HewanKesehatanMakanan dan Minuman

Pilih Mana: Whiskas atau BOLT?

Mempunyai binatang peliharaan memang diperlukan ekstra perawatan agar kucing bisa tetap sehat. Salah satu perawatan terbaik adalah dengan memperhatikan makanan yang ia makan sehari-hari. Dengan memberi asupan makan yang bernutrisi akan membuat kucing Anda sehat dan tidak mudah sakit.

Ada banyak merek makanan kucing yang dapat Anda temui di pasaran. Manfaat makanan dari berbagai merek itu pun juga berbeda-beda tergantung dengan kebutuhan anabul Anda.

Namun, agar dapat memudahkan Anda, kami merekomendasikan 2 mereka yang populer dikalangan pecinta kucing yaitu, Whiskas dan Bolt. Kedua merek ini berhasil merajai pasar makanan kucing Indonesia. Akan tetapi, meskipun populer, ada beberapa perbedaaan dari kedua mereka ini. Apa saja itu? Simak pembahasan berikut ini!

Whiskas

Whiskas merupakan merek makanan kucing asal perusahaan Amerika, yaitu Mars, Incorporated. Perusahaan makanan kucing ini berdiri sejak 1938 dengan kantor pusat yang terletak di Virginia, Amerika.

Pada awal peluncurannya, perusahaan Mars mendaftarkan merek Kal Kan ke USPTO. Setelah perusahaan Mars, Incorporated melakukan ekspansi ke negara-negara, sejak saat itulah merek dagang produk makanan kucing berganti nama menjadi Whiskas.

Saat ini Whiskas sudah tersebar di berbagai negara di seluruh dunia. Dengan demikian, Mars dapat menekan harga Whiskas agar tetap murah. Untuk saat ini ada beberapa jenis varian Whiskas, seperti. Baca Juga Pilih Mana: Whiskas atau Royal Canin?

Kelebihan Makanan Kucing Whiskas

1. Populer di Seluruh Dunia
Berkat ekspansi pabrik Whiskas yang hadir diberbagai negara, kebanyakan orang yang pertama kali memelihara kucing akan membeli Whiskas sebagai makanan hewan kesayangannya.

2. Mudah ditemukan
Whiskas termasuk makanan kucing yang sangat mudah dicari. Anda tidak perlu khawatir harus membelinya di mana. Selain tersedia di marketplace, Whiskas juga tersedia di petshop terdekat.

3. Dipercaya Banyak Orang
Whiskas termasuk merek makanan kucing yang paling digemari di Indonesia. Tak heran jika banyak yang percaya dan merekomendasikan Whiskas sebagai pilihan untuk makanan kucing kesayangan.

4. Harga relatif murah
Untuk harga Whiskas tergolong cukup murah, bahkan untuk takaran 480 gr ataupun 1,1 kg. Untuk Whiskas Dry Junior Kitten 1,1kg memiliki harga sekitar Rp 64.000. Sedangkan Whiskas Adult Tuna 480gr memiliki harga sekitar Rp 24.000.

Kekurangan Makanan Kucing Whiskas

1. Memiliki tekstur keras
Beberapa menganggap jika Whiskas memiliki tekstur yang renyah dan empuk. Namun beberapa lainnya merasa Whiskas termasuk memikiki tekstur cukup keras dan tebal.

2. Makanan kucing Whiskas tidak memiliki banyak varian
Jika dibandingkan dengan makanan kucing premium, seperti Royal Canin, Blue Buffalo dan Hill’s science diets, Whiskas masih memang sedikit kalah. Produk Whiskas hanya fokus pada makanan basah dan makanan kering kucing. Whiskas tidak mengembangkan varian lain seperti pesaingnya. Mungkin Whiskas memiliki segmentasi market tersendiri.

Beli BOLT online di harga termurahnya sekarang, klik disini.

BOLT

Nama BOLT pasti sudah tidak asing di telinga Anda. Merek makanan kucing satu ini memang jadi idola banyak pecinta kucing di Indonesia. Harganya yang murah membuat BOLT jadi makanan kucing favorit selain Whiskas.

Menariknya lagi, BOLT merupakan makanan kucing buatan Indonesia. Makanan kucing ini diproduksi oleh PT. Central Proteina Prima, Tbk. Perusahaan ini memang terkenal dengan produk pakan kucing murahnya. Meskipun murah, namun kualitas BOLT tidak murahan.

