Kendaraan

Pilih Mana: Wuling Formo atau Daihatsu Gran Max?

Mobil yang mampu menampung banyak orang bakal cocok banget buat kamu yang gemar membawa keluargamu untuk berpergian kemana saja. Kamu tidak perlu merogoh kocek yang dalam untuk mendapatkan mobil berkapasitas 7-8 orang dilengkapi pintu geser dengan spesifikasi yang baik saat ini. Seperti Wuling Formo dan Daihatsu Gran Max, kedua mobil ini menjadi idaman untuk beberapa orang saat ini. Penasaran dengan detail dari kedua mobil ini? So kali ini saya akan membahas Wuling Formo dan Daihatsu Gran Max. Disini aja ya.

Wuling Formo

Wuling Motors kembali meluncurkan model terbarunya yakni Wuling Formo. Model terbaru yang resmi dipublikasikan pada 7 Juli 2019 di ITC Cempaka Mas, Jakarta itu hadir buat menyasar di bagian komersil. Walau fokus di segmen yang berbeda, namun sesungguhnya mobil komersil produksi Wuling ini masih memakai basis dari Confero Series.

Di sisi lain, Wuling Formo ini nantinya bakal muncul dengan 2 varian, yakni tipe Blind Van yang ditujukan buat menunjang berbagai macam angkutan kargo serta barang sesuai dengan tipe usaha. Setelah itu, buat tipe berikutnya ialah varian Minibus yang sanggup dipakai buat menunjang berbagai macam angkutan penumpang.

Tentu saja, dengan diluncurkannya kendaraan komersil seperti Wuling Formo ini semakin menguatkan asumsi kalau Wuling Motors ingin mengembangkan segmen pasarnya di Indonesia. Baca juga Pilih Mana: Toyota Sienta atau Honda BR-V?

Desain Wuling Formo

Tampak depan terlihat dengan jelas bagaimana mobil asal China ini dibekali headlamp jenis Adjustable Projector Headlight dengan arah pancaran cahaya yang dapat dikontrol sesuai keinginan. Tidak sampai di sana saja, pada Wuling Formo ini pun juga mengangkat konsep desain grill depan yang dibuat seperti MPV era saat ini beserta bumper sehingga membagikan kesan simple modern versi MPV era saat ini.

Kemudian, pada komponen samping bodinya sendiri kelihatannya memang dibikin simpel, cuma sedikit garis lembut memanjang dari arah depan sampai buritan melewati handle door krom.

Wuling Formo Versi minibus sendiri diklaim sanggup menampung paling tidak 7 hingga 8 penumpang. Cuma saja pada jok baris ke 2 dan ke 3 tidak dilengkapi headrest. Sebaliknya buat jenis Formo Blind Van, memang merupakan tipe komersial yang tertuju buat mendukung kegiatan angkut barang.

Versi ini cuma memiliki 2 tempat duduk buat pengemudi dan penumpang depan, sebaliknya ruang baris ke 2 serta ke 3 didesain menjadi ruangan berkapasitas 3.200 liter dengan kapasitas angkut 595 kg.

Mesin Wuling Formo

Model terbaru untuk kegiatan komersil garapan Wuling ini bakal mengangkat mesin jenis DOHC i-VVT dengan 4 silinder yang mana mempunyai kapasitas kubikasi lebih kecil dari Confero, yaitu 1200 cc. Mesin yang diusung oleh Wuling Formo itu nantinya bakal dipadukan bersama sistem transmisi manual 5 percepatan. Sehingga, diperoleh power handal up to 77.5 Ps per 5.600 rpm serta mampu menggapai titik puncak torsi sampai 10 Nm per 3600–4000 rpm.

