Pilih Mana: Xiaomi Redmi 13R atau Infinix Zero 30?

Smartphone terbaru dari Xiaomi dan Infinix telah meningkatkan standar industri ponsel saat ini dengan spesifikasi tinggi serta fitur canggihnya. Mereka berdua telah berhasil menciptakan produk unggulan yang dapat memberikan pengalaman pengguna yang luar biasa. Xiaomi Redmi 13R dan Infinix Zero 30 adalah jawaban bagi para pencinta teknologi modern yang ingin mendapatkan smartphone terbaik di pasaran saat ini.

Xiaomi Redmi 13R dan Infinix Zero 30 adalah ponsel kelas menengah yang siap mendukung kegiatan sehari-hari Anda. Keduanya memiliki kapasitas baterai yang besar, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang kehabisan daya saat digunakan.

Jika Anda ingin mengetahui detail lengkap tentang kedua smartphone ini, simak terus informasi di Selera.id agar dapat menjadi referensi dan perbandingan saat memilih smartphone pilihan Anda.

Xiaomi Redmi 13R

Xiaomi didirikan dengan tujuan untuk memberikan produk teknologi berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau. Sejak didirikan pada tahun 2010, perusahaan ini telah mengalami pertumbuhan yang pesat dan menjadi salah satu pemimpin pasar global dalam berbagai kategori produk, termasuk smartphone, smart home devices, dan perangkat elektronik konsumen lainnya.

Xiaomi terkenal sebagai salah satu perusahaan elektronik terbesar di dunia dan telah berhasil meluncurkan beberapa produk teknologi terbaiknya untuk memenuhi kebutuhan pasar global. Dan kini Xiaomi kembali unjuk giginya dengan meluncurkan smartphone edisi terbarunya, Xiaomi Redmi 13R 5G.

Berikut spesifikasi Xiaomi Redmi 13R:

Tampilan

Xiaomi Redmi 13R 5G menampilkan desain water drop-notch yang memberikan kesan elegan dan mempesona. Layarnya berukuran besar, yakni 6,74 inci dengan resolusi HD Plus (1.600 x 720 piksel), refresh rate 90 Hz, touch sampling rate 180 Hz, serta dilindungi oleh kaca Gorilla Glass.

Di bagian depan, terdapat kamera selfie yang mendukung berbagai fitur fotografi seperti Portrait Mode dan merekam video resolusi 1080p pada 30 fps.

Tidak hanya itu, pada bagian belakangnya, terdapat kamera dengan dukungan teknologi kecerdasan buatan (AI). Fitur-fitur seperti Time Lapse, Night Scene, dan perekaman video 1080p pada 30 fps turut melengkapi kemampuan fotografi ponsel ini.

Ram dan Baterai

Xiaomi Redmi 13R 5G hadir dengan RAM LPDDR4x 4 GB yang responsif dan penyimpanan UFS 2.2 128 GB yang luas, memungkinkan ponsel untuk menangani tugas berat dengan mudah dan efisien. Ponsel ini menggunakan Chipset Dimensity 6100 Plus.

Untuk daya tahan baterainya, Xiaomi Redmi 13R 5G dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh dan dukungan pengisian cepat 18 Watt. Baterai ini disebut mampu bertahan hingga 17 hari dalam mode siaga (dengan konektivitas 5G), tujuh hari untuk pemutaran musik, 24 jam untuk pemutaran video, dan 29 jam untuk panggilan telepon dengan menggunakan konektivitas 5G.

Ponsel ini menjalankan sistem operasi Android 13, yang dihadirkan dengan antarmuka pengguna MiUI 14. Fitur pendukung lainnya meliputi koneksi 5G, slot microSD, kemampuan Dual SIM, jack audio 3,5 mm, pemindai sidik jari yang terintegrasi dengan tombol daya di sisi, GPS, port USB-C, dan sertifikat TUV Rheinland untuk pengurangan pemancaran cahaya biru.

Kelebihan Xiaomi Redmi 13R

Desain yang Ergonomis

Ada tiga perubahan signifikan dalam desain Xiaomi 13 jika dibandingkan dengan Xiaomi 12. Perubahan tersebut mencakup bentuk frame, modul kamera belakang, dan dimensi keseluruhan. Dalam hal frame, Xiaomi 13 mengikuti tren perangkat seluler tahun 2022 dengan menggunakan frame kotak, datar, dan lurus.

Secara ergonomis, bentuk frame seperti ini mungkin terasa kurang nyaman untuk digenggam dibandingkan dengan frame melengkung yang terdapat pada Xiaomi 12. Meskipun demikian, Xiaomi mencoba mengatasi hal ini dengan membuat tepi penutup belakang sedikit melengkung.

Layar yang Cemerlang

Layar pada Xiaomi 13 mengalami peningkatan diagonal karena perluasan dimensi bodi. Ukuran layar ponsel ini mencapai 6,36 inci, sedikit lebih besar dibandingkan Xiaomi 12 (6,28 inci). Meskipun demikian, teknologi yang digunakan masih serupa dengan pendahulunya.

