Masak

Pilih Mana: Wajan Keramik vs Teflon

Wajan merupakan barang yang pasti ada di setiap dapur. Hal ini tentu masuk akal dan tidak perlu dipertanyakan mengapa. Jelas karena wajan merupakan barang yang sangat penting dalam kegiatan memasak. Tanpa wajan, mungkin akan sulit–atau bahkan tidak mungkin kegiatan memasak bisa dilakukan.

Ada beberapa jenis wajan bahan yang menyusun wajan yang biasanya digunakan, misalnya adalah teflon dan keramik. Kali ini kami akan mengulas perbedaan antara wajan yang dibuat dengan bahan keramik dan wajan yang dibuat dengan bahan teflon, yuk simak ulasannya!

Pilih Mana: Wajan Keramik vs Teflon

Wajan Keramik

Wajan berbahan dasar keramik merupakan wajan yang dianggap sebagai wajan dengan bahan dasar yang paling aman. Wajan keramik juga biasanya menjadi barang favorit ibu-ibu karena mudah ditemukan. Meski begitu, wajan yang satu ini memiliki harga yang sedikit lebih mahal dibanding bahan lain.

Wajan berbahan dasar keramik adalah jenis wajan yang sudah ada sangat lama oleh karena itu popularitasnya tidak perlu kamu ragukan, ada banyak produsen alat memasak yang membuat produk wajan keramik dengan kualitas yang sangat bagus. Baca Juga: 12 Merk Wajan Teflon Yang Bagus 2019

Kelebihan Wajan Keramik

Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh wajan dengan bahan dasar keramik ini:

  • Memiliki kemampuan menyerap panas dengan baik 
    Wajan dengan bahan dasar keramik ini memiliki kemampuan menyerap panas dengan baik sehingga kamu tidak perlu takut jika masakanmu akan menjadi tidak matang. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, wajan yang satu ini merupakan wajan yang dianggap paling aman dan baik memasak.
  • Dapat membuat makanan matang secara merata 
    Karena memiliki kemampuan menyerap panas dari api pada kompor dengan baik, tentunya wajan yang satu ini bisa membuat makanan yang kamu masak bisa matang dengan merata, kamu tidak perlu takut jika nantinya makanan yang kamu masak sebagian akan mengalami matang yang tidak merata, wajan berbahan dasar keramik ini dijamin tidak akan membuatmu kecewa.
  • Mudah dibersihkan
    Hal yang satu ini tentu cocok untuk kamu yang malas membersihkan peralatan setelah selesai memasak. Kamu bisa membersihkannya hanya dengan menggunakan spons saja kok. Jika kamu membersihkannya terlalu keras hal ini justru akan berakibat pada tergoresnya permukaan dari wajan keramik ini sendiri loh.

Pilih Mana: Wajan Keramik vs Teflon

Kekurangan Wajan Keramik

Selain memiliki banyak kelebihan, berikut ini adalah beberapa kekurangan yang dimiliki oleh wajan dengan bahan dasar keramik:

  • Mudah tergores
    Saat memasak menggunakan wajan dengan bahan keramik, selain perlu memerhatikan cara membersihkannya, kamu juga perlu memerhatikan spatula yang kamu gunakan untuk memasak, karena jika spatula yang kamu gunakan berbahan dasar terlalu keras, hal ini akan membuat wajan keramik milikmu mudah tergores dan pada akhirnya rusak.
  • Bisanya memiliki berat yang lebih besar ketimbang wajan teflon 
    Nah kekurangan yang berikutnya adalah biasanya wajan dengan bahan dasar keramik memang jauh lebih berat ketimbang wajan yang berbahan dasar teflon. Hal ini tentunya sedikit menjadi masalah jika kamu memasak makanan dalam porsi besar. Belum kamu masukkan makanan saja wajannya sudah berat, apalagi jika kamu tambahkan banyak bahan makanan, bukan?
  • Harga yang relatif lebih mahal 
    Wajan dengan bahan dasar keramik ini memang memiliki kualitas yang sangat bagus, seperti yang sebelum-sebelumnya sudah dijelaskan, wajan keramik ini memang dianggap sebagai wajan yang paling baik. Dengan kualitas yang dimilikinya, tentu wajar jika wajan dengan bahan dasar keramik ini memiliki harga yang jauh lebih mahal dibanding wajan dengan bahan teflon.
Wajan KeramikWajan Teflon
Bahan KeramikTeflon
Kisaran HargaBiasanya mulai dari Rp. 125.000-,Biasanya mulai dari Rp. 65.000-,

Wajan Teflon

Wajan teflon merupakan salah satu pengembangan wajan biasa. Wajan ini merupakan salah satu wajan favorit masyarakat kebanyakan. Bahan baku yang digunakan untuk menciptakan wajan teflon membuat wajan ini tidak mudah lengket dan kotor setelah digunakan.

