Gadgets

Pilih Mana: Vivo Z1 Pro atau Realme 3 Pro?

Vivo Z1 Pro dan Realme 3 Pro menjadi smartphone Rp 3 jutaan yang sangat pas untuk kalian yang menggemari bermain game dengan smartphone. Pasalnya, kedua smartphone Vivo Z1 Pro dan Realme 3 Pro sama-sama dilengkapi dengan dukungan terbaik untuk kalian pecinta game lho!

Vivo Z1 Pro dan Realme 3 Pro, dua smartphone baru yang hadir menawarkan banyak kelebihan dari segi performa dan kameranya. Sebagai smartphone yang cocok untuk gaming dengan harga Rp 3 jutaan, mana yang lebih menarik? Yuk langsung saja disimak di artikel di bawah ini!

Vivo Z1 Pro

Vivo Indonesia secara resmi meluncurkan perangkat Z-Series pertamanya, vivo Z1 Pro. Dengan mengusung tagline ‘Powerful Inside’, vivo Z1 Pro hadir dengan fitur utama performa tangguh. Baca juga Pilih Mana: Realme 5 Pro atau Vivo Z1 Pro?

Smartphone Vivo Z1 Pro merupakan smartphone keluaran terbaru dengan dilengkapi dengan kamera depan berlubang atau yang biasa disebut ‘punch hole camera’.

Vivo Z1 didukung prosesor Snapdragon 712 AIE, baterai super besar 5000 mAh dengan 18w Dual-Engine Fast Charging, layar sinematik 6,53″ FHD+ Ultra O Screen pertama oleh vivo, dan 32MP AI Selfie Camera.

Kelebihan Vivo Z1 Pro

  • Kapasitas baterai besar
    Vivo Z1 Pro ini hadir dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh saja. Kapasitas baterai ini tentunya tergolong besar. Vivo Z1 Pro ini memiliki daya tahan sampai satu hari setengah dengan penggunaan koneksi 4G yang menyala, streaming video, memakai untuk foto, dan bermain gim sekitar 60 menit.
  • Sistem operasi terkini
    Vivo Z1 Pro dibekali dengan sistem operasi Android 9.0 Pie dan Funtouch Os 9. Funtouch OS juga mengantarkan beberapa perubahan desain, mulai dari tampilan UI lebih mirip dengan iOS, hingga apps Action yang memudahkanmu dalam melakukan tugas sehari-hari.
  • Dilengkapi dengan tiga kamera yang memuaskan
    Vivo Z1 Pro ini dilengkapi dengan fitur andalannya yaitu tiga kamera di belakang yang mempunyai kombinasi kamera utama 16 MP, kamera ultra-wide 8 MP, dan kamera sekunder 2 MP yang dapat menghasilkan foto dengan lebih jernih.

Kekurangan Vivo Z1 Pro

  • Absennya gorilla glass
    Kekurangan lainnya yaitu Vivo Z1 Pro memang tak dibekali dengan Gorilla Glass besutan Corning dan mengusung pelindung layar buatan pabrikan lain. Meski begitu, ada kemungkinan juga Vivo memberi pelindung layar Gorilla Glass, namun versi yang lebih lama. Akan tetapi, soal keamanan layar, kamu bisa menutupinya dengan memberikan tempered glass berkualitas.
  • Memiliki bodi yang terbilang besar
    Smartphone Vivo Z1 Pro ini tergolong mempunyai bodi yang terlalu bongsor dan cenderung berat. Layar 6,5 inci dengan dimensi 162.4 x 77.3 x 8.9 mm dan bobot 207 gram memang bukanlah ukuran kecil untuk sebuah ponsel genggam.
  • Masih menggunakan port microUSB
    Tidak menggunakan port USB Type-C sebenarnya masih biasa bagi Vivo. Biasanya untuk menekan harga atau karena charger dengan port USB Type-C masih belum terlalu populer. Namun, fakta kalau banyak smartphone yang harganya lebih murah dari smartphone ini sudah menghadirkan USB Type-C, tentu sektor ini jadi kekurangan Vivo Z1 Pro tersendiri.

Realme 3 Pro

Realme merupakan salah satu pendatang baru yang sangat mencuri perhatian banyak orang. Ini karena vendor asal Tiongkok tersebut mengeluarkan produk-produk smartphone dengan harga yang cukup terjangkau bernilai tambah tinggi.

