KesehatanMakanan dan Minuman

Pilih Mana: Yakult atau Cimory?

Saat ini sudah banyak sekali minuman yang mengandung bakteri baik yang bermanfaat baik bagi kesehatan tubuh, salah satunya seperti Yakult dan Cimory yang bisa kita temui di supermarket terdekat dengan harga yang ekonomis.

Selain bakteri baik, Yakult dan Cimory sendiri memiliki beberapa kandungan lainnya yang sangat baik untuk tubuh dengan kadar konsumsi yang sudah ditentukan. Rasa yang ditawarkan pun enak sehingga bisa dinikmati oleh siapapun.

Penasaran dengan detail lebih dalam dari kedua minuman ini? Untuk itu yuk simak terus pembahasan Yakult dan Cimory dalam artikel Selera.id agar bisa kamu jadikan referensi dalam memilihnya. Stay tune guys!

Yakult atau Cimory

Yakult

Yakult merupakan minuman probiotik yang dihasilkan dari fermentasi susu dan gula. Yakult sudah hadir di Indonesia dari sekitar tahun 90-an. Minuman ini sendiri berasal dari Negeri Sakura, Jepang, dengan merk ‘Jahurto’ yang berarti yoghurt.

Yakult mengandung bakteri ‘baik’ bernama Lactobacillus casei shirota strain dalam jumlah yang amat banyak, yaitu lebih dari 6,5 miliar per botol. Lactobacillus casei shirota strain ini sejatinya memang hidup di dalam usus, serta berperan penting dalam melancarkan sistem pencernaan dan menghambat perkembangan bakteri jahat.

Yakult dapat diminum oleh anak-anak dan orang dewasa. Dosis yakult untuk anak-anak dan dewasa yaitu 1-2 botol/hari. Akan tetapi untuk penderita diabetes, kamu perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu sebelum mengkonsumsi yakult. Baca juga Pilih Mana: Susu atau Yogurt?

Kelebihan Yakult

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
    Kandungan bakteri ‘baik’ yang ada pada Yakult menghasilkan manfaat minum yakult untuk meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh. Bakteri Lactobacillus casei shirota strain akan membantu melawan bakteri jahat atau virus tersebut sebelum sempat menginfeksi tubuh.
  • Menyehatkan usus
    Manfaat minum Yakult setiap hari yaitu untuk menambah jumlah bakteri ‘baik’ di dalam usus sehingga dapat memukul mundur bakteri‘ jahat’ yang menjadi penyebab gangguan pencernaan.
  • Mengatasi sakit lambung (Maag)
    Nyatanya, salah satu manfaat Yakult memang untuk mengatasi maag secara alami. Lagi-lagi, perihal ini disebabkan kandungan bakteri ‘baik’ pada minuman yang lebih nikmat dikonsumsi dalam keadaan dingin ini. Tidak cuma menangani maag, manfaat minum Yakult setiap hari pula dapat mencegah terjadinya penyakit lambung tersebut.

Yakult atau Cimory

Kekurangan Yakult

  • Tidak nyaman pada bagian pencernaan
    Pada sebagian orang, ditemukan gejala perut kembung sebagai efek samping yakult. Gejala perut kembung ada karena bakteri LcS pada tubuh orang tersebut mengakibatkan peningkatan gas. Kamu tidak perlu khawatir sebab peningkatan gas ini cuma bersifat sementara.
  • Ada kemungkinan mengakibatkan sakit kepala
    Pada beberapa kasus, ada orang-orang tertentu yang merasakan efek samping berupa sakit kepala setelah mengkonsumsi yakult. Perihal ini disebabkan, pada makanan yang kaya probiotik seperti yogurt, kimchi, dan juga yakult mengandung amina biogenik.
  • Peluang terjadinya alergi
    Efek samping yakult berupa alergi bisa saja ditemui pada beberapa kasus. Ada kemungkinan pada orang tertentu yang nyatanya mempunyai alergi atau intoleransi pada salah satu atau beberapa jenis bahan yang menjadi komposisi yakult.

Cimory

Yoghurt ini amat baik dikonsumsi untuk mendukung kesehatan tubuh sehari hari serta hadir dengan berbagai rasa opsi seperti plain, leci, strawberry dan blueberry. Yoghurt Cimory sendiri dibuat dari 100 persen fermentasi susu segar serta didalamnya terkandung bakteri hidup yang baik yaitu lactic acid bacteria.

Bakteri baik ini tetap terjaga dengan baik karena dalam proses produksinya tidak mengalami pemanasan yang membuat bakteri baik tersebut mati serta terbuang sia-sia.

Pendiri PT Cimory Bambang Sutantio awalnya cuma mau membantu peternak-peternak di sekitar Cisarua. Ide misi sosial tersebut bermula ketika Bambang bersama keluarga kerap mendatangi villa di Puncak, Jawa Barat.

Yakult atau Cimory

Setiap hari PT. Cisarua Mountain Dairy membeli susu dari peternak lokal 20 ton. Susu segar tersebut langsung difermentasi untuk membunuh patogen (bakteri pembawa kuman) dengan memanaskannya pada suhu 70 derajat Celcius.

