HomeLainnya

Pilih mana: Watercolor Pans vs Watercolor Tubes?

Pada umumnya, ada dua macam bentuk watercolor yang mungkin pernah Anda dengar yaitu Watercolor bentuk pans dan tube. Mana yang lebih Anda sukai di antara keduanya? Dan mana yang lebih sering Anda gunakan dalam melukis?

Jika diamati, Watercolor sendiri memiliki warna yang sedikit transparan. Pigmen warnanya mudah larut dalam air serta butuh media kertas khusus yang mampu menyerap air dengan baik saat penggunaanya.

Bagi Anda yang baru ingin memulai melukis dan yang sudah profesional. Tentu tidak boleh sembarangan memilih watercolor bukan? Jika Anda bingung untuk memilih watercolor mana yang terbaik.

Tenang, kami telah memaparkan lebih detail mengenai kelebihan dan kekurangan kedua bentuk watercolor. Penasaran? Kalau begitu yuk langsung saja simak di Selera.id sekarang juga!

Watercolor Pans vs Watercolor Tubes

Watercolor Pans

Watercolor pan adalah cat air berbentuk padat yang umum dipakai oleh para profesional. Jenis cat ini mampu menghasilkan warna pucat dan indah meskipun telah mengaplikasikan banyak layer pada kanvas. Pewarnaan yang lebih bagus menjadi kelebihan dari cat ini, begitu juga Anda bisa menyesuaikan jumlah air yang digunakan untuk melarutkannya.

Cat air bentuk ini memungkinkan Anda melukis dengan warna tebal atau tipis sesuai keinginan. Jika Anda ingin mendalami dunia lukis, dan bagi Anda yang baru pemula pertama-tama bisa belajar dengan cat air tipe tube, lalu beralihlah ke pan color agar hasil pewarnaan lukisan Anda lebih indah.

Ada kelebihan dan kekurangan yang bisa Anda ketahui mengenai watercolor pans. Berikut pemaparannya di bawah ini. Baca juga: 7 Merk Watercolor Terbaik 2020

Kelebihan Watercolor Pans

Berikut ini Kelebihan Watercolor Pans:

  • Sangat mudah dibawa
    Kelebihan pertama yang terdapat pada watercolor bentuk ini yaitu kemasannya yang praktis dan mudah dibawa kemana-mana. Sangat cocok juga untuk traveling. Jadi, Anda bisa melukis dimanapun dan kapanpun.
  • Fitur yang lengkap
    Biasanya watercolor bentuk pans ini saat membeli Anda sudah bisa sekaligus mendapatkan kuas dan paletnya. Hal ini membuat Anda tidak perlu repot-repot mencari kuas dan alat penunjang lainnya. Karena sudah sepaket dalam membeli watercolornya.
  • Teksturnya yang mudah kering
    Kelebihan lainnya yang bisa Anda dapatkan jika memilih produk watercolor bentuk ini yaitu Anda tidak perlu memikirkan apakah watercolor Anda akan tumpah dan belepotan kemana-mana. Karena teksturnya yang mudah kering dan compact membuat watercolor ini tidak akan jatuh dan tumpah saat dibawa bepergian.

Watercolor Pans vs Watercolor Tubes

Kekurangan Watercolor Pans

Berikut ini Kekurangan Watercolor Pans:

  • Produk jarang ditemukan
    Kekurangan yang bisa Anda temukan dari watercolor ini yaitu produknya yang sulit didapatkan karena tak banyak store yang menyediakan watercolor bentuk ini. Dan lagi pilihan brand yang menghadirkannya juga cenderung sedikit.
  • Harga yang cenderung mahal
    Kekurangan pada watercolor ini memiliki harga yang cenderung mahal dibanding bentuk tube karena tidak semua brand menyediakan model atau bentuk ini. Jika Anda masih berkeinginan untuk membeli produk bentuk ini Anda bisa mendapatkannya dengan kisaran harga antara 200 hingga 1 juta tergantung brand yang ditawarkan.
  • Penggunaannya yang kurang rapi
    Bagi Anda yang tidak suka melakukan pencampuran color pada satu tempat maka watercolor jenis ini kurang tepat untuk Anda jadikan pilihan membeli. Karena color mixingnya tidak rapi saat Anda menggunakannya. Karena umumnya Anda pasti langsung mengambil cat untuk mixing dari tempatnya.

Watercolor Tubes

Watercolor bentuk ini dijual dalam bentuk tube atau seperti kemasan odol. Ukurannya juga bervariasi tergantung brand masing-masing. Anda juga bisa memilih ukuran pada jenis watercolor ini sesuai dengan kebutuhan dan selera.

Ada banyak merk watercolor tube yang bisa Anda jumpai di berbagai toko alat tulis maupun mall. Karena bentuk ini memang sangat sering digunakan dan banyak pilihan brandnya. Nah, jika ingin tahu lebih lengkap mengenai produk watercolor jenis ini. Berikut pembahasannya:

Baca juga: 6 Cat Akrilik Terbaik 2020

Kelebihan Watercolor Tubes

Berikut ini Kelebihan Watercolor Tubes:

  • Sangat mudah ditemukan
    Kelebihan yang bisa dihadirkan oleh watercolor tubes ini yaitu produknya yang sangat mudah ditemukan. Anda bisa menemukannya di berbagai toko manapun sekalipun refilnya. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dan kesulitan dalam memilih varian lainnya. Karena produk yang dihadirkan memiliki banyak pilihan.
  • Harga lebih terjangkau
    Dibanding dengan pesaingnya yang berbentuk pans. Watercolor ini memiliki harga yang terjangkau namun tergantung brand dan tingkat kualitasnya. Tetapi hal ini sangat membantu Anda untuk berhemat dan meminimalisir budget yang akan Anda keluarkan.
  • Penggunaannya yang mudah
    Dalam pemakaiannya sendiri Anda bisa gunakan watercolor bentuk ini dalam jumlah yang besar. Karena lebih mudah mencampurkannya di palet. Serta bentuk watercolor ini pun terpisah dari paletnya sehingga memudahkan membersihkan sisa cat jika ingin menyimpannya.
Lihat juga:  Pilih Mana: Dispenser Sharp atau Sanken?

Watercolor Pans vs Watercolor Tubes

Kekurangan Watercolor Tubes

Berikut ini Kekurangan Watercolor Tubes:

  • Kurang praktis
    Kemasannya yang kurang praktis dan simpel membuat hal ini menjadikan kekurangan dari produk watercolor jenis tube ini. Karena teksturnya yang kurang compact saat dibawa bepergian bahkan untuk traveling.
  • Bahan mudah kering
    Dibandingkan dengan watercolor pans, bentuk tubes ini sulit untuk digunakan kembali. Biasanya sekali pakai. Karena tutupnya yang sukar rapat. Membuatnya mudah kering dan kadang tidak bisa digunakan untuk berulang kali. Jika sudah kering kadang sulit untuk dikeluarkan dari tempatnya padahal Anda masih bisa menggunakannya.
  • Membutuhkan ruang penyimpanan khusus
    Jika dilihat dari bentuk kemasannya yang memiliki beragam ukuran. Watercolor ini akan butuh ruang penyimpanan khusus untuk meletakkannya. Anda jadi harus menyediakan ruang lebih atau tempat lainnya. Agar watercolor Anda terjaga dan tersimpan rapi. Berbeda dengan bentuk pans yang sudah berbentuk compact dan menyatu dalam tempatnya.

Tips Memilih Watercolor yang Tepat

  1. Pilihlah transparansi cat yang sesuai dengan gambar yang ingin Anda hasilkan
    Transparansi cat air ditentukan oleh rasio pigmen dan resin yang larut dalam air. Berdasarkan transparansinya, cat air dapat dibagi menjadi cat air transparan, buram, dan semi transparan. Pilihlah sesuai dengan gambar yang ingin Anda hasilkan.
  2. Sesuaikan bentuk cat dengan ukuran gambar dan tempat Anda akan menggambar
    Tipe tabung untuk mengecat area luas secara merata
    Nah, cat air tipe tabung ini cocok untuk mengecat area yang luas karena cat tersebut menyebar dengan baik. Anda juga tidak repot mengatur kadar air. Untuk itu, bagi Anda yang ingin menggambar gambar ukuran besar, gunakan cat air tipe ini. Namun, tipe ini lebih baik digunakan di rumah karena Anda perlu menyiapkan palet dan ember air.
  3. Tipe Watercolor pan/cake
    Watercolor pan/cake, populer bagi para profesional karena pengembangan warnanya yang baik
    Watercolor pan adalah cat air jenis transparan dan dijual dengan beragam warna. Cat padat semi kering ini berbentuk portabel, sangat ideal bagi Anda yang menggambar di luar ruangan. Bahkan, cat air ini dilengkapi wadah untuk mengisi air sehingga Anda tak perlu menyiapkan ember air.
  4. Carilah produk yang dijual set agar lebih praktis dan hemat
    Cat air jenis padat sangat populer karena menggunakan casing tipe palet yang sangat portabel. Produk ini dengan mudah digunakan di mana saja, baik di rumah maupun saat bepergian. Anda juga bisa mempertimbagkan cat air yang memiliki set produk, karena akan menguntungkan daripada membeli satuan. Banyak produk set yang juga dilengkapi dengan kuas dan spons. Untuk cat air jenis tabung, ada satu set produk dengan tas yang dapat menyimpan cat dan ember air sekaligus.

Pilih mana: Watercolor Pans vs Watercolor Tubes?

Keterangan Watercolor PansWatercolor Tubes
Kelebihan-Sangat mudah dibawa -Fitur yang lengkap -Teksturnya yang mudah kering-Sangat mudah ditemukan -Harga lebih terjangkau -Penggunaannya yang mudah
Kekurangan-Produk jarang ditemukan -Harga yang cenderung mahal -Penggunaannya yang kurang rapi-Kurang praktis -Bahan mudah kering -Membutuhkan ruang penyimpanan khusus

Kesimpulan

Dari pembahasan mengenai Watercolor Pans dan Watercolor Tubes diatas dapat disimpulkan bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang bisa Anda pertimbangkan nanti sewaktu membeli. Tetapi bagi Anda yang tidak ingin repot dan ribet bisa memilih watercolor bentuk pans. Namun jika Anda menginginkan watercolor dengan ukuran dan isi yang bervariasi ada baiknya Anda memilih watercolor dengan bentuk tube. Nah, kalau begitu sebelum membeli pilih sesuai kebutuhan dan selera Anda saat ingin melukis nanti. Semoga Bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Watercolor Pans vs Watercolor Tubes

VS

 

Leave a Reply