Makanan dan MinumanMasak

Pilih mana: Martabak atau Roti Bakar ?

Ngomongin kuliner di Indonesia nggak ada habisnya, karena banyak makanan yang enak dan bikin nagih tentunya, dua makanan ini pasti kalian sudah nggak asing lagi dan pasti menjadi makanan andalan kalian ya, yaitu Martabak dan Roti Bakar dan sudah banyak varian yang di buat. Martabak dan Roti Bakar yang kekinian yang ada sekarang selain citra rasa yang manis dan enak tampilan Martabak dan Roti Bakar pun sudah bervariasi dan lebih menarik.mari kita bahas satu-persatu ya..

Martabak

Martabak adalah salah satu makanan khas dan populer di Indonesia apalagi saat pada malam hari. Martabak menjadi menu andalan yang sangat menggoda pada malam hari, Martabak mempunyai dua varian rasa yaitu martabak dengan rasa yang manis atau pun martabak dengan rasa yang gurih atau sering di sebut martabak har.adapun bahan-bahan atau cara pembuatan martabak disimak di bawah ya.. atau bisa juga anda lihat resep-resep cara membuat martabak lainnya di cookpad .

Martabak Manis

Variasi martabak manis pun kini tak hanya dari segi topping. Adonan martabak sendiri bisa dimodifikasi dengan berbagai warna dan rasa. Mulai dari green tea, black sweet, hingga red velvet yang menggoda. Sebenarnya martabak manis termasuk kue yang cukup mudah dibuat. Kita pun bisa membuatnya sendiri di rumah. Tak ada loyang martabak, panci teflon pun jadi. Dan dengan resep yang tepat, martabak bikinan kita bisa bersarang/berambut, berwarna kuning cantik, dan selegit buatan kedai kaki lima. Baca juga Pilih Mana: Keju atau Coklat?

Cara membuat martabak manis original

– Campurkan tepung terigu kering, 2 sendok makan gula pasir, ragi, baking powder, susu bubuk, dan air. Aduk adonan sampai benar-benar tercampur sempurna dan tidak ada yang menggumpal.
– Jika menggunakan baking powder double acting (BPDA), diamkan adonan selama 30 menit. Jika menggunakan baking powder single-acting, cukup diamkan 5-10 menit saja.
– Selagi adonan didiamkan, letakkan 3 sendok makan margarin di panci atau loyang teflon. Cairkan di atas api kompor. Kemudian diamkan sampai sedikit mendingin.
– Kocok lepas telur ayam hingga tidak ada bagian putih yang menggumpal lagi.
– Tambahkan margarin cair ke dalam adonan yang sudah didiamkan tadi. Masukkan juga telur yang sudah dikocok lepas tadi.
– Panaskan teflon dengan api kecil, kemudian tuangkan adonan hingga memenuhi setengah bagian teflon. Goyang-goyangkan loyang teflon agar adonan menempel pada permukaan loyang dan membentuk pinggiran.
– Tunggu sampai pinggiran martabak kering dan bagian tengahnya mengeluarkan gelembung. Setelah itu taburkan sisa 1 sendok makan gula pasir di permukaannya.
– Tutup loyang teflon, diamkan selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu angkat martabak dari kompor.
– Selagi masih panas, olesi martabak dengan sisa 1 sendok makan margarin. Tuangi susu kental manis. Potong-potong dan beri topping sesuai selera.

Cara membuat martabak manis kekinian dengan adonan warna-warni

Untuk membuat adonan martabak manis kekinian, Anda hanya tinggal menambahkan beberapa bahan ke adonan original dari martabak manis Anda. Berikut deretan variasinya.
– Martabak rasa vanilla: Tambahkan 1/2 sendok teh vanili bubuk pada adonan kering
– Martabak cokelat: Tambahkan 2 sendok makan cokelat bubuk pada adonan kering
– Martabak taro: Tambahkan 2 sendok makan taro powder pada adonan kering
– Martabak green tea: Tambahkan 1 sendok makan matcha powder pada adonan kering
– Martabak pandan: Tambahkan 2 tetes pasta pandan pada adonan yang sudah dicampur telur dan margarin
– Martabak red velvet: Tambahkan 2 tetes pewarna merah cabai pada adonan yang sudah dicampur telur dan margarin
– Martabak black sweet: Tambahkan 25 gram tepung ketan hitam dan 1/2 sendok makan kopi bubuk

Harga Martabak

Ngomongin harga martabak manis kekinian memang sedikit mahal tetapi sesuai dengan bahan baku yang di gunakan lebih bervariasi, martabak manis kekinian di bandrol mulai harga Rp.50.000-Rp.100.000++.

Roti Bakar

Roti bakar ialah salah satu menu yang sering kita makan ketika kita sedang diet atau bisa juga ketika kita sedang sarapan pagi untuk menggantikan nasi. Roti bakar adalah salah satu cemilan yang praktis, murah dan gampang di buat di rumah juga loh, selain itu juga banyak roti bakar yang kekinian, pantas saja sering banget anak muda yang memesan roti bakar ketika nongkrong di cafe. Sekarang ini sudah banyak sekali jajanan roti bakar yang beraneka rasa yang sangat menggoda selera, contohnya ada blueberry, strawberry, pisang, keju, coklat, susu dan varian lain yang bisa anda tambahkan sesuai selera jika membuat roti bakar di rumah.

