Smartphone

Pilih Mana: Vivo Y91 atau Oppo A5S?

Smartphone merupakan benda yang sekarang dimiliki oleh siapa saja, mulai dari anak-anak bahkan hingga orang dewasa. Ada sangat banyak ponsel pintar yang saat ini tersedia di pasaran. Mulai dari yang memiliki harga kelas bawah hingga yang paling mahal sekalipun.

Vivo dan Oppo merupakan dua merk ponsel pintar yang saat ini sedang naik daun dan memiliki banyak pilihan. Jenis produk dari dua brand ini yang saat ini terkenal adalah Vivo Y91 dan Oppo A5S. Untuk kalian yang masih bingung memilih ponsel mana yang lebih bagus, kali ini selera.id akan memberikan rekomendasi yang mungkin bisa menjadi referensi bagi kamu.

Vivo Y91 atau Oppo A5S

 

Vivo Y91

Vivo merupakan brand yang kini sedang naik daun di Indonesia. Ada banyak pilihan ponsel pintar yang dikeluarkan oleh Vivo yang bisa menjadi pilihan. Vivo merupakan produsen yang memiliki produk berkualitas dengan harga yang masih terjangkau. Baca Juga: Pilih Mana: Realme XT atau Vivo Z1X?

Vivo Y91 merupakan salah satu produk terlaris yang dikeluarkan oleh Vivo. Vivo Y91 ini dirilis pada tahun 2018 dan menjadi produk yang masih digemari hingga saat ini meski ada banyak produk vivo lain yang juga cukup berkualitas dengan harga yang serupa atau bahkan lebih murah.

Vivo Y91 menawarkan produk yang memiliki desain elegan dengan fitur dua kamera di belakang serta sensor sidik jari yang terdapat tepat di atas tulisan ‘Vivo’ yang ada pada bagian belakang ponsel. Desain ponsel ini sangat menarik perhatian.

Kelebihan Vivo Y91

Berikut ini adalah keunggulan dari Vivo Y91 jika dibandingkan dengan Oppo A5s:

  • Desain
    Meskipun memiliki desain yang sangat mirip, Vivo Y91 ini memiliki berat yang sedikit lebih ringan daripada Oppo A5S. Selain itu, Ponsel ini memiliki desain yang sedikit lebih baik dibanding Oppo A5s yang sedang dibandingkan dengannya. Namun, jika harus dikatakan, desain yang ada pada kedua ponsel ini sebenarnya tidak memiliki desain yang berbeda jauh.
  • Harga yang lebih murah
    Ponsel ini memiliki harga yang lebih murah dibanding Oppo A5s, meskipun selisih yang ada sangat sedikit, tentunya hal ini tetap berpengaruh, bukan? Mengingat spesifikasi yang tidak terlalu berbeda jauh, wajar jika harga kedua ponsel ini juga tidak terlalu berbeda jauh.

Vivo Y91 VS Oppo A5S

Kekurangan Vivo Y91

Meski memiliki kelebihan yang cukup mumpuni, tentu suatu produk tetap memiliki kekurangan di antaranya adalah:

  • Chipset
    Yang paling berbeda dari kedua perangkat yang kali ini dibandingkan adalah dari segi chipset yang digunakan. Vivo mempercayakan Y91 kepada chipset buatan Qualcomm yaitu snapdragon 439 yang merupakan.Chipset ini merupakan chipset yang sebenarnya sudah cukup bagus untuk chipset kelas menengah ke bawah, namun jika dibandingkan dengan chipset yang digunakan oleh Oppo A5S maka chipset ini memiliki kinerja yang berada sedikit di bawah chipset Oppo tersebut.Chipset MediaTek Helio P35 di OPPO A5s tersebut bisa dipacu hingga 2,3 GHz, sementara chipset Snapdragon 439 di Vivo Y91 hanya bisa dipacu dengan kecepatan maksimal hingga 2,0 GHz.
  • Baterai
    Vivo Y91 memiliki kapasitas baterai 4030 mAh yang sudah cukup besar untuk menunjang hal-hal yang ingin dilakukan dalam suatu ponsel pintar, namun, jika dibandingkan dengan Oppo A5S kapasitas ini berada sedikit lebih rendah dengan kata lain Oppo A5S memiliki kapasitas baterai yang sedikit lebih tinggi dibanding Vivo Y91.
OPPO A5sVivo Y91
GPUPowerVR GE8320 Adreno 505
OSColorOS 5.1 (Android Oreo)Funtouch OS 4.5 (Android 8.1)
SensorE-Compass, Light Sensor, Proximity Sensor, G-sensor, Accelerometer Sensor, FingerprintE-Compass, Light Sensor, Proximity Sensor, G-sensor, Accelerometer Sensor, Fingerprint
Baterai4.230 mAh4.030 mAh
Harga per Desember 20191.999.0001.799.000 (untuk memori 16 GB) 1.899.000 (untuk memori 32 GB)

Oppo A5S

Oppo merupakan produk yang saat ini juga sedang sangat digemari di Indonesia. Ada banyak pilihan produk dari Oppo yang menjadi unggulan seperti series Oppo F1 yang terkenal dengan series selfie expert dan produk lain yang lebih baru. Oppo merupakan produsen yang memproduksi ponsel pintar dengan kualitas bagus namun dengan harga yang masih sangat terjangkau.

