Pilih Mana: Zumba atau Muay Thai?

Menjaga kesehatan dan kebugaran menjadi semakin penting seiring berjalannya waktu. Namun, dengan banyaknya pilihan olahraga yang tersedia, memilih yang tepat bisa jadi membingungkan. Dua jenis olahraga yang kian populer adalah Zumba dan Muay Thai. Keduanya menawarkan manfaat yang berbeda, cocok untuk preferensi yang bervariasi.

Dalam artikel ini kami akan membahas lebih dalam mengenai Zumba dan Muay Thai, mulai dari penjelasan, kelebihan, hingga kekurangan dari masing masing jenis olahraga tersebut, sehingga kalian dapat menentukan olahraga mana yang cocok untuk kalian. Simak lebih lanjut artikel berikut!

Zumba

Zumba merupakan latihan kebugaran yang gerakannya terdiri dari kombinasi tarian salsa dan gerakan tari latin. Gerakan latihan ini pula menyelipkan koreografi senam aerobik, sehingga terkesan seperti berolahraga sambil menari. Kombinasi berbagai gerakan tarian seperti cha-cha, salsa, tango, hingga flamenco dengan diiringi musik jadi suatu olahraga yang menarik sekalian menyehatkan.

Senam Zumba pertama kali dilakukan oleh Alberto Beto Perez yang berasal dari Columbia, Amerika Selatan (2001) dan saat ini telah tumbuh dengan amat cepat ke seluruh belahan dunia. Asal usul Zumba berasal dengan situasi yang unik, dimana suatu hari Beto akan membimbing senam aerobik, tetapi pada hari itu ternyata ia tidak bawa CD (Compact Disc) senam Aerobik yang biasa dilakukannya.

Tetapi ia tidak kehabisan ide, setelah itu Beto berinisiatif buat mengambil seluruh CD yang terdapat di mobilnya yang bergenre Latin, salsa, meringue, rumba, sampai reggaeton. Setelah itu Beto berupaya untuk membuat gerakan-gerakan senam yang dicampur dengan gerakan tarian latin ke dalam kelas aerobik itu.

Sejak saat itu, zumba sudah bertumbuh di 125 negeri serta jadi industri yang menyediakan latihan tari, pelatihan instruktur, game, juga pakaian zumba, tipe tari yang digunakan pun makin bervariasi antara lain yakni Samba, Cumbia, Merengue, Salsa, Reggae, Hip-hop, Mambo, Rumba, Flamenco, dan Calypso.

Kelebihan Zumba

Latihan yang Menyenangkan

Zumba adalah metode yang fantastis untuk melatih tubuh dengan gerakan tari yang dinamis dan musik yang energik. Sensasi kegembiraannya tidak hanya memberikan kesenangan saat melakukan latihan, tetapi juga memberikan banyak manfaat kesehatan, seperti peningkatan kekuatan otot, fleksibilitas, dan keseimbangan.

Melatih Seluruh Tubuh

Zumba merupakan salah satu cara yang mengasyikkan untuk berolahraga. Beragam gerakan yang dilakukan melibatkan hampir seluruh bagian tubuh, dari lengan, kaki, hingga inti tubuh. Hal ini membuat otot-otot kalian terlatih secara menyeluruh dan membentuk tubuh dengan baik.

Menurunkan Berat Badan dan Membakar Kalori

Zumba merupakan metode yang efektif untuk menurunkan berat badan. Latihan kardio yang intens ini membantu membakar kalori, sehingga menjadi komponen penting dalam program penurunan berat badan. Selain itu, Zumba juga berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru.

Kekurangan Zumba

Intensitas yang Tinggi

Karena Zumba mengombinasikan gerakan tarian dengan aktivitas kardiovaskular yang intens, ada risiko cedera yang perlu diperhatikan. Terutama bagi mereka yang memiliki riwayat masalah sendi atau cedera sebelumnya. Konsultasikan dengan dokter kalian sebelum memulai program Zumba baru untuk memastikan kesesuaian dan keamanan.

Muay Thai

Muay Thai ialah seni bela diri yang berasal dari negeri gajah putih Thailand. Muay Thai terdiri dari 2 suku kata yaitu muay serta thai. Kata muay berasal dari bahasa Sanskerta“ mavya” yang berarti“ pukulan bela diri”.

Sedangkan Thai merupakan suku thai dari negara Thailand. Muay thai merupakan pengembangan dari bela diri Muay Boran. Praktisi dari muay thai disebut dengan nak muay, sedangkan praktisi muay thai yang berasal dari luar negara Asia Tenggara disebut dengan nak muay farang( petinju asing).

Muay thai muncul serta berkembang pertama kalinya di Kerajaan Thai, yang diadopsi dari beladiri“ muay boran” yang berarti tinju kuno. Muay Boran ialah metode pertempuran memakai tangan kosong yang dipakai oleh tentara bangsa Siam (sekarang Thailand) akibat kehilangan senjata pada saat pertempuran. Pendapat lain berkata kalau muay thai bersumber dari ilmu bela diri yang memakai senjata bernama “Krabi Krabong”.

