HomeTechnology

Rekomendasi Monitor Gaming Murah di Tahun 2022

Bermain game sudah menjadi hobi banyak orang, terutama di era saat ini yang serba online dan digital. Salah satu komponen penting saat bermain game adalah monitor gaming yang memadai. Monitor gaming tentu memiliki spesifikasi berbeda dibanding monitor pada umumnya.

Maka dari itu, kita akan mereview beberapa monitor gaming murah berkualitas. Berikut 10 monitor gaming yang sudah kami rangkum terbaik di kelasnya.

1. IPASON E2802UA Gaming Monitor

Memiliki monitor 4K tidak melulu harus yang mahal. Dengan harga Rp. 3,5 jutaan, IPASON E2802UA ini sudah hadir dengan resolusi 4K (3840×2160) yang membuat suasana gaming Anda tampak lebih nyata. Selain itu monitor ini memiliki kapabilitas 1,07 miliar warna untuk tampilan visual yang tajam dan vibran melalui layar 28-inci.

Namun harus diingat, resolusi yang tinggi ini sudah pasti mengorbankan tingkat kecepatan layar, dengan refresh rate 60Hz dan response time 5ms. Tapi monitor ini tetap merupakan spesifikasi baik untuk kebutuhan gaming, mulai dari game FPS, open world, hingga real-time strategy. Monitor ini juga memiliki fitur Wall Adapter untuk pemasangan di dinding dan desain Backlit LED untuk suasana gaming lebih powerful. Baca Juga 9 Keyboard Gaming Terbaik 2022

2. Asus ROG STRIX XG17AHPE Portable Monitor

Bagi Anda yang sering bepergian dan ingin monitor fleksibilitas yang dapat dibawa kemana-mana, Asus ROG Strix XG17AHPE ini adalah jawaban dari doa-doa Anda. Dihadirkan dengan bodi yang kokoh dan ringan bobot yang hanya 1060g, serta dilengkapi dengan Smart Cover yang dapat berfungsi sebagai dudukan monitor yang fleksibel. Dengan monitor portable seperti ini, Anda akan mendapatkan ‘layar kedua’ di samping smartphone, tablet, maupun laptop Anda.

Monitor ini berukuran 17-inci dan dibekali panel IPS dengan refresh rate 240Hz dan response time 3ms, tetap bisa bersaing dengan fixed monitor lainnya. Kemudian, baterai 7800mAh-nya memberikan waktu bermain hingga 3.5 jam, dan dapat diisi dengan hanya 1 jam untuk tambahan daya baterai hingga 2 jam. Yang menariknya dari monitor ini adalah, ia dapat terhubung dengan port USB-C dan micro-HDMI untuk fleksibilitas dengan perangkat lain. Tak heran jika disebut sebagai monitor portabel terbaik oleh para Gamer.

3. Samsung Odyssey G9

Selanjutnya ada Samsung Odyssey G9 ini cocok untuk gamer yang punya budget berlebih. Monitor flagship dari Samsung ini menawarkan pengalaman bermain yang luar biasa. Mulai dari layar 49-inci yang super lebar, layar melengkung dengan kurvatur 1000R, dan resolusi DQHD yang melebihi 4K dan didukung oleh refresh rate 240Hz dan response time 1ms.

Selain itu tingkat kecerahan maksimalnya hingga 2,000nits yang super terang! Ditambah dengan integrasi G-Sync, tentunya monitor ini mampu membuat visual yang lebih nyata. Namun, harus diiringi dengan graphics card dan setup PC yang mumpuni agar maksimal.

4. Xiaomi Gaming Monitor 34

Salah satu pilihan worth it dari banyaknya monitor mid-range di luar sana adalah Xiaomi Gaming Monitor 34. Dibanderol dengan harga terjangkau, monitor ini menawarkan panel layar IPS dengan Resolusi 2K (3440×1440) dan didukung oleh 95% DCI-P3 Wide Color Gamut dan 100% sRGB yang secara akurat menampilkan hingga 16,7 juta warna. Selain itu, terdapat kurvatur 1500R untuk pengalaman gaming yang lebih imersif layaknya gamer professional.

Dibekali dengan fitur pengaturan tinggi rendah yang mudah diatur serta terdapat VESA Mount untuk instalasi pada dinding kamar Anda. Terdapat 2 pilihan ukuran, yaitu 34-inci dengan refresh rate 144Hz, atau 27-inci dengan 165Hz. Bagi Anda yang lebih menyukai game esport, disarankan untuk memilih opsi 27-inci; walaupun layarnya sedikit lebih kecil, namun tetap memiliki kecepatan yang lebih tinggi dan tidak mudah lagging.

5. Gigabyte Gaming Monitor M27Q

Monitor gaming M27Q dari Gigabyte ini juga layak dipertimbangkan untuk memaksimalkan potensi spek PC Anda. Dikenal dengan koleksi graphics card-nya yang bagus serta harganya terjangkau untuk monitor high-end, dan kapabilitasnya pun masih tetap bersaing dengan monitor mahal lainnya. Berkat layar IPS 1440p, refresh rate 170Hz dan response time 0.5ms, serta dukungan fitur HDR400 agar gambar jadi lebih jernih dan jelas, meski saat waktu yang gelap.

