Pilih Mana: Xiaomi Redmi K20 Pro atau Xiaomi Mi 9 SE?

Perusahaan xiaomi sudah menjadi terkenal dengan mempunyai banyak tipe smartphone yang memiliki spesifikasi yang baik, tidak jarang jika anak muda khususnya laki-laki memilih smartphone merek Xiaomi karena merek smartphone ini mempunyai kualitas yang baik untuk bermain game. Banyak keluaran terbaru dari merek smartphone ini, seperti Xiaomi Redmi K20 Pro atau Xiaomi Mi 9 SE. Nah, disini saya akan menjelaskan mengenai tipe dari Xiaomi ini. Yuk, dibaca ya.

Xiaomi Redmi K20 Pro

Banyak ponsel Xiaomi yang selalu menarik perhatian, termasuk dari sub-brand Xiaomi, yaitu Redmi. Redmi, yang kini telah menjadi entitas tersendiri, memiliki berbagai tipe ponsel yang cukup menarik. Akhirnya, produsen smartphone terkenal dengan reputasi menciptakan produk berkualitas dengan harga terjangkau tersebut memperkenalkan salah satu perangkat andalannya secara resmi di pasar Indonesia. Salah satunya adalah Redmi K20 Pro.

Pada bulan Juni 2019, Xiaomi merilis ponsel flagship, Xiaomi Redmi K20 Pro. Kabarnya, ponsel ini telah diperkuat oleh prosesor terbaik saat itu, yaitu Qualcomm Snapdragon 855. Prosesor ini hanya sedikit kalah dari varian overclock-nya, Qualcomm Snapdragon 855 Plus, yang digunakan oleh Asus ROG Phone 2.

Berikut Spesifikasi Xiaomi Redmi K20 Pro:

Tampilan Xiaomi Redmi K20 Pro

Xiaomi kembali akan segera meluncurkan fitur smartphone atau flagship terbarunya yaitu Xiaomi Redmi K20 Pro. Fitur pintar yang satu ini disebut- sebut mempunyai banyak keunggulan yang unik dibandingkan smartphone merk yang lain pada segmen premium menengah. Redmi K20 Pro membawa ukuran layar yang cukup besar, yaitu 6.39 inci. Layarnya ini telah beresolusi Full HD+ (2340 x 1080 pixel) dengan aspek perbandingan 19.5:9. Smartphone ini tidak membawa notch, sehingga layarnya terlihat lebih luas.

Tidak hanya layarnya yang besar, Redmi K20 Pro juga sudah menggunakan teknologi panel Super AMOLED. Redmi K20 Pro mempunyai karakteristik fingerprint yang ada di dalam layar. Redmi K20 Pro juga lumayan diunggulkan pada dapur pacunya. Alasannya Redmi K20 Pro ini telah membawa chipset terbaru dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 855. Chipset ini akan dipadukan dengan GPU Adreno 640. Redmi K20 Pro sudah dibekali dengan kapasitas RAM 6GB atau 8GB dan penyimpanan internal 64GB atau 128GB atau 256GB. Smartphone ini sudah membawa sistem operasi Android Pie.

Kamera Xiaomi Redmi K20 Pro

Redmi K20 Pro dibekali dengan setup 3 kamera yang salah satunya menggunakan sensor Sony IMX 586 48MP. Untuk 2 sensor yang lain termasuk sensor 13MP ultra wide-angle dan sensor 8MP telephoto(yang terletak di paling atas). Redmi K20 Pro dibekali 3 kamera belakang yang terdiri dari kamera wide 48 megapiksel(f atau 1.8), kamera ultra wide 13 megapiksel f atau 2. 4), dan kamera telephoto 8 megapiksel f atau 2.4). Smartphone ini mempunyai kemampuan untuk merekam video slow- mo hingga 960 fps. Sedangkan untuk kamera selfie pop-up beresolusi 20MP yang tentu saja mempunyai kemampuan AI untuk kecantikan.

Baterai Xiaomi Redmi K20 Pro

Xiaomi Redmi K20 Pro mengusung prosesor Snapdragon 855 dipadukan RAM 8 GB dan memori internal 256 GB untuk model paling tinggi. Sedangkan baterai sebesar 4.000 mAh dibekali isi ulang cepat 27W, yang diklaim dapat terisi penuh hanya dalam 73 menit.

