Smartphone

Pilih Mana: Xiaomi Mi 10 vs Samsung Note 10

Samsung dan Xiaomi meruapakan dua brand smartphone yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Meski samsung merupakan brand yang terkenal lebih dulu dan tidak perlu diragukan lagi kualitas dan performanya, Xiaomi kini menjadi brand yang dinilai hampir menyaingi samsung karena mampu menghadirkan ponsel pintar kelas atas yang harganya lebih murah dibanding keluaran dari samsung.

Xiaomi Mi 10 dan Samsung Note 10 merupakan dua ponsel yang dinilai akan beradu sengit di pasaran karena spesifikasi yang sama-sama gahar. Nah, untuk kamu yang penasaran, yuk simak ulasan di bawah ini!

Pilih Mana: Xiaomi Mi 10 vs Samsung Note 10

Xiaomi Mi 10

Xiaomi merupakan perusahaan elektronik swasta milik pribadi yang berasal dari Tiongkok dimana kantor pusat nya berada di Beijing yang banyak sekali menciptakan pengalaman menakjubkan pengguna dari segala aspek. Dibuat pada tahun 2010, perusahaan ini dengan cepat sudah menjadi salah satu perusahaan teknologi terkenal di Tiongkok.

Banyak sekali tipe dari smartphone Xiaomi ini yang menjadi pilihan bagi anak muda hingga orang dewasa. Salah satu tipe terbaik dari Xiaomi baru-baru ini adalah Xiaomi Mi 10 yang memiliki spesifikasi sangat terbaik.

Xiaomi Mi 10 ini baru dirilis pada akhir februari 2020 nanti, namun, sudah banyak bocoran mengenai ponsel pintar terbaru yang dinilai memiliki spesifikasi gahar ini. Nah, untuk kamu yang penasaran, yuk langsung simak saja ulasan yang ada!

Kelebihan Xiaomi Mi 10

Berikut ini beberapa kelebihan dari Xiaomi Mi 10:

  • Performa yang gahar
    Xiaomi Mi 10 ini memiliki performa dan dapur pacu yang sangat tangguh. Jangan khawatir lagi ya dengan performa dari smartphone Xiaomi Mi 10 ini karena pastinya smartphone ini memiliki otak yang berasal dari chipset yang cukup tangguh.
  • Kamera yang sangat bagus
    Di era sekarang ini, bukan hal asing lagi jika produsen smartphone berlomba membuat ponsel pintar dengan kamera yang memiliki spesifikasi dahsyat. Sudah pasti kamera menjadi pertimbangan utama bagi seseorang yang akan membeli sebuah smartphone, nah Xiaomi Mi 10 memiliki spesifikasi kamera yang super bagus.
  • Kapasitas baterai yang besar
    Kelebihan lain yang digadang-gadang akan dimiliki oleh Xiaomi Mi 10 adalah kapasitas baterai yang sangat besar. Dengan kapasitas besar ini tentunya kamu tidak perlu sering mengisi daya dari ponsel yang satu ini karena pasti bertahan lama.

Pilih Mana: Xiaomi Mi 10 vs Samsung Note 10

Kekurangan Xiaomi Mi 10

Berikut ini beberapa kekurangan Xiaomi Mi 10:

  • Desain biasa saja
    Untuk desain sendiri Xiaomi Mi 10 ini memiliki desain yang bisa dibilang biasa saja ya, mungkin beberapa orang tetap menyukai desai dari smartphone Xiaomi Mi 10 ini meski sebagian lain mungkin tidak karena tidak ada perubahan signifikan dari desain ponsel pintar ini.
  • Belum memiliki fitur anti air
    Nah, kekurangan lain yang cukup disayangkan dari Xiaomi Mi 10 adalah bahwa smartphone ini belum ada fitur yang membuatnya anti air. Hal ini menjadikan kamu harus hati-hati saat akan menggunakan smartphone ini ya.
  • Harga yang cukup tinggi
    Kekurangan yang pertama dari smartphone Xiaomi Mi 10 dimana dari sisi harga sendiri smartphone keluaran Xiaomi ini tentunya memiliki harga jual yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan smartphone sekelas. Namun kamu dapat menyesuaikan dengan kebutuhan, ya.

Pilih Mana: Xiaomi Mi 10 vs Samsung Note 10

KeteranganXiaomi Mi 10Samsung Note 10
MerkXiaomi Samsung
TipeMi 10Note 10
Kisaran Harga-Rp. 13.000.000-,

Samsung Note 10

Seri Galaxy Note buatan Samsung telah lama dikenal sebagai phablet (smartphone tablet) dengan ukuran layar luas dan bodi bongsor. Namun, hal ini terlihat jauh berbeda dengan rilisnya Samsung Galaxy Note 10.

Berbeda dengan para pendahulunya, Galaxy Note 10 hadir dengan ukuran yang begitu compact. Bahkan, ukurannya lebih kecil jika dibandingkan dengan Galaxy Note 9 maupun Galaxy Note 8. Meski ukuran layarnya hampir sama. Apalagi jika dibandingkan dengan Galaxy Note 10 Plus, ukurannya jauh lebih ringkas lagi.

Tapi, bukan hanya soal bodi ringkas. Galaxy Note 10 juga membawa fitur dan teknologi baru, serta jeroan termutakhir. Simak kelebihan dan kekurangan, serta spesifikasi lengkapnya berikut ini!

