Finance

Pilih Mana: Zcoin atau Monero?

Generasi saat ini pasti mengetahui tentang Cryptocurrency (Mata Uang Kripto/Kriptografis), yang populer dari tahun 2017 ini, yang dipicu oleh kenaikan harga Bitcoin hingga bernilai sangat mahal. Kriptografis dijadikan sebagi tempat investasi terbaik, karena menawarkan pertumbuhan nilai investasi yang sangat tinggi. Pada artikel kali ini akan kita bahas salah satu Cryptocurrency yaitu, Zcoin dan Monero. Kita akan membahas perbedaan maupun kelebihan dan kekurangan dari kedua mata uang crypto ini. Yuk disimak!

Zcoin

Zcoin  ini diciptakan untuk memperbaiki item yang tidak dapat dilakukan Bitcoin, yaitu fungibilitas, privasi dan sentralisasi. Sejauh ini, Zcoin sanga mudah dan memberikan privasi seutuhnya kepada pengguna. Pada awalnya, Zerocoin diajukan oleh profesor Johns Hopkins University, Matthew D.Green, Ian Miers dan Christina Garman. Baca juga Pilih Mana: Zcoin atau Dash?
Zcoin pertama kali digunakan dalam mata uang digital oleh Poramin Insom pada September 2016. Jumlah Zcoin yang pernah diproduksi sebanyak 21 juta unit. Masih ada sekitar 3,4 juta koin yang belum ditambang, setiap penambangan pada blok Zcoin menghasilkan 50 XZC per 10 menit.
Visi Zcoin bertujuan untuk memperbaiki hal-hal yang tidak dapat dilakukan Bitcoin atau memperbaiki kekurangan dari Bitcoin, yaitu fungibilitas, privasi, dan sentralisasi pertambangan. Jadi sudah bisa dibilang bahwa Zcoin membawa perubahan yang tidak ada pada jaringan Bitcoin.
Wallet Zcoin saat ini sudah bisa digunakan di berbagai sistem operasi populer seperti Windows, Linux dan Mac Os. Sedangkan untuk versi mobile hanya ada untuk Android saja saat ini dan versi web masih belum tersedia hingga saat ini.

Fitur-Fitur Zcoin

Beberapa fitur yang di unggulkan Zcoin, diantaranya :

1. Markle Tree Proof of Work (MTP)
Transaksi pribadi melalui Zcoin yang memutus hubungan transaksi pada blockchain. MTP, sebuah algoritma ketahanan pada penambangan ASIC untuk mempromosikan distribusi yang adil Dandelion++ yang melindungi alamat IP Anda agar tidak terikat pada suatu transaksi Znodes, infrastruktur dengan insentif untuk mempertahankan jaringan yang kuat dan memiliki kinerja yang tinggi.

2. Zero-knowledge proof
Dalam kriptografi , Zero-knowledge proof merupakan metode yang satu pihak (prover) yang dapat membuktikan kepada pihak lain (verifier) hanya  untuk mengetahui nilai x , tanpa menyampaikan informasi apapun selain dari kenyataan bahwa mereka tahu nilai x . Zero-knowledge proof dapat membuktikan kepemilikan tersebut tanpa mengungkapkan informasi itu sendiri atau informasi tambahan apa pun.

Kelebihan Zcoin

  • Harga konsisten
    Banyak orang yang beranggapan dengan investasi Zcoin akan membuat masa depan yang cukup baik, karena harga pada Zcoin dapat dibilang konsisten karena kenaikan harga yang meningkat di setiap tahunnya.
  • Zcoin merupkan cryptocurrency pertama yang menerapakn metode MTP
    MTP merupakan alogaritma penambangan baru yang memiliki kinerja yang tinggi dengan keamanan yang tinggi, sehingga menjadikan ZCoin memiliki privasi yang sangat tingi. Penggunaan privasi pada ZCoin akan memberikan kenyamanan bagi para pemiliknya, karena tranasksi yang dilakukan tidak dapat dilihat orang lain.
  • Menggunakan Zero-Knowledge sebagai bentuk menjamin keamanan
    Protokol Zcoin yang menggunakan Zero-Knowledge sebagai bentuk menjamin keamanan dan provasi transaksi mata uang digital jenis ini. Karena penggunaan metode Zero-Protokol dapat merahasiakan informasi lain selain transaksi ZCoin baik pengirim ataupun penerima transaksi mata uang digital tersebut.

