Smartphone

Pilih Mana: Vivo Y12 atau OPPO A5S?

Smartphone merupakan perangkat yang menjadi kebutuhan manusia sehari-hari untuk mengerjakan setiap pekerjaan dan aktivitas lainnya. Untuk itu dibutuhkan performa dan spesifikasi smartphone yang baik namun dengan harga yang terjangkau, contohnya seperti Vivo Y12 dan OPPO A5S.

Vivo Y12 dan OPPO A5S merupakan smartphone yang saat ini tengah populer di kalangan anak muda karena menunjang untuk aktivitas game mobile sehari-hari.

Pada artikel kali ini, Selera.id akan mengulas lebih dalam mengenai Vivo Y12 dan OPPO A5S yang bisa kamu jadikan referensi dan perbandingan dalam memilih smartphone andalan sehari-hari. Stay tune guys!

Vivo Y12 atau OPPO A5S

Vivo Y12

Dengan menyematkan GPU PowerVR GE8320 dengan paduan clock speed 2.0 GHz Helio P22 octa-core milik MediaTek, perangkat ini sanggup bertahan dengan multitasking yang banyak. Sedangkan untuk RAM perangkat ini memakai RAM 3 GB dengan kapasitas ROM 64 GB.

Bila kapasitas memori internal masih belum cukup untuk memuaskan dahaga. Perangkat ini juga menyediakan slot microSD card sebagai eksternal memori yang bisa ditingkatkan menjadi 256 GB untuk mengakomodasi berbagai file.

Y12 juga hadir dengan Funtouch OS 9, yakni sistem operasi yang disesuaikan pada Android 9.0. Kamu bisa melakukan hal apapun dengan lebih gampang bersama Y12. Baca juga Pilih Mana: Vivo S1 Pro atau Z1 Pro?

Kamera Vivo Y12

Vivo sepertinya sudah move on dari modul kamera ganda. Pasalnya, ponsel kelas menengah barunya ini, walaupun bukan model andalan, sudah dibekali 3 kamera belakang. Modul kamera tersebut mempunyai konfigurasi kamera utama 13 MP PDAF, kamera ultrawide 8 MP, serta sensor kedalaman 2 MP.

Di bagian depan, di dalam waterdrop notch­, terdapat kamera selfie tunggal. Untuk mengoptimalkan mutu foto selfie pada kamera tersebut, Vivo menyematkan sensor beresolusi 8 MP di dalamnya, lengkap dengan lensa berbukaan besar, f/2.2.

Perangkat ini pula telah dilengkapi dengan fitur AI Face Beauty untuk mempercantik serta mempertajam hasil foto.

Vivo Y12 atau OPPO A5S

Baterai Vivo Y12

Vivo Y12 dibekali dengan kekuatan yang sangat besar yaitu 5.000 mAh. Dalam perangkat ini tersedia fitur AI untuk menekan daya, sehingga baterai dapat tahan lama.

Ada hal sedikit mengganjal pada perangkat ini, yaitu fitur pengisian daya yang masih standar. Belum didukung dengan fitur fast charging, membuat perangkat ini butuh waktu lama dalam mengisi daya baterai.

Fitur Vivo Y12

  1. Ultra Game Mode
    Ultra Game Mode didesain khusus untuk memberikan kamu pengalaman bermain game yang lebih mengasyikkan. Mainkan e-sports layaknya professional dengan Competition Mode, yang mengalokasikan sumber daya serta memprioritaskan performa game kamu.
  2. Fingerprint
    Pada bagian proteksi dalam perangkat ini memakai fingerprint yang berada di bagian belakang. Merupakan buah dari kerja dari sensor biometrik. Untuk bagian depan perangkat ini juga sudah tersemat suatu fitur face unlock.

