Kendaraan

Pilih Mana: Yamaha MX King vs Honda Sonic

Semua orang tentu ingin memiliki motor dengan spesifikasi dan performa yang mumpuni untuk menemani mereka menelusuri jalanan kota. Maka itulah Yamaha dan Honda merilis beberapa motor yang sesuai untuk kebutuhan masyarakat Indonesia, salah duanya seperti Yamaha MX King dan Honda Sonic.

Yamaha MX King dan Honda Sonic sendiri memiliki desain yang cukup modern dengan lekukan lekukan tajam di setiap bodinya. Kedua motor ini cukup digandrungi banyak orang, khususnya kaum milenial.

Penasaran dengan detail lebih dalam dari Yamaha MX King dan Honda Sonic? Tenang saja, karena Selera.id sesaat lagi akan membahasnya mulai dari spesifikasi serta kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Stay tune guys!

Yamaha MX King vs Honda Sonic

Yamaha MX King

Seperti yang kita ketahui bersama, kalau Yamaha merupakan sebuah produsen asal Jepang yang sangat aktif memberikan teknologi terbaru dalam dunia transportasi khususnya Sepeda motor di pasar Indonesia dan negara-negara lainya. Kali ini mereka memberikan karya terbarunya berupa sepeda motor kelas 150 cc yang diberi nama Yamaha MX King 150.

Yamaha MX King 150 ini memang diperkenalkan pada tahun 2015 kemudian di Indonesia, namun sekedar untuk informasi saja, kalau motor ini sudah dirilis lebih dahulu di negara asia tenggara lainnya, yakni negara Vietnam yang memperkenalkan Yamaha Exciter 150 pada tahun 2014 lalu. Baca juga Pilih Mana: Yamaha XSR 155 vs Yamaha MT-15

Desain Yamaha MX King

Pabrikan sebetulnya mengenalkan motor pada akhir 2018 sebagai model year 2019. Karena facelift, MX King 150 dibalut dengan warna baru yang lebih sporty. Pahatan tajam terlihat pada lekukan bodi. Sesuai dengan kegemaran masyarakat Indonesia kebanyakan. Selain itu, Ia diberi kelengkapan fitur supaya makin meningkatkan performa saat berkendara.

MX King 2019 tampil makin segar dalam suguhan warna baru: Metallic Blue, Matte Red dan Metallic Orange. Diklaim, kombinasi warna sanggup mengeluarkan aura racing sejati.

Pabrikan memberi desain yang sesuai untuk mereka yang suka tampil lebih sporty, energetik dan modern. Target pasar yang akan dituju adalah kaum milenial yang doyan motor bebek berperforma tinggi.

Mesin Yamaha MX King

Motor MX King 150 ini dibekali dengan mesin 150 cc yang pastinya amat bertenaga, kemudian motor ini dilengkapi dengan silinder tunggal, SOHC 4 langkah dengan memakai pendingin cair. Selain itu motor ini pula sudah dibekali dengan sistem bahan bakar fuel Injection yang akan membuat konsumsi bahan bakarnya semakin irit.

Dengan menggunakan mesin tersebut hasilnya MX King 150 mempunyai performa yang mencapai daya maksimalnya 11,3 Kw pada putaran 8500 rpm, kemudian untuk torsinya mencapai 13,8 Nm pada 7000 rpm.

Yamaha MX King vs Honda Sonic

Fitur Yamaha MX King

1. LED
Sekarang lampu depan bergaya sporty, mengantongi teknologi LED. Selain membuat sistem pencahayaan menjadi lebih terang, lampu ini lebih efisien dan tahan lama.

2. Speedometer full digital
Speedometer Yamaha pakai full digital. Desain amat membantu pengendara dalam mendapatkan beragam data. Dan anak muda suka motor yang terlihat mutakhir.

