Smartphone

Pilih Mana: Vivo V9 atau Vivo Y91?

Vivo merupakan sebuah perusahaan elektronika asal Dongguan, Guangdong, Tiongkok. Perusahaan ini adalah anak dari BBK Electronics. Dikomandoi oleh Shen Wei, perusahaan ini lebih dikenal dengan perusahaan yang memproduksi smartphone nya di Indoesia, Karena berbagai produk smartphone dari Vivo ini selalu mendapat sambutan hangat dari konsumen Indonesia. Salah satunya produk Vivo V9 dan Vivo Y91.

Meski dihadirkan mengusung pasar yang sedikit berbeda, Namun keduanya kerap kali di sandingkan. Bagi kalian yang penasaran mengetahui perbandingan di antara Vivo V9 dan Vivo Y91 ini. Tenang saja! Pada artikel kali ini kami sudah mengulas lebih dalam keduanya berdasarkan spesifikasi dan kelebihan, kekurangan yang dimilikinya. Stay Tune!

Vivo V9

Perbedaan paling terlihat pada Vivo V9 ini berada pada sisi desain yang kekinian. Layar berukuran 6,3 inci-nya menyisakan secuil takik yang menjorok di atas layar, mirip dengan “poni” atau notch yang juga hadir di beberapa smartphone merek lain saat ini. Notch tersebut digunakan sebagai rumah earpiece dan sensor kamera depan 24 megapiksel dengan bukaan f/2.0.

Besaran resolusi kamera ini sejatinya sama dengan seri sebelumya. Hanya saja, kali ini telah dilengkapi teknologi artificial intelligence (kecerdasan buatan/AI).

Fitur AI beauty ini dapat mengidentifikasi usia, jenis kelamin, warna kulit, tekstur dan kondisi cahaya sekitar, sehingga disebut bisa menghasikan foto selfie yang natural dan jelas meskipun dalam kondisi low-light, dengan pengaturan pencahayaan pada wajah. Baca juga Pilih Mana: Vivo Y91C atau Samsung Galaxy A10?

Performa Vivo V9

Vivo V9 mengandalkan prosesor Qualcomm, Snapdragon 626, namun di Indonesia masih mengandalkan Snapdragon 450, yang mana umum digunakan ponsel papan tengah. Dipadankan dengan RAM 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB yang bisa ditambah hingga 256 GB dengan  memory eksternal.

Untuk sensor, Vivo V9 menawarkan jajaran sensor yang terbilang lengkap. Accelerometer, Orientation Sensor, Light Sensor, Proximity Sensor, serta Gyroscope bisa dikatakan sudah memadai untuk kebutuhan umum pengguna smartphone. Tersedia juga fingerprint scanner untuk fitur keamanan dari smartphone ini.

Sistem operasi yang digunakan Vivo di smartphone ini adalah Android 8.1 Oreo dengan UI Funtouch OS 4.0. Beberapa fitur khas seperti Game Mode dan Motorbike Mode, Smart Split, Smart Motion, One-Handed Mode, serta App Clone ditawarkan Vivo di smartphone ini.

Kelebihan Vivo V9

  • Daya tahan baterai yang cukup lama
    Vivo V9 ini dilengkapi dengan baterai yang berkapasitas 3260 mAh sehingga daya tahannya lebih lama dibandingkan dengan miliki Vivo V7 yang mempunyai baterai 3000 mAh. Bisa dibilang daya tahan baterainya pun akan bertahan lama berkat hadirnya prosesor Snapdragon yang lebih irit baterai.
  • Dilengkapi dua kamera utama
    Selain dari segi kapasitas baterainya, kelebihan yang lain yang dimiliki Vivo V9 ini yaitu dibekali dengan dua kamera utama yang memiliki kualitas bagus. Bahkan dengan hadirnya dukungan dua kamera ini memungkinkan kalian untuk mengambil foto dengan efek bokeh (background blur).
  • Terdapat fitur face access
    Dengan adanya fitur face acces ini memungkinkan penggunanya dapat membuka kunci smartphone hanya dengan menggunakan wajahnya saja. Bahkan Vivo mengklaim bahwa smartphone ini mampu mengenali wajah hanya dalam waktu 0,1 detik saja.