Kelebihan Cimory

  • Menjaga kesehatan tulang
    Dalam Yoghurt Cimory mengandung kalsium tinggi yang diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang. Seperti yang kita tahu, susu merupakan sumber protein tinggi yang dapat dikonsumsi, tetapi susu sedikit susah dicerna untuk beberapa orang. Dalam Yoghurt Cimory mengandung berbagai mineral penting seperti kalsium yang gampang dicerna tubuh sehingga mengkonsumsinya secara rutin akan menjaga kesehatan tulang kamu dengan baik.
  • Membantu proses pembakaran lemak
    Mengkonsumsi Yoghurt Cimory setiap hari juga akan mengurangi jumlah kalori di dalam tubuh. Penumpukkan lemak di bagian pinggang akan menghasilkan hormon kortisol sehingga akhirnya menambah berat badan kamu. Saat kamu konsumsi Yoghurt Cimory, maka kalsium didalamnya akan memberikan sinyal pada sel lemak supaya memompa kortisol dapat dikurangi.
  • Meningkatkan kesehatan pencernaan
    Bakteri baik dalam Yoghurt Cimory akan memperbaiki mikroflora di dalam usus yang berguna untuk menyehatkan saluran pencernaan. Bakteri baik ini sekaligus akan mencegah berbagai gangguan serta penyakit pencernaan seperti kanker usus besar, konstipasi, diare dan intoleransi laktosa.
Lihat juga:  8 Alat Pengusir Nyamuk Elektrik Terbaik 2020

Kekurangan Cimory

  • Menyebabkan kembung
    Cimory pada umumnya tidak mempunyai efek samping berbahaya. Untuk kamu yang mencoba Cimory untuk pertama kalinya, mungkin akan mengalami sambau (umumnya dalam minggu pertama).
  • Sakit perut
    Kekurangan selanjutnya adalah sakit perut, hal ini dikarenakan kandungan yang ada pada Cimory tidak semerta-merta bisa diterima oleh penikmatnya yang dapat berakibat sakit perut seperti tadi.
  • Sembelit
    Sembelit umumnya terjadi karena konsumsi Cimory yang terlalu banyak dalam sehari. Untuk itu minum Cimory secara teratur, yakni kurang lebih 1-2 kali saja dalam sehari agar manfaat yang diterima dapat bekerja secara optimal.
Yakult Cimory
JenisMinuman probiotik yang mirip yogurt Minuman yogurt
PembuatanFermentasi susu dan gula lactobacillus caseiSusu sapi segar dengan lactobacillusbulgarius dan sreptococcus thermophilus yang mengalami proses fermentasi
Varian rasaSedikitBanyak
Harga per Desember 2019Rp 9.500,- per pakRp 10.000,- per buah

Yakult atau Cimory

Saat yang tepat untuk mengkonsumsi yogurt:

1. Sarapan
Mengkonsumsi yogurt sebagai menu sarapan amat baik untuk mereka yang mau menurunkan berat badannya. Kandungan nutrisinya cukup mengenyangkan serta memberi energi pada tubuh di pagi hari. Selain itu kesehatan pencernaan juga akan terjaga.

2. Camilan
Pilih yogurt sebagai camilan yang tidak cuma aman untuk berat badan kamu, tetapi juga baik untuk menjaga suasana hati. Sebuah riset membuktikan, kalau yogurt memiliki efek yang sama seperti cokelat, dapat membuat hati bahagia setelah mengkonsumsinya.

3. Setelah makan
Dibanding memilih makanan penutup kaya gula, lebih baik selalu sediakan yogurt sebagai dessert. Pasalnya, yogurt bisa membantu tubuh menurunkan kolesterol dalam darah.

4. Saat bepergian jauh
Ada kalanya ketika mengunjungi tempat baru, kita akan terserang diare, kram perut, serta mual. Umumnya ini diakibatkan oleh kuman yang berasal dari makanan. Yogurt dapat membantu mengatasi hal ini, namun kembali lagi, tentu tidak semua orang bisa menerima manfaat yang diterima oleh yogurt.

Pilih Mana: Yakult atau Cimory?

Yakult Cimory
Kelebihan- Meningkatkan sistem kekebalan tubuh - Menyehatkan usus - Mengatasi sakit lambung (Maag) - Menjaga kesehatan tulang - Membantu proses pembakaran lemak - Meningkatkan kesehatan pencernaan
Kekurangan- Tidak nyaman pada bagian pencernaan - Ada kemungkinan mengakibatkan sakit kepala - Peluang terjadinya alergi - Menyebabkan kembung - Sakit perut - Sembelit

Kesimpulan

Yakult dan Cimory adalah minuman yang kaya akan manfaat. Perbedaan dari keduanya adalah dari segi rasa dan ukuran, Yakult cenderung memiliki varian rasa yang sedikit dengan ukuran kemasan yang kecil dan Cimory memiliki banyak varian rasa yang enak dengan kemasan yang lebih besar. Lalu yang mana pilihan kamu? Tentukan minuman sehat andalan kamu sesuai selera dan kebutuhan ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Yakult vs Cimory

VS

Leave a Reply