Smartphone

Pilih Mana: Xiaomi Mi 10 vs Huawei P30 Pro

Maraknya peminat ponsel pintar dengan spesifikasi yang bukan main gahar membuat banyak produsen smartphone berloma membuat sebaik-baik ponsel supaya bisa bersaing di pasar lokal maupun internasional. Xiaomi dan Huawei merupakan dua brand yang cukup terkenal dan banyak diminati di Indonesia.

Kedua brand ini memiliki smartphone kelas atas yang memiliki spesifikasi sangat keren dan membingungkan untuk dipilih. Untuk kamu yang butuh referensi tentang kedua ponsel high class yang sedang hits ini, yuk simak ulasan yang sudah kami buat di bawah!

Pilih Mana: Xiaomi Mi 10 vs Huawei P30 Pro 

Xiaomi Mi 10

Xiaomi merupakan perusahaan elektronik swasta milik pribadi yang berasal dari Tiongkok dimana kantor pusat nya berada di Beijing yang banyak sekali menciptakan pengalaman menakjubkan pengguna dari segala aspek. Dibuat pada tahun 2010, perusahaan ini dengan cepat sudah menjadi salah satu perusahaan teknologi terkenal di Tiongkok.

Banyak sekali tipe dari smartphone Xiaomi ini yang menjadi pilihan bagi anak muda hingga orang dewasa. Salah satu tipe terbaik dari Xiaomi baru-baru ini adalah Xiaomi Mi 10 yang memiliki spesifikasi sangat terbaik.

Xiaomi Mi 10 ini baru dirilis pada akhir februari 2020 nanti, namun, sudah banyak bocoran mengenai ponsel pintar terbaru yang dinilai memiliki spesifikasi gahar ini. Nah, untuk kamu yang penasaran, yuk langsung simak saja ulasan yang ada!

Kelebihan Xiaomi Mi 10

Berikut ini beberapa kelebihan dari Xiaomi Mi 10:

  • Kamera yang sangat bagus
    Di era sekarang ini, bukan hal asing lagi jika produsen smartphone berlomba membuat ponsel pintar dengan kamera yang memiliki spesifikasi dahsyat. Sudah pasti kamera menjadi pertimbangan utama bagi seseorang yang akan membeli sebuah smartphone, nah Xiaomi Mi 10 memiliki spesifikasi kamera yang super bagus.
  • Kapasitas baterai yang besar
    Kelebihan lain yang digadang-gadang akan dimiliki oleh Xiaomi Mi 10 adalah kapasitas baterai yang sangat besar. Dengan kapasitas besar ini tentunya kamu tidak perlu sering mengisi daya dari ponsel yang satu ini karena pasti bertahan lama.
  • Performa yang gahar
    Xiaomi Mi 10 ini memiliki performa dan dapur pacu yang sangat tangguh. Jangan khawatir lagi ya dengan performa dari smartphone Xiaomi Mi 10 ini karena pastinya smartphone ini memiliki otak yang berasal dari chipset yang cukup tangguh.

Pilih Mana: Xiaomi Mi 10 vs Huawei P30 Pro

Kekurangan Xiaomi Mi 10

Berikut ini beberapa kekurangan Xiaomi Mi 10:

  • Harga yang cukup tinggi
    Kekurangan yang pertama dari smartphone Xiaomi Mi 10 dimana dari sisi harga sendiri smartphone keluaran Xiaomi ini tentunya memiliki harga jual yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan smartphone sekelas. Namun kamu dapat menyesuaikan dengan kebutuhan, ya.
  • Desain biasa saja
    Untuk desain sendiri Xiaomi Mi 10 ini memiliki desain yang bisa dibilang biasa saja ya, mungkin beberapa orang tetap menyukai desai dari smartphone Xiaomi Mi 10 ini meski sebagian lain mungkin tidak karena tidak ada perubahan signifikan dari desain ponsel pintar ini.
  • Belum memiliki fitur anti air
    Nah, kekurangan lain yang cukup disayangkan dari Xiaomi Mi 10 adalah bahwa smartphone ini belum ada fitur yang membuatnya anti air. Hal ini menjadikan kamu harus hati-hati saat akan menggunakan smartphone ini ya.
Xiaomi Mi 10Huawei P30 Pro
BrandXiaomi Huawei
Harga per Januari 2020-Rp. 9.500.000-,

Huawei P30 Pro

Huawei P30 Pro sukses menghadirkan smartphone yang disenangi, terutama penyuka fotografi mobile, apalagi dengan kameranya. Tidak heran, karena ini memang jadi keunggulan utama yang diberikan Huawei saat memperkenalkannya.

Untuk diketahui, seri tertinggi P30 Series ini dilengkapi kamera mumpuni yang saat tulisan ini dibuat, sedang menjadi raja DXoMark. Tapi tak cuma soal kamera, P30 Pro tentunya juga dibekali sejumlah fitur kelas flagship lainnya. Baca juga Pilih Mana: Xiaomi Redmi Note 7 atau Samsung S10?