Kelebihan Yamaha MX King

  • Desain stylish dan keren
    Bagian desain yang dibuat secara stylish dan keren, sehingga memberikan nuansa baru bila dibanding dengan motor-motor sebelumnya. Dengan memakai dimensi 1970 x 670 x 1080 mm dan beratnya mencapai 116 kg pastinya kan membuat motor ini lebih responsif ketika dipakai di jalan raya.
  • Menggunakan tipe rangka Backbone
    Motor ini menggunakan tipe rangka Backbone, yang sanggup menopang beban pada saat mencapai kecepatan tinggi. Jadi kamu akan lebih nyaman ketika memakai motor ini dalam kecepatan yang tinggi.
  • Pengereman disc brake
    MX King 150 ini sudah dilengkapi dengan pengereman Disc brake pada bagian depan dan belakangnya, dengan fitur tersebut tentunya akan semakin membuat kamu merasa aman ketika memakai motor ini, karena sistem pengeremannya amat nyaman dan aman.

Kekurangan Yamaha MX King

  • Masih memakai 5 transmisi
    Masih memakai 5 transmisi merupakan kekurangan Jupiter MX King 150 yang cukup disayangkan oleh beberapa orang. Sebab bila berkaca pada kompetitornya, motor ini tertinggal 1 transmisi karena yang lainnya telah memakai jenis transmisi 6 percepatan manual.
  • Ruang bagasi sempit
    Untuk bagasi motor mx king ini cuma dapat membawa barang bawaan dengan jumlah yang tidak banyak. Tetapi untuk menyimpan mantel atau sarung tangan tetap masih bisa.
  • Kualitas ban yang kurang bagus
    Sebenarnya untuk masalah ini, cukup mengganti jenis ban pabrikan dengan model ban yang sesuai dengan keinginan urusan sudah dapat teratasi. Cuma saja kita mesti mengeluarkan uang lebih supaya dapat merasakan sensasi berkendara yang lebih nyaman dan menyenangkan pastinya.

Honda Sonic

Honda Sonic 150R ini adalah motor yang umumnya digunakan oleh kaum milenial. Namun yang perlu kamu tahu, jauh sebelum Honda Sonic 150R ini Honda Indonesia pernah mempunyai Nova Sonic 125 yang kala itu jadi trend setter motor ‘ayam jago’ di Indonesia.

Setelah hampir 2 dekade setelah kemunculan Nova Sonic 125, Honda Indonesia juga akhirnya membuat reinkarnasinya dalam wujud Honda Sonic 150R yang mengusung spesifikasi motor-motor Honda di kelas middle-up sport seperti CB150R Streetfire.

Lihat juga:  Pilih Mana: Yamaha MT15 atau Yamaha R15 V3?

Desain Honda Sonic

Sekilas, spesifikasi Honda Sonic 150R di bagian desain bodi memang terlihat kaku. Perihal ini dapat dilihat dari headlamp berbentuk ‘V’ ala wajah robot Transformers. Pada bagian kemudi, Honda juga memakai setang jepit yang memang cocok untuk motor tipe ‘ayam jago’.

Yamaha MX King vs Honda Sonic

Bergerak ke samping, bodi Honda Sonic 150R ini pula terlihat stylish dengan semacam‘ undakan’ yang memisahkan bodi dengan cover mesinnya. Sonic 150R ini pula mempunyai desain half fairing berkonsep tegas dan modern yang menutup mesinnya.

Sedangkan pada bagian belakang, buritan Honda Sonic 150R mengusung konsep lampu belakang yang menyatu dengan lampu sein, berpadu dengan back tail yang berbentuk lancip.

Mesin Honda Sonic

Untuk spesifikasi Honda Sonic 150R pada dapur pacunya mengandalkan mesin 4-langkah DOHC 4 katup dengan silinder tunggal yang berkapasitas 149,16 cc. Dengan mempunyai rasio kompresi 11,3:1 mesin itu sanggup memuntahkan tenaga maksimal mencapai 11,8 kW atau 16 Ps pada 9. 000 RPM dengan torsi maksimal 13,5 Nm pada 6.500 RPM.

Bahkan, diketahui Honda Sonic 150R ini sudah lolos standar emisi gas buang Euro 3 yang ramah lingkungan dan efisien dalam hal konsumsi bahan bakar. Honda mengklaim bahwa Sonic 150R sanggup melibas jarak 0-200 m dengan catatan waktu 10,6 detik saja, dengan kecepatan maksimal 124,1 km/jam.