Kelebihan Xiaomi Redmi K20 Pro

Baterai yang Tahan Lama

Redmi K20 Pro telah dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4000 mAH, sehingga bagi kalian yang gemar bermain game, aktif di media sosial, dan menggunakan ponsel untuk bekerja, tidak perlu khawatir akan kehabisan baterai. Ponsel ini telah terbukti memiliki daya tahan baterai yang sangat baik dalam berbagai pengujian. Salah satunya, pengujian menunjukkan bahwa baterai ini mampu bertahan hingga 13 jam dengan penggunaan normal, serta mampu bertahan selama dua hari jika digunakan secara ringan.

Desain yang Menarik

Redmi K20 Pro menampilkan desain yang menarik dan modern, terutama dengan konstruksi logam kaca yang melingkupi bagian depan dan belakang perangkat ini. Desainnya dibuat dengan konsep melengkung 3D yang dilengkapi dengan pelindung Corning Gorilla Glass 5 di kedua sisi. Menurut Smartprix, desain Redmi K20 Pro memiliki ciri khas yang menarik dan memberikan kesan yang menyenangkan.

Pendapat serupa juga diutarakan oleh AndroidAuthority yang menyebutkan bahwa Redmi K20 Pro memiliki desain yang khas dan sangat cocok untuk kalangan muda. Dengan demikian, desain menjadi salah satu keunggulan utama dari Redmi K20 Pro menurut penilaian dari berbagai sumber.

Menggunakan Triple Camera

Xiaomi menunjukkan ketangguhannya dalam hal inovasi kamera dengan menghadirkan 3 kamera belakang berkualitas tinggi, serta mode Low Light yang memungkinkan pengguna untuk mengambil foto bahkan di malam hari atau dalam kondisi minim cahaya. Ketiga kamera belakang ini terdiri dari lensa utama 48MP, lensa telephoto 8MP, dan lensa ultra wide 13MP, yang semuanya didukung oleh teknologi AI untuk meningkatkan hasil fotografi mobile sehari-hari.

Selain itu, Xiaomi K20 Pro juga menonjolkan kamera pop-up dengan resolusi 20MP dan bukaan f/2.2, menghasilkan foto yang tajam dan detail.

Untuk kamera selfie, Xiaomi Redmi K20 dilengkapi dengan fitur Beauty yang memberikan hasil yang masih terlihat alami. Dengan kualitas kamera yang unggul, harga Xiaomi Redmi K20 ini tetap terjangkau bagi banyak konsumen.

Menggunakan Layar AMOLED

Redmi K20 Pro hadir dengan layar selebar 6,39 inci dengan resolusi 2340 x 1080 piksel. Layarnya memiliki rasio 19.5:9 dan dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 5 yang canggih. Menggunakan panel super AMOLED, ponsel ini memiliki karakteristik yang unik dan khas. Dengan desain tipis dan lebar, layar ponsel terlihat sangat elegan.

Dilengkapi Chipset Premium 5G

Xiaomi Redmi K20 Pro dilengkapi dengan prosesor Octa Core, GPU Adreno 640, dan chipset Qualcomm Snapdragon 855 yang sangat andal untuk multitasking dan bermain game. Meskipun harganya terjangkau, ponsel pintar ini sudah mendukung teknologi 5G.

Dalam hal performa, smartphone ini dianggap sebagai salah satu HP gaming terbaik. Terlebih lagi, dengan sistem operasi Android 9.0 Pie, MIUI 10, dan RAM 6GB, membuatnya sangat nyaman untuk menjalankan berbagai aktivitas harian yang berat.

Kekurangan Xiaomi Redmi K20 Pro

Face Unlock yang Lambat

Fitur face unlock pada Redmi K20 Pro telah dibuat dengan tingkat kecanggihan yang tinggi, menggantikan sensor sidik jari yang biasa ditempatkan di bagian belakang layar. Namun, meskipun menjadi kecanggihan tersendiri, penggunaan face unlock seringkali mengalami keterlambatan dalam proses pengenalan wajah.

Hal ini menyebabkan aktivasi ponsel menjadi kurang efektif, terutama karena kamera pop-up juga membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama dalam pembacaan.

Tidak Ada OIS

Selain absennya fitur OIS, kamera Redmi K20 Pro juga memiliki kekurangan lain dalam hal kualitas rekaman video. Menurut GadgetsNDTV, meskipun kamera HP ini mendukung resolusi 4K, namun kualitas video yang dihasilkan tidak begitu memuaskan.

