KendaraanOtomotif

Pilih Mana: Yamaha XSR 155 vs Yamaha MT-15

Yamaha dari dulu sampai sekarang selalu memberikan produk yang berkualitas untuk para konsumennya, salah satunya yaitu motor. Motor keluaran Yamaha sendiri dikenal memiliki performa yang tangguh dan desain motor yang unik, salah duanya seperti Yamaha XSR 155 dan Yamaha MT-15.

Yamaha XSR 155 dan Yamaha MT-15 sendiri cukup digandrungi oleh banyak orang, khususnya anak muda. Desain dari kedua motor ini juga unik dan memiliki ciri khasnya masing-masing.

Penasaran dengan detail lebih dalam dari Yamaha XSR 155 dan Yamaha MT-15? Untuk itu stay tune terus Selera.id agar bisa kamu jadikan referensi dalam memilih motor andalan kamu sehari-hari.

Yamaha XSR 155 vs Yamaha MT-15

Yamaha XSR 155

Lama menjadi rumor, akhirnya Yamaha secara resmi meluncurkan motor sport terbarunya, yakni Yamaha XSR 155. Naked bike sport premium ini secara perdana diperkenalkan di Thailand pada pertengahan Januari 2020. Dimana, konsep motor naked bike bergaya retro-modern juga terlihat begitu jelas menghiasi setiap sisi eksteriornya.

Di satu sisi, moge terbaru Yamaha ini pula diklaim masih bersaudara dengan MT-15. Mengingat kabarnya basis mesin dan sasis yang dipakai Yamaha XSR 155 ini masih sama dengan model MT-15. Baca juga Pilih Mana: Yamaha MT-15 vs Kawasaki Bajaj Pulsar NS 200

Desain Yamaha XSR 155

Pada lampu utama dari Yamaha XSR 155 itu telah dibekali teknologi LED. Sehingga, selain memberikan kesan klasik, tentunya juga akan menjamin kualitas pencahayaan yang lebih efektif dan efisien.

Selain itu, terlihat juga pada bagian tangki bahan bakarnya yang dikonsep dengan lakukan tegas seperti naked bike bergaya klasik dilengkapi lakukan tegas.

Di satu sisi, sedikit mundur ke belakang, Yamaha XSR 155 sendiri tampak masih mengandalkan tempat duduk bergaya Heritage yang berbentuk sejajar lurus ke belakang yang begitu khas motor klasik. Sementara itu di bagian belakang, terdapat stop lamp berbentuk bulat yang dibuat secara unik dan minimalis namun berbekal teknologi LED.

Mesin Yamaha XSR 155

Yamaha XSR 155 ini akan dipersenjatai dengan mesin SOHC berteknologi VVA yang mana mempunyai kapasitas mesin 155 cc berpendingin cair (Liquid Cooled).

Mesin itu akan digabungkan dengan transmisi manual 6 percepatan yang akan memberikan hasil power sampai 19 Hp (19 dk) pada putaran 10. 000 rpm( 9. 900 rpm) dan sanggup mencapai torsi sampai 14.7 Nm perputaran 8500 rpm.

Tidak sampai disitu saja, bahkan naked bike produksi Yamaha ini pun juga sudah mengusung sistem suplai bahan bakar Fuel Injection dan pembakaran TCI yang membuatnya mempunyai rasio kompresi cukup bagus 11.6:1.

Yamaha XSR 155 vs Yamaha MT-15

Bahkan, dengan bekalan komponen jantung pacu yang dibawa spesifikasi Yamaha XSR 155 itu membuatnya sanggup mencapai akselerasi atau top speed sampai 125 Km/jam.

Fitur Yamaha XSR 155

1. Lampu LED
Yamaha menyematkan sistem pencahayaan LED pada lampu depan dan belakang untuk memberikan pencahayaan secara maksimal dan efisien.

2. Rem ABS
Moge klasik ini pun akan dipersenjatai dengan rem cakram pada sisi depan dan belakang. Kedua rem itu telah dilengkapi sistem ABS sehingga dipastikan akan sanggup memberikan kualitas rem yang cukup handal dan mumpuni.