Lihat juga:  Pilih Mana: Samsung Galaxy J8 atau J7 Pro?

Oppo A5s merupakan salah satu produk keluaran Oppo yang terbilang masih baru, produk ini dirilis pada Maret 2019 dan menjadi produk yang cukup digemari oleh banyak orang karena spesifikasinya yang bagus dengan harga yang cukup murah.

Kelebihan Oppo A5S

Berikut ini adalah beberapa keunggulan dari Oppo A5s:

  • Chipset
    OPPO mempercayakan kemampuan A5s kepada chipset buatan MediaTek. Di atas kertas, chipset yang digunakan oleh OPPO lebih unggul ketimbang yang digunakan oleh Vivo. Chipset buatan MediaTek tersebut memiliki kecepatan maksimal yang lebih tinggi.Chipset MediaTek ini juga memiliki dukungan modem LTE yang lebih baik. Hal ini karena MediaTek Helio P35 memiliki modem LTE Category 7 (downlink) dan Category 13 (uplink), sementara Snapdragon 439 hanya memiliki modem LTE Category 4 (downlink) dan Category 5 (uplink).Secara sederhana, MediaTek Helio P35 akan memiliki modem yang lebih cepat karena bisa digunakan dengan kecepatan maksimal 300 Mbps untuk download dan 150 Mbps untuk upload. Sebagai catatan, Snapdragon 439 hanya bisa mencapai 150 Mbps untuk download dan 75 Mbps untuk upload.
  • Baterai
    OPPO A5s memiliki kapasitas baterai yang lebih besar dibandingkan dengan Vivo Y91. Oppo A5s memiliki kapasitas baterai sebesar 4230 mAh. Hal ini menjadikan Oppo A5s sedikit lebih unggul daripada Vivo Y91 dalam segi kinerja baterai, karena kapasitas baterai yang besar tentu membuat penggunaan baterai dapat lebih tahan lama.

Vivo Y91 VS Oppo A5S

Kekurangan Oppo A5S

Selain memiliki kelebihan, Oppo A5s ini juga memiliki kekurangan di antaranya adalah:

  • Tidak memiliki teknologi fast chargingJika sebelumnya disebutkan bahwa salah satu kelebihan dari Oppo A5s adalah dari segi baterai, sayangnya baterai berkapasitas besar itu tidak didukung oleh teknologi fast charging. Bisa kamu bayangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi full daya HP Oppo A5s tanpa hadirnya teknologi ini.Namun, jika mengingat harganya yang cukup ekonomis, sepertinya wajar saja jika Oppo tidak menghadirkan teknologi ini pada smartphone A5s.
  • Harga yang sedikit lebih mahal
    Dengan fitur yang ada, Oppo A5s ini memiliki harga yang sedikit lebih mahal dibanding Vivo Y91. Namun, jika harus dipikirkan dengan rasional, harga yang ada pada ponsel pintar ini masih cukup terjangkau mengingat fitur yang cukup mumpuni yang ada pada ponsel ini.

Pilih Mana: Vivo Y91 atau Oppo A5S

Vivo Y91Oppo A5S
Keunggulan- Desain - Harga yang lebih murah - Chipset - Baterai
Kelemahan- Chipset - Baterai- Tidak memiliki teknologi fast charging - Harga yang sedikit lebih mahal

Kesimpulan

Vivo Y91 memiliki banyak sekali kesamaan dengan Oppo A5s. Dapat disimpulkan bahwa sebenarnya kedua ponsel ini tidak memiliki fitur dan keunggulan yang terlalu beda jauh. Bahkan jika sekilas saja dilihat, kedua ponsel ini seperti satu ponsel yang sama. Karena kedua ponsel ini memiliki desain yang sangat mirip, hanya beda letak kameranya saja.

Namun harus diakui bahwa dalam beberapa fitur yang memang tetap lebih banyak diungguli oleh Oppo A5s seperti kapasitas baterai dan penyimpanan, atau bahkan chipset yang digunakan dan mendukung kinerja dari ponsel yang bersangkutan.

Hal ini tentunya wajar karen mengingat bahwa Oppo A5s merupakan produk baru, yang memang dikeluarkan setelah Vivo Y91 keluar lebih dulu. Jadi, bagi kamu yang ingin membeli, belilah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan jumlah uang yang kamu miliki, ya! Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Vivo Y91 atau Oppo A5S

VS

Leave a Reply