Pilih Mana: Xiaomi Redmi Note 7 atau Realme 3 Pro?

Smartphone adalah suatu elektronik genggam yang menjadi suatu kebutuhan orang-orang karena memang fungsinya yang sangat dibutuhkan. Banyak sekali perusahaan elektronik yang mengeluarkan produk-produk smartphone yang canggih dan spesifikasi yang baik dengan harga yang bervariasi. Seperti merek smartphone Xiaomi dan Realme. Kedua merek perusahaan elektronik tersebut sudah banyak mengeluarkan smartphone atau handphone dengan kualitas baik. Salah satu dari tipe kedua merek tersebut adalah Xiaomi Redmi Note 7 dan Realme 3 Pro. disini saya akan menjelaskan mengenai kedua tipe tersebut.

Xiaomi Redmi Note 7

Xiaomi Redmi Note 7 menjadi salah satu handphone yang ditunggu- tunggu para penggemarnya di tanah air. Iming- iming kamera utama beresolusi 48 megapiksel, menjadi nilai jual utama Xiaomi. Xiaomi ini menerapkan desain layar yang sejatinya tidak gaya terkini. Vendor Tiongkok itu mengadopsi desain” dot drop display” dengan takik kecil( notch) yang menjorok ke dalam display di sisi atas. Desain ini serupa dengan gaya layar handphone menengah kekinian. Di dalam takik tersebut, tertanam kamera depan untuk kebutuhan selfie.

Ukuran layarnya sendiri 6,3 inci dengan perbandingan aspek 19, 5 : 9, dengan panel IPS LCD yang mendukung resolusi 2. 380 x 1. 080 piksel. Xiaomi memperkenalkan laburan warna yang tampak lebih” wah” berkat lapisan material kaca yang menimbulkan efek mengkilap. Di ujung kiri atas terlampir modul kamera ganda yang ditemani LED flash. Sementara panel pemindai sidik jari membulat di tengah punggung. Baik layar dan punggung perangkat sama- sama dilindungi kaca anti- gores Corning Gorilla Glass 5.

Berikut Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 7:

Xiaomi menerapkan desain layar yang bukanlah hal baru. Perusahaan asal China tersebut menggunakan desain “dot drop display” dengan notch kecil yang menonjol ke dalam layar di bagian atas. Desain ini merupakan tren umum pada ponsel menengah saat ini. Di dalam notch tersebut, terdapat kamera depan untuk keperluan selfie.

Layarnya memiliki ukuran 6,3 inci dengan rasio aspek 19,5:9 dan menggunakan panel IPS LCD dengan resolusi 2.380 x 1.080 piksel. Pada bagian belakang, Xiaomi menghadirkan pilihan warna yang menarik berkat lapisan kaca yang memberikan efek mengilap. Tersedia dalam tiga warna: nebula red, space black, dan neptune blue. Modul kamera ganda dan LED flash ditempatkan di ujung kiri atas, sementara pemindai sidik jari berada di tengah belakang. Layar dan bagian belakang perangkat dilindungi dengan kaca anti-gores Corning Gorilla Glass 5.

Untuk spesifikasi internal, Redmi Note 7 menggunakan chip Snapdragon 660 dengan clockspeed 2,2 GHz. Perusahaan mengklaim bahwa Redmi Note 7 mencetak skor 144.441 poin dalam pengujian AnTuTu benchmark. Terdapat dua model memori yang tersedia: RAM 3 GB dengan memori internal 32 GB, serta RAM 4 GB dengan memori internal 64 GB.

Xiaomi juga berencana untuk merilis varian dengan RAM 6 GB dan memori internal 64 GB di Indonesia. Baterai 4.000 mAh tertanam di dalam Redmi Note 7 yang mendukung pengisian daya cepat melalui Quick Charger 4.0 menggunakan koneksi USB type-C.

Xiaomi juga masih mempertahankan jack audio 3,5mm dan IR blaster. Sistem operasinya adalah Android 9 Pie yang telah dilapisi antarmuka MIUI 10 khas Xiaomi.

Sektor ini sangat menarik perhatian. Pasalnya, kamera utama Redmi Note 7 mempunyai resolusi 48 megapiksel dengan bukaan lensa f atau 1.8 dan kamera sekunder 5 megapiksel berbukaan f atau 2.4 yang berfungsi sebagai depth sensor. Tetapi, perlu diperhatikan bahwa output gambar ini dengan teknologi super pixel ini beresolusi 12 megapiksel secara default. Jika ingin menjepret dengan resolusi penuh sebesar 48 megapiksel, pengguna wajib berpindah ke mode” Pro”. Sedangkan di bagian depan, terlampir kamera tunggal beresolusi 13 megapiksel dengan bukaan lensa f atau 2.2.