Tidak hanya itu, juga terdapat pendapat yang menuturkan kalau muay thai berawal dari kedua bela diri tersebut yaitu muay boran dan krabi krabong. Perihal ini terlihat dari beberapa teknik tendangan, pitingan, serta gerakan lainnya dalam muay thai mengadopsi aksi‘ wai khru’ dari beladiri krabi krabong yang dipergunakan dalam pertempuran bersenjata.

Awal mulanya ilmu bela diri muay thai bernama“ dhoi muay” atau“ muay”. Walaupun pada awal mulanya muay thai ialah metode atau tata cara yang dipergunakan dalam pertempuran, dalam perkembangannya muay thai sudah jadi suatu olahraga antara 2 orang yang saling berlawanan secara sportif. Lama kelamaan akhirnya muay thai jadi integral dari perayaan festival lokal yang diselenggarakan oleh negara Thailand, khususnya pergelaran yang mengambil lokasi penyelenggaraan di kuil persembahyangan.

Kelebihan Muay Thai

Efektif Membakar Kalori

Latihan Muay Thai termasuk dalam kategori olahraga kardio yang sangat efektif, dengan setiap sesi latihan selama satu jam dapat membakar sekitar 1.000 kalori. Manfaat dari Muay Thai untuk program diet sangatlah nyata ketika latihan ini dilakukan secara rutin.

Khususnya bagi wanita yang ingin menurunkan berat badan, Muay Thai bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, untuk mencapai hasil diet yang maksimal, penting untuk mengatur pola makan dan asupan nutrisi yang seimbang.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Melakukan latihan rutin pada teknik dasar muay thai dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Ini disebabkan oleh intensitas latihan kardio yang tinggi pada muay thai, yang dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan fungsi jantung.

Namun, bagi mereka yang memiliki riwayat masalah jantung, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mencoba olahraga ini.

Pertahanan Diri

Manfaat Muay Thai untuk wanita adalah meningkatkan kemampuan dalam pertahanan diri dari serangan fisik dan mencegah terjadinya bahaya. Belajar teknik-teknik Muay Thai, seperti menyerang dan bertahan, sangat penting sebagai langkah perlindungan diri.

Memperkuat Tubuh

Berlatih Muay Thai memang menantang. Setiap sesinya bisa berlangsung selama 1-2 jam dengan intensitas yang tinggi. Bahkan, dalam persiapan untuk kompetisi, para atlet harus menjalani sesi lari sekitar 3-5 km sebagai pemanasan.

Rutin berlatih dan mempelajari Muay Thai dapat menguatkan empat jenis otot, termasuk otot lengan dan bahu, pinggul dan kaki, inti tubuh, serta punggung. Selain itu, Muay Thai juga membantu meningkatkan kebugaran dan mengembangkan kekuatan tubuh secara optimal.

Kekurangan Muay Thai

Pelatihan yang Keras

Latihan Muay Thai sering kali sangat intensif, melibatkan sesi latihan yang panjang, berat, dan melelahkan. Hal ini bisa menjadi kendala bagi mereka yang memiliki jadwal yang padat atau terbatas waktu.

Resiko Cedera

Latihan Muay Thai yang intensif dapat meningkatkan risiko cedera, terutama bagi pemula. Pukulan dan tendangan yang kuat dapat mengakibatkan memar, cedera pada sendi, dan bahkan patah tulang.

Perbandingan Zumba dan Muay Thai

ZumbaMuay Thai
Kelebihan- Latihan yang Menyenangkan
- Melatih Seluruh Tubuh
- Menurunkan Berat Badan dan Membakar Kalori
- Efektif Membakar Kalori
- Menurunkan Risiko Penyakit Jantung
- Pertahanan Diri
- Memperkuat Tubuh
Kekurangan- Intensitas yang Tinggi- Pelatihan yang Keras
- Resiko Cedera
Beli online
Harga Termurah

Kesimpulan

Dalam kesimpulannya, baik Zumba maupun Muay Thai menawarkan manfaat kesehatan dan kebugaran yang berbeda. Zumba cocok bagi mereka yang mencari latihan kardio yang menyenangkan dan energik, sementara Muay Thai menawarkan latihan yang intens dan fokus pada pengembangan kekuatan tubuh.

Pilihan antara kedua jenis latihan ini tergantung pada tujuan kebugaran, preferensi pribadi, dan gaya hidup masing-masing individu. Yang terpenting, konsistensi dan kesungguhan dalam melaksanakan latihanlah yang akan membawa hasil yang optimal bagi kesehatan dan kebugaran tubuh.

Anda Pilih Zumba atau Muay Thai?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!