KesehatanOlahraga

Pilih Mana: Yoga atau Aerobik?

Memiliki tubuh yang sehat tidak hanya dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat atau pola hidup yang sehat. Olahraga juga dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat dan bugar. Yoga dan Aerobic menjadi kedua diantara banyaknya olahraga yang dipilih untuk menjaga kesehatan tubuh.

Olahraga Yoga dan Aerobic juga diketahui banyak kelebihan dan kekurangannya. Apakah saja kelebihan dan kekurangannya? Nah, pada artikel kami kali ini akan membahasnya lebih detail. Scroll down guys dan selamat membaca.

Yoga atau Aerobic

Yoga

Yoga adalah aktivitas olah tubuh dan pikiran yang fokus pada kekuatan, fleksibilitas dan pernapasan untuk meningkatkan kualitas mental dan fisik. Postur atau rangkaian gerakan dan pernapasan adalah dua komponen utama Yoga. Baca juga Pilih Mana: Yoga atau Pilates?

Bahkan kegiatan atau aktivitas Yoga bisa dijadikan pengobatan alternatif dilakukannya pemanasan, olah tubuh atau meditasi. Orang yang melakukan yoga disebut dengan Yogin bagi pria dan Yogini bagi wanita.

Rutin beryoga akan mengasah fokus mental dan membuang racun keluar dari dalam tubuh. Kita juga akan meningkatkan fleksibilitas tubuh, yang tidak hanya bermanfaat untuk kesiapan fisik sebelum berolahraga tapi juga mencegah cedera.

Kelebihan Yoga

  • Memperlancar aliran darah
    Memastikan aliran darah lancar adalah kunci penting untuk menjaga kestabilan tekanan darah. Untuk penderita darah tinggi, sangat disarankan untuk melakukan olahraga Yoga minimal 45 menit setiap pagi atau sore hari. Dengan olahraga Yoga, pikiran akan lebih rileks dan aliran darah bisa lebih lancar.
  • Menurunkan berat badan
    Manfaat Yoga selanjutnya adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Menurunkan berat badan sangat penting untuk melindungi penderita diabetes tipe 2 untuk mencegah komplikasi seperti kanker dan penyakit jantung.
  • Menghilangkan stress
    Mungkin Anda bertanya tentang hubungan antara stress dengan kecantikan. Namun keduanya memang berhubungan dekat. Ketika seseorang terkena stress rona mukanya akan Nampak muram dan murung. Hasilnya kecantikan wajahnya tak bisa terpancar sempurna.

Kekurangan Yoga

  • Peningkatan tekanan darah
    Teknik pernapasan yang kuat serta postur badan yang terbalik dapat meningkatkan tekanan darah. Jadi jika Anda sudah memiliki riwayat tekanan darah tinggi (hipertensi), beberapa pose Yoga seperti Breath of Fire tidak akan meringankan kondisi Anda dan malah menambah parah.
  • Dapat terjadinya cedera
    Gerakan menekuk badan ke depan saat duduk yang dipaksakan bisa membuat cedera lempengan tulang belakang yang memang rentan, terutama di daerah lumbar. Lumbar adalah tulang punggung bagian bawah. Biasanya, yang terjadi adalah sakit punggung bagian bawah.
  • Tidak begitu cocok penguatan tulang
    Jika tujuan Anda adalah membentuk dan menguatkan otot dengan cepat serta memulihkan cedera, maka Yoga bukanlah pilihan yang tepat. Yoga memiliki gerakan dan postur untuk menguatkan otot, namun hasil yang diberikan relatif lama.

Yoga atau Aerobic

Aerobik

Aerobik adalah jenis olahraga yang merangsang denyut jantung dan laju pernapasan agar meningkat dengan cepat selama sesi olahraga. Aerobik dikenal sebagai kardio, yaitu olahraga yang membutuhkan oksigen untuk dikirim ke bagian otot yang bekerja.

Oksigen yang dimaksud berasal dan dipasok dari jantung melalui darah. Oleh karena itu, baik pernapasan dan juga maupun detak jantung Anda yang biasanya akan meningkat dengan cepat selama aktivitas Aerobik. Anda bisa membeli perlengkapan baju olahraga di Sport Station.

Olahraga jenis ini Aerobik ini sangat baik untuk menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan jantung. Oleh karena itu, olahraga aerobik sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh orang yang memiliki berat badan berlebih.

Kelebihan Aerobik

  • Meningkatkan kesehatan otot
    Otot membutuhkan oksigen guna terhindar dari asam laktat atau limbah lainnya. Aerobik mampu mendorong pembuluh darah dan dengan Aerobik pun dapat meminimalisir ketidaknyamanan yang dialami oleh penderita nyeri otot kronis dan sakit punggung.
  • Mencegah diabetes
    Dan kelebihan lainnya dari olahraga ini juga dapat menurunkan berat badan juga telah menjadi sebuah rahasia umum olahraga seperti misalnya aerobik merupakan teknik ampuh untuk menangkal diabetes.
  • Meningkatkan kemampuan jantung
    Nah dalam urusan ini aerobik adalah salah satu jenis olahraga yang ampuh. Aerobik dapat menambah denyut dan menstabilkan irama jantung yang berdampak pada tubuh yang akan lebih sehat.
Lihat juga:  Pilih Mana: Salad Sayur atau Salad Buah?