Layar ini tetap menggunakan teknologi OLED dengan material E6 dan resolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel), dengan bezel simetris. Layar tersebut mendukung refresh rate 120 Hz, touch sampling rate 240 Hz, dan memiliki cakupan warna DCI-P3.

Fitur menarik dari layar HP ini termasuk DC Dimming, yang mengurangi kedipan layar pada tingkat kecerahan rendah. Selain itu, terdapat Adaptive Colors untuk menyesuaikan temperatur warna sesuai dengan lingkungan sekitar. Fitur Adaptive Colors ini mirip dengan Truetone yang dimiliki oleh iPhone.

Suara Speaker yang Lantang

Speaker yang memiliki volume tinggi sangat penting untuk meningkatkan pengalaman menyenangkan dalam berbagai situasi, seperti bermain game dan menonton film. Speaker yang berkualitas merupakan pasangan yang sempurna untuk layar yang brilian, dan Xiaomi 13 tidak ketinggalan dalam hal ini.

Ponsel ini dilengkapi dengan speaker lantang berkonfigurasi ganda, atau yang dikenal sebagai speaker stereo. Speaker utama ditempatkan di frame bagian bawah, sementara speaker sekundernya terletak bersama earpiece.

Konfigurasi Kamera yang Sudah Lengkap

Terjadi dua perubahan signifikan pada kamera Xiaomi 13. Pertama, ponsel ini kini dilengkapi dengan kamera telefoto, sebuah peningkatan yang tidak dimiliki oleh pendahulunya. Kamera telefoto Xiaomi 13 memiliki resolusi 10 MP, bukaan f/2.0, dilengkapi dengan Optical Image Stabilization (OIS), dan mendukung perbesaran optik sebanyak 3,2 kali.

Perubahan kedua terkait dengan kamera melibatkan kemitraan dengan Leica. Setelah berpisah dari Huawei, Xiaomi kini bekerja sama dengan Leica. Tugas Leica adalah membantu Xiaomi mengembangkan algoritma pemrosesan yang unggul untuk meningkatkan kualitas foto.

Selain kamera telefoto, terdapat dua kamera autofokus lainnya di bagian belakang Xiaomi 13. Pertama adalah kamera utama berkekuatan 50 MP dengan bukaan f/1.8, sementara yang kedua adalah kamera ultrawide 12 MP dengan bukaan f/2.2. Khusus untuk kamera utama, terdapat fitur OIS untuk mengurangi guncangan dan meningkatkan kestabilan gambar.

Kekurangan Xiaomi Redmi 13R

Bodi yang Mudah Ternoda

Xiaomi 13 dengan varian penutup belakang kaca memiliki polesan glossy yang menimbulkan kesan mewah. Namun, ada kekurangan dari polesan glossy ini, yaitu noda sidik jari dan minyak akan lebih mudah menempel di permukaannya. Oleh karena itu, perlu diperhatikan cara penggunaan dan pembersihannya agar tetap terlihat bersih dan mewah.

Infinix Zero 30

Infinix didirikan oleh Benjamin Jiang pada tahun 2013 sebagai anak perusahaan dari Transsion Holdings, sebuah perusahaan teknologi terkemuka yang fokus pada perangkat seluler di pasar berkembang. Infinix bertujuan untuk menyediakan solusi ponsel pintar yang terjangkau tetapi tetap berkualitas tinggi.

Seri tertinggi dari HP Infinix, yaitu Infinix Zero, mendapatkan pembaruan. Dua ponsel kelas menengah secara resmi diluncurkan di Indonesia pada Oktober 2023, yaitu Infinix Zero 30.

Berikut spesifikasi Infinix Zero 30:

Desain & Layar

Infinix Zero 30 mengusung layar AMOLED 6,78 inci dengan resolusi Full HD+, refresh rate mencapai 120 Hz, dan dilengkapi dengan opsi Auto-switch Refresh Rate yang dapat mengadaptasi tampilan layar untuk meningkatkan efisiensi baterai. Kelebihan lainnya adalah kesan tidak licin pada genggaman dan adanya perlindungan anti noda sidik jari.

Dengan bobot hanya 182 gram, ponsel ini memberikan kenyamanan saat digenggam, serta memiliki sensor sidik jari terintegrasi di layar. Tidak terdapat tombol di sisi kiri, sedangkan tombol volume dan daya terletak di sebelah kanan.

Performa dan Baterai

Infinix Zero 30 4G mengandalkan chipset Helio G99. Terdapat RAM sebesar 8 GB dan memori internal sebesar 256 GB. Kombinasi tersebut memberikan kinerja yang lancar untuk melakukan multitasking, bahkan HP ini memiliki kemampuan gaming yang cukup baik. Infinix Zero 30 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh dengan dukungan pengisian daya cepat hingga 45 W.

Kamera

Infinix Zero 30 hadir dengan tiga kamera di belakangnya yang siap mengabadikan momen-momen berharga Anda. Kamera utamanya berkapasitas 108 MP, disertai kamera depth sensor 2 MP dan kamera makro 2 MP. Sayangnya, tidak ada mode wide yang biasanya ditemukan pada HP di kelas harganya. Untuk selfie, Anda bisa menggunakan kamera depannya yang memiliki resolusi 16 MP.

Kelebihan Infinix Zero 30

Bodi yang Ergonomis dan Tahan Percikan Air

Infinix kali ini memberikan perhatian khusus pada faktor ergonomi pada desain bodi ponselnya. Zero 30 meninggalkan bentuk flat dan kotak yang sebelumnya digunakan pada Zero 20. Ponsel ini menampilkan kelengkungan pada tepi layar, frame sebelah kiri dan kanan, serta tepi penutup belakangnya.

Kelengkungan 60 derajat ini meningkatkan pengalaman genggam ponsel, membuatnya lebih nyaman. Dengan ketebalan bodi yang minimalis (7,9 mm) dan bobot yang relatif ringan (182 gram), Zero 30 akan semakin disukai oleh penggunanya.

Fitur terakhir yang meningkatkan kelas desain HP ini dari Zero 20 adalah keberadaan sertifikasi IP54. Anda tidak perlu khawatir saat menggunakan Zero 30 di luar ruangan, karena ponsel ini telah dijamin tahan terhadap debu dan cipratan air dari semua arah.

Layar AMOLED Full HD+

Infinix Zero 30 hadir dengan layar seluas 6,78 inci menggunakan panel AMOLED beresolusi Full HD+. Meskipun mirip dengan Zero 20, layar ponsel ini mengalami peningkatan yang signifikan.

Perubahan tersebut mencakup peningkatan refresh rate dari 90 Hz menjadi 120 Hz, meningkatnya jumlah warna yang dipancarkan dari sebelumnya 68 juta menjadi 1,07 miliar warna, dan kehadiran kaca proteksi Corning Gorilla Glass.

Dilengkapi Speaker Stereo yang Oke

Selain memiliki tampilan layar yang menarik, Infinix Zero 30 juga dilengkapi dengan speaker stereo. Kombinasi kedua komponen tersebut memberikan pengalaman hiburan yang menyenangkan, baik saat menonton video maupun bermain game.

Speaker utama terletak di bagian bawah perangkat, sementara speaker kedua berada di bagian atas dan juga berfungsi sebagai earpiece. Speaker stereo Zero 30 ini dikonfigurasi oleh JBL, perusahaan terkemuka dalam perangkat audio. Terdapat juga fitur DTS untuk mengatur equalizer.

Pengisian Daya yang Kencang

Infinix Zero 30 memiliki baterai 5000 mAh yang dapat menemani penggunanya sepanjang hari. Baterai ini juga didukung pengisian cepat 45 Watt, sehingga dengan charger bawaan, pengisian baterai dari nol hingga 50 persen hanya membutuhkan waktu 21 menit saja.

Kekurangan Infinix Zero 30

Tidak ada Slot microSD dan Audio Jack

Infinix telah membuat keputusan untuk mengurangi ukuran dan bobot ponselnya, Zero 30. Akibatnya, dua fitur esensial yang biasanya ada di ponsel ini hilang, yaitu slot microSD dan audio jack 3,5 mm. Hal ini tentu saja akan menimbulkan masalah bagi pengguna yang terbiasa dengan kedua fitur tersebut.

Tetapi, mengingat kapasitas memori internalnya yang mencapai 256 GB, sepertinya kartu microSD sudah tidak lagi diperlukan. Namun, kehilangan jack audio membuat Anda harus menggunakan earphone USB C jika ingin menggunakan radio FM. Meskipun penggunaan earphone 3,5 mm masih memungkinkan, Anda juga perlu menyiapkan konverternya.

Perbandingan Xiaomi Redmi 13R dan Infinix Zero 30

Xiaomi Redmi 13RInfinix Zero 30
Kelebihan- Desain yang Ergonomis
- Layar yang Cemerlang
- Suara Speaker yang Lantang
- Konfigurasi Kamera yang Sudah Lengkap
- Bodi yang Ergonomis dan Tahan Percikan Air
- Layar AMOLED Full HD+
- Dilengkapi Speaker Stereo yang Oke
- Pengisian Daya yang Kencang
Kekurangan- Bodi yang Mudah Ternoda- Tidak ada Slot microSD dan Audio Jack
Beli online
Harga Termurah

Kesimpulan

Pilihannya tergantung pada prioritas dan kebutuhan pribadi Anda. Jika Anda menginginkan performa dan daya tahan baterai yang luar biasa, Xiaomi Redmi 13R mungkin menjadi pilihan. Namun, jika Anda lebih fokus pada inovasi kamera dan desain yang mencolok, Infinix Zero 30 bisa menjadi opsi yang menarik. Sebelum membuat keputusan akhir, pertimbangkan faktor-faktor ini dengan cermat, dan pastikan ponsel yang Anda pilih sesuai dengan gaya hidup dan kebutuhan Anda sehari-hari.

Anda Pilih Xiaomi Redmi 13R atau Infinix Zero 30?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!