Pilih Mana: Xiaomi Redmi Note 7 atau Xiaomi Redmi 7?

Xiaomi adalah perusahaan elektronik swasta milik pribadi dari Tiongkok yang berkantor pusat di Beijing yang berdedikasi untuk menciptakan pengalaman pengguna dari segala aspek. Dibuat pada tahun 2010, perusahaan ini dengan cepat sudah menjadi salah satu perusahaan teknologi terkenal di Tiongkok. Xiaomi merupakan distributor telepon pintar terbesar ke- 3 di Dunia yang merancang, mengembangkan, dan menjual telepon pintar, aplikasi seluler, dan elektronik konsumen.

Xiaomi adalah perusahaan terbesar elektronik yang sampai sekarang sangat terkenal mengeluarkan smartphone yang canggih, dengan spesifikasi yang baik. Seperti tipe Xiaomi Redmi Note 7 atau Xiaomi Redmi 7 keduanya tipe smartphone dari perusahaan Xiaomi yang menjadi incaran para pengguna. Penasaran dengan penjelasan kedua tipe tersebut? Disini saya akan menjelaskannya.

Xiaomi Redmi Note 7

Xiaomi Redmi Note 7 menjadi salah satu handphone yang ditunggu-tunggu para penggemarnya di tanah air. Iming- iming kamera utama beresolusi 48 megapiksel, menjadi nilai jual utama Xiaomi. Xiaomi ini menerapkan desain layar yang sejatinya tidak gaya terkini. Vendor Tiongkok itu mengadopsi desain” dot drop display” dengan takik kecil (notch) yang menjorok ke dalam display di sisi atas. Desain ini serupa dengan gaya layar handphone menengah kekinian. Di dalam takik tersebut, tertanam kamera depan untuk kebutuhan selfie.

Ukuran layarnya sendiri 6, 3 inci dengan perbandingan aspek 19, 5 : 9, dengan panel IPS LCD yang mendukung resolusi 2.380 x 1. 080 piksel. Xiaomi memperkenalkan laburan warna yang tampak lebih”wah” berkat lapisan material kaca yang menimbulkan efek mengkilap. Di ujung kiri atas terlampir modul kamera ganda yang ditemani LED flash. Sementara panel pemindai sidik jari membulat di tengah punggung. Baik layar dan punggung perangkat sama- sama dilindungi kaca anti- gores Corning Gorilla Glass 5.

Kelebihan Xiaomi Redmi Note 7

Desain yang Menarik

Redmi Note 7 yang tampil sangat elegan ini dilapisi bahan kaca Corning Gorilla Glass 5 di bagian belakang bodinya. HP yang banyak dicari ini memiliki layar 6.3 inci dengan bezel tipis dan notch water drop di bagian atasnya. Tiga varian warna nyentrik dengan gradasi, yakni fantasy blue, black dan twilight gold, menambah kemewahan ponsel ini.

Kaca Corning Gorilla Glass 5 yang melapisi Redmi Note 7 memberikan perlindungan tambahan untuk ponsel ini dari goresan dan benturan ringan. Selain itu, kaca tersebut juga meningkatkan estetika ponsel dengan penampilan glossy-nya yang mewah.

Kualitas Kamera Bagus

Redmi Note 7 memang dibekali dengan dua lensa kamera utama. Lensa pertama berukuran 12 MP yang dilengkapi dengan mode pro untuk menghasilkan gambar berkualitas 48 MP. Sedangkan lensa kedua berukuran 5 MP untuk menghadirkan efek background blur alias bokeh pada foto.

Performa yang Lancar dan Bagus

Redmi Note 7 hadir dengan chipset Qualcomm Snapdragon 660 yang biasa ditemukan pada HP kelas menengah. Performa HP ini tentu lancar dan bagus untuk aplikasi seperti Instagram atau streaming video di YouTube. Jika Anda hobi bermain game, Redmi Note 7 juga cocok untuk digunakan. Salah satunya PUBG, meski dengan setting grafis medium. Dengan demikian, Anda dapat memainkan game populer ini di Redmi Note 7 tanpa kendala.

Layar Besar dan Jernih

Redmi Note 7 hadir dengan layar 6.3 inci yang memiliki rasio 19:9. Dengan bezel tipis yang menyematkan layar ini, HP ini tampak elegan dan modern. Rasio layar ke bodinya pun mencapai 81.4%, sehingga terasa lebih luas dari biasanya.

Walaupun panel IPS bukan OLED, layar Redmi Note 7 tetap memberikan tampilan jernih dan jelas serta warna yang bagus. Hal ini tentu membuatnya nyaman digunakan untuk streaming video maupun bermain game di YouTube atau aplikasi lainnya.

Kekurangan Xiaomi Redmi Note 7

Tidak Ada NFC

HP Redmi Note 7 tidak memiliki fitur NFC atau Near Field Communication. Teknologi ini dapat digunakan sebagai pengganti uang tunai untuk alat pembayaran. Dengan NFC, Anda dapat melakukan transaksi dengan sekali tap saja. Selain itu, teknologi ini juga bisa digunakan untuk mentransfer data dengan lebih cepat dan menjalankan aplikasi secara otomatis.