Kekurangan Aerobic

  • Adanya kemungkinan cedera
    Kekurangan yang pertama dimiliki oleh aerobik adalah masih terdapat kemungkinan cedera. Aerobik merupakan olahraga yang relatif aman dan tidak membahayakan. Meskipun begitu, Anda seharusnya melakukan pemanasan terlebih dahulu agar tidak terjadi cedera.
  • Lebih efektif dilakukan berkelompok
    Untuk melakukan senam aerobik ini, Anda harus melakukannya secara berkelompok dan dipandu oleh seorang instruktur. Anda sebenarnya bisa melakukannya secara mandiri, namun hal ini akan terasa kurang menyenangkan dan akan menjadi kurang maksimal.
  • Manfaat mengurangi berat badan diragukan
    Kekurangan lainnya dari senam Aerobik ini adalah bahwa senam ini dapat menurunkan berat badan, namun manfaat ini sering diragukan oleh banyak orang. Banyak sekali yang mengatakan bahwa untuk mengurangi berat badan Aerobik sangat tidak maksimal.

Yoga atau Aerobic

Jenis YogaJenis Aerobik
Yoga BikramHigh Impact Aerobics
Yoga AshtangaLow Impact Aerobic
Yoga IyengarDiscorobic
Yoga VinyasaRockrobic
Yoga HathaAerobic Sport

Tips Memilih Olahraga yang Tepat

1. Sesuai Target
Sebelum memilih jenis olahraga, sebaiknya Anda menentukan terlebih dahulu target yang ingin dicapai. Terlepas dari meningkatkan kebugaran, setiap jenis olahraga memiliki efek spesifik yang berbeda bagi tubuh.

Dengan adanya target akan membuat Anda tidak sia-sia melakukan aktivitas olahraga.

2. Sesuai Jadwal
Setiap orang memiliki rutinitas harian yang berbeda-beda. Alangkah baiknya bila Anda memilih jenis olahraga yang disesuaikan dengan jadwal harian. Rencanakan olahraga di waktu luang. Misalnya, apakah Anda lebih mungkin berolahraga di pagi hari sebelum bekerja atau justru malam hari setelah selesai bekerja.

Selain itu, Anda perlu memperkirakan durasi olahraga dengan waktu yang Anda miliki. Kemudian, sesuaikan lokasi olahraga dengan tempat tinggal atau kerja Anda.

3. Sesuai Kesukaan
Setiap orang memiliki kesukaan masing-masing. Tidak terkecuali dalam hal olahraga. Pastikan Anda memilih jenis olahraga yang Anda sukai. Ingatlah bahwa untuk bisa menjalankan olahraga secara maksimal, Anda harus menikmati setiap proses yang sedang Anda lakukan.

Jika tidak suka, otomatis komitmen Anda juga akan hilang dengan mudah. Pada akhirnya, Anda berhenti olahraga sebelum target tercapai.

4. Perhatikan Tingkat Olahraga
Untuk Anda yang ingin berolahraga atau bagi Anda yang pemula maka harus sekali Anda perhatikan tingkat olahraga itu sendiri. Jangan sampai Anda melakukan aktivitas olahraga yang awalnya sangat berat ya guys.

Untuk Anda yang pemula sangat cocok untuk melakukan olahraga ringan dan simple saja untuk mengawali kegiatan aktivitas olahraga.

5. Sesuai Gen
Genetik dianggap berperan dalam performa olahraga seseorang, seperti endurance dan power. Dengan melakukan pemetaan genetik terkait dengan performa olahraga, diharapkan dapat menyediakan program latihan yang sesuai dengan potensi genetik orang tersebut.

Bahkan, gen dalam tubuh dapat berperan dalam beberapa perubahan yang terjadi pada tubuh setelah seseorang melakukan program olahraga dan diet, seperti berat badan, indeks massa tubuh, hingga kadar lemak tubuh.

Pilih Mana: Yoga atau Aerobik?

YogaAerobik
Kelebihan- Memperlancar aliran darah - Menurunkan berat badan - Menghilangkan stress - Meningkatkan kesehatan otot - Mencegah diabetes - Meningkatkan kemampuan jantung
Kekurangan- Peningkatan tekanan darah - Dapat terjadinya cedera - Tidak begitu cocok penguatan tulang - Adanya kemungkinan cedera - Lebih efektif dilakukan berkelompok - Manfaat mengurangi berat badan diragukan

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas mengenai olahraga Yoga dan Aerobik keduanya adalah olahraga yang masih dibilang tidak begitu berat dan sangat asik untuk dilakukan. Kebanyakan yang melakukan olahraga kedua ini adalah kaum wanita. Olahraga kedua ini memiliki kelebihan dan kekurangannya juga ya yang sudah kami jelaskan di atas. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Yoga vs Aerobik

VS

Leave a Reply