Smartphone

Pilih Mana: Vivo Y17 atau Redmi Note 7?

Setelah Redmi Note 7 beberapa waktu lalu hadir di pasar menengah smartphone Indonesia kedatangan lagi smartphone dengan spesifikasi yang menggoda. Pada artikel kali ini akan kita bahas mengenai kedua smartphone Vivo Y17 atau Redmi Note 7 dan akan kita lihat perbandingannya dari segi Desain dan performanya.

Vivo Y17

Vivo Y17 adalah salah satu smartphone keluaran dari Vivo yang baru saja masuk di Indonesia. Perangkat yang satu ini bermain di kelas menengah dengan spesifikasi hardware menarik. Selain mempunyai baterai berkapasitas besar, Vivo Y17 ini dilengkapi dengan kombinasi tiga buah kamera belakang yang membuatnya mampu menghasilkan foto dengan menarik. Selain itu kamera depannya juga mempunyai resolusi yang besar. Baca juga Pilih Mana: Oppo A5s atau Vivo Y93?

Desain Vivo Y17

Vivo Y17 mempunyai desain bodi yang cukup menarik, yaitu dengan layar besar dan body berwarna gradasi. Ukuran layar Vivo Y17 sedikit lebih besar dari beberapa smartphone sekelas, dimana perangkat ini memiliki ukuran layar 6,35 inci. Smartphone ini juga terlihat lebih tebal, karena Vivo Y17 juga mengusung kapasitas baterai yang besar. Sehingga pasti membutuhkan ruang yang lebih besar di bodi perangkat.

Desain Vivo Y17 cukup mewah, sekilas tampak seperti kaca. bobot Vivo Y17 ini juga cukup berat yaitu sekitar 190gram. Pada bagian frame juga terasa sangat kokoh, jauh dari kesan smartphone murahan. Meskipun memang Vivo memasarkan produk ini sebagai kelas menengah mereka, tetapi build quality yang ada bahkan terasa lebih baik dari seri Vivo V terdahulu, seperti V9 maupun V11.

Layar Vivo Y17 tentunya mengusung FullView display dengan rasio 19,9:9, dimana screen to bodi rasio yang dimilikinya yaitu 81.4%. Bezel di bagian sisi-sisi layar masih tampak cukup besar terutama untuk sisi bagian bawah. Di bagian atas layar hanya terlihat sensor kamera dan tidak ada lampu LED terpasang.

Beralih ke sisi bagian belakang, terdapat fingerprint dengan modul berbentuk kotak di bagian belakang. Sedangkan untuk kamera, terpasang di sudut kiri bagian atas. Kamera menjadi salah satu keunggulan yang ada di Vivo Y17, dimana smartphone ini mengusung triple kamera dengan setup kamera normal, kamera wide, dan kamera depth sensor. Pada bagian kamera terlihat aksen berwarna emas yang tentunya menambah estetika tampilan smartphone dan adapun logo Vivo tertera di bagian bawah.

Untuk tombol dan port, seperti biasa di sisi kanan terdapat tombol power dan volume. Di sisi bagian kiri terdapat slot SIMcard (dual SIM standby + MicroSD). Di sisi bagian bawah terdapat port jack 3,5 mm, lubang microphone, slot MicroUSB, dan juga grill speaker.

Performa Vivo Y17

Performai Vivo Y17 sudah cukup mengakomodir. Dimana smartphone ini memiliki layar 6,35 inci dengan resolusi HD+ (720x1544p). Namun meski menggunakan resolusi yang tidak begitu tinggi, tapi visbilitas layar dari Vivo Y17 cukup baik dan memiliki tingkat kecerahaan yang cukup tinggi.

Adapun SoC yang digunakannya adalah Helio P35 Octa-core (4×2.3 GHz Cortex-A53 & 4×1.8 GHz Cortex-A53 + GPU PowerVR GE8320) dari MediaTek. Sekilas dari dua spesifikasi tersebut, paduan layar dan SoC yang digunakan akan menghasilkan performa yang lebih baik dan juga daya baterai yang lebih awet. Smartphone ini memiliki RAM berkapasitas 4GB serta internal storage sebesar 128GB. Dengan memori yang besar tersebut, tentunya cukup untuk menyimpan berbagai file multimedia baik foto maupun video.

Untuk urusan kamera, Vivo Y17 dibekali dengan kamera utama 13 MP aperture f/2.2 dan sistem auto fokus PDAF. Lalu ditambah kamera wide angle dengan sensor 8 MP, f/2.2, dan juga kamera depth sensor 2MP.

