HiburanMusik

8 Senar Gitar Akustik Terbaik 2020

Senar merupakan salah satu elemen penting yang mempengaruhi kualitas suara gitar akustik. Jika tidak ada senar, sudah pasti gitar tidak akan mengeluarkan suara yang indah. Banyaknya tipe atau jenis senar gitar akustik yang jual di pasaran dapat membuat Anda bimbang untuk memilihnya.

Tetapi tenang, saat ini Anda akan mendapatkan memilih senar gitar akustik. Karena, kami sudah menyiapkan beberapa rekomendasi senar gitar akustik terbaik yang bisa menjadi referensi untuk Anda.

Senar Gitar Akustik Terbaik

Berikut kriteria yang kami gunakan untuk membuat list senar gitar akustik terbaik:

  • Harga.
  • Popularitas.
  • Ketahanan dan keawetan.
  • Suara yang dihasilkan.

1. Martin & Co Acoustic M170

Yang pertama dari senar gitar akustik terbaik merupakan Martin & Co. Martin & Co merupakan merk gitar asal Amerika Serikat yang juga terkenal dalam memproduksi senar gitar. Varian senar gitarnya cukup banyak, mulai dari senar untuk gitar, bass, ukulele, mandolin, maupun banjo.

Senar Gitar Akustik Terbaik

Untuk gitar akustik, salah satu tipe senar yang terkenal di pasaran adalah Martin & Co Acoustic M170 ini. Tingkat ketebalan extra light dari senar ini membuat suara yang dikeluarkan terkesan brilliant dan jernih. Kualitas terbaik yang diberikan senar gitar ini.

Tidak hanya itu, lapisan bronzenya juga mempermudah suara bass untuk keluar lebih dalam dan sangat jernih didengar. Sesuai untuk penggunaan harian untuk Anda yang baru saja memulai belajar gitar atau yang sudah profesional.

2. Martin & Co Acoustic M140

Masih dengan Martin & Co. Banyaknya pilihan tingkat ketebalan dan material yang digunakan saat memilih senar terkadang membuat Anda kebingungan. Tetapi, Anda tidak perlu khawatir dengan Martin & Co Acoustic M140 yang merupakan senar bertipe balance ini.

Senar Gitar Akustik Terbaik

Meskipun suara yang dihasilkan bright, Anda tetap bisa mendengar suara beratnya. Tidak hanya dari performance yang seimbang, senar tipe ini juga excellent dari segi harga.

Untuk Anda yang menginginkan senar yang cocok untuk seluruh tipe permainan maupun berbagai jenis musik, kami merekomendasikan senar tipe yang well balanced ini.

Baca juga Pilih Mana: Gitar Akustik Ibanez atau Gitar Akustik Yamaha?

3. D’Addario EZ910 85/15 Bronze

Selanjutnya ada dari D’Addario, merk senar yang cukup populer. Senar EZ910 dari D’Addario ini memiliki campuran 85% tembaga dan 15% timah sehingga suara yang dihasilkan lebih bright dan sangat jernih daripada tipe 80 atau 20.

Senar Gitar Akustik Terbaik

Cocok untuk style permainan yang tipikalnya lebih banyak menekankan suara treble dan sedikit menggunakan bunyi bass. Ketebalan gaugenya yang light cocok untuk tipikal permainan gitar dengan cara dipetik.

Tetapi demikian, tetap dapat digunakan untuk permainan arpeggio. Untuk Anda yang mempunyai grup band, senar ini dapat menjadi pilihan untuk jam session berikutnya. Pilihan yang bagus untuk Anda menginginkan senar gitar akustik terbaik.

4. Elixir Phosphor Bronze Nanoweb Coating

Elixir merupakan salah satu merk yang telah mengeluarkan berbagai senar gitar, termasuk coated string. Senar gitar akustik yang satu ini terbuat dari phosphor bronze dan dilapisi bahan anti karat agar pemakaiannya dapat lebih tahan lama.

Senar Gitar Akustik Terbaik

Untuk resonansinya, tipe senar coated ini mempunyai fitur suara yang lebih kalem dengan nada bright masih tetap terdengar. Senar gitar yang dilapisi Nanoweb umumnya memiliki harga yang relatif mahal. Tetapi, Anda juga tidak perlu sangat sering mengganti senar.

Pilihan tepat untuk Anda yang tidak ingin repot dan menginginkan lebih banyak waktu memetik gitar. Senar ini juga membantu mengurangi decitan akibat gesekan jari untuk menciptakan penampilan yang lebih baik.

5. Senar Gitar Akustik Pyramid

Senar gitar akustik terbaik yang lainnya dari daftar ini adalah Pyramid. Merek senar gitar ini menjadi yang terpopuler di antara para gitaris pemula. Senar gitar akustik merk Pyramid merupakan solusi untuk Anda untuk mencari senar gitar akustik terbaik.