Kelebihan Yamaha XSR 155

  • Desain unik
    Desain amat keren dengan sentuhan retro modern bergaya tracker. Pastinya motor ini cocok banget buat kamu yang menyukai kesan jadul dan eksentrik.
  • Speedometer full digital
    Mempunyai speedometer full digital yang modern, tapi tetap terkesan klasik. Meskipun motor ini memiliki kesan retro, namun di beberapa sisi tetap menyelipkan kesan modern didalamnya.
  • Stabil dan berakselerasi
    Motor ini sudah memiliki suspensi depan Upside Down yang menjadikan tampilan XSR 155 semakin kekar serta dapat menambah kestabilan saat berakselerasi.

Kekurangan Yamaha XSR 155

  • Posisi tempat duduk cukup tinggi
    Motor ini memiliki posisi tempat duduk yang cukup tinggi, jadi untuk yang bertubuh pendek mesti jinjit kaki saat menaikinya sehingga menjadi kekurangan tersendiri untuk motor ini.
  • Velg-nya belum jari-jari
    Seperti yang kita tahu bahwa motor retro pastinya memakai velg jari-jari agar terlihat unik. Hal inilah yang belum tersemat di motor ini, tetapi tak jadi masalah karena telah memakai ban tubeless bergaya dual purpose.
  • Harga tinggi
    Dengan desain unik, mesin mutakhir dan beberapa fitur canggih lainnya membuat motor ini memiliki harga yang terbilang cukup tinggi.

Yamaha MT-15

Satu lagi produk baru dari Yamaha yang kini sedang menjadi perbincangan hangat di berbagai media, yaitu Yamaha MT-15 yang merupakan seri terbaru dari keluarga Street Fighter yang telah diresmikan di Thailand melalui suatu acara bertajuk Thailand Motor Expo 2015 yang lalu.

Konsep Yamaha MT-15 terlihat seperti dengan Yamaha MT-09, terutama komponen headlamp yang menyamai kepala robot transformer. Yamaha juga melakukan inovasi mesin dengan memakai mesin 155cc berteknologi VVA yang tadinya digunakan Yamaha R15 serta Yamaha Vixion R.

Lihat juga:  Pilih Mana: Yamaha Lexi S atau Yamaha NMAX?

Desain Yamaha MT-15

Headlamp Yamaha MT-15 nampak gahar serta bengis. Lampunya dibagi dalam 2 cluster serta telah mengadopsi teknologi LED buat menunjukkan cahaya lebih jelas dikala berkendara di malam hari.

Yamaha XSR 155 vs Yamaha MT-15

Pada cluster atas terpasang lampu senja ataupun lampu jarak dekat. Sebaliknya cluster bawah memakai lampu LED Projector sebagai lampu utamanya.

Instrumen speedometer full digital didapat dari saudaranya R15. Dengan tone warna negative dan shift timing light yang berperan buat memberi tahu pada pengendara bila harus melakukan perpindahan gigi buat mencapai performa berkendara yang maksimal.
Mesin Yamaha MT-15.

Yamaha melindungi mesin MT-15 dengan engine cover yang didesain supaya bentuk Yamaha MT-15 semakin kuat serta berisi. Kemudian terdapat juga Shroud yang terpasang pada sisi kanan serta kiri.

Shroud motor ini dibagi dalam 2 komponen, yaitu Shroud standar serta shroud kedua sebagai cover radiator. Menariknya lagi, Yamaha MT-15 telah memakai radiator bertipe Liquid Cooled, sehingga dapat melindungi temperatur mesin supaya senantiasa normal.

Mesin Yamaha MT-15

Yamaha MT-15 dibekali dengan mesin berkapasitas 155cc 4-katup dengan 6-percepatan yang sanggup memancarkan daya sebesar 14,2 kW/10.000rpm serta menciptakan torsi sebesar 14,7 Nm atau 8.500rpm.

Dapur pacu MT15 pula telah dilengkapi liquid cooled (berpendingin cairan) yang sanggup melindungi temperatur motor senantiasa normal dan Variable Valve Actuation (VVA) yang menghasilkan torsi menyeluruh di tiap putaran mesin.

