Aplikasi

Pilih Mana: YouTube atau YouTube Go?

Internet saat ini sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Informasi yang didapatkan saat ini sebagian besar berasal dari internet. Untuk mencari informasi apapun, internet sangat diandalkan. Salah satu platform yang banyak digemari dan menyediakan berbagai informasi adalah YouTube. Saat ini telah banyak sekali pengguna YouTube, bahkan YouTube menjadi sumber penghasilan. Terakhir, muncul platform YouTube Go. Ini merupakan aplikasi serupa dengan YouTube dengan versi yang lebih ramah kuota. Manakah yang lebih baik untuk digunakan? YouTube atau YouTube Go?

YouTube merupakan sebuah situs web yang dapat digunakan untuk berbagi video. Saat ini YouTube menempati posisi kedua paling sering diakses setelah Google. Karena banyaknya peminat YouTube, pada akhir tahun 2017 Google merilis YouTube Go. Aplikasi ini dapat membantu para pengguna ponsel low-end dapat menikmati video-video pada YouTube.

YouTube

Fitur utama yang ditawarkan oleh YouTube adalah kemudahan mengakses serta membagikan video kepada khalayak. Meski demikian, perkembangan dan pembenahan yang dilakukan Youtube tidak hanya berhenti sampai di situ, akan tetapi juga merambah pada hal-hal lain yang berorientasi pada kenyamanan dan kemudahan pengguna. Baca juga Pilih Mana: iFlix atau Netflix?

Kelebihan YouTube

Berikut kelebihan yang ditawarkan oleh YouTube:

  • Memberikan Layanan Gratis

Salah satu kelebihan platform ini adalah memberikan layanan gratis kepada penggunanya. Untuk mengakses dan menikmati video-video yang ada di dalamnya, pengguna tidak perlu memiliki akun premium atau membayar sejumlah uang dalam skala waktu tertentu. Pengguna hanya perlu memiliki kuota untuk mengakses video tersebut. Hal ini juga berlaku pada layanan mengunggah atau menampilkan video.

  • Dapat Mendownload Video Tertentu

Selain mudah dalam mengakses video. Pengguna juga dapat mendownload video-video tertentu yang ditampilkan. Dengan cara seperti ini, pengguna dapat mengakses video kapan saja dan di mana saja tanpa memerlukan jaringan internet. Jaringan internet hanya diperlukan pada saat melakukan download.

  • Mengakses Berbagai Informasi

Selain sebagai hiburan, video-video di YouTube juga dapat berupa informasi. Sehingga saat ini peran televisi hampir tergantikan oleh YouTube. Informasi lebih cepat masuk pada paltform ini daripada media elektronik konvensional. Informasi yang didapatkan bisa berupa berita, tutorial melakukan sesuatu, pelajaran dan masih banyak hal lainnya.

  • Mengakses Video Streaming

Anda dapat mengakses video streaming live ataupun tidak di YouTube. Siaran yang dapat Anda tonton merupakan siaran TV lokal, nasional, bahkan internasional. Karena itulah, pengguna tidak perlu khawatir ketinggalan acara-acara yang disukai.

  • Mengenalkan dan Memasarkan Produk

Saat ini banyak bisnis yang dipasarkan melalui berbagai media sosial dan platform, salah satunya adalah YouTube. Platform ini sebagai gudang video bisa digunakan menjadi alat marketing yang efektif. Anda dapat menggunakan YouTube untuk mengenalkan dan memasarkan produk.

Kekurangan YouTube

Berikut kekurangan YouTube yang harus Anda ketahui:

  • Boros Kuota

Untuk dapat mengakses dan menikmati video-video yang ada di YouTube, pengguna harus mengorbankan kuota yang cukup besar. Hal ini wajar saja karena yang ditampilkan adalah video. Kuota yang dibutuhkan untuk mengakses teks, gambar, dan video pastilah berbeda.

  • Aplikasi Cukup Berat

Aplikasi YouTube ini terbilang cukup berat. Meskipun begitu, ponsel yang memiliki memori internal yang kecil dan android dengan RAM yang kecil tetap bisa memiliki aplikasi ini.

  • Jaringan Internet Harus Kuat

Jika Anda memiliki koneksi internet atau jaringan internet yang kurang stabil, maka Anda tidak akan dapat menonton video YouTube dengan lancar. Anda harus memiliki koneksi atau jaringan internet yang kuat.

Kelebihan YouTubeKekurangan YouTube
- Memberikan layanan gratis - Menghabiskan lebih banyak kuota
- Dapat mendownload video tertentu- Aplikasi memakan RAM lebih banyak
- Dapat mengakses video streaming - Jaringan internet harus kuat

YouTube Go

YouTube Go merupakan aplikasi yang dikeluarkan YouTube yang menampilkan video serupa seperti YouTube, namun memberikan manfaat hemat kuota. Semua pengguna YouTube pasti tahu bahwa YouTube benar-benar menguras kuota internet. Dengan hadirnya YouTube Go ini, diharapkan dapat membantu para pengguna agar lebih hemat.