Lihat juga:  5 Headphone Bose Terbaik 2020

Senar Gitar Akustik Pyramid ini menjadi salah satu senar gitar terbaik dikarenakan kualitas yang sangat tinggi. Senar gitar akustik ini juga memiliki suara yang cukup baik untuk dipasangkan di gitar low end.

Senar Gitar Akustik Terbaik

Selain itu juga senar gitar akustik Pyramid ini memiliki kelebihan seperti:

  • Harga Sangat Terjangkau
    Ini adalah faktor utama yang menjadi nilai plus dari senar ini. Bagaimana tidak? Hanya dengan merogoh kocek belasan ribu Anda sudah bisa mendapatkan satu set senar gitar. Maka dari itu, jangan pernah Anda merasa terbebani dengan pengeluaran-pengeluaran Anda untuk merawat gitar.
  • Senar Kuat
    Nah, kelebihan berikutnya yaitu karakteristik senar yang sangat kuat. Dengan begitu, senar tidak akan mudah putus. Tapi jangan salah, meski tampak kuat dan keras sebenarnya senar Pyramid juga memiliki resiko putus yang sangat tinggi.
  • Awet dan Tahan Lama
    Keunggulan berikutnya yang perlu Anda tahu yaitu tingkat keawetan senar. Untuk senar dengan harga ekonomis rasa senar ini sudah cukup untuk memuaskan dari pemakainya mengenai kualitas keawetannya.

6. Ernie Ball Earthwood 80/20 Bronze

Walaupun Ernie Ball dikenal sebagai merek senar gitar terbaik untuk elektrik, namun seri akustik mereka tidak kalah baik kualitasnya. Senar gitar akustik dari Ernie Ball yang satu ini direkomendasikan bagi pemula yang baru menggunakan alat musik gitar.

Senar Gitar Akustik Terbaik

Dan juga belum memutuskan akan menggeluti style permainan atau genre musik tertentu. Dengan ketebalan extra light yang dimilikinya, senar ini menghasilkan suara yang renyah dan jari Anda juga tidak akan mudah terasa sakit saat menekan senar.

Meski harganya yang memang sedikit tinggi namun kualitasnya sudah tidak perlu Anda ragukan lagi. Kualitas terbaik yang akan Anda dapatkan dan juga keawetan juga ketahanan yang sangat cukup bagus, suara yang dihasilkan juga cukup jernih.

7. Orphee RA-37H

Senar gitar akustik lainnya dari Orphee yang kami rekomendasikan adalah RA-37H. Ciri khas senar ini adalah bagian luarnya terbuat dari material phosphor copper yang antioksidansi sehingga Anda tidak perlu harus berganti senar terlalu sering.

Senar Gitar Akustik Terbaik

Dengan demikian, senar akan terus menghasilkan suara yang konsisten. Selain dari lapisan material antioksidansi senar ini juga memiliki karakter timbre (perubahan warna suara) yang dalam dan kuat.

Untuk dapat membunyikan timbre, skill bermain gitar sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, produk ini lebih direkomendasikan untuk senior guitar players. Tetapi jika bagi Anda yang pemula tidak masalah jika ingin mencoba senar ini.

Baca juga rekomendasi Headphone Premium Terbaik

8. Senar Gitar Akustik Fuji

Salah satu brand lama string gitar yang paling populer yaitu adalah ‘fuji’. Brand senar gitar ini memang sudah lama dikenal dan melekat di hati kaum gitaris. Selain karena harganya yang ramah di kantong, senar ini juga memiliki kualitas terbaik yang diberikan oleh Fuji ini.

Senar Gitar Akustik Terbaik

Lalu, apa saja kelebihan dari senar fuji ini? Berikut kelebihannya:

  • Minim Noise
    Sebuah poin penting yang menjadi tolak ukur dari kualitas string yang baik adalah kualitas suara yang dihasilkan. Dimana pada brand fuji ini mampu menampilkan performa suara yang cukup mumpuni. Dimana nada yang dihasilkan bisa nampak terdengar clear dan minim noise.
  • Awet dan Tahan Lama
    Senar fuji juga memiliki kualitas keawetan yang sangat baik. Berdasarkan pengalaman pribadi penulis, senar ini mampu tetap menghasilkan performa seperti saat masih baru pada usia lebih dari tiga bulanan untuk pemakaian wajar setiap hari.
  • Tahan Karat
    Disamping itu fuji juga merupakan brand yang konsisten dalam menghasilkan senar yang tahan karat. Meski terkadang sudah terlihat banyak debu dan kotoran yang menempel di senarnya, senar ini tetap mampu bertahan dari karat untuk setidaknya waktu yang lebih lama.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply