ElektronikGadgetsSmartphone

Pilih Mana: Vivo Z1 Pro atau Vivo S1?

Banyaknya perusahaan elektronik saat ini mengeluarkan produk smartphone dengan mempamerkan kualitas yang dimilikinya. Tak terkecuali dengan Vivo. Produsen brand Vivo baru saja mengeluarkan tipe smartphonenya yang banyak menjadi incaran anak muda khususnya yaitu Vivo Z1 Pro dan Vivo S1.

Vivo Z1 Pro dan Vivo S1 memiliki performa serta spesifikasi lainnya yang sangat tangguh sehingga smartphone ini banyak terjual di pasaran khususnya Indonesia.

Lantas, apa kelebihan dan kekurangan smartphone Vivo Z1 Pro dan Vivo S1 ini? Temukan jawabannya pada artikel kami kali ini.

Vivo Z1 Pro

Smartphone Vivo Z1 Pro merupakan smartphone keluaran terbaru dengan dilengkapi dengan kamera depan berlubang atau yang biasa disebut ‘punch hole camera’. Baca juga Pilih Mana: Vivo Z1 Pro atau Realme 3 Pro?

Vivo Z1 Pro didesain dengan memadukan lengkungan 3D, sehingga pengguna akan merasa nyaman ketika menggenggam Vivo Z1 Pro. Hadir dalam dua varian warna yaitu Sonic Blue dan Sonic Black.

Vivo Z1 Pro adalah ponsel Vivo teranyar yang ditujukan untuk orang yang memiliki mobilitas tinggi namun tak meninggalkan aspek performa gaming dan fotografi.

Baterainya berkapasitas 5.000 mAh dan didukung pengisian daya cepat 18W, serta fitur reverse charging untuk mengisi daya perangkat lain melalui port micro USB 2.0.

Kelebihan Vivo Z1 Pro

  • Kualitas kamera yang bagus
    Vivo mendesain Ultra O Screen. Lubang ini memuat kamera selfie resolusi 32 megapiksel, dilengkapi dengan teknologi AI Beauty. Pada bagian belakang, terpatri tiga kamera yang masing-masing memiliki resolusi 16 MP, 8 MP, dan 2 MP (depth sensor). Kamera belakang tersebut juga dilengkapi dengan LED flash.
  • Performa yang tangguh
    Smartphone Vivo Z1 Pro ini sudah dilengkapi dengan chipset Snapdragon 712 AIE. Untuk kelasnya, kehadiran chipset ini tergolong bagus. Di dalam chipset ini, terdapat prosesor octa core yang terdiri dari Kryo 360 Gold dengan dual core 2.3 GHz dan Kryo 360 Silver dengan enam core 1.7 GHz.
  • Baterai tahan seharian
    Salah satu keunggulan Vivo Z1 Pro daripada ponsel-ponsel lain yang ada di pasaran. Vivo Z1 Pro dibekali baterai berkapasitas sebesar 5.000 mAh. Dengan baterai sebesar ini, Anda bisa menggunakannya seharian penuh untuk pemakaian normal. Cadangan baterai ponsel ini juga luar biasa, Anda dapat menggunakannya satu hingga dua hari dengan mengisi dayanya sekali.

Kekurangan Vivo Z1 Pro

  • Ukuran bodi terlalu besar
    Vivo Z1 Pro sebenarnya memiliki desain yang cukup ok dan keren. Bodinya berbahan polikarbonat yang tampak seperti kilauan kaca. Yang jadi masalah bukan soal desain cantik tidaknya tetapi soal ukuran bodinya. Layar 6.53 inci dengan dimensi 162.4 x 77. .3 x 8.9 mm dan berat 207 gr memang bukanlah ukuran kecil untuk sebuah smartphone.

  • Masih menggunakan port microUSB
    Kekurangan lain dari smartphone ini ada pada bagian port. Vivo hanya menghadirkan smartphone resmi ke Indonesia dengan port microUSB. Padahal di kelas harga yang mirip, vendor lain sudah ada yang menawarkan port USB Type-C. Tidak digunakannya port USB Type-C sebenarnya masih masuk akal. Biasanya untuk menekan harga atau karena charger dengan port USB Type-C masih belum terlalu populer.
  • Absen NFC dan gorilla glass
    Lagi-lagi, teknologi near field communication (NFC) tidak hadir pada salah satu ponsel kelas menengah saat ini. Rasanya, memang telah menjadi kebiasaan para produsen smartphone meninggalkan fitur ini dan lebih fokus meningkatkan spesifikasi. Sehingga harga jadi lebih bisa ditekan. Soal pelindung layar, Vivo tidak membeberkan kaca jenis apa yang digunakan sebagai ‘tameng’ di depan panel layarnya. Kemungkinan, Z1 Pro memang tak dibekali dengan Gorilla Glass.

Vivo S1

Hadir tak hanya untuk meramaikan persaingan di segmen mid-range, Vivo S1 benar-benar ingin menjadi yang terbaik. Desain cantik nan ‘bening’, tiga kamera utama, dapur pacu andalan, hingga baterai berkapasitas besar.

Vivo S1 juga dibekali dengan fitur-fitur masa kini, seperti asisten virtual dengan kecerdasan buatan, sensor sidik jari termutakhir, hingga memori internal berkapasitas luas.

Vivo S1 yang baru saja diluncurkan di Indonesia, masih membuat penggemar gadget penasaran dengan kelebihan dan kekurangan dari smartphone ini.