Kelebihan Vivo Y12

  • Kamera mumpuni
    Walaupun dijual dengan harga amat terjangkau, vivo Y12 telah dilengkapi dengan dukungan kamera yang cukup menarik. Walaupun tidak membawa resolusi yang besar, perangkat ini telah dilengkapi dengan kamera utama dengan 3 buah lensa yang mempunyai kualitas cukup baik.
  • Baterai besar
    Kapasitas baterai yang mencapai 5.000 mAh juga menjadi daya tarik tersendiri. Dengan kapasitas baterai yang cukup besar ini, kamu dapat menjalani aktivitas harian sampai bermain game dengan lebih nyaman.
  • Sudah bluetooth 5.0
    Menariknya, walaupun hadir di kelas bawah, vivo Y12 telah dilengkapi dengan teknologi Bluetooth 5.0. Dengan Bluetooth versi baru tersebut, perangkat itu bisa lebih cepat dalam memindahkan data serta mempunyai jangkauan yang lebih luas.

Kekurangan Vivo Y12

  • Belum ada pelindung layar
    Meski vivo Y12 mempunyai layar yang cukup luas, tetapi sayangnya dalam layar 6, 35 inci tersebut, vivo belum mempunyai lapisan pelindung layar. Padahal, smartphone-smartphone yang dijual lebih murah, beberapa telah memilikinya.
  • Belum ada fitur fast charging
    Kekurangan selanjutnya adalah belum adanya fitur fast charging yang membuat orang jadi berpikir dua kali untuk membelinya. Baterai 5.000 mAh memang dirasa besar, namun sayang jika tidak disematkan fast charging juga di dalamnya.
  • Performa kurang mumpuni
    Soal kinerja, vivo Y12 ditenagai dengan chipset produksi MediaTek, yaitu Helio P22. Untuk yang belum tahu, chipset tersebut merupakan chipset yang dikembangkan oleh MediaTek untuk menjadi dapur pacu untuk smartphone budget. Padahal bila mau mempertimbangkan, terdapat beberapa smartphone yang mempunyai chipset lebih bertenaga di rentang harga yang sama.

OPPO A5S

OPPO A5S sudah dilengkapi dengan chipset MediaTek Helio P35 Octa-core, RAM 2 GB, dan storage internal 32 GB yang bisa ditambahkan microSD sampai 256 GB. Dengan kombinasi hardware ini, pihak OPPO mengklaim kalau A5S sanggup berjalan dengan mudah dalam pemakaian normal.

Dalam pengujian AnTuTu, OPPO A5S berhasil mendapatkan skor 84.547 poin. Sedangkan pada pengujian Geekbench, perangkat ini mendapatkan skor 911 poin untuk pengujian Single-core serta 3. 892 poin untuk pengujian Multi-core. Dapat dibilang, performa smartphone ini sanggup bersaing di kelas entry-level.

Lihat juga:  Pilih Mana: Xiaomi Redmi Note 4 atau Xiaomi Redmi 4X?

Vivo Y12 atau OPPO A5S

Kamera OPPO A5S

Kamera utama yang bercokol di belakang A5S memiliki resolusi 13 MP (AF) dengan aperture f/2.2, berdampingan dengan kamera 2 MP dengan aperture f/2.4 sebagai depth sensor. Sedangkan, untuk aktivitas selfie, video call, serta face unlock mengandalkan kamera 8 MP dengan aperture f/ 2.0.

Terdapat 4 mode utama yang disematkan, yakni portrait untuk foto dengan efek bokeh, photo serta video yang dilengkapi fungsi optical zoom 2x, dan pano.

Baterai OPPO A5S

Perangkat yang satu ini sudah dibekali dengan baterai 4.230 mAh. Dengan kapasitas baterai sebesar itu, OPPO A5S diklaim sanggup bertahan selama 13,5 jam ketika penggunanya menyaksikan video atau 17 jam dalam pemakaian normal.

Fitur OPPO A5S

  1. Fingerprint
    OPPO A5s ini sudah dilengkapi dengan sensor fingerprint di bagian belakangnya yang memudahkan konsumennya membuka kunci cuma memakai sidik jari. Smartphone ini mengizinkan konsumennya untuk memasukkan 5 sidik jari berbeda secara bersamaan.
  2. Face Unlock
    OPPO A5s juga menghadirkan fitur Face Unlock yang memungkinkan konsumennya bisa membuka kunci memakai wajah. Seperti smartphone lainnya, OPPO A5S cuma mengizinkan satu wajah didaftarkan pada fitur yang satu ini.

