ElektronikTechnology

13 Printer 3D Terbaik 2020

Dengan perkembangan zaman yang semakin maju, kebutuhan mencetak tidak lagi sekadar di atas kertas. Kemajuan teknologi dapat mewujudkan apa yang ada di imajinasi kamu ke dalam bentuk yang lebih nyata dan dapat dirasakan melalui sentuhan. Nah, tantangan itu dijawab dengan kehadiran printer 3D.

Printer 3D adalah proses pembuatan benda padat tiga dimensi dari sebuah desain secara digital menjadi bentuk 3D yang tidak hanya dapat dilihat tapi juga dipegang dan memiliki volume. Printer 3D dicapai dengan menggunakan proses aditif, dimana sebuah obyek dibuat dengan meletakkan lapisan yang berurut dari bahan. 

Pencetakan 3D merupakan proses yang berbeda dari teknik mesin tradisional (proses subtraktif) yang sebagian besar bergantung pada penghapusan materi oleh pengeboran, pemotongan dan lain–lain. Untuk kamu yang ingin menggunakan printer 3D yang dapat membuat imajinasimu jadi lebih nyata, yuk simak beberapa rekomendasi yang kami berikan di bawah!

Printer 3D Terbaik

Berikut ini kriteria yang kami gunakan untuk membuat list printer 3D terbaik:

  • Spesifikasi
  • Ukuran
  • Hasil cetak
  • Popularitas
  • Harga

1. Anet A8 Prusa i3 Autoleveling 3D Printer

Printer 3D rakitan ini memiliki kemampuan cetak hingga 220 x 220 x 240mm dengan ketebalan 0,1-0,4mm pada lapisan resolusi 100mikron. Baca Juga: Pilih Mana: Printer Inkjet atau Laser?

Printer 3D Terbaik

Keunggulannya lain dari produk ini adalah printer ini dapat mendukung semua material filament seperti ABS, PLA, PA, Wood, PVA, Nylon, HIPS, TPE, dan PETG. Dengan begitu kamu dapat membuat barang dengan tingkat kekuatan yang bisa diatur.

2. Desktop Mini DIY 3D Printer

Mini DIY 3D Printer ini adalah salah satu 3d printer murah terbaik yang ada dipasaran, 3D Printer ini perlu kamu rakit terlebih dahulu sebelum digunakan. Baca Juga: 10 Printer Paling Bagus 2020

Jangn khawatir, perakitannya sangat mudah sehingga kamu tidak akan mengalami kesulitan saat merakit printer berkualitas ini, apalagi juga sudah disediakan buku manual didalam paket pembelian Mini DIY 3D Printer.

Printer 3D Terbaik

Desain 3D Printer terbaik ini sangat ringan dan kokoh serta menggunakan Bahan ABS, selain itu Mini DIY 3D Printer mudah untuk dioperasikan bahkan oleh pemula sekalipun. Hasil cetakannya pun cukup bagus mengingat harga yang ditawarkan 3d printer ini cukup murah.

3. PrintrBot Simple Metal

Produk ini merupakan keluaran terbaru dari Printrbot, Metal Simple merupakan merek rock solid baru, semua logam, dirakit sepenuhnya Printrbot Simple! Semua potongan kayu laser telah diganti dengan logam padat dan dirakit. Sebenarnya, jumlah bagian telah dikurangi menjadi hanya sebagian kecil dari model kayu.

Printer 3D Terbaik

Semua konstruksi logam dikombinasikan dengan sistem katrol sabuk GT2 menghasilkan cetakan 3D yang menyaingi produsen lain yang harganya ribuan lainnya! Printrbot Simple adalah latihan minimalisasi 3D printing. Ini hanya mencakup apa yang dibutuhkan untuk memulai dunia percetakan 3D.

4. Sunhokey 3D Printer Prusa i3

Sunhokey 3D Printer Prusa i3 merupakan printer yang paling terkenal di antara printer lainnya. Printer ini menggunakan frame dengan bahan akrilik. Printer ini memiliki diameter nozzle 0,4 mm dan ukuran cetak maksimalnya hingga 20x20x18 cm. Hasil cetaknya dapat kamu atur antara 0,1 mm – 0,4 mm.

Printer 3D Terbaik

Printer ini sudah dilengkapi dengan layar LCD serta menyediakan slot untuk SD Card sehingga kamu bisa dengan mudah mencetak objek 3D melalui file. Printer yang menggunakan filamen berdiameter 1,75mm ini menggunakan modul elektronik MKS Gen-2Z V1.1.

Sunhokey 3D Printer merupakan salah satu printer yang paling populer di Indonesia. Printer ini pada dasarnya juga dibuat menggunakan arsitektur atau layout open-source dari Prusa i3. Harganya sekarang ada di kisaran Rp3,5 jutaan.

Lihat juga:  9 Merk Setrika Uap Terbaik 2020

5. Delta 3D Printer Kit

Rekomendasiprinter berikutnya adalah Delta 3D Printer Kit. Printer ini mampu mencetak dengan ukuran hingga 180mm x 300mm. Dengan kecepatan cetak 20 – 150 mm per detik, printer ini bisa mencetak dengan ketebalan hingga 0,05 – 0,3 mm.

