ElektronikSmartphone

Pilih Mana: Xiaomi Mi 9 SE atau Xiaomi Redmi Note 7 Pro?

Membahas tentang smartphone memang tidak akan ada habisnya, karena semakin hari akan semakin banyak perusahaan elektronik yang mengeluarkan produk-produk smartphone terbaiknya seperti perusahaan Xiaomi. Ya, merek Xiaomi sudah terkenal di seluruh negara, karena banyak tipe atau produk smartphone yang dirilis atau dikeluarkan oleh Xiaomi dengan spesifikasi yang cukup baik. Tidak jarang pemilihan smartphone ini karena untuk bermain game online spesifikasi yang ada sangat mendukung. Juga kamera yang kualitasnya cukup bagus hingga harga yang terjangkau. Seperti Xiaomi Mi 9 SE dan Xiaomi Redmi Note 7 Pro, kedua tipe ini banyak terjual dan menjadi andalan saat ini. Untuk lebih jelas mengenai kedua tipe ini, baca penjelasannya dibawah ini yuk.

Xiaomi

Xiaomi adalah perusahaan elektronik swasta milik pribadi dari Tiongkok yang berkantor pusat di Beijing yang berdedikasi untuk menciptakan pengalaman pengguna dari segala aspek. Dibuat pada tahun 2010, perusahaan ini dengan cepat sudah menjadi salah satu perusahaan teknologi terkenal di Tiongkok. Xiaomi merupakan distributor telepon pintar terbesar ke- 3 di Dunia yang merancang, mengembangkan, dan menjual telepon pintar, aplikasi seluler, dan elektronik konsumen. Baca juga Pilih Mana: Samsung Galaxy S10E atau Samsung Galaxy S9 Plus?

Sejak merilis telepon pintar pertamanya di bulan Agustus 2011, Xiaomi telah memperoleh pangsa pasar di Tiongkok daratan. Pendiri dan CEO Xiaomi merupakan Lei Jun, yang merupakan orang terkaya ke- 23 di Tiongkok menurut Forbes. Perusahaan ini saat ini bernilai lebih dari 10 miliar USD dan mempunyai lebih dari 5000 karyawan, yang berasal dari Tiongkok, Malaysia, Singapura, India, Filipina, dan Indonesia. Menurut IDC, Xiaomi saat ini merupakan produsen telepon pintar terbesar ketiga.

Tampilan Xiaomi Mi 9 SE

Xiaomi Mi 9 SE adalah 5.97 inch. Ukuran itu termasuk ukuran layar minimalis yang didesain sebaik mungkin oleh pihak Xiaomi. Xiaomi Mi 9 SE sudah menggunakan teknologi layar Super AMOLED dengan jenis layar tertanam dan mempunyai lengkungan kecil di atasnya. Layar Xiaomi Mi 9 SE juga telah dibalut dengan cantik dengan lapisan Corning Gorilla Glass 5 dan dilengkapi oleh fitur HDR dengan kombinasi berbagai warna yang menarik perhatian.

Kecanggihan fitur layar yang ditawarkan oleh Xiaomi Mi 9 SE ini tidak kalah dari 2 saudaranya. Perbedaan yang bisa kamu temui merupakan ukuran layar yang lebih kecil, dibanding dengan tipe biasa. Tidak hanya mempunyai bentuk bagus, teknologi lain yang dimiliki Xiaomi Mi 9 SE adalah fingerprint yang terdapat di bawah layar dengan chipset Snapdragon 712.

Kamera Xiaomi Mi 9 SE

Fungsi kamera depan pada Xiaomi Mi 9 SE pastinya dapat memberikan pengalaman selfie yang berkualitas berkat dukungan fitur Beautify. Secara umum, kamu akan memperoleh hasil foto selfie yang lebih cantik, tetapi tetap terlihat alami.

Perolehan foto yang bagus bisa didapatkan berkat teknologi AI yang sanggup menginterpretasikan kontur di wajah kamu untuk perolehan foto yang sempurna. Fitur ini pastinya tidak akan terlihat berlebihan walaupun ada dukungan Beautify sekalipun.

Baterai Xiaomi Mi 9 SE

Baterai Mi 9 SE memiliki 3.070 mAh dengan fitur fast charging. Xiaomi meniadakan port jack audio 3.5 milimeter, sehingga apabila pengguna mau menggunakan headset, maka bisa menggunakan konektor.

Xiaomi Mi 9 SE memperoleh tingkatan daya tahan mencapai 73 jam. Smartphone ini juga mensupport Qualcomm Quick Charge 4+. Perihal itu berarti bahwa kompatibel dengan pengiriman daya USB.