Tidak Dilengkapi Mode Perekaman 4K

Redmi Note 7 telah dilengkapi dengan chipset Snapdragon 660 yang mampu melakukan perekaman video beresolusi 4K meski sayangnya belum mendapatkan dukungan untuk mode tersebut. Ia hanya bisa merekam video beresolusi 1080p @30fps dan 1080p @60fps saja. Walaupun begitu, hasil rekamannya masih terbilang bagus meski kualitasnya akan berkurang ketika diproduksi di lingkungan minim cahaya.

Xiaomi Redmi 7

Smartphone Xiaomi Redmi 7 ini dipasarkan di Indonesia bulan April 2019. Smartphone ini diposisikan di bawah Redmi Note 7 yang sudah meluncur sebulan sebelumnya. Dari ukuran layar, Redmi 7 memiliki diagonal 6,26 inci. Desain yang diusung mirip dengan layar Redmi Note 7, sama- sama menggunakan dot drop atau takik serupa tetesan air.

Di dalam takik mungil itu tertumpu kamera tunggal beresolusi 8 megapiksel. Berpindah ke bagian punggung, cangkang Redmi 7 berbahan polikarbonat yang dipoles dengan warna gradasi. Modul kamera ganda terpatri di bagian berdasarkan. Masing- masing kamera mempunyai resolusi 12 megapiksel(f atau 2.2) dan 2 megapiksel(f atau 2.2) depth sensor. Resolusi kamera ini terbilang lebih kecil dibanding pesaing sekelasnya.

Kelebihan Xiaomi Redmi 7

Tampilan dan Desain Layar yang Kekinian

Redmi 7 hadir dengan tampilan layar yang menarik dan kekinian. Bezelnya yang tipis membuat ponsel ini terlihat lebih modern. Layarnya juga memiliki notch kecil di bagian tengah tempat kamera depan berada. Layar IPS LCD 6,26 inci dengan rasio 19:9 dan resolusi 1520×720 piksel memberikan tampilan yang terang dan nyaman di mata. Selain itu, Redmi 7 juga dilengkapi fitur untuk mengaktifkan atau menonaktifkan filter biru agar mata pengguna bisa lebih nyaman melihat layar Redmi 7.

Kemampuan Prosesor Cukup Baik

Redmi 7 hadir dengan chipset Qualcomm Snapdragon 632 yang merupakan penerus dari Snapdragon 625. Chipset ini memiliki kemampuan yang lebih baik, terbukti dari nilai Antutu yang mencapai 104 ribuan. Dengan nilai tersebut, Redmi 7 sudah layak untuk bermain gim populer seperti Mobile Legends dan PUBG Mobile. Terkhusus PUBG Mobile, Redmi 7 mampu berjalan dengan grafis pas-pasan dan fps di 30-an.

Kamera Selfie AI yang Oke

Redmi 7 hadir dengan kamera depan 8 MP yang memiliki bukaan f/2.0 dan mendukung fitur HDR. Kamera ini juga dapat merekam video full HD dengan 30 fps. Meskipun angka 8 MP tampaknya kurang meyakinkan, namun hasil foto selfie yang dihasilkan tergolong bagus, bahkan untuk mode normal sekalipun. Foto menjadi lebih baik ketika menggunakan mode AI Beauty, meski tidak sekeren fitur AI selfie pada ponsel Oppo atau Vivo, tapi untuk kelas harganya sudah cukup memuaskan. Dengan demikian Redmi 7 telah berhasil memberikan hasil foto selfie yang baik dan layak untuk diandalkan.

Sensor Biometrik yang Cepat

Redmi 7 hadir dengan dua sensor keamanan yang berbeda. Sensor sidik jari-nya cepat merespon, sementara pemindaian wajahnya juga tergolong bagus meski tidak secepat sensor sidik jari. Kombinasi kedua fitur ini membuat Redmi 7 menjadi ponsel yang aman dan nyaman untuk digunakan.

Kekurangan Xiaomi Redmi 7

Suara Speaker yang Biasa Saja

Redmi 7 hadir dengan dual speaker yang terletak di bagian bawah ponsel, mengapit port micro USB. Meskipun suara yang dihasilkan cukup biasa saja, namun masih bisa dimaklumi karena harganya yang terjangkau. Sayangnya, audionya tidak begitu nendang seperti yang diharapkan. Walaupun demikian, Redmi 7 tetap menjadi pilihan tepat untuk pengguna yang ingin mendapatkan speaker dengan harga terjangkau.

Perbandingan Xiaomi Redmi Note 7 dan Xiaomi Redmi 7

Xiaomi Redmi Note 7Xiaomi Redmi 7
Kelebihan- Desain yang Menarik
- Kualitas Kamera Bagus
- Performa yang Lancar dan Bagus
- Layar Besar dan Jernih
- Tampilan dan Desain Layar yang Kekinian
- Kemampuan Prosesor Cukup Baik
- Kamera Selfie AI yang Oke
- Sensor Biometrik yang Cepat
Kekurangan- Tidak Ada NFC
- Tidak Dilengkapi Mode Perekaman 4K
- Suara Speaker yang Biasa Saja
Beli online
Harga Termurah

Kesimpulan

Dari kedua tipe tersebut memang harganya berbeda, lebih murah tipe Xiaomi Redmi 7 dibanding dengan Xiaomi Redmi Note 7. Keduanya tetapi memiliki spesifikasi yang baik. Dan juga kamu bisa mendapatkan kedua tipe ini di toko offline maupun toko online yang kamu sukai.

Anda Pilih Xiaomi Redmi Note 7 atau Xiaomi Redmi 7?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!