Lihat juga:  8 Feature Phone Terbaik 2021

Kapasitas baterai Vivo Y17 yang besar juga menjadi keunggulan utama yang diusung VIvo. Dimana smartphone ini dibekali dengan baterai berkapasitas 5000mAh. Selain itu smartphone ini juga dapat mendukung pengisian dengan sistem dual charging. Adapun maksimal daya output pada adaptor charger saat mengisi yaitu 18W atau 9V/2A.
Vivo Y17 dilengkapi dengan sistem keamanan fingerprint dan juga face unlocked.

Untuk kelengkapan sensor, terdapat sensor Accelerometer, Ambience Light, Proximity, compass, dan juga Gyroscope. Soal konektivitas, smartphone ini juga sudah mendukung jaringan 4G untuk semua provider di tanah air. Selain itu dilengkapi dengan konektivitas Wi-Fi 802.11 b/g/n, WiFi Direct, hotspot, dan Bluetooth 5.0, A2DP.

Redmi Note 7

Sejak launching pertama di China beberapa waktu lalu, Redmi Note 7 menjadi salah satu ponsel yang ditunggu-tunggu para penggemarnya di tanah air. Karena di kabarkan memiliki kamera utama beresolusi 48 megapiksel, menjadi nilai jual utama Xiaomi.

Xiaomi Redmi Note 7 merupakan handphone HP dengan kapasitas 4000mAh dan layar 6.3″ yang dilengkapi dengan kamera belakang 48 + 5MP dengan tingkat densitas piksel sebesar 409ppi dan tampilan resolusi sebesar 1080 x 2340pixels. Dengan berat sebesar 186g, handphone HP ini memiliki prosesor Octa Core.

Desain Redmi Note 7

Redmi Note 7 memiliki bodi yang terbuat dari kaca berukuran 159.21 x 75.21 x 8.1mm. Perusahaan tersebut mengklaim bahwa Redmi Note 7 memiliki bodi yang kokoh dan tahan lama (mudah-mudahan pernyataan ini benar). Sementara, terdapat 2.5D Corning Gorilla 5 panel kaca dengan ketebalan 0.8mm tambahan di bagian depan dan belakang.

Layar Redmi Note 7 6,3 inci dan dibekali rasio aspek 19,5: 9 dan resolusi full HD+ 2340 x 1080 pixel. Layar membawa dukungan untuk kecerahan 450-nits, rasio kontras 1.500: 1, keterbacaan matahari dan mode pelindung mata. Ukuran bezel sampingnya dikurangi menjadi 1.95mm.Sementara itu, dibagian belakang terdapat dual-camera yang berjejer secara vertikal dan flash dibawahnya.

Performa Redmi Note 7

Redmi Note 7 mengandalkan chip Snapdragon 660 dengan clockspeed 2.2 GHz. “Kami menggunakan AnTuTu benchmark untuk mengukur kinerja Redmi Note 7 dan menghasilkan skor 144.441 poin,” klaim Steven. Ada dua model memori yang tersedia yakni RAM 3 GB dan memori internal 32 GB, serta RAM 4 GB dan memori internal 64 GB. Xiaomi berjanji akan membawa varian RAM 6 GB dan memori internal 64 GB ke Indonesia di kemudian waktu.

Sementara itu, tertanam baterai 4000mAh yang siap membantu aktivitas ponsel seharian penuh dengan pemakaian wajar. Redmi Note 7 juga merupakan smartphone Redmi pertama yang sudah dibekali dengan USB Type-C dan dukungan Quick Charge 4.0.

Pilih Mana: Vivo Y17 atau Redmi Note 7?

Vivo Y17 Redmi Note 7
Kelebihan - Berkapasitas baterai yang besar - Pilihan kamera yang banyak - Memory yang besar- Kamera 48 MP - Kapasitas baterai besar - Layar yang luas
Kekurangan- Belum USB type-c - Resolusi kamera yang rendah- Slot hybrid - Kamera depan tanpa LED flash

Kesimpulan

Bisa kita simpulkan dari artikel di atas bahwa kedua smartphone ini Vivo Y17 dan Redmi Note 7 hadir dari perusahaan yang berbeda yang pasti mempunyai keunggulannya masing-masing. Oleh sebab itu, dapat anda pilih sesuai dengan spesifikasi dan fitur yang anda ingin dapatkan. Jika kalian ingin mendapatkan desain smartphone yang kekinian Vivo Y17 dapat menjadi pilihan, dan jika kalian ingin desain yang lebih gagah Redmi Note 7 dapat menjadi pilihan.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Vivo Y17 VS Redmi Note 7

VS