Application

Pilih mana: Zoom vs Google Duo?

Seiring perkembangan zaman, teknologi pun hadir dengan berbagai macam produk yang bisa memudahkan penggunanya. Banyak orang sudah beralih dari panggilan telepon ke panggilan video. Dari yang hanya memanggil dengan mendengar suara saja tanpa melihat siapa orangnya.

Kini, berganti menjadi panggilan video yang bisa melakukan keduanya. Berbagai aplikasi yang menawarkan panggilan video dan dapat digunakan dengan gratis. Namun apakah dari produk tersebut memiliki kualitas yang baik dalam melakukan panggilan video.

Anda jangan risau, kami menghadirkan pilihan aplikasi bagi Anda yang kini sering berkomunikasi dan bertatap muka melalui panggilan video. Aplikasi tersebut adalah Zoom dan Google Duo.

Keduanya hadir dengan fitur yang sama yaitu video call. Tetapi memiliki perbedaan loh. Nah, kami akan memberitahunya,yuk langsung disimak saja.

Zoom vs Google Duo

Zoom

Zoom merupakan aplikasi yang dikembangkan khusus untuk media rapat online dimanapun Anda berada. Fitur-fitur yang disediakan sangat menarik dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Beberapa di antaranya memiliki fitur chat, video kualitas HD, mendukung hingga 1.000 peserta, ada fitur rekaman, dan penjadwalan.

Anda dapat terhubung dengan banyak orang dengan menggunakan aplikasi ini. Kualitas screen sharing sangat bagus serta dapat digunakan oleh siapa saja. Yang lebih menariknya lagi, Aplikasi Zoom  ini dapat Anda gunakan tanpa mengeluarkan biaya alias gratis. Baca juga: 10 Aplikasi VPN Paling Bagus 2020

Kelebihan Zoom

  • Memiliki kualitas layar dan video yang baik
    Aplikasi Zoom mempunyai kualitas layar yang lebih baik, kualitas video tinggi dan dapat dilakukan di perangkat android dengan berbagi layar secara langsung dan cepat.
  • Banyak pilihan fitur yang tersedia
    Aplikasi Zoom Meeting memiliki banyak varian fitur yang tersedia. Kelebihan inilah bisa Anda gunakan untuk menelepon, mengirim pesan, undangan, email, company contacts serta memudahkan Anda untuk mengirim teks ke grup, gambar dan audio dari ponsel ke perangkat komputer yang Anda inginkan.
    Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk berbagi alamat situs, Google Drive, foto, Dropbox, file dokumen dan masih banyak lagi. Selain itu, aplikasi zoom terdapat mode mengemudi karena tersedianya jaringan Wifi, 3G dan 4G LTE dan status kontak yang Anda miliki dapat terlihat availability atau tidak.
  • Memiliki kemudahan akses pada banyak perangkat
    Kelebihan lainnya adalah aplikasi zoom dapat dengan mudah terhubung dengan perangkat apapun. Misalnya saja, Android, iOS, Windows, Mac, telepon, sistem ruang H.323/SIP dan Zoom Presence.

Zoom vs Google Duo

Kekurangan Zoom

    • Adanya penggunaan enkripsi
      Dalam kegiatan marketingnya, zoom mengaku menggunakan teknologi end to end encryption, padahal dalam praktek sesungguhnya tidak sama sekali. Zoom hanya menggunakan Transport Layer Security (TLS) semacam update dari SSL.
      Pada akhirnya video conference maupun webinar tidak ada perlindungan sehingga membuka kemungkinan untuk terjadinya akses penyadapan maupun pencurian informasi. Bahkan zoom bisa saja melihat isi meeting dan webinar tersebut.
    • Memiliki berbagai fitur yang lemah
      Zoom sempat mendapat protes keras saat diketahui memiliki fitur attention tracking. Dengan fitur ini, sang “host” video konferensi dapat mengetahui siapa saja anggota yang tidak memperhatikan video konferensi tersebut. Fitur ini juga bisa melakukan pemberitahuan kepada host tersebut.
      Adapun fitur lainnya yaitu fitur chat pada zoom yang bisa digunakan untuk mencuri username dan password pada pemakain zoom di Windows.

Cara menggunakan Zoom

Bagi para pengguna Android dapat mengunduh aplikasi Zoom Meetings melalui Google Play Store. Sedangkan untuk para pengguna iOS dapat melalui App Store

AplikasiZoomGoogle Duo
Fitur-Fitur Pertemuan rapat one-on-one -Fitur Sharing screen dan Chat -Fitur Recording Video Call-Fitur spesial bernama knock knock -Fitur Panggilan antar OS -Fitur Panggilan Grup hingga 8 orang -Fitur pesan Video dengan efek keren
DownloadGoogle Play dan App StoreGoogle Play

Google Duo

Google Duo adalah aplikasi Video Call yang bisa dikatakan paling banyak digunakan di kalangan para pengguna android maupun ios saat ini.