Realme telah meluncurkan smartphone terbaru pengisi lini tertinggi mereka yakni realme 3 Pro. Sesuai namanya yang disematkan Pro, Smartphone ini disematkan spesifikasi dan fitur-fitur canggih. Realme 3 Pro hadir sebagai ponsel yang kekinian sebab merupakan buah hasil dari permintaan pasar yang direalisasikan.

Realme 3 Pro diperkuat chipset Qualcomm Snapdragon 710 dengan prosesor Octa-core serta GPU Adreno 616. Penyimpanannya ditopang RAM 6GB dengan memori internal 128 GB serta memori eksternal sampai 256 GB.

Kelebihan Realme 3 Pro

  • Kinerja yang cukup tangguh
    Realme 3 Pro dibekali dengan chipset Snapdragon 710. Dengan menggunakan chipset “flagship menengah” ini, Realme 3 Pro menawarkan kinerja yang sangat baik, baik disisi CPU maupun GPU-nya. Bahkan, dengan ketangguhan kinerjanya, Realme 3 Pro termasuk smartphone menengah ke bawah pertama yang dapat digunakan untuk bermain game Fortnite.
  • Dibekali dengan kapasitas baterai yang besar
    Kapasitas baterai Realme 3 Pro ditopang baterai 4.045 mAh yang dibantu fitur VOOC 3. 0 baru dengan energi pengisian 20W (5V4A). Dengan fitur VOOC 3. 0, proses pengisian daya Realme 3 Pro cukup kilat hanya membutuhkan durasi 80 menit dalam kondisi dibawah 20% hingga 100%.
  • Desain yang elegan
    Desain dari Realme 3 Pro ini memiliki desain yang cukup mewah dan elegan, dengan begitu hal ini banyak disukai oleh berbagai kalangan dari anak mudah hingga orang tua. Sedangkan untuk Realme 3 Pro layar IPS 6,3 inci beresolusi FullHD+ 1080×2340 piksel dengan kerapatan piksel 409 ppi. Layar Realme 3 Pro dilindungi Corning Gorilla Glass 5.

Kekurangan Realme 3 Pro

  • Masih menggunakan micro USB
    Kekurangan yang pertama dari Realme 3 Pro yaitu masih menggunakan teknologi Micro USB, padahal beberapa pesaingnya telah menggunakan USB Type-C. Secara teori, Micro USB memiliki kemampuan yang cukup jauh tertinggal dari USB Type-C.
  • Bodi yang mudah kotor dengan sidik jari
    Untuk membuat warna dan tampilannya semakin menarik, Realme 3 Pro menggunakan bodi berbahan plastik yang dibuat mengkilap namun, Hal itulah yang menjadi kekurangannya sebab, noda dari sidik jari sangat mudah menempel pada bodinya. Tetapi hal ini sebenarnya sudah diantisipasi oleh realme. Karena mereka telah menyertakan casing tambahan dalam paket penjualan yang ditawarkannya.
  • Tidak ada NFC
    Untuk sebagian pengguna ponsel pintar, NFC mungkin dirasa kurang bisa dimanfaatkan. Tetapi untuk beberapa yang lain teknologi tersebut memang dibutuhkan. Sebagai smartphone kelas menengah, tidak ada salahnya bila teknologi NFC dibenamkan pada Realme 3 Pro. Hal itu bisa menjadi nilai jual tertentu untuk kalangan khusus yang telah mulai menilai pentingnya NFC pada suatu smartphone.
Lihat juga:  Pilih Mana: Dell atau MacBook?

Vivo Z1 Pro vs Realme 3 Pro

Spesifikasi Vivo Z1 ProRealme 3 Pro
Dimensi 162.4 x 77.3 x 8.9 mm 156.8 x 74.2 x 8.3 mm
Berat 201 g (7.09 oz) 172 g (6.07 oz)
Chipset Qualcomm Snapdragon 712 Qualcomm Snapdragon 710
GPU Qualcomm Adreno 616 Qualcomm Adreno 616
Memori Internal 64 GB 64 GB/128 GB
Baterai 5.000 mAh 4.045 mAh
Kamera Utama 16 MP (f/1.78) + Wide 8 MP (f/2.2) + Depth 2 MP (f/2.4) 16 MP (f/1.7) + 5 MP (f/2.4)
Kamera Selfie 32 MP (f/2.0) 25 MP (f/2,0)

Desain
Dari segi desain dapat terlihat kedua bodi smartphone ini memiliki tampilan yang sama-sama kekinian. Dengan material glossy membuat Vivo Z1 Pro dan Realme 3 Pro, Terlihat sangat mewah.

