ElektronikSmartphone

Pilih Mana: Xiaomi Mi Mix 3 5G atau OnePlus 7 Pro?

Semakin maju dan berkembang suatu perusahaan elektronik, maka akan semakin banyak tipe smartphone yang dikeluarkan oleh perusahaan tersebut. Banyak sekali merek smartphone pada awal tahun ini mengeluarkan jenis atau tipe andalan barunya, seperti merek dari Xiaomi yang mengeluarkan tipe Xiaomi Mi Mix 3 5G dan juga merek smartphone OnePlus yang mengeluarkan OnePlus 7 Pro. Bagaimana spesifikasi dari kedua tipe smartphone tersebut? Penasaran? Yuk, baca penjelasannya dibawah ini ya.

Xiaomi

Xiaomi adalah perusahaan elektronik swasta milik pribadi dari Tiongkok yang berkantor pusat di Beijing yang berdedikasi untuk menciptakan pengalaman pengguna dari segala aspek. Dibuat pada tahun 2010, perusahaan ini dengan cepat sudah menjadi salah satu perusahaan teknologi terkenal di Tiongkok. Xiaomi merupakan distributor telepon pintar terbesar ke- 3 di Dunia yang merancang, mengembangkan, dan menjual telepon pintar, aplikasi seluler, dan elektronik konsumen. Baca juga Pilih Mana: Samsung Galaxy S10 atau Samsung Galaxy S10e?

Sejak merilis telepon pintar pertamanya di bulan Agustus 2011, Xiaomi telah memperoleh pangsa pasar di Tiongkok daratan. Pendiri dan CEO Xiaomi merupakan Lei Jun, yang merupakan orang terkaya ke- 23 di Tiongkok menurut Forbes. Perusahaan ini saat ini bernilai lebih dari 10 miliar USD dan mempunyai lebih dari 5000 karyawan, yang berasal dari Tiongkok, Malaysia, Singapura, India, Filipina, dan Indonesia. Menurut IDC, Xiaomi saat ini merupakan produsen telepon pintar terbesar ketiga.

Tampilan Xiaomi Mi Mix 3 5G

Xiaomi mengeluarkan Mi Mix 3 dalam versi yang mendukung jaringan internet seluler 5G, di ajang MWC 2019, Barcelona, Spanyol. Dengan hadirnya 5G di Mi Mix 3, Xiaomi mengklaim kecepatan konektivitasnya bisa 10 kali lebih cepat dibanding Mi Mix 3 tipe 4G LTE. Terlepas dari dukungan 5G, Mi Mix 3 keluaran 2019 ini masih tampak identik dengan tipe regulernya. Xiaomi mengklaim terdapat perbedaan berat, tetapi tidak signifikan. Mi Mix 3 5G dibekali layar tanpa poni( notch) berjenis AMOLED dengan ukuran 6.4 inci dan resolusi 1080 x 2340 piksel.

Layarnya mempunyai aspect ratio 19.5:9. Bicara tampilan luar, handphone terkini ini mengangkat bodi yang bisa digeser(magnetic sliding structure) dengan layar 6.39 inci beresolusi Full HD+ dan menggunakan panel layar AMOLED dengan aspek rasio 93.4 persen. Tidak hanya itu, handphone ini terbilang langsing karena hanya mempunyai ketebalan 8.46 milimeter dengan berat 218 gram saja. Di saat bersamaan, Xiaomi Mi Mix 3 5G menjadi handphone pertama di dunia yang memiliki RAM 10 GB.

Kamera Xiaomi Mi Mix 3 5G

Pada sektor fotografi, terdapat dua kamera belakang dan dua kamera depan di Mi Mix 3 5G, serupa dengan versi reguler. Kamera belakangnya masing- masing mempunyai resolusi 12 megapiksel(bukaan f atau 1.8, lensa wide) dan 12 megapiksel untuk sensor telephoto.

Sementara itu, kamera depannya masing- masing beresolusi 24 megapiksel dan 2 megapiksel untuk kinerja mode portrait atau bokeh. Kedua kamera selfie itu bisa” naik- turun” atau disembunyikan di belakang layar dengan mekanisme slider(geser).

Baterai Xiaomi Mi Mix 3 5G

Xiaomi Mi Mix 3 5G ditopang baterai yang lebih besar dari versi reguler, yaitu 3.800 mAh. Mi Mix 3 5G juga dibekali dengan sistem operasi Android 9.0(Pie) dengan antarmuka MIUI 10.

Harga Xiaomi Mi Mix 3 5G

Harga yang dijual atau dipasarkan untuk tipe Xiaomi Mi Mix 3 5G adalah sekitar Rp. 9.500.000. Harga ini memang cukup termasuk mahal.

OnePlus

OnePlus didirikan pada tanggal 16 Desember 2013 di China oleh mantan Vice yaitu Presiden Oppo bernama Pete Lau bersama Co-Founder Carl Pie. Keduanya memang sudah bersahabat dekat semenjak bekerja untuk Oppo. Sehabis mereka mendirikan OnePlus, ternyata kantor yang ditempatkan sebagai pusat di Shenzhen, Tiongkok hanya berada satu lantai di dasar kantor pusat Oppo. Sejauh ini banyak yang beranggapan kalau OnePlus dan Oppo sebagai sahabat dekat dan saling bekerja sama.

Lihat juga:  Pilih Mana: Blender Panasonic atau Blender Philips?

Apalagi, menurut informasi Pemerintah China, pemegang saham OnePlus salah satunya merupakan Oppo. Fakta OnePlus berikutnya merupakan fakta menarik yang membuat orang sangat suka dengan kehadiran OnePlus di pabrik smartphone. Ya, mereka menerapkan slogan“ Never Settle” yang berarti tidak akan pernah berhenti dalam bahasa Indonesia. OnePlus hanya memproduksi maksimal dua model tiap tahunnya dan sasaran mereka merupakan para pengguna yang menginginkan perangkat high end namun dengan harga dibawah pasaran.

Tampilan OnePlus 7 Pro

OnePlus 7 Pro dikeluarkan awal tahun ini sekita bulan Mei lalu dengan mengusung spesifikasi kelas atas. Layarnya berbentang 6.67 inci super AMOLED yang sanggup menampilkan gambar dengan resolusi QHD+. Apalagi refresh rate dari smartphone ini mencapai nilai 90Hz. Layar ini diklaim bisa menunjukkan gambar dengan lebih smooth, lebih jelas, dan maksimal saat digunakan untuk bermain game maupun menonton video dengan resolusi tinggi. OnePlus 7 Pro sendiri mengusung tampilan fullscreen pada bagian depan, tidak ada notch atau poni maupun tombol-tombol lain.

Sehingga, bezel milik smartphone OnePlus 7 Pro terlihat sangat tipis di keempat bagian. Dapur pacu dari smartphone OnePlus 7 Pro ditopang oleh SoC Snapdragon 855 yang sanggup berjalan pada kecepatan 2, 84 Ghz. Untuk pengolah grafis, smartphone pintar ini mengandalkan GPU Adreno 640. SoC itu dicocokkan dengan tiga pilihan memori utama yaitu 6 GB, 8 GB, dan 12 GB. Kapasitas media simpannya sendiri terdiri dari dua opsi yaitu 128 GB dan 256 GB.

Kamera OnePlus 7 Pro

Untuk sektor fotografi, OnePlus 7 Pro mengandalkan konfigurasi tiga kamera belakang, salah satunya dibekali dengan sensor 48 megapiksel dari Sony IMX 586. Sedangkan dua lensa yang lain merupakan ultra wide angle dengan sensor 16 megapiksel lensa bukaan f atau 2.2, dan telefoto 8 megapiksel lensa bukaan f atau 2.2 dengan zoom optik 3x.

Kamera utama smartphone OnePlus 7 Pro ini dilengkapi dengan fitur OIS dan EIS untuk pengambilan gambar yang lebih normal. Sedangkan khusus untuk lensa telefoto, hanya dibekali dengan fitur OIS. Untuk sektor kamera depan, OnePlus 7 Pro menjadi smartphone pertama OnePlus yang menggunakan metode pop-up, untuk menimbulkan dan menyembunyikan kamera depan di dalam bodi handphone.

Baterai OnePlus 7 Pro

Fitur lain pada smartphone OnePlus 7 Pro termasuk pengisi daya cepat 30W, Bluetooth 5.0, sensor sidik jari di dalam layar, baterai 4.000 mAh dan sistem operasi Android 9.0 Pie yang dipoles Oxygen OS.

Harga OnePlus 7 Pro

Harga OnePlus 7 Pro untuk versi 8 GB dan 12 GB RAM dengan penyimpanan 256 GB, masing masing dijual 52.999 Rupee atau Rp 10.800.000 dan 57.999 Rupee atau Rp. 12.000.000.

Pilih Mana: Xiaomi Mi Mix 3 5G atau OnePlus 7 Pro?

Xiaomi Mi Mix 3 5G OnePlus 7 Pro
Kelebihan - Kualitas kamera dan video sangat bagus dan oke - Fast charging dan mendukung wireless charging - RAM hingga 10 GB- Performa yang cepat dan tangguh - Adanya pengamanan fingerprint dan face unlock - Kualitas kamera yang sangat bagus
Kekurangan- Harga yang terbilang mahal - Bahan bodi belakang cepat mudah kotor - Harga yang terbilang mahal - Noda sidik jari dan debu mudah membekas di bodi belakang

Kesimpulan

Kedua merek ini yaitu Xiaomi dan OnePlus mengeluarkan tipe yang sudah dijelaskan pada penjelasan diatas, bahwa kedua tipe Xiaomi Mi Mix 3 5G dan OnePlus 7 Pro memiliki spesifikasi yang sangat bagus, walaupun sedikit berbeda pada sektor kamera jika Xiaomi Mi Mix 3 5G memiliki dua kamera OnePlus 7 Pro memiliki tiga kamera belakang. Hal itu tidak menjadi masalah, karena kualitas dari kedua smartphone ini sudah sangat bagus. Tetapi untuk harga, keduanya dijual dengan harga yang sangat tinggi. Jadi untuk kamu jika ada yang suka dengan kedua tipe ini kamu bisa mendapatkannya di toko offline dan juga online.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Xiaomi Mi Mix 3 5G vs OnePlus 7 Pro

VS