Kelebihan YouTube Go

Berikut kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh YouTube Go:

  • Ukuran Aplikasi Ringan

YouTube Go memiliki ukuran setengah dari aplikasi YouTube yang sebenarnya. Dengan ukuran yang kecil ini, pengguna tidak membutuhkan penyimpanan internal yang besar. Dengan ukuran yang ringan ini juga pastinya tidak akan membuat ponsel menjadi lambat. Dikutip dari Oketekno.com, Youtube Go memungkinkan memori internal Anda lebih ringan lantaran ukuran yang lebih kecil dengan catatan terbebas dari lag.

  • Hemat Kuota

Kelebihan yang paling disukai oleh orang-orang terhadap YouTube Go ini adalah sangat hemat kuota. Anda dapat menonton sebuah video sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan. Sebelum menonton video, Anda dapat mengecek ukurannya terlebih dahulu. Setelah itu Anda dapat memilih kualitasnya. Kualitas yang disediakan tersebut mulai dari yang paling dasar sampai yang berkualitas tinggi.

  • Menyimpan Video ke Galeri Penyimpanan

Keunggulan lain yang dimiliki oleh YouTube Go ini adalah dapat menyimpan video ke galeri penyimpanan. Hal ini tentu berbeda dengan aplikasi YouTube biasanya. Di aplikasi ini, Anda dapat menyimpan video secara langsung ke memori eksternal. Dengan demikian Anda dapat kapan saja dan di mana saja menonton video yang telah di download.

Kekurangan YouTube Go

Berikut beberapa kekurangan YouTube Go yang perlu Anda ketahui:

  • Gambar yang Kurang Jelas

Kekurangan yang dimiliki oleh YouTube Go ini adalah gambar yang ditampilkan kurang jelas jika menggunakan pilihan kualitas yang rendah. Gambar yang ditampilkan tampak buram dan pecah-pecah.

  • Tidak Bisa Berkomentar

Kekurangan lain aplikasi YouTube Go ini adalah, Anda tidak bisa meninggalkan komentar karena tidak terdapat kolom komentar di bawah bagian video. Ini tentu berbeda dengan aplikasi YouTube biasanya, Anda dapat meninggalkan komentar pada bagian bawah video.

  • Tidak Bisa Share ke Media Sosial

Selain tidak bisa meninggalkan komentar, Anda juga tidak bisa melakukan share ke media sosial. Masalahnya sama, tidak disediakan menu share untuk berbagi ke media sosial. Sehingga Anda tidak bisa berbagi jika mendapat konten yang berkualitas dan layak untuk dibagikan.

  • Tidak Terdapat Tombol Like dan Dislike

Salah satu cara untuk memberikan nilai kepada sebuah video di YouTube biasanya adalah dengan memberikan like atau dislike. Namun, pada kolom YouTube Go Anda juga tidak bisa memberikan like atau dislike.

  • Tidak dapat Mengeklik Chanel Video yang Diputar

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh YouTube Go adalah Anda tidak bisa mengeklik chanel video yang diputar. Pada aplikasi YouTube biasa, di bawah video yang diputar terdapat chanel pemilik video. Di YouTube Go ini Anda tidak bisa mengeklik cahanel tersebut dan mengetahui video-video lainnya.

Kelebihan Youtube GoKekurangan Youtube Go
- Aplikasi tergolong ringan- Tampilan gambar kurang jelas
- Dapat menghemat kuota - Tidak bisa berkomentar
- Dapat menyimpan video di galeri penyimpanan - Tidak bisa melakukan share ke media sosial

Pilih Mana: YouTube atau YouTube Go?

Di atas telah dipaparkan perbedaan antara YouTube dan YouTube Go. Kedua aplikasi ini memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Perbedaan antara kedua aplikasi tersebut telah kami rangkum pada tabel berikut:

YouTube YouTube Go
- Membutuhkan banyak kuota untuk mengakses video- Hanya membutuhkan sedikit kuota untuk mengakses video
- Gambar yang ditampilkan lebih jelas- Gambar yang ditampilkan kurang jelas
- Dapat memberikan komentar, like dan share- Tidak dapat memberikan komentar, like dan share

Kesimpulan

Dari paparan mengenai YouTube dan YouTube Go tersebut, dapat dikatakan bahwa YouTube Go hadir untuk memberikan solusi bagi orang-orang yang ingin menghemat kuota. Jika Anda hanya perlu menonton tanpa berpartisipasi seperti memberikan komentar, like dan share maka sebaiknya Anda menggunakan YouTube Go. Tapi jika Anda perlu untuk berpartisipasi dan tidak peduli dengan kuota yang dihabiskan, maka YouTube bisa menjadi andalan Anda.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

YouTube vs YouTube Go

VS

Leave a Reply