. Ada juga sensor pemindai sidik jari yang juga terletak di belakang ponsel.

Lihat juga:  Pilih Mana: Oppo A37 atau A71?

Desain Vivo V15

Dengan Mengangkat kamera depan pop-up, Vivo V15 dapat tampil dengan layar berukuran penuh yang tidak terpotong poni atau lubang. Ini berarti tidak ada konten yang terpotong saat memutar video, bermain game, atau saat melihat-lihat feed Instagram. Vivo menyebutnya sebagai Ultimate All Screen.

Dengan desain ini, bodi Vivo V15 tetap simple walaupun menggunakan layar berukuran 6,53 inci yang lega. Ini penting bagi Anda yang sering mengantongi ponsel di saku celana. Layar IPS Full HD yang tajam dan berukuran sedikit lebih besar dibandingkan ponsel lain di kelasnya terasa nyaman saat digunakan untuk membaca artikel dan menikmati video YouTube.

Estetika desain tetap jadi prioritas Vivo, yang memberikan pilihan warna biru dan merah untuk V15. Tidak hanya mewah, kedua warna ini juga masih tergolong jarang ditemukan di ponsel lainnya.

Anda juga dapat mengatur temperatur warna layar menjadi lebih hangat (kuning) atau lebih adem (biru) saat sinar matahari terik di siang hari. Dari sisi ergonomi, desain Vivo V15 termasuk nyaman digenggam.

Dalam paket penjualan V15, Vivo memberikan case transparan yang lebih baik dari biasanya. Sisi-sisi case terbuat dari karet hitam yang cukup tebal untuk mengurangi efek buruk dari benturan atau jatuh. Dengan bodi yang cukup lebar, pengoperasian menggunakan satu tangan agak kurang nyaman bagi yang memiliki telapak tangan yang agak kecil.

Performa Vivo V15

Dari segi performa Vivo V15 membekali chipset Mediatek Helio P70 dan RAM 6GB. Ini merupakan ponsel kedua di Indonesia yang menggunakan chipset terbaru Mediatek tersebut, setelah Realme U1. Dari sisi benchmark, prosesor ini setara dengan Qualcomm Snapdragon 660.

Tetapi dari penggunaan sehari-hari, prosesor Snapdragon 660 (ditemukan di Vivo V11 Pro) sedikit lebih unggul dari segi grafis.Vivo V15 dapat menjalankan berbagai game tanpa kendala. Kalian dapat memainkan PUBG Mobile pada setting grafis High. Turunkan ke setting grafis Medium, game berjalan dengan mulus dan lancar.

Pilih Mana: Vivo V15 Pro atau Vivo V15?

Vivo V15 Pro Vivo V15
Kelebihan - Performa kencang - Hasil foto kamera depan dan belakang bagus - Fingerprint dan face unlock cepat- Desain layar penuh tanpa poni yang berukuran besar - Prosesor kencang dengan manajemen panas yang baik - Hasil foto kamera belakang amat baik di kondisi cahaya terang
Kekurangan - Tidak ada NFC - Debu dan noda sidik jari mudah menempel- Tidak adanya night mode atau sejenisnya mengurangi kualitas hasil foto saat malam hari - Tidak ada face unlock

Kesimpulan

Dari artikel di atas kita dapat tarik kesimpulan kalau kalian menginginkan untuk memiliki smartphone dengan kamera pop-up otomatis, maka Vivo V15 dan Vivo V15 Pro ini adalah pilihan yang tepat untuk kalian. Tetapi, Jika kalian gemar menonton film atau seri di Netflix, serta streaming video via YouTube, Kalian dapat memilih Vivo V15 Pro. Sementara untuk Vivo V15 dapat kalian jadikan sebagai pilihan alternatif atau ingin memilih smartphone dengan harga yang lumayan murah dari Vivo V15 Pro.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Vivo V15 Pro VS Vivo V15

VS

Leave a Reply