Kekurangan Vivo V9

  • Baterai tidak dapat dilepas
    Meskipun baterai non-removable banyak digunakan smartphone masa kini, namun apabila baterainya tidak dapat dilepas maka akan menyebabkan masalah ketika smartphone sedang mengalami hang. Meskipun dapat menekan tombol power selama 10 detik ketika hang.
  • Berbahan polikarbonat
    Untuk smartphone Vivo V9 yang dibandrol dengan harga kisaran Rp 3 juta sampai Rp 4 juta, Vivo V9 hanya menggunakan bodi belakang dengan bahan polikarbonat. Tetapi, Vivo dapat lebih berusaha lagi untuk menyediakan bodi belakang berbahan logam. Karena banyak smartphone lain yang di bandrol dengan harga serupa sudah menyediakan bodi yang berbahan logam.
  • Tidak terdapat NFC
    Saat ini teknologi NFC sudah banyak digunakan untuk aktivitas sehari-hari, mulai dari transfer data, cek saldo emoney, hingga pengisian e-money. Namun, sayangnya pada Vivo ini tidak membekali V9 dengan teknologi NFC yang seharusnya sudah ada di smartphone kisaran Rp 3 juta sampai Rp 4 juta.

Vivo Y91

Vivo menghadirkan ponsel baru dengan spesifikasi yang wah namun dijual dengan harga yang terbilang murah. Ponsel itu bernama Vivo Y91 dan membawa keunggulan di sektor daya serta kamera. Vivo Y91 ini sendiri adalah ponsel yang masih satu kelas dengan ponsel Vivo lainnya seperti Vivo V71 misalnya.

Smartphone Vivo Y91 ini sudah berbedar di pasaran dan bisa kamu dapatkan dengan mudah secara online. Ponsel ini dibanderol dengan harga di bawah Rp 2 juta dengan paket penjualan yang terdiri dari ponsel, charger kabel data Micro USB, serta bonus sebuah casing transparan.

Performa Vivo Y91

Spesifikasi atau pun fitur yang akan dibawa Vivo Y91, tampaknya memang satu hal yang harus kita kenali. Bukan tanpa alasan mengingat smartphone mid-range buatan Vivo ini memang hadir dengan bekalan keunggulan yang tak bisa disepelekan begitu saja. Dimana, kali ini Vivo Y91 akan mengusung layar seluas 6.22 inci HD+ yang dipastikan bakal memberikan visualisasi yang cukup mumpuni di kelas mid-range.

Lihat juga:  Pilih Mana: Oppo A1K atau Oppo A3S?

Selain itu, smartphone asal Cina ini juga akan dibekali dengan chipset Snapdragon 439 Octa Core yang dinilai cukup handal dalam memberikan performanya. Sementara itu di sisi lain, dalam hal fitur, kali ini Vivo Y91 memang akan hadir dengan bekalan kamera utama ganda 13 MP + 2 MP dan kamera depan 8 MP. Sehingga, para pemula dapat merasakan langsung hasil kamera yang beresolusi tinggi.

Smartphone Vivo Y91  ini hadir dengan bodi ideal yang mana memiliki dimensi 155.1 x 75.1 x 8.3 mm dengan bobot ringan 163.5 gram.

Kelebihan Vivo Y91

  • Layar lebar dengan notch kecil
    Vivo Y91 mengusung layar berukuran 6,22 inch dengan resolusi HD+ atau 1520× 720 pixels. Panel yang digunakannya adalah IPS dengan 16 juta warna. Tampilan yang lebar ini disebut Vivo sebagai Ultra All Screen. Selain itu, ukuran notch-nya juga semakin diperkecil dan membuat layar terasa lebih lebar namun tetap nyaman dan mudah dioperasikan.
  • Desain dengan gradasi warna yang cantik
    Body belakang ponsel ini dibalut dengan gradasi warna yang cantik dan mengkilap. Vivo Y91 Starry Black misalnya, warna hitamnya yang pekat dipadukan dengan warna biru terlihat sangat elegan. Dilihat dari sisi manapun, body ponsel ini tetap nyaman dilihat. Selain itu, desain body-nya yang melengkung membuat perangkat ini tetap nyaman saat digenggam.
  • Harga yang lebih terjangkau
    Vivo Y91 ini dibandrol dengan harga Rp 1,9 jutaan saat pertama dirilis. Dengan berbagai kelebihan yang sudah disebutkan di atas, ponsel ini cukup terjangkau dan memuaskan untuk dimiliki. Daya tahannya yang cukup lama serta dual kamera belakangnya yang cukup memukau.