Fitur Yamaha MT-15

1. Assist & Slipper clutch
Fitur itu memiliki 2 guna berbeda, dimana buat Assist berguna untuk memudahkan kopling dan Slipper Clutch untuk memperhalus perpindahan gigi.

2. Speedometer full digital
Dengan tone corak negative dan shift timing light yang berfungsi untuk memberi tahu pada pengendara bila wajib melakukan perpindahan gigi untuk mencapai performa berkendara yang maksimal.

Kelebihan Yamaha MT-15

  • Telah memakai sistem USD
    Sistem peredaman MT-15 mempercayakan pada upside down (USD). Perihal ini memberikan keuntungan pada pengendalian yang semakin stabil. Lantaran USD mempunyai karakteristik lebih rigid. Di samping itu, tampilannya ikut meningkat serta terkesan sporty. Tertarik menggunakan motor ini?
  • Mempunyai fitur canggih
    Salah satu fitur tersebut yakni Variable Valve Actuation (VVA), yang memastikan keluaran torsi merata di setiap putaran mesin. Untuk membantu perpindahan gigi yang lebih halus dan responsif, tertanam Assist and Slipper Clutch pada kopling.
  • Memiliki desain yang macho
    Desain yang garang dan macho merupakan kelebihan yang cukup membuat para calon pembeli menjadi ingin segera memiliki motor ini. Dengan konsep kepala transformer, motor besutan Yamaha ini banyak digemari oleh anak muda sampai orang dewasa sekalipun.

Kekurangan Yamaha MT-15

  • Ukuran tangki hanya 10 liter
    Saat ini para kompetitor Yamaha MT-15 seperti Honda CBR 150 dan Suzuki 150 sudah memiliki ukurang tangki yang lebih besar. Tentunya ini menjadi pembahasan yang cukup penting bagi Yamaha untuk MT-15.
  • Harga yang mahal
    Mempunyai desain keren, mesin mutakhir dan fitur yang mumpuni membuat harga yang diusung oleh Yamaha MT-15 jadi semakin tinggi. Hal ini cukup disayangkan mengingat para kompetitornya memiliki harga yang lebih murah.
  • Belum mengusung fitur keyless
    Fitur keyless tidak terlihat pada MT-15. Padahal perangkat ini sangat memudahkan konsumennya, sekaligus meningkatkan sektor keamanan. Mengingat harganya yang cukup mahal, fitur ini rasanya sayang jika masih belum terpasang di dalamnya.
Spesifikasi Yamaha XSR 155Yamaha MT-15
Tipe mesin Liquid Cooled 4-Stroke, SOHC, VVA Liquid Cooled 4-Stroke, SOHC, 4 Valve, VVA
Kapasitas mesin 155 cc 155.1cc
Tenaga maksimum 19 Hp/10000 rpm 14,2 kW/10000 rpm
Torsi maksimum 14,7 Nm/8500 rpm 14,7 Nm/8500 rpm
Sistem bahan bakar Fuel Injection Fuel Injection
Tipe transmsi Manual 6 percepatan Manual 6 percepatan
Harga per Januari 2020Rp. 36.265.000,- Rp. 36.265.000,-

Pilih Mana: Yamaha XSR 155 vs Yamaha MT-15

Yamaha XSR 155Yamaha MT-15
Kelebihan- Desain unik - Speedometer full digital - Stabil dan berakselerasi - Telah memakai sistem USD - Mempunyai fitur canggih - Memiliki desain yang macho
Kekurangan- Posisi tempat duduk cukup tinggi - Velg-nya belum jari-jari - Harga tinggi - Ukuran tangki hanya 10 liter - Harga yang mahal - Belum mengusung fitur keyless

Kesimpulan

Setelah membahas Yamaha XSR 155 dan Yamaha MT-15 tadi diatas, maka dapat disimpulkan bahwa kedua motor ini cocok banget untuk kamu anak muda yang menginginkan kesan garang dan unik. Meskipun harga dari kedua motor ini bisa dibilang cukup tinggi, namun pastinya sesuai dengan performa dan spesifikasi yang dimilikinya. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Yamaha XSR 155 vs Yamaha MT-15

VS

Leave a Reply