Kelebihan OPPO A5S

  • Desain kekinian
    Smartphone besutan OPPO juga senantiasa tampil dengan konsep menawan serta kekinian. OPPO A5S ini memiliki cover belakang yang dibuat seolah-olah dilapisi kaca, sehingga tampilannya terasa lebih premium. HP ini juga telah mengusung notch berbentuk waterdrop di bagian depan layarnya. OPPO A5S ini juga memiliki bezel yang cukup tipis sehingga layarnya terasa semakin luas.
  • Dual kamera
    Seperti yang telah kita tahu, OPPO terkenal sebagai produsen HP dengan kamera yang cocok untuk selfie serta berfoto ria. Tidak terkecuali OPPO A5S ini. HP ini dibekali dengan lensa 13 MP yang telah didukung auto fokus, dan satu lensa kamera tambahan berukuran 2 MP untuk sensor kedalaman dan foto dengan efek bokeh, alias background blur.
  • Performa bagus di kelasnya
    HP ini cocok jika dipakai untuk aktivitas ringan seperti aktif di jejaring sosial atau sekedar menonton video via YouTube, sampai chatting dengan aplikasi messenger. Untuk memainkan game ringan tertentu juga masih bisa.

Kekurangan OPPO A5S

  • Masih memakai USB tipe mikro
    OPPO A5S ternyata juga mempunyai kekurangan tersendiri, nih. Satu di antaranya yaitu, port USB-nya yang masih memakai USB bertipe mikro yang tergolong jadul. Sementara umumnya HP yang ada sekarang sudah memakai USB tipe-C dengan kecepatan transfer data yang lebih cepat serta lebih baik.
  • Tidak kuat air serta debu
    Satu kekurangan lainnya yang dipunyai HP ini yaitu, tidak adanya teknologi water resistant. Sehingga HP ini tidak mempunyai ketahanan terhadap air maupun debu. Nah, kamu mesti berhati-hati kala memakai HP ini.
  • Tidak ada sistem stabilisas di sektor kamera
    Seperti yang kita ketahui, HP ini dilengkapi dengan dual kamera di bagian belakang bodinya, dan satu kamera untuk berfoto selfie yang terletak pada notch di bagian depan. Lensa kamera yang ada pada HP ini memang sudah tergolong cukup untuk penuhi kebutuhan kamu.
Spesifikasi Vivo Y12OPPO A5S
GPUPowerVR GE8320PowerVR GE8320
OSAndroid 9 (Pie) ColorOS 5.1 (Android Oreo)
Resolusi layar720 x 1544 pixels720 x 1520 pixels
Baterai5.000 mAh4.230 mAh
Bobot 170 gram 170 gram
Harga per Desember 2019Rp 1.980.000,-Rp 1.999.000,-

Pilih Mana: Vivo Y12 atau OPPO A5S?

Vivo Y12OPPO A5S
Kelebihan- Kamera mumpuni - Baterai besar - Sudah bluetooth 5.0 - Desain kekinian - Dual kamera - Performa bagus di kelasnya
Kekurangan- Belum ada pelindung layar - Belum ada fitur fast charging - Performa kurang mumpuni - Masih memakai USB tipe mikro - Tidak kuat air serta debu - Tidak ada sistem stabilisas di sektor kamera

Kesimpulan

Setelah membahas Vivo Y12 dan OPPO A5S tadi diatas, dapat disimpulkan bahwa kedua smartphone ini cukup bisa diandalkan untuk aktivitas kamu sehari-hari. Harga yang ditawarkan pun cukup ekonomis sehingga tak heran bila banyak remaja yang menyukai smartphone ini. Tentukan smartphone andalan kamu sehari-hari sesuai selera dan kebutuhan. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Vivo Y12 vs OPPO A5S

VS

Leave a Reply