Memandang daya serta torsi yang diperoleh itu maka sangat wajar sekali bila mobil ini sanggup berakselerasi dengan daya yang cukup handal buat selevel mobil komersil. Di bagian lain, pada sektor dapur pacu yang diusung detail Wuling Formo ini bakal mengangkat standar emisi EURO 4 yang dipastikan mampu menekan konsumsi bahan bakar buat mendukung kendaraan yang ramah lingkungan dengan efisiensi bahan bakar.

Fitur Wuling Formo

Wuling bakal mengangkat sebagian fitur standar seperti electronic power steering (EPS), instrument cluster dengan multi information display (MID) yang begitu informatif, sabuk pengaman di 3 baris jok, AC tanpa double blower, head unit internal yang dilengkapi fitur radio AM FM dan koneksi USB diiringi power outlet 12V dan power window.

Tidak cuma itu, buat mendukung keselamatan maka Wuling Formo ini bakal mempercayakan rem Disc dan Drum yang cukup mampu diharapkan walaupun belum dilengkapi teknologi ABS sebagaimana Confero Series. Di samping itu, khusus versi Blind Van menawarkan sebuah ruang luas di bagian belakang jok pengendara dan penumpang depan dengan kapasitas 3.200 liter kapasitas angkut 595 Kg.

Harga Wuling Formo

Wuling Formo Blind Van Rp 135,800.000,-
Wuling Formo minibus 8-seater Rp 135,800.000,-
Wuling Formo minibus 7-seater Rp 135,800.000,-

Daihatsu Gran Max

Kendaraan yang termasuk mobil keluarga ini sudah dipublikasikan semenjak tahun 2007 lalu buat menggantikan Daihatsu Zebra yang sudah termasuk ketinggalan. Mobil Daihatsu sejak pembuatan mulai tahun 2007 nyatanya baru bisa masuk ke pasar otomotif Indonesia mulai tahun 2008 silam.

Daihatsu Gran Max Minibus ini merupakan mobil minibus dengan mempunyai konsep MPV yang memakai kombinasi mesin antara tipe mobil SUV dengan MPV. Keunggulan utama mobil minibus buah buatan Daihatsu ini mempunyai daya muat penumpang yang cukup banyak dari MPV lain dan diperkuat mesin SUV yang mempunyai kelebihan pada kekokohan serta daya tahan mesin yang cukup bagus.

Lihat juga:  Pilih Mana: Sepeda Polygon atau Sepeda Element?

Desain Daihatsu Gran Max

Dengan memakai rancangan konsep Semi Bonnet bakal membagikan sistem aerodinamis yang bagus buat melaju di jalanan. Bagian depan Daihatsu Gran Max Minibus mempunyai fascia depan yang cukup menarik dengan grill yang berukuran kecil dengan dipadukan lampu utama yang berukuran besar serta mempunyai front bumper berukuran sedang. Kemudian pada bagian sampingnya, Daihatsu Gran Max MB pula tampak elegan dengan garis beraksen chrome pada bagian belakangnya.

Pada bagian dashboardnya, Daihatsu Gran Max Minibus mempunyai konsep yang modern serta ergonomis sehingga mempermudah pengendara serta penumpang buat mengatur keinginan yang diinginkan dikala dalam perjalanan memakai minibus ini.

Pada jok bagian depannya mempunyai fitur Sliding Seat bakal semakin membagikan kenyamanan serta keleluasaan maksimal pada saat mengemudi.

Daihatsu Gran Max Minibus pula mempunyai 3 Poit ELR Seat Belt yang membagikan keamanan serta kenyamanan buat pengendara dan beberapa penumpang pada bagian baris depan.

Mesin Daihatsu Gran Max

Mobil ini memakai 2 mesin yang berbeda dengan menciptakan daya yang berbeda juga. Mulai dari mesin 3SZ-VE yang berkapasitas 1.5 liter dengan 4 silinder segaris, 16 katup DOHC dengan VVT-i bisa memberikan daya maksimum pada Daihatsu Gran Max Minibus yakni 97 Ps pada putaran mesin 6.000 RPM dan 13.7 Kgm pada putaran mesin 4.400 RPM.