Google Duo adalah layanan video call dengan memprioritaskan video dengan kualitas tinggi. Aplikasi ini juga sederhana serta didukung langsung oleh google sehingga terpercaya pastinya. Dapat digunakan diberbagai platform dan layanan os yang lain.

Selain itu, Google Duo juga menawarkan berbagai layanan atau fitur dalam kenyamanan bervideo call.sehingga memudahkan penggunanya untuk berkomunikasi, bertatap muka lewat video call secara langsung sehingga lebih mudah dan efektif. Baca juga: Pilih Mana: Zoom vs Skype?

Lihat juga:  Pilih Mana: Amazon atau Alibaba?

Kelebihan Google Duo

  • Pengalaman yang simpel
    Aplikasi Duo didesain untuk memberikan kemudahan saat digunakan. Hanya dengan nomor telepon, Anda bisa langsung menghubungi orang-orang di daftar kontak Anda. Anda tak perlu lagi membuat akun terpisah, tinggal melakukan sign up dan mulai menelepon.
  • Cepat dan dapat diandalkan
    Duo dibuat untuk memberikan pengalaman berkomunikasi yang cepat dan tidak merepotkan, jadi video call bisa terhubung dengan cepat dan tetap bekerja meski Anda berada pada koneksi yang lambat. Kualitas panggilan akan mengikuti perubahan jaringan, dan saat bandwidth terbatas, Duo akan secara otomatis mengurangi resolusi gambar agar panggilan tetap mulus.
    Duo juga bisa secara otomatis beralih dari Wifi ke jaringan ponsel (dan sebaliknya) tanpa memutus panggilan, jadi saat Anda memulai telepon dari rumah dengan koneksi Wifi, Anda tetap bisa berbicara tanpa putus begitu Anda melangkah keluar dan mulai menggunakan jaringan ponsel.
  • Memiliki desain yang ramah
    Duo didesain untuk memberikan perasaan hangat dan familiar, fokus pada Anda dan orang yang Anda hubungi. Agar panggilan telepon terasa lebih seperti undangan dan bukan gangguan, Duo menciptakan fitur Knock Knock, yang membolehkan Anda melihat penelepon sebelum Anda menjawab panggilan. Anda pun bisa tahu lebih dulu siapa dan tujuan panggilan yang masuk.
    Video dengan kualitas tinggi, penggunaan sedikit kuota, memiliki standar keamanan sehingga nggak perlu takut untuk disadap.

Zoom vs Google Duo

Kekurangan Google Duo

  • Sedikit pengguna
    Belum banyaknya pengguna yang menggunakan aplikasi ini, sehingga sedikit menyulitkan kita untuk menghubungi seseorang dengan menggunakan aplikasi Google Duo.
  • Tidak ada mode penghemat data saat panggilan video
    Masalah kedua sebagai kekurangan dari Google Duo adalah aplikasi ini tidak ada mode penghemat data saat panggilan video. Karena dengan membiarkan video call dan tidak ada mode penghemat data maka akan kesulitan mendeteksi terpakainya data kita. Sebagian besar juga banyak aplikasi video call yang kurang memperhatikan fitur penghemat data saat panggilan. Seharusnya semua aplikasi video call memperhatikan keadaan tersebut.

Maka kita harus bisa mengelola data kita supaya bisa maksimal dalam bervideo call. Dan diharapkan kedepannya Google Duo bisa memberikan layanan yang lebih baik dari segi penghemat data dalam video call. Nantinya juga bisa menjadi pelopor bagi aplikasi serupa supaya lebih efektif dan efisien.

Cara menggunakan Google Duo

    • Download Google Duo dari Google Play.
    • Ketik nomor hape Anda untuk menggunakan Google Duo.
    • Anda akan menerima pesan teks untuk memverifikasi nomor.
    • Setelah verifikasi, Anda pun bisa langsung menggunakannya untuk melakukan panggilan video.
ZoomGoogle Duo
Kelebihan-Memiliki kualitas layar dan video yang baik -Banyak pilihan fitur yang tersedia -Memiliki kemudahan akses pada banyak perangkat-Pengalaman yang simpel -Cepat dan dapat diandalkan -Memiliki desain yang ramah
Kekurangan -Adanya penggunaan enkripsi -Memiliki berbagai fitur yang lemah-Sedikit pengguna -Tidak ada mode penghemat data saat panggilan video

Kesimpulan

Beradasarkan artikel di atas mengenai Zoom dan Google Duo dapat kita simpulkan bahwa keduanya juga memiliki kelemahan dan kelebihannya sendiri. Sehingga kembali lagi kepada Anda yang menentukan. Aplikasi mana yang cocok sesuai kebutuhan Anda.

Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Zoom vs Google Duo

VS

Leave a Reply