Fitur Honda Sonic

1. Muffler
Honda Sonic 150R dibekali dengan muffler yang sanggup menghasilkan suara nyaring namun tidak akan mengurangi tenaganya.

2. Dashboard full digital
Honda Sonic 150R juga telah mengusung panel dashboard full digital yang akan membuat pengendaranya lebih mudah mengetahui kondisi kendaraannya.

Kelebihan Honda Sonic

  • Desain agresif
    Motor ini berdesain garis-garis tajam di sekujur tubuhnya, sehingga terkesan agresif. Honda pula memperhatikan sisi ergonomi, terutama pada posisi jok yang tidak begitu tinggi, efeknya mudah untuk ditunggangi oleh postur tubuh remaja.
  • Karakter mesin sesuai kondisi perkotaan
    Bila diperhatikan secara detail spesifikasi mesinnya, maka Sonic amat cocok digunakan di perkotaan. Performanya diperkaya torsi melimpah di putaran mesin bawah sampai menengah, sehingga dapat menghasilkan akselerasi yang baik untuk kondisi stop&go.
  • Hemat BBM
    Konsumsi bbm yang amat efisien dan hemat berkat disisipkannya teknologi PGM-FI pada sistem bahan bakarnya. Adanya teknologi tersebut, selain konsumsi bbm yang irit, motor bebek ini pula amat ramah lingkungan karena telah lulus emisi gas buang sehingga membuat motor ini lebih ramah lingkungan.

Kekurangan Honda Sonic

  • Desain jok nungging
    Dengan desain jok nungging, membuat penumpang sering kali merosot ketika motor ini direm. Terlebih dalam pemakaian jarak jauh, sekujur tangan dan bahu terasa pegal.
  • Handling kurang nyaman dan mumpuni
    Ya sebagai motor ayago, kenyamanan dan kinerja handling pada motor ini masih kalah dengan motor bebek lainnya seperti Yamaha Jupiter MX yang tulen sebagai motor bebek.
  • Bentuk lampu belakang yang aneh
    Seharusnya dengan tampang depan yang sangat sporty dan futuristik, bentuk lampu belakang seharusnya juga mengikuti tampilan depannya. Tapi kenyataannya lain, bentuk lampu belakang pada motor ini cukup aneh sehingga mengurangi kesan sporty dan modern pada motor ini.
SpesifikasiYamaha MX KingHonda Sonic
Tipe mesin4 Langkah, berpendingin cair, SOHC4 langkah, DOHC – 4 katup
Daya 11,3 KW/8500 rpm 11.8 KW (16.0 PS) / 9000 rpm
Sistem pembakaranFuel Injection (FI)PGM-FI
Dimensi1.970 mm x 670 mm x 1.080 mm1.941 x 669 x 977 mm
Kapasitas tangki4,2 Liter4 Liter
Sistem pengapianTCIFull Transisterized
Harga per Januari 2020Rp 18.950.000,-Rp 20.900.000,-

Pilih Mana: Yamaha MX King vs Honda Sonic

Yamaha MX KingHonda Sonic
Kelebihan- Desain stylish dan keren - Menggunakan tipe rangka Backbone - Pengereman disc brake - Desain agresif - Karakter mesin sesuai kondisi perkotaan - Hemat BBM
Kekurangan- Masih memakai 5 transmisi - Ruang bagasi sempit - Kualitas ban yang kurang bagus - Desain jok nungging - Handling kurang nyaman dan mumpuni - Bentuk lampu belakang yang aneh

Kesimpulan

Setelah membahas Yamaha MX King dan Honda Sonic tadi diatas, dapat disimpulkan bahwa kedua motor ini cocok banget untuk kamu bawa menuju jalanan kota yang cukup padat dengan bodinya yang langsing. Tentukan pilihan motor andalan kamu sesuai selera dan kebutuhan ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Yamaha MX King vs Honda Sonic

VS

Leave a Reply