KesehatanMakanan dan Minuman

Pilih mana: Yakult vs Cimory?

Yakult dan Cimory merupakan minuman yang mengandung bakteri baik untuk tubuh kita. Dengan harga yang terjangkau dan mudah di dapat di supermarket terdekat.

Tidak hanya itu, ternyata Yakult dan Cimory memiliki banyak kandungan dengan banyak pilihan rasa yang ditawarkan sehingga nikmati oleh siapapun.

Yuk simak penjelasan dari kedua minuman fermentasi ini.

Yakult 

Yakult adalah minuman probiotik yang diolah dari bahan susu dan gula yang sudah difermentasi mengandung bakteri baik Lactobacillus casei shirota strain. Lactobacillus casei shirota strain 6,5 miliar dalam setiap botol Yakult yang dapat membantu meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam saluran pencernaan, sehingga dapat menghambat perkembangan bakteri jahat penyebab infeksi usus. Bakteri yang bisa hidup secara alami dalam usus manusia. 

Lactobacillus casei shirota strain yang bisa membantu serta mengobati gangguan pencernaan seperti, diare, infeksi bakteri Helicobacter pylori, dan peradangan pada usus. Baca juga: Pilih mana: Yakult vs Yoghurt ?

Minuman yang satu ini berasal dari Negeri Sakura, Jepang, dengan merk ‘Jahurto’ yang berarti yoghurt. Yakult juga bisa diminum oleh kalangan anak-anak bahkan orang dewasa, tapi tidak untuk orang yang mengalami penyakit diabetes. Untuk cara penyimpanannya, yakult disimpan di tempat yang bersuhu di bawah 10° C.

Kelebihan Yakult 

  • Dapat menyehatkan usus

Minuman yang satu ini dapat di minum setiap hari yang bertujuan untuk menambah jumlah bakteri baik di dalam usus, sehingga dapat mengusir dan memukul semua bakteri jahat yang menjadi penyebab gangguan pencernaan.

  • Mengatasi penyakit maag

Yakult yang dipercaya dapat mengatasi penyakit maag secara alami. Hal ini dikarenakan adanya bakteri baik pada minuman yang dapat dikonsumsi dalam keadaan dingin, tidak hanya itu ternyata yakult juga dapat mencegah penyakit pada lambung.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Bakteri baik yang ada pada minuman Yakult yang memiliki manfaat untuk meningkatkan kinerja pada sistem kekebalan tubuh. Bakteri Lactobacillus casei shirota strain yang akan membantu untuk melawan bakteri jahat atau virus-virus yang nantinya bisa menginfeksi tubuh.

Kekurangan Yakult

  • Dapat menyebabkan alergi

Ternyata minuman yakult juga bisa membuat alergi. Alergi ini terjadi karena ada beberapa kasus yang menyebabkan itu terjadi. Ada beberapa kemungkinan terjadi pada orang-orang tertentu yang mempunyai intoleransi atau alergi pada beberapa jenis bahan yang menjadi komposisi yakult. 

  • Tidak nyaman pada bagian pencernaan

Efek samping yang terjadi saat mengkonsumsi minuman yakult ditemukan pada gejala perut kembung. Gejala perut kembung terjadi karena bakteri LcS pada tubuh orang-orang yang mengakibatkan peningkatan gas, namun hal ini bersifat hanya sementara.

  • Dapat menyebabkan sakit kepala

Ada beberapa orang tertentu yang merasakan efek samping sakit kepala setelah mengkonsumsi yakult. Hal ini disebabkan, pada makanan yang kaya probiotik seperti yogurt serta juga yakult mengandung amina biogenik.

Cimory

Cimory merupakan susu segar yang difermentasi dengan memiliki kandungan bakteri hidup yang baik yaitu lactic acid bacteria. Cimory yang didirikan pada tahun 2004 oleh Bambang Sutantio yang memiliki tujuan awal untuk membantu peternak sapi di daerah Bogor.

Bakteri yang terdapat pada minuman ini tetap terjaga dengan baik karena dalam proses produksinya tidak mengalami pemanasan, sehingga membuat bakteri baik tersebut mati serta terbuang sia-sia. Memiliki varian rasa yaitu leci, strawberry, dan blueberry yang aman untuk dikonsumsi.

Beberapa orang mengkonsumsi cimory untuk penguat tulang serta gigi, karena memiliki kalsium yang terkandung di dalamnya.Kandungan yang bermanfaat untuk menunjang kesehatan tubuh. Susu memiliki banyak kandungan nutrisi seperti vitamin A, vitamin D,zat fosfor, zinc, vitamin B12, vitamin B2,  asam pantotenat dan asam amino.