Lihat juga:  Pilih Mana: Canon 700D atau 600D?

Harga Xiaomi Mi 9 SE

Xiaomi Mi 9 SE dijual dengan harga sekitar Rp 4.100.000 untuk versi dengan media penyimpanan 64 GB dan sekitar Rp 4.800.000 untuk versi 128 GB.

Tampilan Xiaomi Redmi Note 7 Pro

Bagian punggung plastik Redmi Note 7 Pro dilindungi oleh Gorilla Glass 5 layaknya gaya smartphone masa kini. Gorilla Glass 5 tidak hanya mencegah bagian punggung saja, tetapi juga bagian layar LCD berbentang 6.3 incHi. Layar itu mendukung resolusi 2380 x 1080 piksel. Di versi Pro ini, Smartphone ini sudah mengadopsi desain smartphone kekinian, dengan memakai notch atau poni pada layar. Walaupun bingkai atas terpangkas cukup banyak, namun di bagian dasar atau dagu, masih tampak bingkai yang cukup tebal.

Terdapat 3 warna yang ada yakni Neptune Blue, Nebula Red, dan Space Black dan 2 warna lain yang hadir dengan motif yang cantik bergradiasi. Performanya dibantu dengan chipset Qualcomm Snapdragon 675 octa-core dan GPU Adreno 612. Redmi Note 7 Pro hadir dalam 2 versi RAM, mencakup RAM 4GB atau 64GB dan RAM 6GB atau 128GB. Handphone ini juga diiringi slot kartu microSD guna memungkinkan pengguna memperluas penyimpanan internal handphone hingga 512GB.

Kamera Xiaomi Redmi Note 7 Pro

Kamera utama Redmi Note 7 Pro ditopang sensor Sony IMX 586 48MP dengan bukaan f atau 1.79. Kamera utamanya didesain ganda dengan kamera sekunder beresolusi 5MP untuk menciptakan efek bokeh. Untuk pertama kalinya, Redmi memberitahukan mode fotografi malam bertenaga intelek buatan.

Tidak hanya dukungan itu, kamera Redmi Note 7 Pro diiringi fitur EIS, AI Portrait, Studio Lighting, Studio Lighting Live Preview dan video 4K pada 30fps. Kamera depannya dilengkapi lensa 13MP dan dibantu AI Beautify, Studio Lighting, hingga Portrait Selfie. Kamera itu juga sekaligus mengakomodir fitur pemindai wajah.

Baterai Xiaomi Redmi Note 7 Pro

Daya tahan smartphone ini akan diakomodir baterai 4.000 mAh disertai fitur fast charging 18W. Perusahaan mengklaim kapasitas itu menawarkan waktu siaga 14 hari, 45 jam waktu bicara dan 8.5 ketika digunakan untuk main game.

Harga Xiaomi Redmi Note 7 Pro

Harga Redmi Note 7 Pro dijual dengan harga sekitar Rp. 2.700.000 untuk versi RAM 4GB atau 64GB. Sementara versi RAM 6GB atau 128GB dijual dengan harga sekitar Rp. 3.300.000.

Pilih Mana: Xiaomi Mi 9 SE atau Xiaomi Redmi Note 7 Pro?

Xiaomi Mi 9 SEXiaomi Redmi Note 7 Pro
Kelebihan - Desain yang mewah - Didukung fast charging - Kualitas kamera yang bagus - Fitur keamanan yang lengkap fingerprint dan face unlock - Kualitas kamera yang baik - Performa yang tangguh
Kekurangan- Belum dilengkapi kemampuan anti air - Layar yang minimalis - Tidak didukung fast charging - Slot hybrid

Kesimpulan

Xiaomi Mi 9 SE dan Xiaomi Redmi Note 7 Pro memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tetapi seperti penjelasan di atas jika spesifikasi untuk baterai Xiaomi Redmi Note 7 Pro memiliki baterai yang lebih unggul dengan kapasitas 4.000 mAh sedangkan Baterai Mi 9 SE memiliki 3.070 mAh. Dan juga untuk layar juga Xiaomi Mi 9 SE memiliki layar yang kecil. Juga soal harga untuk Xiaomi Redmi Note 7 Pro memiliki harga yang cukup terjangkau dibanding dengan Xiaomi Mi 9 SE. jadi, jika kamu ingin smartphone merek Xiaomi dengan spesifikasi yang bagus dan harga yang terjangkau Xiaomi Redmi Note 7 Pro bisa menjadi pilihan kamu.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Xiaomi Mi 9 SE vs Xiaomi Redmi Note 7 Pro

VS