Printer 3D Terbaik

Printer ini sudah didukung dengan port USB, LCD Display, dan SD Card Reader. Selain mudah digunakan, printer ini juga terkenal dengan kecepatannya karena layout yang unik. Delta 3D Printer Kit di Indonesia dijual dengan harga mulai Rp5,6 jutaan.

6. Snapmaker 1.0 3-in-1 3D Printer

Kini, kamu tidak perlu lagi membeli banyak mesin untuk membentuk berbagai karya seni. Dengan Snapmaker 3-in-1, kamu dapat memaksimalkan teknologi 3D printing yang memiliki resolusi layer 50 sampai 300 mikron.

Printer 3D Terbaik

Selain itu, printer ini juga memiliki teknologi pengukir laser pada bidang 125 x 125 mm yang memiliki kekuatan 200mW untuk mengukir di material kayu, bambu, kulit, plastik, dan kain.

Kelebihan berikutnya adalah kamu dapat menggunakan teknik CNC (Computer Numerical Control) untuk memotong atau mengukir pada sebuah permukaan.

7. Tevo Tarantula Prusa i3

Tevo Tarantula Prusa i3 merupakan alat 3D printing yang dianggap menjadi alat printing terbaik didunia saat ini, printer ini memberikan hasil cetakan yang sangat detail dan bagus. Kamu dijamin tidak akan merasa rugi atau menyesal saat membelinya.

Printer 3D Terbaik

Printer 3d ini belum hadir dipasar indonesia sehingga kamu harus mengimpornya dari luar negeri, Tevo Tarantula Prusa i3 memiliki kecepatan printing hingga 150mm/s.

8. Printer Afinia 3D H480

Printer Afinia H-Series 3D memberikan “Pengalaman 3D Printing Out-of-the-Box” yang benar “saat Printer 3D hadir dengan mudah untuk menginstal perangkat lunak baik untuk PC maupun Mac.

Printer 3D Terbaik

Printer Afinia H-Series 3D dapat membuat prototipe bagian atau model yang berukuran hingga 5 inci dalam dimensi. Keluarannya akurat sampai 0,15 mm (6 seperseribu inci), dan memiliki 30% kekuatan bagian cetakan injeksi.

9. Da Vinci 3D Mini Maker Printer

Printer 3 Dimensi ini dijual dengan harga Rp. 3.900.000, sebenarnya produk ini dibuat untuk mengenalkan teknologi printer 3D dan 3D modeling kepada anak-anak. Namun, jika kamu ingin belajar dengan printer ini juga rasanya tidak ada masalah.

Printer 3D Terbaik

Printer ini dapat mencetak dengan area 15x15x15 cm. Resolusi layer bisa disesuaikan dari 100 – 300 microns. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa printer ini dibuat untuk mengenalkan teknologi printer 3D dan 3D modeling kepada anak-anak. Artinya, jika kamu masih newbie, kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli Da Vinci 3D Mini Maker Printer.

10. 3D Printer 101 Hero

Printer 3D Terbaik

Printer yang satu ini merupakan printer yang memiliki paling murah dibandingkan dengan printer yang lain. Awalnya printer ini dijual dengan paket mulai dari harga Rp500 ribuan. Bahkan, 3D Printer 101 Hero dengan paket yang termurah sudah laku habis di pasaran. Paket dari produsennya yang paling terjangkau ada di kisaran harga Rp1,3 jutaan.

11. Printer Zortrax M200

Printer 3D umumnya bekerja dengan teknologi LPD dimana material diaplikasikan pada lapisan lapis demi lapis yang dipanaskan.

Printer 3D Terbaik

Zortrax M200 menggabungkan akurasi dan kehandalan lingkungan 3D yang telah terbukti. Bersama dengan perangkat lunak dan perangkat Z-SUITE yang berdedikasi, dan resolusi cetak yang bagus dengan permukaan yang halus.

12. Printer 3D Anycubic Kossel

Dengan ukurannya yang kompak dan berstandar Eropa, juga dengan dukungan dari Rod Carbon Fiber, Anycubic Kossel 3D printer memiliki kemampuan untuk mencetak dengan gerakan yang lebih cepat dan presisi.

Printer 3D Terbaik

Selain itu, dengan teknologi dua sistem pendinginan yang disematkan maka masalah stringing akan terminimalisir. Kerangkanya juga tergolong awet karena terbuat dari bahan aluminium.

13. Printer 3D Toybox

Seperti namanya, printer yang terakhir kami rekomendasikan satu ini memang dikhususkan untuk digunakan oleh anak-anak untuk meningkatkan kreativitas dan kemampuan kognitif. Hanya dengan satu kali klik pada aplikasi untuk mengakses printer.

Printer 3D Terbaik

Anak-anak dapat memilih, mendesain, dan membuat kreasi sendiri bentuk mainan yang ingin diciptakan. Sistem pengoperasiannya mudah dan bersahabat untuk anak-anak, tapi pengawasan orang dewasa tetap diperlukan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply