Smartphone

Pilih Mana: Vivo Y81 atau Y83?

Vivo merupakan brand produsen smartphone asal Tiongkok yang produknya saat ini juga banyak digemari oleh masyarakat. Baru-baru ini Vivo mengeluarkan produknya yakni Vivo Y81. Produknya ini layak untuk kita bandingkan dengan produk yang dikeluarkan sebelumnya yakni Vivo Y83. Manakah smartphone terbaik untuk Anda? Vivo Y81 atau Y83?

Meskipun berasal dari brand yang sama, tapi kita juga perlu membandingkan dan mencari perbedaan antara Vivo Y81 dan Vivo Y83. Perbedaan yang harus kita ketahui meliputi harga yang ditawarkan, fitur yang dimiliki, dan banyak hal lainnya. Agar lebih jelas, Anda bisa membaca artikel berikut hingga selesai untuk mendapatkan perbedaannya.

Vivo Y81

Vivo Y81 merupakan salah satu produk yang dirilis oleh Vivo pada Juli 2018. Smarthone ini hadir dengan harga yang lebih terjangkau dan telah dibekali RAM dengan kapasitas yang lebih besar daripada pendahulunya Vivo Y83. Dikutip dari Gsmarena.com smartphone ini telah menggunakan OS Android 8.1 Oreo.

Kelebihan Vivo Y81

Berikut beberapa kelebihan Vivo Y81 yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Lebih Terjangkau

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Vivo Y81 adalah memiliki harga yang lebih terjangkau jika kita bandingkan dengan Vivo Y83. Dengan harga yang lebih terjangkau ini, Anda bisa melakukan penghematan dan tidak membutuhkan biaya yang lebih besar untuk bisa memiliki perangkat ini.

  • Kamera Belakang 13 MP

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Vivo Y81 adalah telah dibekali dengan kamera belakang yang cukup baik. Dengan resolusi 13 MP, kamera belakang Vivo Y81 ini dipercaya mampu menghasilkan gambar dengan kualitas yang baik dan memuaskan penggunanya.

  • Kinerja Relatif Sama

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Vivo Y81 adalah memiliki kinerja yang sama dengan Vivo Y83. Meskipun harga kedua smartphone ini berbeda, namun tidak terlalu banyak perbedaan yang terdapat pada keduanya. Perbedaan yang paling mencolok hanya terlihat pada kapasitas RAM saja. Selain itu, hampir semua fitur tidak terlalu jauh berbeda dan bahkan sama saja.

Kekurangan Vivo Y81

Berikut beberapa kekurangan Vivo Y81 yang perlu Anda ketahui:

  • Masih Menggunakan Material Polycarbonat

Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh Vivo Y81 adalah masih menggunakan material atau bahan polycarbonat. Saat ini banyak smartphone yang telah menggunakan bahan metal dan sebagainya untuk mendukung penampilannya. Karena itulah tampilan smartphone ini masih kurang menarik.

  • RAM Hanya Berkapasitas 3 GB

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Vivo Y81 adalah memiliki RAM yang lebih kecil jika kita bandingkan dengan Vivo Y83. Smartphone ini hanya memiliki RAM dengan kapasitas 3 GB sedangkan Vivo Y83 telah memiliki RAM dengan kapasitas 4 GB.

  • Minus Fitur Fast Charging

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Vivo Y81 adalah belum didukung dengan fitur fast charging. Dengan demikian, Anda akan membutuhkan waktu yang relatif lama untuk bisa mendapatkan baterai terisi dengan penuh.

Kelebihan Vivo Y81Kekurangan Vivo Y81
- Harga lebih terjangkau- Masih menggunakan material polycarbonat
- Kamera belakang 13 MP- RAM hanya berkapasitas 3GB
- Kinerja relatif sama- Minus fitur fast charging

Vivo Y83

Vivo Y83 merupakan salah satu produk yang dirilis atau dikeluarkan oleh Vivo pada Mei 2018. Smartphone ini hadir dengan dukungan kamera belakang 13 MP dan kamera depan 8 mP sehingga mendukung Anda yang menyukai aktivitas selfie. Baca juga Pilih Mana: Xiaomi Redmi 6 vs Vivo Y83? 

Lihat juga:  Pilih Mana: Xiaomi Redmi 6 Pro atau Vivo Y83?

Kelebihan Vivo Y83

Berikut beberapa kelebihan Vivo Y83 yang perlu Anda ketahui:

  • RAM Berkapasitas Besar

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Vivo Y83 adalah memiliki RAM dengan kapasitas yang lebih besar daripada Vivo Y81. Smartphone ini telah dibekali dengan RAM 4 GB sedangkan Vivo Y81 memiliki RAM dengan kapasitas 3 GB.

  • Kamera Depan Lebih Baik

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Vivo Y83 adalah memiliki kamera depan dengan resolusi MP yang lebih besar sehingga memungkinkan untuk menghasilkan gambar yang lebih baik. Vivo Y83 memiliki kamera depan dengan resolusi 8 MP sedangkan Vivo Y81 memiliki kamera depan dengan resolusi 5 MP.

  • Telah Memiliki Sensor Face Unlock

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Vivo Y83 adalah telah memiliki sensor face unlock. Sensor ini merupakan sensor yang masih kekinian dan memberikan proteksi yang lebih untuk keamanan smartphone Anda. Tidak hanya Vivo Y83, Vivo Y81 juga telah memiliki sensor ini pada produknya.

Kekurangan Vivo Y83

Berikut beberapa kekurangan Vivo Y83 yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Lebih Mahal

Salah satu kekurangan Vivo Y83 adalah memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan Vivo Y81. Selisih harga smartphone ini mencapai 200 hingga 400 ribu rupiah. Dengan demikian, Anda membutuhkan budget sedikit lebih besar untuk mendapatkan smartphone ini.

  • Masih Menggunakan Material Polycarbonat

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Vivo Y83 adalah masih menggunakan bahan atau material polycarbonat. Dengan menggunakan material ini, tampilan smartphone ini menjadi kurang maksimal mengingat saat ini kebanyakan smartphone telah menggunakan bahan metal.

  • Tidak Ada Fitur Fast Charging

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Vivo Y83 adalah belum memiliki fitur fast charging. Hal ini sama saja dengan Vivo Y81 yang juga belum memiliki fitur fast charging. Karena itulah, Anda membutuhkan waktu yang lebih lama dalam mengisi daya baterai agar bisa terisi penuh.

Kelebihan Vivo Y83Kekurangan Vivo Y83
- RAM berkapasitas besar- Harga lebih mahal
- Kamera depan lebih baik- Masih menggunakan material polycarbonat
- Telah memiliki sensor face unlock- Tidak ada fitur fast charging

Pilih Mana: Vivo Y81 atau Y83?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara Vivo Y81 dan Vivo Y83. Berikut merupakan rangkuman perbedaan kedua smartphone tersebut:

Vivo Y81Vivo Y83
- Harga lebih terjangkau- Harga lebih mahal
- Dirilis Juli 2018- Dirilis Mei 2018
- Memiliki RAM 3 GB- Memiliki RAM 4 GB

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Vivo Y81 dan Vivo Y83 di atas, dapat kita simpulkan bahwa keduanya tidak terlalu memiliki banyak perbedaan. Kami lebih menganjurkan Anda untuk lebih memiliki Vivo Y81 yang memiliki harga yang lebih terjangkau. Hal ini dikarenakan dua smartphone ini memiliki selisih harga yang cukup jauh, namun fitur dan spesifikasi yang dimiliki tidak terlalu jauh berbeda dan memiliki banyak kesamaan.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Vivo Y81 vs Y83

VS

Leave a Reply