Pilih Mana: Zoom atau Google Duo?

Seiring perkembangan zaman, teknologi pun hadir dengan berbagai macam produk yang bisa memudahkan penggunanya. Banyak orang sudah beralih dari panggilan telepon ke panggilan video.

Dari yang hanya memanggil dengan mendengar suara saja tanpa melihat siapa orangnya. Kini, berganti menjadi panggilan video yang bisa melakukan keduanya.

Berbagai aplikasi yang menawarkan panggilan video dan dapat digunakan dengan gratis. Namun apakah dari produk tersebut memiliki kualitas yang baik dalam melakukan panggilan video.

Anda jangan risau, kami menghadirkan pilihan aplikasi bagi Anda yang kini sering berkomunikasi dan bertatap muka melalui panggilan video. Aplikasi tersebut adalah Zoom dan Google Duo.

Keduanya hadir dengan fitur yang sama yaitu video call. Tetapi memiliki perbedaan loh.
Nah, kami akan memberitahunya,yuk langsung disimak saja.

Zoom

Zoom Video Communications didirikan pada tahun 2011 oleh Eric Yuan, seorang mantan insinyur Cisco Systems. Visi Yuan adalah menciptakan platform konferensi video yang mudah digunakan dan dapat diakses oleh semua orang. Zoom pertama kali diluncurkan pada tahun 2013, dan sejak saat itu, pertumbuhan penggunanya melesat pesat.

Fitur utama Zoom memungkinkan pengguna untuk mengadakan pertemuan dengan berbagai kapasitas. Mulai dari pertemuan satu lawan satu hingga ribuan peserta, Zoom menyediakan berbagai opsi untuk memenuhi kebutuhan komunikasi Anda. Selain itu, Zoom juga menyediakan fitur-fitur kolaborasi yang luar biasa seperti berbagi layar, obrolan, dan whiteboard digital. Ini memungkinkan para pengguna untuk bekerja sama secara real-time tanpa harus berkumpul di ruangan yang sama. Dengan demikian, Zoom memberikan solusi yang mudah dan efisien bagi para profesional untuk berkomunikasi dan bekerja sama dengan orang lain di seluruh dunia.

Kelebihan Zoom

Kemampuan Ruangan yang Besar

Tatap muka virtual Zoom memungkinkan para peserta untuk berkomunikasi dengan cara yang lebih interaktif. Peserta dapat berbagi layar, menggunakan chat, dan melakukan video call. Fitur-fitur ini membuat rapat virtual lebih mudah dijalankan.

Program tatap muka virtual Zoom pasti dapat menampung banyak simpatisan pada sebuah sesion pertemuan. Dengan klaimnya yang luar biasa, Zoom diklaim bisa memuat hingga 1.000 orang dan 10.000 pemirsa pada suatu group atau ruangan live video. Ini tentu saja jauh melebihi jumlah peserta meeting virtual rata-rata yang hanya beberapa ratus orang saja.

Kualitas Video dan Suara yang Tinggi

Kualitas suara dan resolusi video yang buruk dapat menghambat komunikasi saat tatap muka online. Namun, Zoom hadir untuk membantu. Dengan teknologi terkini, Zoom menawarkan kualitas video yang jernih dan suara yang terang sehingga memudahkan para pengguna untuk saling berkomunikasi. Ini adalah salah satu keunggulan dari Zoom yang tidak dimiliki oleh aplikasi lainnya.

Beragam Fitur yang Menarik

Program Zoom memiliki kelebihan yang tak kalah mengagumkan. Dengan berbagai fitur menarik, Anda dapat merekam dan menyimpan video sepanjang rapat berlangsung, membuat warna kulit muka Anda terlihat lebih cerah, mengganti latar belakang sesuai keinginan, hingga mengagendakan tatap muka online. Fitur-fitur ini hanya bisa Anda temukan di program Zoom saja.

Fitur Presentasi

Jika Anda ingin menyampaikan materi dengan lebih jelas, Zoom memiliki fitur yang dapat membantu. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat merepresentasikan file materi kepada simpatisan lainnya. Baik simpatisan atau pemateri dapat melakukan coretan pada presentasi tersebut untuk memudahkan pengkajian materi.

Kekurangan Zoom

Masalah Keamanan dan Privasi

Seiring dengan lonjakan penggunaan, Zoom menghadapi tantangan terkait keamanan dan privasi. Beberapa insiden kebocoran data dan gangguan keamanan telah menimbulkan kekhawatiran di antara pengguna. Namun, perusahaan telah merespons dengan meningkatkan fitur keamanan dan memberikan kontrol lebih besar kepada pengguna.