Kelebihan Samsung Note 10

  • Galaxy Note Paling Compact 
    Galaxy Note 10 memang hadir dengan ukuran layar 6,3 inci, terbilang cukup luas untuk standar tampilan smartphone saat ini. Ukuran layarnya pun hanya berbeda 0,1 inci dibanding Galaxy Note 9 dan setara dengan Galaxy Note 8.

    Namun, tingginya lebih kecil sekitar 10 milimeter (mm) di antar kedua pendahulunya tersebut. Ia pun lebih nyaman digenggam satu tangan, karena lebarnya lebih kecil sekitar 5 mm. Apalagi, jika dibandingkan saudaranya, Galaxy Note 10 Plus yang punya layar 6,8 inci. Soal compact, Galaxy Note 10 adalah juaranya.

    Ukuran bodinya yang ringkas juga besar dipengaruhi oleh bingkainya yang kini super tipis dan hampir tak terlihat. Dengan begitu, rasio layar ke bodinya mencapai 90,9 persen!

  • Kamera Mampu Fokus saat Rekam Video 
    Jika sebelumnya kamu hanya bisa melakukan fokus pada objek saat mengambil foto. Kini, dengan Galaxy Note 10, kamu bisa memfokuskan kamera pada objek saat perekaman video! Dengan ini, objek akan terlihat lebih jelas karena latar belakang yang di-blur.

    Bahkan, tak hanya blur, kamu bisa memberikan efek spesial pada background video. Seperti mengganti warna menjadi hitam-putih dan sebagainya. Menarik, bukan?

  • S Pen yang Lebih Canggih 
    Setiap tahun, selalu ada saja peningkatan fitur yang disematkan oleh Samsung kepada pensil pintar pendamping Galaxy Note series. Kini, Samsung masih tak kehabisan akal untuk Galaxy Note 10.

    Seri Galaxy Note 10 mendapat peningkatan fitur pada S Pen, di mana alat ini kini mampu mendukung gestur di udara. Dengan fitur bernama Air Actions ini, pengguna bisa menulis atau pun menggambar meski tak menyentuh layar ponsel!

    Tak hanya itu, ada pula fitur Augmented Reality (AR) Doodle yang memungkinkan kamu membuat gambar dengan latar live di dunia nyata. Kamu bisa menambah atau mendekorasi objek yang ditangkap oleh kamera sesuka hati.

Pilih Mana: Xiaomi Mi 10 vs Samsung Note 10

Kekurangan Samsung Note 10

  • Absennya Headphone Jack dan Memori Eksternal 

    Hal kecil namun bisa menyulitkan adalah tidak adanya port headphone jack pada smartphone premium ini. Memang, pengguna mendapat perangkat audio bawaan dari Samsung, tetapi hal ini bisa menyulitkan jika suatu saat kamu lupa membawa earphone atau rusak. Meski hal tersebut bisa diatasi dengan membeli converter.

    Satu lagi yang absen, yakni tidak adanya port microSD card. Namun, hal ini tidak terlalu berarti mengingat Galaxy Note 10 ditawarkan dengan memori internal yang terbilang luas.

  • Tidak Ada Upgrade untuk Versi Chipset Qualcomm
    Samsung menyematkan chipset Qualcomm Snapdragon 855 pada versi Galaxy Note 10 untuk pasar Amerika Serikat dan China. Hal ini sedikit di luar prediksi, karena sebelumnya banyak yang menyebut pablet ini bakal mendapat pembaruan prosesor ke Snapdragon 855+.

    Meski begitu, pasar Indonesia mendapat keuntungan karena Galaxy Note 10 yang hadir di Tanah Air membawa peningkatan chipset, dari Samsung Exynos 9820 (8 nm) ke Exynos 9825 (7 nm) .

  • Kemampuan Zoom Kamera Masih Sama
    Salah satu dari ketiga lensa yang dimiliki kamera utama Galaxy Note 10 adalah telephoto, yang mana ini berguna untuk meningkatkan kemampuan zoom. Sayangnya, tidak ada peningkatan pada fitur ini.

    Galaxy Note 10 masih hanya mampu melakukan optical zoom hingga dua kali. Di mana, flagship dari brand lain ada yang memiliki kemampuan optical zoom hingga lima kali. Untuk diketahui, fitur ini berguna untuk mempertahankan kualitas foto meski pengguna melakukan pembesaran saat mengambil foto.

Pilih Mana: Xiaomi Mi 10 vs Samsung Note 10

Xiaomi Mi 10Samsung Note 10
Kelebihan- Performa yang gahar - Kamera yang sangat bagus - Kapasitas baterai yang besar - Galaxy Note Paling Compact  - Kamera Mampu Fokus saat Rekam Video  - S Pen yang Lebih Canggih 
Kekurangan- Desain biasa saja - Belum memiliki fitur anti air - Harga yang cukup tinggi - Absennya Headphone Jack dan Memori Eksternal  - Tidak Ada Upgrade untuk Versi Chipset Qualcomm - Kemampuan Zoom Kamera Masih Sama

Kesimpulan

Kedua ponsel pintar yang memiliki spesifikasi kelas atas ini sama-sama memiliki performa yang sangat gahar dan sangat bagus. Meski memiliki waktu perilisan yang terbilang jauh, samsung note 10 tetap tidak bisa dikatakan sebagai ponsel pintar yang mudah dikalahkan dengan pendatang baru seperti Xiaomi Mi 10. Kamu dapat menyesuaikan ponsel yang akan kamu beli sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan, ya. Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Xiaomi Mi 10 vs Samsung Note 10

VS

Leave a Reply