ApplicationLayanan

Pilih Mana: Zalora atau Zilingo?

Saat ini sudah banyak sekali platform yang menyediakan beberapa barang yang dibutuhkan yang bisa kita buka melalui website. Salah satunya seperti Zalora dan Zilingo, kedua e-commerce ini sudah sangat terkenal akan barang-barang yang dimilikinya memiliki kualitas yang sangat baik.

Selain itu, Zalora dan Zilingo memiliki metode pembayaran yang sangat mudah. Jadi buat kamu yang masih awam tidak perlu khawatir kesusahan saat akan memesan barang, karena kedua platform ini sudah user friendly banget.

Namun dibalik itu semua, Zalora dan Zilingo tentu saja memiliki beberapa kekurangan yang cukup siginifkan. Artikel ini akan membahas lebih dalam mengenai kedua platform terkenal tersebut beserta bagaimana cara pemesanannya. Check it out!

Zalora

Zalora Indonesia dibangun pada tahun 2012. Dikala ini Zalora Indonesia merupakan retail online fashion dengan perkembangan paling cepat di Asia. Situs di setiap negara memastikan kalau produk fashion dicocokkan dengan selera negara masing-masing dan mengadaptasi preferensinya. Dengan opsi lebih dari 500 brand lokal dan internasional, Zalora membawa fashion ke dalam format yang lebih baik dari sebelumnya.

Zalora menawarkan pakaian perempuan, pakaian laki-laki, sepatu, aksesoris, perlengkapan olahraga, busana muslim, dan banyak lagi! Perihal inilah yang membuat Zalora jadi tujuan utama fashion online di Indonesia. Cuma dalam beberapa tahun, Zalora sudah merevolusi skena mode di Asia, dimulai dari kebiasaan berbelanja kamu sampai membuat style personal kamu.

Lebih dari 30.000 produk online dan ratusan produk baru tiap minggunya, Zalora amat ambisius dan akan terus berkembang. Berita bagusnya yakni, Zalora memberikan Kamu banyak sekali opsi untuk tetap jadi seseorang yang stylish.

Zalora merupakan sarana penyedia fashion yang diimbangi dengan teknologi terbaru yang akan memberikan kamu pengalaman berbelanja online yang tidak tertandingi. Baca juga Pilih Mana: OLX atau Tokopedia?

Cara belanja di Zalora

  1. Pilih produk dan pilih ukuran kemudian klik “Pesan”
  2. Klik “Lihat Pesanan” untuk memastikan produk yang kamu pesan
  3. Bila kamu sudah yakin untuk produk yang kamu pilih, kamu dapat klik “Selesai Berbelanja”
  4. Bila sebelumnya kamu sudah lakukan login, kamu bisa langsung isi beberapa data yang diperlukan untuk pengiriman
  5. Klik “Pesan”
  6. Setelah Klik “Pesan”, kamu akan menerima Email dan serta waktu pengiriman yang diperkirakan

Kelebihan Zalora

  • Tampilan yang mudah digunakan
    Tampilan situs maupun aplikasi amat user friendly sehingga mempermudah pemakai untuk memilih dan membeli produk, check out, serta melihat semua menu yang ada. Seluruh produk yang diperlihatkan di foto juga memakai model dengan gambar yang high quality sehingga perinci gambar produk bisa diperbesar dan tampak jelas.
  • Adanya layanan gratis ongkos kirim
    Umumnya ada gratis ongkos kirim untuk pembelian diatas 200 ribu, jadi membuat belanja kalian jadi lebih hemat. Tidak hanya itu, di Zalora juga ada gratis 30 hari pengembalian barang bila tidak sesuai pesanan. Konsumen bisa mengembalikan barangnya dan menukar dengan produk yang sesuai tanpa dibebani ongkos kirim lagi. Dan bila persediaan barang yang mau ditukar sudah habis, maka Zalora akan mengembalikan uang kamu 100 persen.
  • Semua produk dipastikan bermerek original
    Di Zalora tidak ada barang palsu alias KW, semua produk dipastikan 100 persen asli original. Bukan cuma merek-merek terkenal dan ternama dari luar negeri saja, di Zalora juga ada merek-merek lokal dengan kualitas yang amat bagus pula. Bahkan kualitas merek lokal juga tidak kalah dengan merek- merek Internasional lainnya.

Kekurangan Zilingo

  • Konfirmasi pembayaran masih memakai sistem manual
    Dari beberapa kelebihan yang sudah disebutkan tadi, tentu saja Zalora juga memiliki beberapa kekurangan salah satunya yaitu konfirmasi pembayaran yang masih memakai sistem manual, sehingga sedikit lama dan membutuhkan waktu beberapa jam untuk mengkonfirmasinya.
  • Waktu pengiriman barang lama
    Kekurangan lainnya yang ada di Zalora yaitu jangka waktu pengiriman barang, menurut sebagian konsumen Zalora masih sedikit lama dan terkadang memakan waktu sekitar 1 sampai 2 minggu, barulah barang baru sampai ke tangan konsumen. Jadi sebaiknya hindari membeli benda yang penggunaannya sangat mendesak atau butuh waktu cepat.
  • Kurang begitu update barang baru
    Kekurangan yang terakhir dari Zalora yaitu kurang begitu update barang baru. Mengingat para konsumen suka dengan barang baru, tentu saja ini merupakan kekurangan yang membuat Zalora bisa tertinggal oleh para kompetitornya.

Zilingo

Kata‘ Zilingo’ merupakan suatu adaptasi dari kata‘ Zillion’ atau yang artinya miliaran yang ingin menggambarkan jumlah besar pedagang (zillion merchants), produk (zillion products), dan style terbaru (zillion trending styles) yang disediakan di marketplace ini.

