Smartphone

Pilih Mana: Xiaomi Redmi 5 Pro atau Oppo F7?

Dua produk smartphone yang dirilis dari dua brand yang berbeda dalam bulan yang bersamaan yaitu Xiaomi Redmi 5 Pro dan Oppo F7. Smartphone dari masing-masing ini memiliki banyak kelebihan dan keunggulan untuk penggunanya. Manakah yang lebih baik untuk Anda gunakan? Xiaomi Redmi 5 Pro atau Oppo F7?

Xiaomi Redmi 5 Pro dan Oppo F7 merupakan dua smartphone yang sama-sama dirilis pada April 2018. Keduanya juga memiliki banyak keunggulan. Karena itulah, dua smartphone ini patut untuk dibandingkan agar mengetahui perbedaan keduanya. Agar lebih jelas, Anda bisa membaca perbedaan keduanya pada artikel berikut.

Xiaomi Redmi 5 Pro

Xiaomi Redmi 5 Pro merupakan salah satu varian yang dikeluarkan atau dirilis oleh Xiaomi pada April 2018. Dikutip dari Gsmarena.com perangkat ini memiliki dimensi 158.6 x 75.4 x 8.1 mm, berat 181 gram, dan ditutupi dengan bahan metal.

Kelebihan Xiaomi Redmi 5 Pro

Berikut beberapa kelebihan Xiaomi Redmi 5 Pro yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Lebih Terjangkau

Salah satu kelebihan Xiaomi Redmi 5 Pro adalah memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan Oppo F7. Smartphone ini memiliki selisih harga yang relatif besar yakni berkisar hingga 1,5 juta rupiah. Dengan demikian, Anda bisa melakukan penghematan cukup besar dengan memilih smartphone.

  • Kamera Belakang Dual Kamera

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 5 Pro adalah memiliki kamera belakang yang telah dual kamera. Kamera belakang yang dimiliki smartphone ini yakni dual 12 MP dan 5 MP. Sedangkan Oppo F7 memiliki kamera belakang yang belum dual kamera dengan resolusi 16 MP.

  • Kapasitas Baterai Lebih Besar

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 5 Pro adalah memiliki kapasitas baterai yang lebih besar jika dibandingkan dengan Oppo F7. Xiaomi Redmi 5 Pro memiliki baterai dengan kapasitas 4.000 mAh sedangkan Oppo F7 memiliki baterai dengan kapasitas 3.000 mAh.

Kekurangan Xiaomi Redmi 5 Pro

Berikut beberapa kekurangan Xiaomi Redmi 5 Pro yang perlu Anda ketahui:

  • Hardware Kurang Mumpuni

Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 5 Pro adalah memiliki hardware yang kurang mumpuni jika dibandingkan dengan Oppo F7. Smartphone ini memiliki Chipset Snapdragon 636, CPU Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53, dan memiliki GPU Adreno 509. Hardware yang dimiliki oleh smartphone ini masih lebih rendah dibandingkan dengan hardware yang dimiliki Oppo F7.

  • Layar Lebih Kecil

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 5 Pro adalah memiliki layar yang lebih kecil dibandingkan dengan Oppo F7. Smartphone ini memiliki layar dengan besar 5.9 inci sedangkan Oppo F7 memiliki layar yang lebih besar yakni dengan ukuran 6.2 inci.

  • Belum Memiliki Face Unlock

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 5 Pro adalah belum memiliki fitur face unlock. Smartphone ini dilengkapi dengan sensor accelorometer, proximity, compass, gyro, finger print sensor tetapi belum memiliki sensor face unlock.