Xiaomi Mi 9 SE

Xiaomi adalah perusahaan elektronik swasta milik pribadi dari Tiongkok yang berkantor pusat di Beijing yang berdedikasi untuk menciptakan pengalaman pengguna dari segala aspek. Dibuat pada tahun 2010, perusahaan ini dengan cepat sudah menjadi salah satu perusahaan teknologi terkenal di Tiongkok. Xiaomi merupakan distributor telepon pintar terbesar ke- 3 di Dunia yang merancang, mengembangkan, dan menjual telepon pintar, aplikasi seluler, dan elektronik konsumen.

Xiaomi Mi 9 SE adalah pilihan terbaik bagi penggunanya dengan dukungan penuh dalam berbagai aspek penting seperti prosesor, kamera, baterai, layar, yang memenuhi kebutuhan produktivitas, multitasking, serta fotografi dan videografi.

Berikut Spesifikasi Xiaomi Mi 9 SE:

Tampilan Xiaomi Mi 9 SE

Xiaomi Mi 9 SE adalah 5.97 inch. Ukuran itu termasuk ukuran layar minimalis yang didesain sebaik mungkin oleh pihak Xiaomi. Xiaomi Mi 9 SE sudah menggunakan teknologi layar Super AMOLED dengan jenis layar tertanam dan mempunyai lengkungan kecil di atasnya. Layar Xiaomi Mi 9 SE juga telah dibalut dengan cantik dengan lapisan Corning Gorilla Glass 5 dan dilengkapi oleh fitur HDR dengan kombinasi berbagai warna yang menarik perhatian.

Kecanggihan fitur layar yang ditawarkan oleh Xiaomi Mi 9 SE ini tidak kalah dari 2 saudaranya. Perbedaan yang bisa kalian temui merupakan ukuran layar yang lebih kecil, dibanding dengan tipe biasa. Tidak hanya mempunyai bentuk bagus, teknologi lain yang dimiliki Xiaomi Mi 9 SE adalah fingerprint yang terdapat di bawah layar dengan chipset Snapdragon 712.

Kamera Xiaomi Mi 9 SE

Fungsi kamera depan pada Xiaomi Mi 9 SE pastinya dapat memberikan pengalaman selfie yang berkualitas berkat dukungan fitur Beautify. Secara umum, kalian akan memperoleh hasil foto selfie yang lebih cantik, tetapi tetap terlihat alami. Perolehan foto yang bagus bisa didapatkan berkat teknologi AI yang sanggup menginterpretasikan kontur di wajah kalian untuk perolehan foto yang sempurna. Fitur ini pastinya tidak akan terlihat berlebihan walaupun ada dukungan Beautify sekalipun.

Baterai Xiaomi Mi 9 SE

Baterai Mi 9 SE memiliki 3.070 mAh dengan fitur fast charging. Xiaomi meniadakan port jack audio 3.5 milimeter, sehingga apabila pengguna mau menggunakan headset, maka bisa menggunakan konektor. Xiaomi Mi 9 SE memperoleh tingkatan daya tahan mencapai 73 jam. Smartphone ini juga mensupport Qualcomm Quick Charge 4+. Perihal itu berarti bahwa kompatibel dengan pengiriman daya USB.

Kelebihan Xiaomi Mi 9 SE

Kamera Mumpuni

Xiaomi melengkapi ponsel ini dengan tiga lensa kamera di bagian belakangnya. Salah satunya adalah lensa utama dengan resolusi 48 MP yang menawarkan jangkauan foto yang lebih luas, menggunakan sensor Sony IMX586 dengan teknologi Quad Bayer untuk memotret gambar dalam kondisi minim cahaya dengan noise yang rendah.

Selain itu, terdapat lensa telefoto 12 MP untuk memotret gambar dengan jarak dekat tanpa mengorbankan kualitas gambar, serta lensa ultra wide 16 MP untuk memotret foto dengan sudut pandang yang lebih luas. Semua lensa ini dilengkapi dengan phase detection auto focus (PDAF) untuk fokus yang lebih cepat dan akurat pada objek foto.

Dilengkapi Wireless Charging

Selain dilengkapi dengan teknologi fast charging, Xiaomi Mi 9 juga telah didukung oleh teknologi pengisian daya tanpa kabel. Dengan fast wireless charging 20 W, kalian dapat mengisi baterai ponsel dari 0% hingga 30% dalam waktu 30 menit. Berbeda dengan Xiaomi Mi Mix 3 yang sudah menyertakan wireless charger dalam paket penjualannya, untuk Xiaomi Mi 9, kalian perlu membelinya secara terpisah.