Hanya saja perlu diperhatikan, material glossy juga menjadikan bodi RVivo Z1 Pro dan Realme 3 Pro, lebih gampang terlihat kotor, karena sidik jari gampang melekat.

Selain masalah dari material bodi, rancang bangun kedua hape yang bersaing kali ini bisa dikatakan proporsional. struktur bodinya tidak terlalu besar tetapi juga tidak kecil, dan sangat pas pada genggaman.

Karena ukuran bodi yang cukup proporsional, tangan jadi tidak cepat lelah saat menggunakan smartphone ini saat bermain game dengan kedua hape ini dalam waktu yang lama. Pada dasarnya, dapat dikatakan kedua hape yang bersaing kali ini memiliki kualitas yang seimbang dari segi tampilan maupun konsep desain.

Performa
Vivo Z1 Pro yang berjalan pada platfrom Android Pie 9.0, nampak percaya diri dengan chipset Qualcomm Snapdragon 712, prosesor octa core yang mampu digeber hingga kecepatan 2×2.3GHz, untuk tampilan grafis dibekali GPU Andreo 616 di sektor.

Vivo Z1 Pro memiliki beberapa pilihan tipe RAM, yakni varian RAM 4G/ROM 54GB dan RAM 6GB/ROM 128GB.

Sementara itu, untuk mendukung performanya, dapur pacu Realme 3 Pro dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 710, prosesornya sudah octa-core yang kencang dapat menghasilkan kecepatan 2.2GHz, serta GPU Andreo 616 untuk keperluan grafis

Realme 3 Pro sendiri tersedia dalam pilihan RAM 4G/ROM 64GB, RAM 6GB/ROM 64GB dan RAM 6GB/ROM 128 GB. Real 3 Pro berkerja dengan platfrom Adroid Pie 9.0.

Masalah performa, walau Realme 3 Pro hanya dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 710 sementara Vivo Z1 Pro menggunakan Qualcomm Snapdragon 712, ternyata perbedaan tersebut tidak terlalu berpengaruh besar. I

Kamera
Vivo Z1 Pro hadir dilengkapi dengan triple kameranya, sedangkan Realme 3 Pro hanya memiliki dual kamera. Meskipun begitu, Realme 3 Pro sudah mendapatkan teknologi Gyro-EIS yang mampu menghasilkan video yang lebih stabil.

Untuk kamera depan, Vivo Z1 Pro juga lebih terdepan dalam hal besaran sensor yakni 32MP sedangkan Realme 3 Pro hanya 25MP. Untuk dapat melihat hasilnya yang lebih detail dari kedua kamera,

Pilih Mana: Vivo Z1 Pro atau Realme 3 Pro?

Vivo Z1 ProRealme 3 Pro
Kelebihan- Kapasitas baterai besar - Sistem operasi terkini - Dilengkapi dengan tiga kamera yang memuaskan - Kinerja yang cukup tangguh - Dibekali dengan kapasitas baterai yang besar - Desain yang elegan
Kekurangan- Absennya gorilla glass - Memiliki bodi yang terbilang besar - Masih menggunakan port microUSB - Masih menggunakan micro USB - Bodi yang mudah kotor dengan sidik jari  - Tidak ada NFC

Kesimpulan

Dari perbandingan antara Vivo Z1 Pro dan Realme 3 Pro, keduanya memiliki kelebihan kekurangan yang masing-masing berbeda. Jika kalian menginginkan performa yang lebih baik dalam hal kamera dan performa serta kapasitas baterai Vivo Z1 Pro dapat menjadi pilihan terbaik. Tetapi jika kalian menginginkan performa dengan varian RAM yang lebih tinggi serta teknologi pengisian baterai yang cepat Realme 3 Pro dapat menjadi pilihan. Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Vivo Z1 Pro vs Realme 3 Pro

VS

Leave a Reply