Lihat juga:  Pilih Mana: Bimoli atau Filma?

Selain itu, Bolt telah mengantongi standar yang diterapkan oleh AAFCO. AAFCO atau American Feed Control Officials. Jadi, kualitas BOLT bisa dibilang cukup bagus.

Kelebihan Makanan Kucing BOLT

1. Membuat Kulit dan Bulu Kucing Sehat Berkilau
BOLT dilengkapi dengan kandungan vitamin yang bagus banget buat kesehatan Anabul. Nutrisi seperti Omega 6, Asam Linoleat, Niacin, dan Zinc yang membantu menjaga kesehatan kulit kucing Anda.

2. Menjaga Daya Penglihatan Kucing
Makanan kucing ini mengandung Taurine dan vitamin A. Kedua zat itu dibutuhkan agar daya penglihatan kucing tetap tajam.

3. Menjaga Kesehatan Gigi Kucing
Jika dilihat seksama, bentuk makanan kucing BOLT memang terlihat tebal dibandingkan makan kucing merek lain. Namun, tekstur BOLT yang tebal dan crunchy ternyata dimaksudkan agar kesehatan gigi kucing tetap terjaga.

4. Menurunkan resiko FLUTD
FLUTD (Feline Lower Urinary Tract Disease) memang jadi momok tersendiri. FLUTD disebabkan adanya sumbatan kristal struvite di saluran kemih kucing yang dapat menyebabkan kematian.

5. Tingkatkan daya imunitas tubuh
Untuk menjaga daya tahan dan imunitas anabul, BOLT telah dilengkapi nutrisi tambahan supaya kucing tidak mudah sakit. Dengan adanya antioksidan, vitamin E, dan vitamin C dapat membantu memperkuat daya tahan dan mencegah kerusakan sel-sel membran.

6. Harganya Terjangkau
BOLT bisa dibilang memiliki harga yang cukup terjangkau jika dibandingkan merek lainnya. Petshop biasanya jual BOLT dalam 2 pilihan kemasan. Salah satunya adalah kemasan 20 kilogram dengan harga berkisar Rp 360 ribuan serta Bolt kemasaran repack yang lebih murah lagi dengan harga Rp 17 ribu – 35 ribuan saja.

Kekurangan Makanan Kucing BOLT

1. Tidak banyak varian
Dari sekian banyaknya manfaat, sayangnya BOLT tidak memiliki banyak varian yang dapat di pilih. Anda hanya dapat membeli 1 varian rasa saja, yaitu tuna. Satu-satunya variasi produk makanan kucing ini adalah bentuk butiran kibbles-nya. Yaitu: kibbles bentuk donat dan bentuk ikan.

2. Tidak mengandung nutrisi yang cukup
Jika dilihat dari kemasannya, BOLT mengandung protein sebesar 28%. Itu sebenarnya sudah memenuhi anjuran dari AAFCO yang mewajibkan takaran minimal 25%. Tapi, masalahnya protein sebesar itu ternyata bukan murni protein hewani.

3. Kurang cocok buat kitten dan kucing lansia
Tekstur kibble BOLT memang renyah dan enak didengar. Namun, BOLT termasuk makanan kucing dengan tekstur yang keras. Hal itu sepertinya tidak terlalu cocok untuk anak kucing akan mengalami sedikit kesulitan buat memecah kibbles. Selain itu, kibble BOLT juga kurang cocok buat kucing lansia Apalagi, jika gigi kucing sudah ada beberapa yang copot. Kucing ompong lebih menyukai makanan yang lembut, basah dan beraroma.

Beli BOLT online di harga termurahnya sekarang, klik disini.

Pilih Mana: Whiskas atau BOLT?

Kesimpulan

Whiskas dan BOLT adalah makanan kucing yang populer dan menjadi favorit dikalangan pecinta kucing di Indonesia. Tak heran, kedua produk ini dapat dibeli oleh semua kalangan dikarenakan harganya yang cukup terjangkau. Meskipun demikian, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri yang sudah dijelaskan pada artikel di atas. Anda pilih yang mana?

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Whiskas atau BOLT

VS