Smartphone

Pilih Mana: Xiaomi Mi A1 vs Mi 5X

Setelah meluncurkan smartphone dual-camera dengan harga terjangkau, Mi 5X. Xiaomi Mobile juga merilis smartphone Android One Xiaomi Mi A1 yang begitu menyita perhatian karean harganya yang begitu menarik yang serupa dengan Xiaomi Mi 5X.

Dari segi desain, spesifikasi hardware, dan fitur memang Xiaomi Mi A1 vs Mi 5X tidak memiliki perbedaan. Namun ternyata kedua smartphone ini memiliki perbedaan dalam hal sistem operasi.

Nah, Bagi kalian yang penasaran dengan perbedaan antara Xiaomi Mi A1 dan Xiaomi Mi5x lainnya. Berikut ini Selera.id akan mengulas secara detail mengenai perbandingan keduanya secara lengkap pada artikel di bawah ini.

Xiaomi Mi A1 vs Mi 5X

Xiaomi Mi A1

Xiaomi resmi meluncurkan smartphone Xiaomi Mi A1, Mi A1 merupakan hasil kerja sama Xiaomi dengan Google, yang diwadahi dalam proyek Android One. Baca juga Pilih Mana: Xiaomi Mi Mix 3 5G atau OnePlus 7 Pro?

Android One sebagai proyek yang akan membuat miliaran orang di seluruh dunia bisa mendapatkan smartphone murah, berkualitas, lalu terhubung ke internet. Jadi Android One bukan sekadar proyek pengadaan ponsel murah. Google ingin seluruh penduduk dunia terhubung ke dunia maya.

Xiaomi Mi A1 memiliki layar seluas 5,5 inci. Mi A1 memiliki fitur utama yaitu dari segi kamera ganda (dual camera) di bagian belakang. Kedua kamera Xiaomi Mi A1 memiliki spesifikasi kamera resolusi 12 megapiksel dan konfigurasinya serupa iPhone 7 Plus.

Dari segi hardware, Xiaomi Mi A1 termasuk kategori spesifikasi kelas menengah. Mi A1 mengusung chip Snapdragon 625, RAM 4 GB, memori internal 64 GB, slot MicroSD hingga 128 GB, baterai 3.080 mAh, dan menjalankan OS Android terbaru versi 7.1.2 Nougat.

Kelebihan Xiaomi Mi A1

  • Diperkuat dengan dual pixels rear camera
    Seperti yang sudah dibahas di atas bahwa Xiaomi Mi A1 ini memiliki fitur unggulan utama dari segi kamerannya, Kamera belakang Mi A1 dilengkapi dengan Dual pixels camera serta didukung dengan wide-angle yang membuat hasil tangkapan begitu luas. dan kamera Mi A1 juga memiliki 2x optical zoom image, Fitur HDR, PDAF autofocus, dan peningkatan cahaya rendah sehingga menghasilkan gambar yang bagus.
  • Lebih cepat mendapatkan update software
    Semakin berkembangnya teknologi pada smartphone, pengguna Android One yang disematkan pada Mi A1 bisa mendapatkan prioritas saat update software. Xiaomi Android One ini akan mendapatkan update yang rutin dan relatif lebih cepat dibandingkan smartphone pada umumnya.
  • Dukungan prosesor yang tangguh
    Spesifikasi Mi A1 mengusung prosesor Snapdragon 625 yang lebih hemat daya. Mi A1 juga dibekali dengan RAM 4 GB dan ruang penyimpanan internal sebesar 64 GB. Untuk penggunaan aplikasi media sosial, gaming, hingga editing foto, Mi A1 bisa jadi ponsel yang layak diandalkan.

Kekurangan Xiaomi Mi A1

  • Layar tidak didukung super AMOLED
    Layar tampilan xiaomi Mi a1 sebenarnya sangat baik dengan dukungan Full HD nya, akan tetapi yang sedikit menjadi kekurangannya adalah panel layarnya tidak didukung tipe super AMOLED.. Sedangkan kita semua tahu bahwa super AMOLED adalah yang terbaik untuk urusan kualitas.
  • Tidak ada pengisian daya cepat
    Kapasitas daya Xiaomi Mi A1 cukup besar, yaitu 3080 mAH. Namun yang Menjadi kekurangannya karena tidak dilengkapi teknologi pengisian daya cepat atau dikenal dengan fast charging, atau wireless charging untuk pengisian daya cepat tanpa kabel.
  • Kamera depan kurang baik
    Kamera dari Xiaomi Mi A1 ini tidak maksimal seperti kamera belakangnya. Dengan 5 MP-nya, hasil standard yang dihasilkan kamera Xiaomi ini memiliki review rata-rata yang tidak puas akan hasil dari kamera depan smartphone ini.

Xiaomi Mi A1 vs Mi 5X

Xiaomi Mi 5X

Xiaomi Mi 5X merupakan smartphone kelas menengah pertama Xiaomi yang memiliki fitur 2x optical zoom. Xiaomi membekali Mi 5X dengan dukungan layar berukuran 5,5 inci resolusi full HD dengan panel IPS dan masih mengusung aspek rasio 16:9.

Layar ponsel ini mampu memancarkan warna cukup cemerlang dan tajam. Sayangnya, tak disebutkan adanya proteksi antigores seperti Gorilla Glass dan sejenisnya.

Xiaomi Mi 5X dibekali baterai berkapasitas standar di kelasnya, yakni 3.080mAh. Daya tahan baterai ponsel ini bisa seharian penuh atau mungkin kurang, tergantung intensitas penggunaan.