Kekurangan Zcoin

  • Belum bekerja sama dengan bank
    Dibandingkan dengan Ripple yang sudah bekerja sama dengan bebagai bank dan jasa pembayaran yang ada di berbagai negara, Sayangnya, Zcoin belum melakukan kerja sama dengan bank maupun jasa pembayaran seperti Ripple
  • Dapat dijadikan untuk transaksi terlarang
    Zcoin rentan terhadap tindakan ilegal atau tindakan terlarang karena mengingat tidak ada data terkait didalamnya.
  • Susah melacak identitas pengguna
    Susahnya mencari identitas pengguna yang melakukan aktivitas terlarang atau berbagai aktivitas yang merugikan karena memang Zcoin memberikan privasi kepada para penggunanya, sehingga jika ingin mencari data diri pengguna yang menyalahgunakan untuk kegiatan ilegal akan sulit dicari.

Monero

Monero didasarkan pada teknologi Blockchain dimana seluruh transaksi akan dicatat dan divalidasi pada perangkat Miner (Pertambangan) yang tersebar di seluruh dunia. Sehingga, keamanan Ledger Blockchain (Buku Besar Catatan Transaksi Pada Rantai Blok) akan terjaga dari seluruh serangan Cyber.

Tujuan utama penciptaan Monero adalah untuk memperbaiki desain dari kriptografis yang ada, dengan membuat seluruh detail, mulai pengirim, penerima, dan jumlah transaksi menjadi Anonim (tidak terlacak dan tidak terdeteksi), serta membuat proses penambangan legib Egaliter.

Fokus pada privasi tersebut dimaksudkan agar orang-orang yang ingin bertransaksi tanpa diketahui oleh orang lain, maupun pihak ketiga, dengan proses Peer-to-Peer secara otomatis. Proses penambangan yang Egaliter akan membuat monero menjadi layak didistribusikan.

Lihat juga:  Pilih Mana: Vertcoin atau Monero?

Tidak seperti kebanyakan mata uang kripto yang merupakan turunan dari Bitcoin (BTC), Monero mendasarkan kode algoritma penciptaannya –PoW/Proof-of-Work– pada protokol CryptoNote, yaitu algoritma yang berbeda secara signifikan dalam hal Blockchain-Obfuscation.

Dengan meningkatkan level privasi kepada tingkat yang lebih tinggi, menjadikan Monero memiliki karakteristik Fungible. Artinya, setiap unit mata uang dapat digantikan oleh unit lain. Unit-unit tersebut tidak bisa dibedakan secara spesifik dengan unit lain, artinya tidak bisa dilacak darimana dan kepada siapa unit koin tersebut ditransaksikan.

Fitur-Fitur Monero

Monero memiliki berbagai fitur yang membuatnya benar-benar seperti uang tunai, yaitu:

1. Privasi
Seperti halnya uang tunai, kita tidak dapat mengetahui isi dompet orang lain. Kita juga tidak dapat mengetahui siapa saja pihak yang mengirimkan uang ke dompet tersebut. Karena fitur privasi di Monero begitu kuat, hampir mustahil untuk dapat melacak transaksi dalam blockchain Monero.

3. Fungibility
Saat kita menerima uang tunai, kita hanya dapat mengetahui tangan terakhir yang memberikan uang itu. Kita tidak dapat menelusuri dari mana uang itu dan bagaimana alur uang tunai tersebut dari Bank Indonesia sampai ke tangan kita. Hal ini yang menjamin nilai tiap-tiap lembar uang dengan nominal yang sama, benar-benar memiliki nilai yang sama (disebut fungibility).