Kemudian buat pilihan mesin kedua memakai mesin K3-DE yang berkapasitas 1. 3 liter dengan 4 silinder segaris, 16 katup DOHC bisa menciptakan daya maksimum mencapai
88 Ps pada putaran mesin 6. 000 RPM dengan torsi maksimum menggapai 11. 7 Kgm pada putaran mesin 4.400 RPM.

Dengan mesin itu maka laju Daihatsu Gran Max Minibus ini terasa cukup nyaman buat jalanan perkotaan ataupun antar kota. Apalagi buat opsi mesin yang paling kecil yakni 1. 3 liter dirasa masih handal buat kebutuhan sehari-hari.

Mesin pada detail Daihatsu Gran Max MB ini memakai sistem pemasok bahan bakar Electronic Fuel Injection (EFI) yang bisa memancarkan bahan bakar dengan stabil, membagikan daya yang maksimal dan bisa menciptakan konsumsi bahan bakar yang cukup efisien.

Fitur Daihatsu Gran Max

Daihatsu Gran Max Minibus ini dilengkapi dengan fitur Monocoque Body bakal membagikan proteksi yang cukup bagus dalam terjadinya kecelakaan sehingga penumpang serta pengendara bakal terjamin keamanan serta keselamatannya.

Posisi air intake sengaja diletakkan diatas sehingga tidak jadi masalah berarti kala Daihatsu Gran Max Minibus melibas kubangan air yang menggapai 500 mm. Kemudian Suspensi Tipe Per Keong bakal membagikan kenyamanan pada penumpang dikala dalam perjalanan.

Tidak hanya itu masih terdapat fitur Fuel Lid Opener bakal membagikan kemudahan serta kepraktisan membuka tutup bensin dari dalam mobil yang menyebabkan kamu tidak harus keluar dari Daihatsu Gran Max Minibus ini. Tidak hanya itu masih terdapat fitur power steering yang menolong kamu dalam mengemudikan mobil secara lebih nyaman sebab bisa merespon sentuhan tangan yang amat pelan dengan baik.

Setelah itu masih terdapat fitur sliding door pada detail Daihatsu Gran Max MB yang mempermudah penumpang serta barang masuk dari 2 bagian yang berbeda. Kemudian masih terdapat tuas transmisi yang letaknya tidak ditempat biasanya melainkan di dekat setir yang setingkat dengan setir mobil, jadi kamu tidak kesusahan kala melakukan operan gigi.

Harga Daihatsu Gran Max

Daihatsu Grand Max Minibus MB 1.3 D FH Rp 142.075.000
Daihatsu Grand Max Minibus MB 1.3 D FF FH Rp 148.475.000
Daihatsu Grand Max Minibus MB 1.3 D FF AMBULANCE FH Rp 177.475.000
Daihatsu Grand Max Minibus MB 1.5 D PS FH Rp 158.075.000

Pilih Mana: Wuling Formo atau Daihatsu Gran Max?

Wuling FormoDaihatsu Gran Max
Kelebihan - Harga ekonomis - Dimensinya fleksibel - Versi blind van area muatnya luas.- Suku cadang melimpah - Kapasitas kabin luas - Nyaman dipakai
Kekurangan- Tidak ada headrest di baris kedua, hanya ada di dua bangku depan - Minim fitur keselamatan- Minim fitur - Sering limbung

Kesimpulan

Wuling Formo dan Daihatsu Gran Max menjadi idaman untuk beberapa orang karena spesifikasi baik, harga terjangkau dan mampu memuat banyak orang. Cocok banget buat dijadikan mobil keluarga. Wuling Formo bisa dibilang baru dipasarkan, namun spesifikasi dan detail nya tidak kalah dengan Daihatsu Gran Max. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Wuling Formo vs Daihatsu Gran Max

VS