Smartphone  ini mengandalkan sokongan chipset Snapdragon 625 berkonsep octa-core dengan kecepatan 2GHz dan ditandemkan RAM 4GB. Kemampuan gaming Mi 5X cukup andal dengan dukungan GPU dari Adreno 506.

Lihat juga:  Pilih Mana: Infinix Hot 7 Pro atau Asus Zenfone Max Pro M1?

Kelebihan Xiaomi Mi 5X

  • Memiliki desain premium
    Kelebihan pertama, desain Xiaomi Mi 5X terlihat premium dengan balutan bodi metal yang tampak tipis dan elegan. Setiap sisinya terlihat begitu menawan, karena menggunakan material berkualitas tinggi yang dijamin kuat dan kokoh. 
  • Dibekali dengan dapur pacu yang bertenaga
    Xiaomi Mi5x dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 625 yang berpadu dengan processor Octa Core 2.0 Ghz Cortex-A53 dan GPU Adreno 506. Chipset tersebut merupakan chipset yang dipakai Xiaomi Redmi Note 4x dan Redmi 4 Prime. Performanya terbukti cepat dan bisa diandalkan untuk menjalankan berbagai macam aplikasi dan game dengan lancar. 
  • Performa kamera yang berkualitas
    Xiaomi Mi 5X memiliki lensa regular dan lensa telephoto. Lensa regular memiliki aperture yang lebih baik dari pada lensa telephoto. Bukaan lensa regular sebesar f/2.2 sedangkan telephoto sebesar f/2.6. Sehingga dapat menghasilkan foto yang lebih baik.

Xiaomi Mi A1 vs Mi 5X

Kekurangan Xiaomi Mi 5X

  • Belum didukung LED Flash pada kamera depan
    Kekurangan pertama yaitu dari penggunaan kamera depan smartphone ini yang masih belum didukung adanya LED Flash sehingga nampak kurang sempurna jika digunakan untuk berfoto di malam hari.
  • Gampang meninggalkan bekas sidik jari
    Kekurangan selanjutnya dari segi desain bodi metal aluminium pada Xiaomi Mi 5X mudah meninggalkan sidik jari dan gampang kotor. Oleh karenanya pengguna di anjurkan untuk menggunakan case tambahan.
  • Lebih cepat panas
    Kekurangan terakhir masih masalah bodinya, yaitu penggunaan bahan metal aluminium membuat smartphone lebih cepat panas ketika digunakan dalam waktu yang lama.

Xiaomi Mi A1 vs Mi 5X

Spesifikasi Xiaomi Mi A1 Xiaomi Mi 5X
PerformaSnapdragon 625 Octa core
Penyimpanan64 GB 64 GB
Kamera 12 MP + 12 MP 12 MP + 12 MP
Prosesor Qualcomm Snapdragon 625 MSM8953 Octa core, 2 GHz, Cortex A53
Tipe Layar IPS LCD LTPS LCD
Kapasitas baterai 3080 mAh 3080 mAh
Warna Black, Gold, Red, Rose Gold Black, Gold, Rose Gold

Android One Khusus Mi A1
Xiaomi Mi A1 merupakan smartphone pertama Xiaomi yang tidak memiliki MIUI dan menggunakan sistem operasi Android murni. Hal disebabkan karena Mi A1 merupakan salah satu proyek Android One dari Google yang bekerja sama dengan Xiaomi.

Tetapi Google menjanjikan update dan upgrade sistem operasi selama dua tahun untuk smartphone ini. Sehingga smartphone ini akan mendapatkan upgrade yang lebih cepat dibandingkan smartphone lainnya.

Sistem Operasi
Xiaomi Mi A1 menggunakan sistem operasi Android murni sehingga fitur-fitur yang ditawarkan tidak kustomasi, minim bloatware, dan lebih ringan dibandingkan MIUI 9 berbasis Android Nougat milik Mi 5X yang memiliki tampilan antarmuka, fitur, dan fungsi rekayasa dari Xiaomi.

Kamera
Dari segi kamera Xiaomi Mi A1 vs Mi 5X ini dilengkapi dengan dual-camera utama yang memiliki kombinasi 12 MP wide-angle dan 12 MP telephoto sehingga mampu melakukan 2x optical zoom dan mengambil foto berefek bokeh. Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 5 MP yang dapat menghasilkan foto selfie yang baik.

Pilih Mana: Xiaomi Mi A1 vs Mi 5X

Xiaomi Mi A1 Xiaomi Mi 5X
Kelebihan- Diperkuat dengan dual pixels rear camera. - Lebih cepat mendapatkan update software. - Dukungan prosesor yang tangguh. - Memiliki desain premium. - Dibekali dengan dapur pacu yang bertenaga. - Performa kamera yang berkualitas.
Kekurangan- Layar tidak didukung super AMOLED. - Tidak ada pengisian daya cepat. - Kamera depan kurang baik. - Belum didukung LED Flash pada kamera depan. - Gampang meninggalkan bekas sidik jari. - Lebih cepat panas.

Kesimpulan

Dapat kita simpulkan dari artikel di atas mengenai perbandingan antara kedua smartphone Xiaomi Mi A1 vs Mi 5X. Yaitu, keduanya banyak memiliki kesamaan dari spesifikasi hardware, dan fitur yang sama. Bagi kalian yang menyukai dengan update sistem operasi yang lebih cepat maka kami sarankan untuk memilih Mi A1, Karena smartphone ini termasuk ke dalam program Android One milik Google dan smartphone Mi A1 ini juga sudah resmi masuk ke Indonesia. Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Xiaomi Mi A1 vs Mi 5X

VS

 

Leave a Reply