Kelebihan Huawei P30 Pro

  • Kualitas layar bagus
    Bukan hanya desain belakangnya saja yang bagus dan tentunya memesona, bagian depan alias layar dari HP terbaru Huawei ini juga tampil elegan dengan bezel tipis serta notch yang lebih kecil. Huawei P30 Pro ini juga adalah HP yang punya layar lengkung, sehingga kesan premiumnya semakin terlihat.Layar Huawei P30 Pro memiliki ukuran sebesar 6.47 inci dengan resolusi full HD+1080 x 2340 piksel dan rasio layar 10:5:9. Layarnya sendiri menggunakan panel AMOLED, sehingga reproduksi warnanya bagus dan tampilannya juga jernih.

    Menariknya lagi, layarnya sudah didukung teknologi DCI-P3 dan juga HDR10 sehingga kamu dapat dengan nyaman menonton video dengan kualitas terbaik melalui Netflix atau YouTube. Layar HP Huawei P30 Pro yang luas tentu membuat kamu semakin puas dan betah menatapnya berlama-lama.

  • Performa kencang
    Layar dengan kualitas bagus, kamera super canggih hingga desain yang cantik tentunya bukan apa-apa tanpa performa yang bagus. Beruntungnya, Huawei P30 Pro ini merupakan paketan lengkap, nih.HP ini memiliki performa kencang dan lancar berkat dukungan chipset dari HiSilicon, yakni Kirin 980. Apalagi, Huawei juga menyediakan pilihan varian HP Huawei P30 Pro dengan kapasitas RAM 6 hingga 8 GB, juga dukungan memori internal yang besar pula.
  •  Baterai tahan lama didukung fast charging 
    Kita beralih ke sektor baterainya. Huawei membekali HP ini dengan baterai berkapasitas 4200 mAh yang tentunya tergolong besar. Huawei P30 Pro mampu bertahan hingga kurang lebih 100 jam, dengan rincian 27:39 jam untuk penggunaan 3G talk time, 14:21 jam untuk browsing internet dan 20:16 jam untuk pemutaran video.Baterai HP ini awet dan cocok digunakan untuk aktivitas yang cukup berat. Huawei P30 pro ini mampu bertahan selama satu setengah hari tanpa membutuhkan pengisian daya baterai.

    Huawei juga memiliki fitur fast charging 40 W yang dinamakan SuperCharge. Dengan teknologi ini, kamu dapat mengisi daya baterai HP sebanyak 70% dalam waktu setengah jam saja. Hebat, bukan?

    Selain didukung dengan fast charging, Huawei P30 Pro juga sudah membawa teknologi fast wireless charging 15 W dan sudah bisa digunakan untuk Reverse Charging. Artinya, bodi belakang dari HP ini dapat kamu gunakan untuk mengisi daya baterai berbagai perangkat seperti smartwatch bahkan HP lain.

Pilih Mana: Xiaomi Mi 10 vs Huawei P30 Pro

Kekurangan Huawei P30 Pro

  • Tidak Ada Audio Jack 
    HP yang bisa dikatakan hampir sempurna ini ternyata juga punya kekurangan tersendiri. Ya, Huawei P30 Pro tidak memiliki audio jack 3.5 mm yang bisa kamu pakai untuk mendengarkan musik melalui earphone.Huawei juga tidak menyertakan dongle konektor audio jack 3.5 mm dengan USB tipe-C pada paket pembelian HP ini, sehingga kamu harus membelinya secara terpisah. HP ini juga hanya memiliki satu speaker saja. Bukan stereo speaker. Namun Huawei telah mengatasi ini dengan teknologi speaker terbaru yang kabarnya terbenam di dalam layar HP.
  • Menggunakan Nano Memory Card
    Satu kekurangan lainnya yang dimiliki HP ini adalah, Huawei P30 Pro menggunakan nano memory card yang masih jarang ditemukan dan harganya juga bisa lebih mahal ketimbang microSD card pada umumnya.
  • Harga jual yang sangat tinggi 
    Tentunya, hal ini tidak akan mengejutkan kamu. Mengingat betapa ‘wah’ nya spesifikasi yang ditawarkan oleh produk yang satu ini, tentu harga yang harus kamu keluarkan juga sepadan. Meski lumayan menguras kantong khas smartphone kelas atas, namun kamu tidak akan kecewa dengan performa dari ponsel ini.

Pilih Mana: Xiaomi Mi 10 vs Huawei P30 Pro 

Xiaomi Mi 10Huawei P30 Pro
Kelebihan- Kamera yang sangat bagus - Kapasitas baterai yang besar - Performa yang gahar - Kualitas layar bagus  - Performa kencang  -  Baterai tahan lama didukung fast charging 
Kekurangan- Harga yang cukup tinggi - Desain biasa saja - Belum memiliki fitur anti air - Tidak Ada Audio Jack  - Menggunakan Nano Memory Card  - Harga jual yang sangat tinggi 

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan dua ponsel pintar di atas, dapat dikatakan bahwa saat ini tentu masih sangat bingung menentukan mana yang paling bagus. Jika kamu menginginkan ponsel dengan harga yang sedikit lebih murah di antara kedua ponsel ini maka kamu dapat memilih Xiaomi Mi 10 yang menjadi smartphone terbaru xiaomi di tahun 2020.

Namun, jika kamu memang ingin membeli ponsel pintar yang sudah menjadi unggulan sejak tahun 2019, maka huawei P30 Pro dapat menjadi pilihan yang tepat. Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Xiaomi Mi 10 vs Huawei P30 Pro

VS

Leave a Reply