Lihat juga:  Pilih Mana: Kem-Tone atau No Drop?

Gigabye M27Q juga dibuat untuk kenyamanan gamer. Fitur Flicker-Free yang dikombinasikan dengan teknologi Low Blue Light menjaga mata agar tidak mudah lelah. Tingginya pun dapat diatur agar nyaman saat game yang dimainkan.

6. AOC 24G2 FreeSync Gaming Monitor

Untuk class-leading , Monitor AOC 24G2 ini tergolong standar di harga Rp. 3 jutaan. Dibekali dengan panel layar IPS, refresh rate 144Hz dan response time 1ms untuk kecepatan visual yang tidak tinggi, cocok untuk Anda yang bermain e-sport dengan budget terbatas. Selain itu monitor ini sudah dilengkapi dengan integrasi AMD FreeSync Premium dan HDR untuk mengurangi lagging saat proses bermain game.

Belum cukup sampai disitu, monitor ini juga menghadirkan mode Low Input Lag untuk mengurangi latensi saat menghubungkan dengan perangkat gaming. Ada 6 varian warna yang dapat dipilih sesuai game yang dimainkan, termasuk game FPS, Racing, RTS, dan lainnya. Bagi Anda yang sering bermain game hingga sampai lupa waktu, Anda dapat mengaktifkan mode Low Blue Light dan Flicker-Free agar mata tidak mudah lelah.

7. Samsung Odyssey G7

Samsung Odyssey G7 dinobatkan sebagai salah satu monitor gaming terbaik tahun 2022 oleh TechRadar dan Expert Reviews, monitor ini tampil dengan resolusi 1440p dan refresh 240Hz. Selain itu ada teknologi HDR10 dan Nvidia G-Sync ditambahkan agar pemutaran visual game jadi lebih lancar sesuai dengan kemampuan CPU.

Didesain melengkung dengan kurvatur 1000R, membuat konten yang ditampilkan terlihat lebih nyata. Layar QLED-nya warna yang dihasilkan lebih banyak, dinamis, dan lebih tajam. Dari harganya, Samsung Odssyey G7 ini cukup mahal untuk monitor berukuran 32-inci. Namun jika Anda memiliki setup PC high-end dan menggunakan kartu grafis yang bagus, Samsung Odyssey G7 adalah pilihan terbaik.

8. Asus TUF Gaming VG249Q Gaming Monitor

Jika Anda tidak masalah dengan ukuran layar lebih kecil demi spesifikasi monitor yang cepat dan tidak mudah lagging, maka Asus TUF VG249Q ini dapat menjadi pilihan. Meski layar 23-incinya cukup kecil, namun ia menawarkan refresh rate 144Hz, response time 1ms, dan terintegrasi dengan AMD FreeSync dan NVIDIA Adaptive-Sync.

Ada pula teknologi Shadow Boost untuk membuat gambar menjadi lebih jelas di kegelapan, sehingga musuh di game FPS pun lebih mudah terlihat. Monitor ini juga menawarkan berbagai mode menarik lainnya, seperti Gameplus, Gamevisual, Flicker-Free dan Ultra-low Blue Light. Lalu, Anda juga dapat mengatur ketinggian monitor dengan bebas.

9. ASUS LED Gaming VP228HE

Punya budget minim namun tetap ingin monitor dengan spesifikasi mumpuni? Yes! ASUS LED Gaming VP228HE ini jawabannya. Dibanderol dengan hanya Rp. 2 jutaan saja namun monitor ini sudah memiliki resolusi Full HD, dengan refresh rate 60Hz.

Soal kecepatan tidak perlu diragukan lagi, kombinasi response time 1ms dan teknologi Flicker-Free nya bikin game Anda tidak mudah lagging. Mode menarik seperti Low Blue Light, GamePlus, dan 3 opsi Skin Tone Selection tetap dapat Anda nikmati pada monitor ini.

10. LG Ultra Gear Nano IPS Monitor 27GN880-B

Bermain game memang sangat mengasyikan, tak jarang banyak orang lupa waktu saat menghadap layar terlalu lama yang berakibat pada nyeri otot di bagian punggung, bahu dan leher. Untuk itulah LG Ultra Gear 27GN880-B ini hadir. Dengan desain ergonomi yang memungkinkan Anda untuk mengatur monitor di posisi yang bebas, dari menarik, memutar, memiringkan, sampai mengatur tinggi atau rendah. Dan sistem manajemen kabelnya juga sudah rapi tanpa takut kusut.

Selain desain yang bikin nyaman, LG Ultra Gear 27GN880-B pada dasarnya juga merupakan monitor kelas atas dari segi kualitas visual. Dengan layar Nano IPS yang memiliki response time 1ms dan refresh rate 144Hz, monitor ini juga menggunakan 98% spektrum warna DCI-P3 untuk visualisasi warna dengan ketelitian tinggi untuk bereproduksi dengan HDR10. Baik Anda menggunakan sistem AMD ataupun NVIDIA serta kompatibel dengan FreeSync dan G-Sync.

Kesimpulan

Spesifikasi monitor di atas tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Budget merupakan poin paling penting dalam menentukan pilihan. Semoga pembahasan ini dapat membantu Anda menemukan monitor impian yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Semoga bermanfaat!