Kelebihan Xiaomi Redmi 5 ProKekurangan Xiaomi Redmi 5 Pro
- Harga lebih terjangkau- Hardware kurang mumpuni
- Kamera belakang dual kamera- Layar lebih kecil
- Kapasitas baterai lebih besar- Belum memiliki face unlock

Oppo F7

Oppo F7 merupakan salah satu produk yang dirilis oleh Oppo pada April 2018. Perangkat ini memiliki dimensi : 156 x 75.3 x 7.8 mm, berat : 158 gram, dan dilindungi oleh bahan yang terbuat dari metal. Sebelumnya kami telah membahas perbandingan Oppo F7 vs Vivo V9.

Kelebihan Oppo F7

Berikut beberapa kelebihan Oppo F7 yang perlu Anda ketahui:

  • Layar Lebih Besar

Salah satu kelebihan Oppo F7 adalah memiliki layar yang lebih besar atau lebih lebar dibandingkan dengan Xiaomi Redmi 5 Pro. Perangkat ini memiliki layar dengan lebar 6,2 inci. Layar ini jelas lebih besar dan lebih lebar dibandingkan dengan Xiaomi Redmi 5 Pro yang memiliki layar dengan lebar 5,9.

  • OS Lebih Baik

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Oppo F7 adalah memiliki OS yang lebih baik atau lebih update dibandingkan dengan Xiaomi Redmi 5 Pro. Smartphone ini memiliki Android v8.1 Oreo sedangkan Xiaomi Redmi 5 Pro memiliki Android v7.1 Nougat.

  • Hardware Lebih Baik

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 5 Pro adalah memiliki hardware yang lebih baik. Oppo F7 memiliki Chipset Mediatek Helio P60, CPU Octa-core (4×2.0 GHz Cortex-A73 & 4×2.0 GHz Cortex-A53), GPU Mali G72MP3. Hardware yang dimiliki oleh Oppo ini lebih besar atau lebih baik dari kompetitornya, yakni Xiaomi Redmi 5 Pro.

Kekurangan Oppo F7

Berikut beberapa kekurangan Oppo F7 yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Lebih Mahal

Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh Oppo F7 adalah memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan Xiaomi Redmi 5 Pro. Selisih harga antara kedua smartphone tersebut juga relatif besar. Perbedaan kedua smartphone tersebut bahkan mencapai 1,5 juta.

  • Kamera Belakang Belum Dual Kamera

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Oppo F7 adalah memiliki kamera belakang yang belum dual kamera dan dengan resolusi yang lebih kecil. Perangkat ini memiliki kamera belakang dengan resolusi 16 MP yang belum dual kamera. Sedangkan Xiaomi Redmi 5 Pro memiliki kamera belakang yang dual kamera yakni 12 MP & 5 MP. Meskipun begitu, Oppo F7 memiliki kamera depan yang lebih besar yakni 25 MP sedangkan kompetitornya 20 MP.

  • Kapasitas Baterai Lebih Kecil

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Oppo F7 adalah memiliki baterai dengan kapasitas yang lebih kecil. Smartphone besutan Oppo ini memiliki baterai dengan kapasitas 3400 mAh dan belum memiliki fitur fast charging. Karena itulah daya baterai ini lebih cepat habis dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengisi dayanya.

Kelebihan Oppo F7Kekurangan Oppo F7
- Layar lebih besar- Harga lebih mahal
- OS lebih baik- Kamera belakang belum dual kamera
- Hardware lebih baik- Kapasitas baterai lebih kecil

Pilih Mana: Xiaomi Redmi 5 Pro atau Oppo F7?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara Xiaomi Redmi 5 Pro dan Oppo F7. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Xiaomi Redmi 5 ProOppo F7
- Harga lebih terjangkau- Harga lebih mahal
- Performa hardware kurang mumpuni- Performa hardware lebih mumpuni
- Kapasitas baterai lebih besar- Kapasitas baterai lebih kecil

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Xiaomi Redmi 5 Pro dan Oppo F7 di atas, dapat kita lihat bahwa smartphone ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda bisa menyesuaikan keinginan dan kebutuhan Anda.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Xiaomi Redmi 5 Pro vs Oppo F7

VS

Leave a Reply