Pilih Mana: Vivo Y91C atau Samsung A10?

Dalam dunia smartphone yang terus berkembang, pemilihan perangkat menjadi keputusan penting bagi para konsumen. Khususnya, perbandingan antara Vivo Y91C dan Samsung A10 menjadi pilihan yang menarik untuk diperdebatkan. Vivo dan Samsung dikenal sebagai dua produsen smartphone terkemuka dengan reputasi yang solid dalam menyajikan teknologi canggih dan desain yang menarik.

Dalam artikel ini kita akan membahas lebih dalam mengenai Vivo Y91C dan Samsung A10, mulai dari kelebihan hingga kekurangan yang dimiliki oleh keduanya. Simak lebih lanjut artikel berikut!

Vivo Y91C

Vivo Y91C ini tidak jauh berbeda bila dibandingkan kompetitornya dengan dukungan SoC (System on Chip) MediaTek Helio P22 MT6762 yang mengusung prosesor octa-core ARM Cortex-A53 64-bit yang berlari dengan kecepatan 2GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 2GB, dan diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) PowerVR GE8320 untuk performa yang memadai.

Sektor perangkat lunak, smartphone Vivo Y91C RAM 2GB ROM 32GB ini memakai OS Android 8. 1 Oreo dengan antarmuka FunTouch OS 4.5. Tidak diketahui apakah smartphone ekonomis Vivo ini akan mendapat upgrade ke Android 9.0 Pie atau tidak.

Smartphone 4G LTE kekinian dengan layar berponi Vivo Y91C ini dibekali dengan memori internal 32GB yang masih didukung hadirnya slot microSD untuk ekspansi memori eksternal sampai maksimal 256GB.

Berikut spesifikasi Vivo Y91C:

Kamera Vivo Y91C

Sisi fotografi dari Vivo Y91C RAM 2GB ROM 32GB ini terbilang standar saja karena dibekali satu kamera belakang berkemampuan 13 megapiksel dengan lensa aperture f/2.2 yang memakai sensor BSI CMOS 1/3 inchi 1.12um pixel, phase-detection auto fokus, dan LED flash. Walaupun tidak dibekali kamera kedua, kamera belakang Y91C ini masih sanggup memotret mode portrait atau bokeh.

Kamera depan Vivo Y91C RAM 2GB ROM 32GB lumayan memadai dengan dukungan kamera resolusi 5 megapiksel dengan sensor BSI CMOS dengan lensa aperture f/1.8 berukuran ditandemkan dengan fitur canggih AI Beauty 2.0 yang lebih cerdas dalam menerapkan efek beautify sesuai dengan karakter pemakai karena sanggup mendeteksi 296 titik wajah.

Baterai Vivo Y91C

Salah satu hal yang sangat mengejutkan dari detail vivo Y91C yaitu kapasitas baterainya yang besar, yakni 4030 mAH. Kapasitas yang besar membuat handphone android bisa dikatakan awet.

Cuma saja yang jadi kekurangannya tidak diperkuat teknologi fast charging ataupun wireless charging seperti smartphone premium samsung s9 plus atau huawei p30 pro.

Fitur Vivo Y91C

Face access

Face access merupakan suatu teknologi buka kunci layar dengan akses wajah konsumen. Cara pemakaian face access sendiri begitu mudah. Pengguna cuma memandang layar handphone secara sejajar, dan layar akan terbuka secara otomatis dengan sendirinya.

AI Beauty 2.0

AI Beauty 2.0 merupakan suatu peningkatan fungsi selfie perangkat yang secara tepat bisa mengenali subjek serta memperhalus wajah secara terpisah baik untuk laki- laki serta perempuan dalam sebuah group selfie.

Kelebihan Vivo Y91C

Baterai yang Besar

Tidak banyak handphone harga Rp 1 jutaan yang sudah mengusung baterai besar. Seperti Vivo Y91C ini yang mempunyai baterai berkapasitas 4030 mAh.

Ukuran Layar Luas

Mengusung layar IPS 6,22 inchi beresolusi HD+(1520 x 720 pixel). Rasio layar ke body Vivo Y91C ini mencapai 88,6 persen berkat poni waterdrop di atas.

Internal Memori Lapang

Handphone ini mengusung memori internal 32 GB, di saat umumnya handphone RAM 2 GB memakai 16 GB. Bila kurang masih ada slot microSD sampai 256 GB.

Kekurangan Vivo Y91C

Tidak Memiliki Fitur Fast Charging

Dengan daya baterai sebesar 4030 mAh, nyatanya tidak membuat Vivo menyematkan fitur fast charging di dalamnya. Hal ini menjadi kekurangan yang cukup merugikan untuk para pemakainya.

Resolusi Layar yang Rendah

Kekurangan kedua yaitu resolusi layar nya yang rendah. Namun kita juga harus memaklumi karena dengan harga yang berkisar 1 jutaan tentu tidak bisa menekan untuk mendapatkan resolusi layar yang tinggi.

Tidak Ada Fingerprint

Fitur ini biasanya sudah disematkan di beberapa smartphone, namun itu tidak berlaku bagi Vivo Y91C. Sebagai gantinya, Vivo menyematkan fitur Face Access didalamnya.

Samsung A10

Detail utama Samsung Galaxy A10 didukung oleh processor Exynos 7884 Octa Core. Processor delapan otak ini memiliki 2 buah core berkecepatan 1.6 GHz dan 6 buah core berkecepatan 1.35 GHz.