Kelebihan Xiaomi Redmi Note 7

Punya Desain Menarik

Redmi Note 7 menampilkan desain yang sangat elegan dengan bodi belakang yang dilapisi kaca. Keunggulannya semakin diperkuat oleh penggunaan Corning Gorilla Glass 5, yang melindungi layar dan bagian belakang perangkat ini. Dengan layar berukuran 6.3 inci, Redmi Note 7 mengikuti tren smartphone masa kini dengan bezel tipis dan notch atau poni di bagian tengah atas layar yang berbentuk water drop.

Seperti kebanyakan smartphone modern, varian terbaru dari seri Redmi Note ini tersedia dalam tiga pilihan warna yang menarik, yakni fantasy blue, black, dan twilight gold, semuanya dengan efek gradasi yang memikat. Desain bodi belakang yang stylish ini menjadikan Redmi Note 7 sebagai pilihan yang diminati, tidak hanya karena tampilannya yang mengesankan, tetapi juga keberagaman warna yang ditawarkan.

Kualitas Kamera Bagus

Pada Redmi Note 7, terdapat dua lensa utama pada sektor kamera, di antaranya adalah lensa dengan resolusi 48 MP, dan satu lagi lensa berukuran 5 MP yang difungsikan khusus untuk menciptakan efek latar belakang blur atau bokeh pada gambar. Hal ini mungkin menimbulkan keingintahuan terkait bagaimana smartphone dengan harga yang terjangkau mampu memiliki kamera dengan resolusi yang tinggi seperti itu.

Apalagi, Redmi Note 7 menggunakan chipset Snapdragon 660 yang biasanya hanya mendukung lensa hingga resolusi 25 MP. Meskipun secara bawaan, lensa utama kamera memiliki resolusi 12 MP, namun dengan bantuan aplikasi kamera, pengguna dapat menggunakan mode pro untuk menghasilkan foto dengan kualitas setara dengan lensa 48 MP.

Performa Lancar

Jika melihat dari segi kamera, perhatian kita beralih ke performa Redmi Note 7. Ponsel pintar ini didukung oleh chipset Qualcomm, yaitu Snapdragon 660 yang biasanya ditemukan pada ponsel kelas menengah.

Secara keseluruhan, performa ponsel ini dapat dianggap sangat baik untuk kelasnya, terutama saat digunakan untuk menjalankan aplikasi seperti Instagram atau melakukan streaming video melalui YouTube. Bagi para penggemar game, tidak perlu khawatir.

Meskipun menggunakan chipset kelas menengah, Redmi Note 7 masih mampu memberikan pengalaman bermain game yang baik, termasuk untuk game-game populer seperti PUBG. kalian dapat menikmati permainan ini pada ponsel ini dengan pengaturan grafis medium.

Layar Besar dan Jernih

Redmi Note 7 menampilkan layar selebar 6,3 inci dengan rasio 19:9. Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, desain bezel tipis pada Redmi Note 7 memberikan kesan elegan dan modern. Dengan rasio layar ke bodi sekitar 81,4%, layar ponsel ini memberikan pengalaman visual yang lebih luas. Meskipun masih menggunakan panel IPS daripada OLED, layar Redmi Note 7 menyajikan tampilan yang tajam dan jelas.

Kualitas warna yang dihasilkan juga sangat memuaskan, membuatnya nyaman digunakan untuk streaming video di YouTube maupun bermain game. Yang menarik, layar Redmi Note 7 sudah dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 5, memberikan keamanan ekstra terhadap goresan. Dengan fitur ini, pengguna tak perlu khawatir lagi tentang perlunya menggunakan pelindung layar tambahan.

Kekurangan Xiaomi Redmi Note 7

Tidak Tahan Air dan Debu

Jika kalian sedang mencari ponsel yang tahan air dan debu, sayangnya, Redmi Note 7 bukanlah opsi yang tepat. Karena ponsel ini tidak memiliki perlindungan terhadap air dan debu. Tidak mengherankan, mengingat Redmi Note 7 dijual dengan harga terjangkau dan tidak memiliki sertifikasi IP.