Lihat juga:  7 Merk Oven Gas Yang Bagus 2020

Wajan teflon ini sering dinilai sebagai wajan yang kurang aman karena terbuat dari teflon–yang dapat membuat bahan kimia menyebar saat memasak dengan suhu panas tertentu dan pada waktu yang terlalu lama. Untuk lebih jelasnya ulasan tentang teflon, yuk simak lagi penjelasan yang ada di bawah ini!

Kelebihan Wajan Teflon

Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki oleh wajan dengan bahan dasar teflon:

  • Memiliki lapisan anti lengket
    Peralatan memasak ini dilapisi dengan material polytetrafluoroethylene atau PTFE yang merupakan paduan karbon dan flour yang tidak reaktif. Bahan inilah yang membuat teflon menjadi anti lengket. Karena kelebihannya yang anti lengket ini, penggunaan minyak saat memasak pun bisa diminimalisir, sehingga tentu saja membuat hasil makanan lebih sehat.
  • Beratnya lebih ringan dibandingkan dengan wajan keramik
    Kelebihan yang berikutnya adalah berat yang lebih ringan. Hal ini tentu akan memudahkan kamu saat memasak. Karena kemudahan yang didapatkan saat memasak inilah mengapa teflon menjadi favorit.
  • Mudah dibersihkan
    Kelebihan berikutnya adalah teflon lebih mudah dibersihkan. Akibat dilapisi dengan zat anti lengket,  kamu tidak perlu menggosok teflon dengan sangat keras setelah digunakan. Penggunaan teflon juga menghantarkan panas yang lebih merata. Dengan fitur ini, penggunaan teflon lebih menghemat penggunaan gas di rumah.

Pilih Mana: Wajan Keramik vs Teflon

Kekurangan Wajan Teflon

Namun dibalik segala kemudahan yang ada, tersimpan beberapa kekurangan yang juga perlu kamu perhatikan, di antaranya adalah:

  • Tidah bisa digunakan terlalu lama
    Kekurangan dari teflon yang pertama adalah cenderung tidak tahan lama dan penggunaannya memiliki batas waktu tertentu. Biasanya, penggunaan harus dihentikan jika teflon sudah mulai mengelupas atau retak. Jika teflon retak, partikel partikel pembangun teflon berpotensi tercampur dengan makanan yang sedang dimasak. Hal ini bisa mengganggu kesehatan kamu jika terlalu lama mengonsumsi makanan yang dimasak menggunakan teflon.
  • Tidak bisa digunakan dalam suhu yang terlalu tinggi
    Kelemahan selanjutnya adalah teflon retan akan retak saat suhu tinggi. Jika kamu memasak menggunakan wajan yang berbahan dasar teflon maka kamu tidak disarankan menggunakan api besar saat memasak menggunakan teflon. Hal ini bukan hanya membuatnya menjadi cepat retak namun juga bisa membuat bahan kimia yang ada menguar.
  • Resiko bahan kimia berbahaya yang menyebar
    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa teflon ini merupakan bahan kimia. Memang ada standar yang membuat teflon bisa dijadikan sebagai bahan dasar untuk membuat wajan. Namun, bahan kimia ini bisa menguar saat suhu memasa terlalu tinggi. Tak hanya itu, asap yang keluar saat teflon terlalu panas juga tidak baik untuk kesehatan.

Pilih Mana: Wajan Keramik vs Teflon

Wajan KeramikTeflon
Kelebihan- Memiliki kemampuan menyerap panas dengan baik  - Dapat membuat makanan matang secara merata  - Mudah dibersihkan - Memiliki lapisan anti lengket - Beratnya lebih ringan dibandingkan dengan wajan keramik - Mudah dibersihkan
Kekurangan- Mudah tergores  - Bisanya memiliki berat yang lebih besar ketimbang wajan teflon  - Harga yang relatif lebih mahal  - Tidah bisa digunakan terlalu lama - Tidak bisa digunakan dalam suhu yang terlalu tinggi - Resiko bahan kimia berbahaya yang menyebar

Kesimpulan

Kedua jenis wajan ini sama-sama merupakan wajan yang bagus untuk memasak. Namun, kamu harus lebih selektif jika ingin memilih wajan yang berbahan dasar teflon karena beberapa teflon tidak aman untuk digunakan karena bahan kimia yang terkandung di dalamnya.

Alternatif untuk kamu yang ingin mengambil sisi mudah, maka kamu bisa memilih wajan dengan jenis bahan dasar keramik untuk lebih amannya, karena wajan keramik memang lebih aman jika dibandingkan dengan wajan teflon. Semoga bermanfaat, ya!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Wajan Keramik vs Teflon

VS

Leave a Reply