Sebagian orang yang merasa mual bila mengkonsumsi cimory, hal ini mungkin terjadi karena  intoleransi laktosa dengan kurangnya produksi laktase dalam tubuh. Laktase adalah enzim yang dihasilkan usus kecil yang berfungsi untuk memecah laktosa yang terkandung di dalam susu agar mampu dicerna oleh tubuh.

Namun untuk penderita intoleransi laktosa, karena proses pemecahan laktosa tidak berlangsung sempurna sehingga laktosa yang tidak tercerna akan masuk dalam usus besar dan dapat menyebabkan perut kembung, berisi banyak gas, dan diare.

 Dengan  beragam pilihan susu segar, sehat, dan higienis dengan rasa yang pasti disukai untuk kebutuhan nutrisi setiap hari. Susu segar dan sehat dari Cimory dapat menjadi pilihan yang tepat untuk dikonsumsi. Cimory selalu menjaga kesegaran dari tiap produk susunya. Kesegaran, sehat dan higienis selalu menjadi jaminan Cimory kepada Anda untuk setiap produk yang Anda konsumsi.

Kelebihan Cimory

  • Membantu proses pembakaran lemak
Lihat juga:  8 Merk Madu Instan Terbaik 2021

Dengan mengkonsumsi Cimory setiap hari, dapat mengurangi jumlah kalori yang ada di dalam tubuh. Mulai dari penumpukkan lemak di bagian pinggang yang akan menghasilkan hormon kortisol, sehingga dapat menambah berat badan kamu. Saat kita mengkonsumsi Cimory, maka kalsium yang terdapat didalamnya akan memberikan sinyal pada setiap sel lemak agar memompa kortisol dapat dikurangi.

  • Menjaga kesehatan tulang

Cimory yang mengandung kalsium tinggi yang diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang. Terdapat susu yang merupakan sumber protein tinggi yang dapat dikonsumsi. Dalam Cimory juga mengandung berbagai mineral penting diantaranya kalsium yang gampang dicerna oleh tubuh sehingga saat mengkonsumsi cimory secara rutin dapat menjaga kesehatan tulang dengan baik.

  • Meningkatkan kesehatan pencernaan

Bakteri yang terdapat pada Cimory yang dapat memperbaiki mikroflora di dalam usus. Berguna untuk menyehatkan saluran pencernaan, sekaligus dapat mencegah berbagai gangguan serta penyakit pencernaan yaitu, konstipasi, kanker usus besar, diare dan intoleransi laktosa.

Kekurangan Cimory

  • Menyebabkan kembung

Pada umumnya cimory tidak mempunyai efek samping yang berbahaya. Namun jika kamu yang baru mencoba cimory untuk pertama kalinya mungkin akan mengalami sambau.

  • Sakit perut

Cimory juga dapat menyebabkan sakit perut jika di komsumsi secara berlebihan. Hal ini terjadi karena terdapat kandungan yang ada pada Cimory tidak bisa diterima oleh penikmatnya.

  • Sembelit

Untuk minum Cimory secara teratur yakni kurang lebih 1-2 kali saja dalam sehari agar manfaat yang diterima dapat bekerja secara optimal, dan tidak terjadinya sembelit.

Pilih mana: Yakult vs Cimory?

Keterangan Yakult Cimory
Kelebihan - Dapat menyehatkan usus - Mengatasi penyakit maag - Meningkatkan sistem kekebalan tubuh- Membantu proses pembakaran lemak - Menjaga kesehatan tulang - Meningkatkan kesehatan pencernaan
Kekurangan - Dapat menyebabkan alergi - Tidak nyaman pada bagian pencernaan - Dapat menyebabkan sakit kepala- Menyebabkan kembung - Sakit perut - Sembelit

Kesimpulan

Yakult dan Cimory merupakan minuman yang kaya akan manfaat. Perbedaan dari keduanya mulai dari segi rasa, varian rasa, serta ukuran kemasan yang kecil. Namun tetap tidak mengkonsumsi keduanya secara berlebihan agar tidak terjadi alergi atau bahkan sakit perut. Lalu yang mana pilihan kamu? Tentukan minuman sehat untuk kamu konsumsi setiap hari agar kesehatanmu tetap terjaga. Sekian artikel mengenai minuman fermentasi, Semoga bermanfaat ya.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Yakult vs Cimory

VS