Kemampuan daya yang lebih baik membuat daya tahan baterai hp ini lebih lama. Dari segi performa, processor ini memiliki kecepatan yang kurang lebih sama seperti processor Exynos di Galaxy M10.

Kapasitas memori internal Galaxy A10 ini dibekali memori dalam 32GB. Kamu bisa tambah kapasitas memorinya sampai 512 GB dengan MicroSD. Tetapi sayangnya, kapasitas RAM hanya sebesar 2GB.

Berikut spesifikasi Samsung A10:

Kamera Samsung A10

Samsung Galaxy A10 memiliki 1 kamera depan dan 1 kamera belakang. Kamera depannya memiliki resolusi 5MP. Lalu untuk kamera belakang cuma ada 1 dengan resolusi 13MP. Kedua kameranya tidak memiliki banyak fitur menarik. Cuma beberapa fitur standar seperti stiker AR, filter, dan lain sebagainya.

Fitur kamera yang dapat diunggulkan di hp ini yaitu bukaan lensa kamera belakang yang cukup lebar. Bukaan lensa F1.9 yang lebar mempermudah kamu untuk memotret lebih baik di situasi pencahayaan rendah. Tidak hanya itu, tidak banyak fitur menarik di hp ini. Sebab toh, kamera belakangnya cuma terdapat 1 unit saja.

Baterai Samsung A10

Soal baterai, Samsung masih kalah jika dibandingkan dengan Vivo Y91C yang tadi kita bahas. Yaitu hanya sebesar 3.400 mAh.

Fitur Samsung A10

Layar LCD IPS

Layar smartphone satu ini memakai Infinity-V, jadi poninya super kecil. Ditambah panel layar berjenis IPS LCD dengan ukuran layar 6.2 inci dan sudah mendukung resolusi HD+ (720 x 1500 piksel). Dengan begitu kamu dapat menikmati bermain game dengan puas dan menonton film atau YouTube jadi makin seru.

Face Recognition

Face recognition ini merupakan fitur untuk membuka handphone dengan cara memindai wajah si pemilik handphone. Hampir sama dengan sensor fingerprint, cuma saja media pemindaian memakai wajah kita sebagai pemilik ponsel A10.

Kelebihan Samsung A10

Daya Tahan Baterai yang Awet

Seperti seri Galaxy pada umumnya, A10 adalah awalan dalam kapasitas masa pakai baterai. Namun, 3.400 mAh amat sesuai, mengenang handphone ini mempunyai detail ringan dan bisa bertahan lebih dari sehari penuh.

Memori Internal yang Besar

Untuk ukuran handphone low-end, Samsung Galaxy A10 amat beruntung mempunyai memori internal yang lega, yaitu berkapasitas 32 GB. Coba bandingkan dengan kebanyakan smartphone sekelasnya yang umumnya cuma mendapatkan memori bawaan setengahnya, yaitu 16 GB.

Harga yang Terjangkau

Mulai dari desainnya ala-ala premium sampai daya tahan baterai yang mutakhir, handphone ini justru mematok harga yang lumayan ekonomis. Kamu cuma mesti merogoh kocek sekitar Rp 1 jutaan.

Kekurangan Samsung A10

Kapasitas RAM Kecil

Sayangnya, kapasitas RAM A10 bukan yang terbaik dikelasnya. Seri Galaxy A yang paling bawah ini cuma mempunyai RAM 2GB, lebih rendah dari seri turunannya. Meski begitu, aktivitas media sosial dan menonton video bisa dilakukan dengan lancar.

Tidak Cocok untuk Bermain Game Berat

Bila kamu memainkan game Playerunknown’s Battlegrounds (PUBG), kalian cuma bisa menikmati game dengan grafis sedang. Memaksa game ke grafis yang lebih tinggi bisa menghasilkan beberapa frame drop. Game itu masih dapat dimainkan, tetapi itu jauh dari pengalaman bermain terbaik.

Masih Menggunakan Bodi Plastik

Handphone ini mempunyai bodi plastik halus yang buatnya terasa kurang kokoh. Ya, Galaxy A10 memang cuma menyamai tampilan handphone premium, tetapi tentu berbeda soal kualitas bahan serta ketahanannya.

Perbandingan Vivo Y91C dan Samsung A10

Vivo Y91CSamsung A10
Kelebihan- Baterai yang Besar
- Ukuran Layar Luas
- Internal Memori Lapang
- Daya Tahan Baterai yang Awet
- Memori Internal yang Besar
- Harga yang Terjangkau
Kekurangan- Tidak Memiliki Fitur Fast Charging
- Resolusi Layar yang Rendah
- Tidak Ada Fingerprint
- Kapasitas RAM Kecil
- Tidak Cocok untuk Bermain Game Berat
- Masih Menggunakan Bodi Plastik
Beli online
Harga Termurah

Kesimpulan

Kesimpulannya, pemilihan antara Vivo Y91C dan Samsung A10 bergantung pada kebutuhan dan preferensi individu masing-masing pengguna. Vivo Y91C menawarkan desain yang elegan dan baterai yang tahan lama, sementara Samsung A10 menyajikan antarmuka pengguna yang ramah dan performa yang handal. Penting bagi konsumen untuk mempertimbangkan faktor-faktor seperti kebutuhan fotografi, kebutuhan daya tahan baterai, dan preferensi terhadap antarmuka pengguna. Semoga bermanfaat!

Anda Pilih Vivo Y91C atau Samsung A10?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!