Google Duo

Google Duo adalah aplikasi Video Call yang bisa dikatakan paling banyak digunakan di kalangan para pengguna android maupun ios saat ini.

Google Duo adalah layanan video call dengan memprioritaskan video dengan kualitas tinggi. Aplikasi ini juga sederhana serta didukung langsung oleh google sehingga terpercaya pastinya. Dapat digunakan diberbagai platform dan layanan os yang lain.

Selain itu, Google Duo juga menawarkan berbagai layanan atau fitur dalam kenyamanan bervideo call.sehingga memudahkan penggunanya untuk berkomunikasi, bertatap muka lewat video call secara langsung sehingga lebih mudah dan efektif.

Kelebihan Google Duo

Pengalaman yang simpel

Aplikasi Duo didesain untuk memberikan kemudahan saat digunakan. Hanya dengan nomor telepon, Anda bisa langsung menghubungi orang-orang di daftar kontak Anda. Anda tak perlu lagi membuat akun terpisah, tinggal melakukan sign up dan mulai menelepon.

Cepat dan dapat diandalkan

Duo dibuat untuk memberikan pengalaman berkomunikasi yang cepat dan tidak merepotkan, jadi video call bisa terhubung dengan cepat dan tetap bekerja meski Anda berada pada koneksi yang lambat. Kualitas panggilan akan mengikuti perubahan jaringan, dan saat bandwidth terbatas, Duo akan secara otomatis mengurangi resolusi gambar agar panggilan tetap mulus.
Duo juga bisa secara otomatis beralih dari Wifi ke jaringan ponsel (dan sebaliknya) tanpa memutus panggilan, jadi saat Anda memulai telepon dari rumah dengan koneksi Wifi, Anda tetap bisa berbicara tanpa putus begitu Anda melangkah keluar dan mulai menggunakan jaringan ponsel.

Memiliki desain yang ramah

Duo didesain untuk memberikan perasaan hangat dan familiar, fokus pada Anda dan orang yang Anda hubungi. Agar panggilan telepon terasa lebih seperti undangan dan bukan gangguan, Duo menciptakan fitur Knock Knock, yang membolehkan Anda melihat penelepon sebelum Anda menjawab panggilan. Anda pun bisa tahu lebih dulu siapa dan tujuan panggilan yang masuk. Video dengan kualitas tinggi, penggunaan sedikit kuota,Memiliki standar keamanan sehingga nggak perlu takut untuk disadap.

Kekurangan Google Duo

Sedikit pengguna

belum banyaknya pengguna yang menggunakan aplikasi ini, sehingga sedikit menyulitkan kita untuk menghubungi seseorang dengan menggunakan aplikasi Google Duo.

Tidak ada mode penghemat data saat panggilan video

Masalah kedua sebagai kekurangan dari Google Duo adalah aplikasi ini Tidak ada mode penghemat data saat panggilan video. Karena dengan membiarkan video call dan tidak ada mode penghemat data maka akan kesulitan mendeteksi terpakainya data kita. Sebenarnya aplikasi yang lain juga mengalami kendala yang sama. Tak dipungkiri juga Aplikasi Google Duo ini juga. Sebagian besar juga banyak aplikasi video call yang kurang memperhatikan fitur penghemat data saat panggilan. Seharusnya semua aplikasi video call memperhatikan keadaan tersebut. Maka kita harus bisa mengelola data kita supaya bisa maksimal dalam bervideo call. Dan diharapkan kedepannya Google Duo bisa memberikan layanan yang lebih baik dari segi penghemat data dalam video call. Nantinya juga bisa menjadi pelopor bagi aplikasi serupa supaya lebih efektif dan efisien.

Perbandingan Zoom dan Google Duo

Zoom Google Duo
Kelebihan- Kemampuan Ruangan yang Besar
- Kualitas Video dan Suara yang Tinggi
- Beragam Fitur yang Menarik
- Fitur Presentasi
- Pengalaman yang simpel
- Cepat dan dapat diandalkan
- Memiliki desain yang ramah
Kekurangan- Masalah Keamanan dan Privasi- Sedikit pengguna
- Tidak ada mode penghemat data saat panggilan video
Beli online
Harga Termurah

Kesimpulan

Pilihan antara Zoom dan Google Duo bergantung pada kebutuhan dan preferensi pengguna. Zoom cocok untuk skala pertemuan besar dan keperluan bisnis yang canggih, sementara Google Duo menyajikan solusi yang sederhana dan efisien untuk pertemuan kecil dan percakapan informal.

Anda Pilih Zoom atau Google Duo?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!