Zilingo didesain sebagai platform eksklusif untuk berjualan yang memungkinkan pedagang mengunggah serta mengelola inventaris mereka dalam bahasa apapun, memakai mata uang apapun juga.

Lihat juga:  Pilih Mana: Huawei E5673 vs E5577

Marketplace ini resmi meluncur pada bulan November 2015 di pasar ASEAN dan memungkinkan pelanggan membeli dari ribuan pedagang yang memakai platform penjual Zilingo di toko offline maupun online.

Tidak hanya di Indonesia, Zilingo juga sudah membuka pasar di Singapura dan Thailand, dan melayani pengiriman internasional ke empat negara lain, yakni China, Bangladesh, Vietnam, dan Kamboja.

Untuk mendukung bisnis yang dijalankannya, Zilingo sudah berhasil memperoleh pendanaan Seri C sebesar 54 juta dolar AS untuk mengembangkan serta memperluas pasar secara internasional. Dengan begitu, total pendanaan yang diperoleh oleh Zilingo menggapai 82 juta dolar AS atau setara Rp 1,1 triliun.

Cara belanja di Zilingo

  1. Cari produk dengan cara browsing koleksi, produk, merek, promosi pada “tab pencarian”, di bagian sudut kanan atas situs Zilingo
  2. Untuk memilih atau menambah produk, kamu bisa pilih tulisan “Tambahkan ke keranjang” yang ada di halaman produk
  3. Setelah produk sudah kamu pilih, tiba saatnya untuk mengisi alamat pengiriman dan data pendukung lainnya
  4. Pilih metode pembayaran (COD/ Kartu Kredit/ Kartu Debit/ Offline Epay, atau Internet Banking)
  5. Ketika kamu menerima email “konfirmasi pesanan”, maka kamu akan menerima pesanan dalam kurun waktu 2-5 hari kerja setelah email konfirmasi order diterima.

Kelebihan Zilingo

  • Tersedianya pilihan bahasa dan mata uang sesuai kebutuhan pelanggan
    Kelebihan Zilingo yang mungkin membedakannya dengan e-commerce lainnya yaitu tersedianya opsi bahasa dan mata uang yang mempermudah pedagang mengunggah serta mengelola inventaris mereka dalam bahasa dan memakai mata uang apa pun.
  • Semua produk original alias tidak KW
    Keaslian produk-produk dari Zilingo juga tidak perlu diragukan, sebab Zilingo mempunyai tim kurator yang selalu mengakurasi keaslian produk- produk brand terkenal yang terdapat di Zilingo.
  • Terdapat ribuan pedagang yang ada di Zilingo
    Inilah yang menjadi salah satu kelebihan yang paling diunggulkan oleh Zilingo, yaitu banyaknya pedagang yang ada di Zilingo. Maka dari itu, pelanggan tidak perlu kebingungan lagi atau khawatir apabila tidak adanya barang yang ingin dicari di Zilingo, karena semuanya ada di Zilingo.

Kekurangan Zilingo

  • Belum tersedia layanan pembayaran via BNI
    Setelah mengulas beberapa kelebihan dari Zilingo tadi, tentu saja e-commerce satu ini juga memiliki beberapa kekurangan salah satunya yaitu belum tersedianya layanan pembayaran via BNI. Tentu saja ini menyulitkan untuk mereka pengguna BNI.
  • Untuk beberapa barang tidak bisa dikembalikan
    Ada beberapa barang yang bisa dikembalikan dan ditukar kembali dengan yang baru apabila barang tidak sesuai dengan yang dipesan. Namun ada juga beberapa barang dari Zilingo yang tidak bisa dikembalikan meskipun tidak sesuai dengan yang sudah dipesan.
  • Pengiriman produk cukup mengecewakan
    Dan kekurangan dari Zilingo terdapat pada pengiriman produknya pada pelanggan atau konsumen dimana jasa pengirim ditentukan langsung oleh pihak Zilingo dan seringkali pengiriman terlambat, dan aplikasi tracking pada aplikasi zilingo juga kurang baik, dimana kita tidak dapat melihat barang kita sudah dimana dan dana pemberitahuan kepada pelanggan juga tidak ada.
SpesifikasiZaloraZilingo
Tahun berdiriTahun 2012 Tahun 2015
PenciptaChris Feng, Tan Wee, Rocket Internet dan Steven KimDhruv Kapoor dan Ankiti Bose
Hal yang paling ditonjolkanPakaian pria dan wanitaPakaian pria dan wanita

Pilih Mana: Zalora atau Zilingo?

ZaloraZilingo
Kelebihan- Tampilan yang mudah digunakan - Adanya layanan gratis ongkos kirim - Semua produk dipastikan bermerek original - Tersedianya pilihan bahasa dan mata uang sesuai kebutuhan pelanggan - Semua produk original alias tidak KW - Terdapat ribuan pedagang yang ada di Zilingo
Kekurangan- Konfirmasi pembayaran masih memakai sistem manual - Waktu pengiriman barang lama - Kurang begitu update barang baru - Belum tersedia layanan pembayaran via BNI - Untuk beberapa barang tidak bisa dikembalikan - Pengiriman produk cukup mengecewakan

Kesimpulan

Bagaiman menurut kamu mengenai Zalora dan Zilingo? Yang mana yang menjadi favorit kamu? Tentu saja semuanya memiliki selera masing-masing mengenai platform berbelanjanya masing-masing.  Beberapa kelebihan dan kekurangan yang sudah dipaparkan tadi bisa menjadi pertimbangan kamu jika masih bimbang ingin memilih yang mana diantara Zalora dan Zilingo, Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Zalora vs Zilingo

VS

Leave a Reply