Kelebihan Vivo S1

  • Kualitas kamera yang jernih
    Perpaduan ketiga kameranya cukup powerful, dengan konfigurasi 16 MP (lensa wide, PDAF), ditambah 8 MP (lensa ultrawide) dan 2 MP untuk efek bokeh. Ditambah lagi, lensa utama kamera Vivo S1 diketahui menggunakan sensor kamera Sony IMX 499. Pihak Vivo yang mengincar pengguna anak muda, sengaja membekali kamera selfie beresolusi tinggi, yakni 32 MP pada S1.
  • Sensor sidik jari di layar
    Soal keamanan, Vivo membekali S1 dengan teknologi sensor sidik jari di balik layar layaknya yang tersemat pada smartphone flaghsip masa kini. Vivo menyebutnya sebagai Screen Touch ID. Fitur ini membuat desain bodi belakangnya tampak bersih dan rapi.
  • Baterai yang cukup jumbo
    Di balik penampilan anggunnya, S1 membawa baterai berkapasitas di atas rata-rata, yaitu 4.500 mAh. Baterai sebesar ini dipadukan dengan prosesor hemat daya, tentu akan membuatnya mudah untuk bertahan seharian penuh.

Kekurangan Vivo S1

  • Masih menggunakan port microUSB
    Walaupun masuk segmen menengah, sayangnya Vivo S1 tidak dibekali dengan USB Type-C dan justru mengusung microUSB 2.0. Perihal ini termasuk ‘ketinggalan’, karena microUSB kalah telak dalam urusan transfer data, akomodasi daya, sampai kegunaannya lainnya.
  • Bodi rentan kotor
    Walaupun memiliki desain keren dengan gradasi warna yang cantik, bodi Vivo S1 sangat mudah kotor dari jiplakan jari. Sehingga lebih disarankan untuk memakai soft case atau hard case agar lebih higienis.
  • Tidak mendukung NFC
    Near Field Communication (NFC) merupakan teknologi yang cukup penting di era digital seperti sekarang. Salah satu fungsinya yakni untuk memudahkan transaksi dengan uang elektronik.

Vivo Z1 Pro vs Vivo S1

1. Layar
Vivo Z1 Pro memiliki layar ayar 6.53 inci dengan dimensi 162.4 x 77. .3 x 8.9 mm dan berat 207 gr memang bukanlah ukuran kecil untuk sebuah smartphone. Vivo S1 hadir dengan layar Super Amoled berukuran 6.38 inci FHD+ dengan aspek rasio 19.5:9 dan rasio layar ke bodi sebesar 90%.

2. Desain
Kedua smartphone dari Vivo ini dibekali desain yang sangat cantik serta elegan, keduanya memiliki desain super kekinian untuk anak muda saat ini.

Z1 Pro merupakan smartphone pertama Vivo yang diluncurkan dengan tampilan punch-hole atau pin-hole. Vivo S1 dibekali dengan layar berjenis Super AMOLED yang terkenal ‘bening’. memberikan kecerahan maksimal saat terkena sinar matahari sekali pun.

3. Kamera
Pihak Vivo Z1 Pro mengincar target pasar anak muda dengan menyematkan kamera depan beresolusi 32 MP. Berbicara tentang kamera, kamera depan ponsel pintar ini pun hasilnya memuaskan. Vivo S1 perpaduan ketiga kameranya cukup powerful, dengan konfigurasi 16 MP (lensa wide, PDAF), ditambah 8 MP (lensa ultrawide) dan 2 MP untuk efek bokeh.

4. Baterai
Dari segi baterai ini memang sepertinya yang sangat menonjol perbedaan pada kapasitasnya.

Vivo Z1 Pro daripada ponsel-ponsel lain yang ada di pasaran. Vivo Z1 Pro dibekali baterai berkapasitas sebesar 5.000 mAh. Sedangkan untuk Vivo S1 membawa baterai berkapasitas di atas rata-rata, yaitu 4.500 mAh.

5. Performa
Dengan dibekali Qualcomm Snapdragon 712, Anda tidak perlu ragu soal performa yang ditawarkan oleh Vivo Z1 Pro. Performanya terbilang kencang, karena mengusung arsitektur Kryo seri 360 yang menawarkan clockspeed mencapai 2,3 Gigahertz (GHz). Vivo S1 dibekali dengan chipset yang terbilang tangguh dari MediaTek, yakni Helio P65. Prosesor ini punya delapan inti pemrosesan (octa core) dengan perpaduan arsitektur ARM Cortex-A75 dan Cortex-A55.

KeteranganVivo Z1 ProVivo S1
LayarLayar 6.53 inci. Layar 6.38 inci.
DesainTampilan punch-hole atau pin-hole. Super AMOLED super bening.
KameraKualitas kamera super jernih.Kualitas kamera super jernih.
Baterai5.000 mAh.4.500 mAh.
PerformaPerforma super tangguh.Performa super tangguh.
Harga Rp. 3.000.000-an per Oktober 2019.Rp. 3.000.000-an per Oktober 2019.

Pilih Mana: Vivo Z1 Pro atau Vivo S1?

Vivo Z1 ProVivo S1
Kelebihan- Kualitas kamera yang bagus - Performa yang tangguh - Baterai tahan seharian - Kualitas kamera yang jernih - Sensor sidik jari di layar - Baterai yang cukup jumbo
Kekurangan- Ukuran bodi terlalu besar - Masih menggunakan port microUSB - Absen NFC dan gorilla glass - Masih menggunakan port microUSB - Bodi rentan kotor - Tidak mendukung NFC

Kesimpulan

Vivo memang tidak pernah salah mengeluarkan setiap produk smartphonenya dengan spesifikasi yang super bagus, dengan begitu memang setiap smartphone memiliki kekurangannya masing-masing.

Jika Anda adalah penggemar hobi bermain game seharian, maka Vivo Z1 Pro bisa menjadi pilihan yang tepat karena baterai tahan seharian dengan kapasitas yang besar. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Vivo Z1 Pro vs Vivo S1

VS

Leave a Reply