Kekurangan Vivo Y91

  • Kapasitas memori yang kecil
    Kekurangan yang pertama yaitu terdapat pada ukuran memori yang digunakan pada smartphone Vivo Y91 cukup kecil, yaitu RAM 2 GB dan ROM 16 GB. Belum lagi memori sebesar itu terpakai oleh sistem dengan jumlah cukup banyak. Untuk itu, kalian harus hemat-hemat dalam konsumsi memori jika perangkat ingin tetap berjalan lancar. Namun, untuk ROM kamu masih bisa memperluasnya lagi hingga 256 GB menggunakan Micro SD (dedicated slot).
  • Tidak terdapat headset dalam paket pembelian
    Pada paket penjualan Vivo Y91, kalian tidak akan mendapatkan headset yang bisa kamu gunakan untuk mendengarkan audio atau menelepon. Oleh sebab itu, kalian harus mengeluarkan uang lagi untuk aksesoris tersebut. Walaupun demikian, absennya headset sudah tergantikan dengan casing transparan sebagai proteksi tambahan untuk ponsel tersebut.
  • Prosesor kurang ngebut
    Prosesor yang ada pada smartphone Vivo Y91  ini merupakan chipset keluaran terbaru dari Qualcomm yaitu, Snapdragon 439. Meskipun dapat menjalankan aplikasi ringan tanpa masalah, chipset ini tetap memiliki performa yang kurang memuaskan, terutama dalam hal bermain game. Vivo Y91 akan sering mengalami frame drop dan kurang lancar menjalankan game berat.

Vivo V9 vs Vivo Y91

Spesifikasi Vivo V9 Vivo Y91
Penyimpanan 64 GB 32 GB
Kamera 16 MP + 5 MP 13 MP + 2 MP
Baterai 3260 mAh 4030 mAh
Tampilan 6,3 "(16 cm) 6,22 "(15,8 cm)
Ram 4 GB 2 GB
Kinerja Snapdragon 626 MediaTek Helio P22

Pilih Mana: Vivo V9 atau Vivo Y91?

Vivo V9 Vivo Y91
Kelebihan- Daya tahan baterai yang cukup lama - Dilengkapi dua kamera utama - Terdapat fitur face access - Layar lebar dengan notch kecil - Desain dengan gradasi warna yang cantik - Harga yang lebih terjangkau 
Kekurangan- Baterai tidak dapat dilepas - Berbahan polikarbonat - Tidak terdapat NFC - Kapasitas memori yang kecil - Tidak terdapat headset dalam paket pembelian - Prosesor kurang ngebut

Kesimpulan

Telah kita bahas pada artikel di atas mengenai Vivo V9  dan Vivo Y91, dimana keduanya merupakan smartphone keluaran dari Vivo yang pastinya kualitas dan spesifikasi smartphonenya tidak perlu diragukan lagi. Tetapi dari artikel di atas pula sudah kita bandingkan keduanya dan dapat kita simpulkan bahwa Vivo V9  dan Vivo Y91 mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Perbedaan yang terlihat yaitu dari segi harganya dimana harga Vivo V9 berkisar sekitar 3-4 juta, sedangkan Vivo Y91 sekitar 1,9 juta per Oktober 2019. Oleh sebab itu dapat kalian sesuaikan dengan budget dan kebutuhan kalian untuk memilih di antara keduanya ya!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Vivo V9 vs Vivo Y91

VS

Leave a Reply