Tidak Ada NFC

Redmi Note 7 dari HP Xiaomi tidak hanya tidak tahan air dan debu, tetapi juga tidak memiliki fitur NFC atau Near Field Communication. NFC pada smartphone dapat digunakan sebagai opsi pembayaran non-tunai, memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi dengan sekali tap. Selain itu, NFC juga memfasilitasi transfer data dan dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi secara otomatis.

Realme 3 Pro

Realme 3 Pro dirilis dengan beragam spesifikasi dan fitur- fitur yang mereka banggakan. Beberapa di antaranya seperti sensor kamera, teknologi pengisian daya cepat, dan kemampuan gaming versi smartphone- smartphone kelas atas. Realme 3 Pro mengandalkan chipset Snapdragon 710 berkecepatan clock hingga 2.2GHz. Sebuah jenis prosesor tergolong baru, yang dibangun dalam arsitektur 10 nm.

Oleh karena itu performa yang akan disajikan chipset ini akan mendekati ponsel- ponsel kelas flagship yang umumnya menggunakan seri chipset berkepala 8. Realme 3 Pro mengandalkan chipset Snapdragon 710 berkecepatan clock hingga 2.2GHz. Sebuah jenis prosesor tergolong baru, yang dibangun dalam arsitektur 10 nm. Oleh karena itu performa yang akan disajikan chipset ini akan mendekati ponsel- ponsel kelas flagship yang umumnya menggunakan seri chipset berkepala 8.

Berikut Spesifikasi Realme 3 Pro:

Realme 3 Pro menawarkan beragam fitur andalan seperti game space, face unlock, sensor sidik jari, dan berbagai fitur menarik lainnya. Sensor sidik jari Realme 3 mampu membuka smartphone dengan sangat cepat, kurang dari 1 detik. Face unlock Realme 3 juga memiliki kemampuan yang sama, membuka smartphone dalam waktu yang sangat singkat, kurang dari 1 detik. Sensor face unlock bahkan dapat membuka smartphone saat pengguna menggunakan aksesoris seperti kacamata atau di tempat yang minim cahaya.

Konfigurasi kamera ganda Realme 3 Pro terdiri dari lensa utama 16 megapiksel (dengan aperture f/1.7, sensor Sony IMX 519) dan lensa kedalaman 5 megapiksel (dengan aperture f/2.4). Kamera Realme 3 Pro dilengkapi dengan berbagai mode pemotretan, termasuk Nightscape untuk foto malam, Chroma Boost untuk meningkatkan kontras, dan fitur perekaman video slow motion 960 fps dengan kualitas HD. Terdapat juga mode expert Ultra HD yang mampu menghasilkan foto resolusi 64 megapiksel.

Daya tahan baterai Realme 3 Pro didukung oleh baterai berkapasitas 4045 mAh yang dilengkapi dengan fitur VOOC 3.0 baru, dengan daya pengisian 20W (5V4A). Dengan fitur VOOC 3.0, proses pengisian daya Realme 3 Pro cukup cepat, hanya memerlukan waktu sekitar 80 menit dari 20% hingga 100%. Bahkan dalam waktu 30 menit, ponsel ini dapat terisi hingga 50%. Fitur Screen Battery Optimization Mode juga memberikan sokongan dalam menghemat daya baterai Realme 3 Pro, dengan menyediakan Mode Seimbang dan Mode Efisiensi Energi Tinggi yang masing-masing dapat memperpanjang waktu penggunaan baterai hingga 5% dan 10%.

Kelebihan Realme 3 Pro

Desain yang Keren

Meskipun ada beberapa perbedaan, secara keseluruhan desain Realme 3 Pro masih serupa dengan versi non-pronya. Bagian belakangnya memiliki pola dua pola berlawanan yang membentuk lengkungan di tengahnya, terutama terlihat pada varian warna Nitro Blue dan Carbon Gray. Kerangka yang mengelilingi semuanya terbuat dari polikarbonat dengan warna yang disesuaikan dengan panel belakang, seperti abu-abu gelap untuk varian carbon, ungu untuk varian Lightning, dan biru untuk varian Neon.

Penempatan tombol dan komponen lainnya di seluruh bodi ponsel dirasa cukup baik dan membuat penggunaan ponsel nyaman. Layarnya berukuran 6,3 inci, cukup kompak, dan berat ponsel ini hanya 172 gram, sedikit lebih ringan daripada beberapa pesaingnya. Dengan demikian, Realme 3 Pro hadir sebagai salah satu smartphone kelas menengah dengan desain yang sangat baik.