Tampilan Layar Jernih

Xiaomi Mi 9 SE membawa layar berukuran 6,39 inci dengan teknologi panel Super AMOLED, menjanjikan tampilan yang lebih tajam dan reproduksi warna yang baik, serta kenyamanan saat penggunaan di bawah sinar matahari berkat kemampuan layarnya yang tetap terlihat jernih dari berbagai sudut pandang.

Layar ini memiliki rasio 19:5:9 dengan resolusi Full HD+ 1080 x 2340 piksel, serta rasio layar ke bodi sebesar 85,2%, menjadikan tampilan layar lebih luas dengan bezel yang lebih tipis. Kehadiran notch berbentuk tetesan air di bagian atasnya memberikan kesan modern pada desain HP ini.

Tidak perlu khawatir tentang kerusakan layar karena Mi 9 SE dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass generasi keenam yang menawarkan ketahanan terhadap goresan yang lebih baik. Untuk para penggemar menonton konten HDR, HP ini mendukung HDR10, sehingga pengalaman menonton akan terasa lebih memukau dan nyata.

Desain Mewah

Xiaomi Mi 9 SE tampil dengan desain yang elegan dan modern layaknya ponsel flagship. Bagian belakangnya dilapisi dengan kaca dan bingkai sudah menggunakan aluminium berkualitas. Karena terbuat dari kaca, perlindungan tambahan diperlukan untuk bagian belakang ponsel ini.

Untungnya, bagian belakang dari Xiaomi Mi 9 SE telah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 5. Ponsel Xiaomi Mi 9 SE ini tersedia dalam pilihan warna yang menawan, yaitu Lavender Violet, Ocean Blue, dan Piano Black.

Kekurangan Xiaomi Mi 9 SE

Tidak Ada Audio Jack 3.5 mm

Meskipun sebuah smartphone memiliki kualitas yang baik, namun tidak dapat dianggap sebagai yang sempurna. Setiap smartphone memiliki kekurangan, termasuk Xiaomi Mi 9. Salah satu kekurangan yang dimiliki adalah absennya port audio jack 3.5 mm yang biasanya digunakan untuk menyambungkan earphone. Sebagai gantinya, pengguna harus menggunakan konektor USB tipe-C ke audio jack 3.5 mm jika ingin menggunakan earphone, yang dianggap merepotkan bagi sebagian orang.

Tidak Ada Slot Micro SD

Disamping tidak memiliki jack audio 3.5 mm, ponsel ini juga tidak menyediakan slot microSD. Slot yang ada hanya untuk dua kartu SIM saja. Oleh karena itu, kalian harus menggunakan memori internal ponsel ini.

Perbandingan Xiaomi Redmi K20 Pro atau Xiaomi Mi 9 SE

Xiaomi Redmi K20 ProXiaomi Mi 9 SE
Kelebihan- Baterai yang Tahan Lama
- Desain yang Menarik
- Menggunakan Triple Camera
- Menggunakan Layar AMOLED
- Dilengkapi Chipset Premium 5G
- Kamera Mumpuni
- Dilengkapi Wireless Charging
- Tampilan Layar Jernih
- Desain Mewah
Kekurangan- Face Unlock yang Lambat
- Tidak Ada OIS
- Tidak Ada Audio Jack 3.5 mm
- Tidak Ada Slot Micro SD
Beli online
Harga Termurah

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas sudah cukup jelas mengenai spesifikasinya. Keduanya mempunyai spesifikasi yang sama-sama cukup baik. Tetapi cukup jelas dari penjelasan diatas beberapa spesifikasi yang kurang bagus terlihat dari tipe Xiaomi Mi 9 SE bahwa layarnya kurang besar.

Tetapi tidak menjadi masalah karena beberapa orang tidak menjadi kan itu untuk patokan saat membeli smartphone. Soal harga keduanya dijual dengan harga yang sama saja di angka empat jutaan hampir ke angka lima. Jadi bagi kalian yang menyukai merek smartphone xiaomi, kedua tipe baru ini bisa menjadi pilihan kalian.

Anda Pilih Xiaomi Redmi K20 Pro atau Xiaomi Mi 9 SE?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!