4. Keamanan (Cryptonote)
Monero adalah mata uang digital yang menggunakan teknologi blockchain dengan kriptografi, maka semua keunggulan teknologi blockchainn juga hadir di monero. Selain itu, monero memiliki tim programer yang handal untuk terus menutup celah-celah keamanan.

Kelebihan Monero

  • Identitas pengguna terjaga 
    Crypto Note dikenal anonim dalam transaksi kepada pengguna diseluruh dunia. CryptoNote mengimplementasikan teknologi ring signature yang memungkinkan untuk menandatangani pesan atas nama grup. Ring signature hanya membuktikan pesan itu dibuat oleh seseorang dari grup, tetapi semua penanda tidak dapat dibedakan satu sama lain.
  • Transaksi tidak bergantung pada keputusan
    Sistem pembayaran terdesentralisasi tidak bergantung pada keputusan satu orang, juga berlaku bagi developer. CryptoNote tidak memiliki konstanta Hard-coded, angka unik yang dirancang untuk dihitung ulang berdasarkan keadaan jaringan sebelumnya. Sistem ini akan menciptakan perubahan adaptif dan mandiri, sehingga jaringan berkembang dengan sendirinya.
  • Transaksi tidak terlacak
    Transaksi tidak dapat dilacak, tidak satupun pengguna yang bisa melihat isi dompet Anda ataupun transaksi yang pernah Anda lakukan. Setelah dana dikirim ke alamat penerima, sangat mustahil untuk menautkan pembayaran ini.

Kekurangan Monero

  • Kemungkinan akan ada pembatas dari pemerintah 
    Popularitas mata uang kripto di darknet dapat menghambat potensinya di masa depan karena adanya pembatasan dari instansi pemerintah. Menggunakan koin untuk transaksi bayangan merusak reputasi proyek.
  • Dapat digunakan untuk tindakan yang ilegal
    Kekurangan, karena coin ini bersifat sangat pribadi dan anonim coin ini sangat rawan digunakan untuk tindakan illegal seperti pencucian uang atau pendanaan teroris.
  • Tidak ada batasan koin
    Tidak ada batasan pada koin. Penerbitan yang ada relatif kecil – jika proyek berskala besar dan kerjasama dengan sistem pembayaran, volume yang dikeluarkan mungkin tidak cukup.
Spesifikasi ZcoinMonero
Didirikan28 September 2016 April 2014
Koin Zcoin (XZC) Monero (XMR)
Blokir waktu 10 menit2 menit
Jumlah Koin (per September 2019)21.4 Juta16.1 Juta

Pilih Mana: Zcoin atau Monero?

ZcoinMonero
Kelebihan- Harga konsisten - Zcoin merupkan cryptocurrency pertama yang menerapakn metode MTP - Menggunakan Zero-Knowledge sebagai bentuk menjamin keamanan - Identitas pengguna terjaga  - Transaksi tidak bergantung pada keputusan - Transaksi tidak terlacak
Kekurangan- Belum bekerja sama dengan bank - Dapat dijadikan untuk transaksi terlarang - Susah melacak identitas pengguna- Kemungkinan akan ada pembatas dari pemerintah  - Dapat digunakan untuk tindakan yang ilegal - Tidak ada batasan koin

Kesimpulan

Dapat kita tarik kesimpulan dari pembahasan pasa artikel di atas bahwa Zcoin maupun Monero mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, Keduanya mmepunyai visi yang sama untuk penggunanya yaitu kalian dapat melakukan transaksi dengan anonim. Namun, dari artikel di atas semoga kalian mendapat informasi yang dibutuhkan untuk membedakan Zcoin dan Monero dan jika kalian ingin memulai menggunakannya pastikan kamu sudah memahami dengan jelas mengenai kedua mata uang digital tersebut ya!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Zcoin VS Monero

VS

Leave a Reply