Cara Membuat Roti Bakar Ala Cafe

Roti bakar ala cafe ini dapat kalian buat di rumah bersama keluarga, tanpa harus pergi ke restoran atau cafe cuma untuk menikmati roti bakar ini.
– Olesi roti dengan blue band
– Parutkan keju dan tambahkan choco meses
– Tambahkan roti di atasnya lalu panggang
– Angkat lalu tuangkan telur kocok di atasnya
– Habis itu panggang lagi. Sampai matang
– Jika sudah matang taburi meses , susu dan parutan keju
– Roti siap dimakan.

Cara Membuat Resep Roti Bakar Kornet Keju

Cemilan yang satu ini bikin kita mudah kenyang kalian, karena ada kornet di dalamnya dan cocok buat sobat yang ingin diet cocok memakan roti ini.
– Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum, masukkan kornet aduk rata, angkat dan sisihkan terlebih dahulu.
– Siapkan 1 lembar roti tawar, oleskan dengan kornet yang sudah dimasak tadi tambahkan parutan keju.
– Tutup dengan lembar roti tawar lainnya, sebelum dibakar olesi permukaan roti tawar dengan kocokan telur dan olesi sampai rata.
– Panaskan pan anti lengket, olesi sedikit saja dengan margarin, bakar rotinya.

Cara Membuat Roti bakar pisang coklat

Roti bakar ini sangat praktis pembuatanya kalian dan cocok juga untuk bekal keluarga.
– Oles margarin ke roti, tabur meses dikit, tata pisang, lipat
– Oles margarin dikit d sisi luar roti, bakar di atas teflon sebentar dgn api kecil
– angkat dan kasih susu cair
– siap dihidangkan.

Cara Membuat Roti Bakar Madu

Sarapan ala ala western … enaknya roti bakar ini .trus ditambah dengan lumernya madu yang manis, hmmm sudah jelas enak banget disimak di bawah ya cara simple membuatnya.
– Roti gandum 2 lembar. Potong segitiga, olesi margarin, lalu panggang di teflon (atau toester) setelah kecoklatan dan kering lalu tata di piring
– Goreng telur pakai margarin.. Bumbui pake garam dan lada hitam. Setengah matang
– Tumis tomat diatas teflon dengan margarin. Bumbui pakai lada hitam
– Plating semua dipiring. Lalu siram dengan madu.
– Sajikan dengan saus sambal atau sesuai selera

Cara Membuat Roti bakar isi sup jagung dan sayuran

Ini resep yang lumayan unik juga karena soup jagungnya dicampur mix vegetable trus diisikan ke roti kemudian dipanggang. Biasanya soup jagung dan roti disajikan terpisah. Hmmm ini resep memang bikin penasaran,
– Mix vegetable siap pakai (saya pilih fresh wortel, buncis dan paprika potong kecil). Kemudian potong kecil juga bawang bombai, smoke beef dan sosis.
– Panaskan butter dalam wajan, tumis bawang bombai sampai harum, masukkan smoke beef, sosis, aduk-aduk, tambahkan sayuran aduk-aduk. Hingga sayuran lunak.
– Masukkan bubuk sup jagung dan susu cair, aduk-aduk sampai mengental. Sisihkan. Cicip dan Koreksi rasa jika masih kurang .
– Ambil selembar roti, potong tengahnya hingga berlubang. Tumpukkan pada lembar roti lainnya yang masih utuh.
– Tuang sup jagung ke dalam lubang roti. Jika suka taburi sisinya dengan keju parut. Letakkan diatas loyang. Panggang dalam oven dengan suhu 160 derajat celcius selama 15 menit. Angkat.
– Roti tawar isi soup jagung siap dinikmati enak juga dengan cocol saus sambal.

Harga Roti Bakar

Untuk harga tentunya Roti bakar sangat ekonomis ya karena bahan bahan mudah di temukan selain itu roti bakar juga sangat mudah untuk di buat di rumah. Selain itu roti bakar jika di jual di kaki lima atau cafe juga cukup terjangkau dan ramah di kantong mahasiswa dan remaja di bandrol dengan Rp.15.000 di kaki lima sesuai dengan varian rasa yang di pilih, dan harga Rp.30.000 untuk di cafe biasanya roti bakar di sajikan dengan eskrim dan tampilan kekinian.

Pilihmana: Martabak atau Roti Bakar ?

Martabak Roti Bakar
Kelebihan - Martabak Har (martabak gurih) dapat disajikan dengan kuah yang hangat - Lebih mengenyangkan - Satu loyang martabak bisa di makan beramai-ramai- Menu pengganti nasi saat diet - Bergizi lengkap - Sangat praktis di buat di rumah
Kekurangan- Kurang sehat jika di makan secara terus menerus - Membuat gemuk - Lebih cepat enek- Menu roti bakar hanya mengandung karbohidrat saja sehingga meningkatkan konsumsi gula - Berisiko disajikan tidak bergizi seimbang - Porsi yang dikonsumsi kurang tepat

Kesimpulan

Pada dasarnya Martabak dan Roti bakar adalah makanan kesukaan yang tidak asing dan sering di jumpai di manapun, dengan varian rasa yang sudah beragam ada yang varian manis maupun gurih. Maka dari itu martabak dan roti bakar bisa menjadi pilihan sesuai selera kalian masing-masing ya.tetapi jika kalian ingin makanan yang kadar gula nya lebih sedikit roti bakar akan menjadi pilihan tepat. Jika kalian ingin makanan yang manis manis untuk menemani malam hari yang sejuk martabak manis adalah pilihan yang mantap.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Martabak VS Roti Bakar

VS

Leave a Reply