Daya Tahan Baterai yang Baik

Baterai Realme 3 Pro berkapasitas 4045 mAh telah menunjukkan kinerja yang mengagumkan dalam hal daya tahan. Dibandingkan dengan pesaingnya seperti Honor 8X dan vivo V15 Pro, daya tahan baterai Realme 3 Pro jelas unggul di kelasnya. Pengujian oleh GSM Arena menunjukkan bahwa baterai ini mampu bertahan selama 15 jam untuk pemutaran video dan hampir 14 jam untuk berselancar melalui Wi-Fi. Tak hanya itu, baterai ini juga mampu bertahan hingga 30 jam untuk panggilan suara 3G dan mencatat skor 92 jam untuk daya tahan keseluruhan.

Selain itu, Realme 3 Pro juga menonjol berkat teknologi VOOC-nya yang mendukung charger 20W dan kabel 20W. Dengan teknologi ini, pengguna dapat mengisi ulang baterai hingga 48% hanya dalam waktu 30 menit! Bahkan dalam waktu 1 jam 15 menit, baterai dapat terisi penuh hingga 100%.

Kinerja yang Luar Biasa

Realme 3 Pro dilengkapi dengan chipset Snapdragon 710, salah satu chipset terbaik di luar seri Qualcomm 800. CPU 8 inti dan GPU Adreno 616 memberikan performa tinggi namun tetap hemat daya. Terdapat 3 varian memori, dimulai dari 4/6 GB RAM & 64 GB ROM hingga 6 GB RAM & 128 GB ROM, ditambah dengan slot memori eksternal hingga 256GB untuk penyimpanan yang lebih besar.

Kekurangan Realme 3 Pro

Masih Menggunakan microUSB 2.0

Meskipun Realme 3 Pro masih menggunakan microUSB 2.0, hal tersebut tidak berarti bahwa pabrikan smartphone harus tetap menggunakan teknologi lama. USB Type-C merupakan teknologi terbaru yang memiliki kecepatan transfer data dua kali lipat dari micro-USB. Pergantian ke USB Type-C dapat meningkatkan performa dan daya tahan produk smartphone masa kini, termasuk Realme 3 Pro. Oleh karena itu, sudah seharusnya Realme dan produsen smartphone lainnya beralih ke USB Type-C untuk menjaga daya saing dan memberikan nilai tambah kepada konsumen.

Belum Support NFC

Sebagian besar pengguna ponsel pintar mungkin belum menyadari kegunaan NFC. Namun, bagi sebagian lainnya, teknologi ini memang sangat berguna. Realme 3 Pro, sebagai ponsel kelas menengah, telah dilengkapi dengan fitur NFC. Hal ini tentu menjadi nilai tambah bagi pengguna yang sudah mulai menyadari pentingnya teknologi NFC dalam ponsel mereka. Oleh karena itu, Realme 3 Pro memiliki nilai jual yang berbeda untuk kalangan tertentu yang mulai menghargai manfaat dari NFC.

Perbandingan Xiaomi Redmi Note 7 dan Realme 3 Pro

Xiaomi Redmi Note 7Realme 3 Pro
Kelebihan- Punya Desain Menarik
- Kualitas Kamera Bagus
- Performa Lancar
- Layar Besar dan Jernih
- Desain yang Keren
- Daya Tahan Baterai yang Baik
- Kinerja yang Luar Biasa
Kekurangan- Tidak Tahan Air dan Debu
- Tidak Ada NFC
- Masih Menggunakan microUSB 2.0
- Belum Support NFC
Beli online
Harga Termurah

Kesimpulan

Xiaomi Redmi Note 7 dan Realme 3 Pro adalah tipe smartphone dari kedua merek yang berbeda. Kedua merek tersebut telah berhasil menjual produk smartphone nya dengan laris dan menjadi pilihan orang-orang mulai dari anak mudah hingga orang tua. Harga yang dipasarkan atau dijual juga standar dengan begitu kamu mendapatkan smartphone dengan kualitas dan spesifikasi yang baik. Karena harganya tidak berbeda jauh, jadi kamu bisa memilih selera kamu saja lebih suka smartphone merek Xiaomi atau Realme. Jika kamu ingin membelinya kamu bisa mendapatkan tipe smartphone ini di toko offline dan juga online.

Anda Pilih Xiaomi Redmi Note 7 atau Realme 3 Pro?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!