Gadgets

Pilih Mana: Smartwatch Apple vs Samsung

Smartwatch adalah salah satu benda yang kini menjadi cukup terkenal dan sering kita gunakan. Smartwatch memiliki banyak fitur yang tentunya berbeda daripada jam yang selama ini sering kita jumpai dan gunakan. Ada banyak produsen yang mulai memproduksi smartwatch atau jam pintar ini.

Apple dan Samsung merupakan salah satu merk gadget yang mungkin paling sering kita dengar abad ini, selain bersaing dalam membuat smartphone, kini, kedua merk ternama ini pun bersaing dalam membuat produk smartwatch. Nah bagi yang sedang bingung memilih antara smartwatch buatan Apple atau Samsung, yuk simak perbandingan yang sudah ada di bawah!

Smartwatch Apple vs Samsung

 

SmartWatch Apple

Apple merupakan produk ternama yang sudah tidak perlu kita ragukan lagi kualitasnya, ada banyak produk yang dikeluarkan oleh Apple mulai dari smartphone, iPod hingga macbook. Kini, Apple juga mengeluarkan produk jam tangan pintar atau smartwatch. Baca Juga: 9 Smartwatch Murah Terbaik 2019

Smartwatch Apple memiliki banyak series, mulai dari Apple Watch Series 1 hingga yang paling baru adalah Apple Watch Series 5. Setiap series memiliki fitur yang tentunya sedikit ditambahkan. karena Apple selalu memperbarui produknya dan tentu menyempurnakan fitur dalam setiap perilisan series baru.

Apple Watch Series 5 ini merupakan produk yang paling baru dari smartwatch buatan Apple, produk ini diperkenalkan bersamaan dengan rilisnya iPhone 11, yaitu pada september 2019 kemarin.

Kelebihan SmartWatch Apple

Kelebihan SmartWatch Apple yang kali ini akan dibahas adalah kelebihan dari produk smartwach Apple yang terbaru yaitu Apple Watch Series 5.

  • Dilengkapi dengan App Store
    Ya, jam tangan pintar ini bisa digunakan untuk mengunduh beberapa aplikasi dari pihak ketiga yang tersedia di App Store. Aplikasi yang tersedia pun beragam dan dapat dikatakan lebih banyak dibanding yang ada pada produk smartwatch milik Samsung.
  • Memiliki layar dengan fitur always-on
    Fitur ini mungkin merupakan fitur yang paling ditunggu oleh pengguna jam tangan pintar terutama merk Apple. Fitur ini membuat pengguna tidak perlu menggerakkan lagi pergelangan tangan saat akan melihat jam dikarenakan layarnya yang selalu menyala dan memperlihatkan pukul berapa saat ini.
  • Memiliki sensor elektrik detak jantung
    Sama seperti smartwatch samsung, di dalamnya, Apple Watch Series 5 memiliki sensor detak jantung yang merupakan tambahan dari sensor optikal detak jantung pada bagian bawah bodi. Jika detak jantung pengguna terlalu tinggi—atau terlalu rendah—Apple Watch akan memperingatkan sehingga pengguna yang bersangkutan dapat mencari bantuan jika perlu.

Kekurangan SmartWatch Apple

  • Harga yang cukup mahal
    Sudah bukan hal yang mengejutkan bahwa produk yang ditawarkan Apple selalu memiliki harga yang cukup mahal jika dibandingkan dengan harga yang ditawarkan oleh merk lain. Namun dengan fitur yang ditawarkan sebenarnya wajar jika Apple menawarkan harga yang sedikit lebih mahal.
  • Hanya bisa disambungkan dengan sesama perangkat Apple
    Hal ini juga bukan merupakan hal yang mengejutkan lagi bagi pengguna gadget terutama yang sebelumnya sudah menggunakan produk buatan dari Apple. Smartwatch ini tidak bisa disambungkan dengan perangkat selain buatan Apple itu sendiri.Smartwatch Apple vs Samsung
    Contoh dari penyambungan ini adalah dalam penggunaan fitur deteksi detak jantung, pengguna perlu mengaturnya dengan cara membuka aplikasi Apple Watch di iPhone yang pengguna miliki setelah itu buka ‘Apple Watch Saya’, kemudian ketuk Jantung, nyalakan ‘Detak Jantung Tinggi atau Detak Jantung Rendah’, lalu atur ambang detak jantung.
PerbandinganApple Watch Series 5Samsung Galaxy Watch Active 2
Desain Apple Watch juga hadir dengan bodi titanium yang lebih mahal. Untuk Apple Watch pada bagian depannya menampilkan layar sentuh dan juga digital crown untuk menggulir daftar yang lebih panjang.Untuk navigasi, Galaxy Watch Active 2 sudah tidak menggunakan bezel khasnya yang dapat diputar.
AplikasiApple Watch memiliki keunggulan karena di dalam jam tangan pintar ini terdapat App Store sehingga mempermudah untuk mengunduh aplikasi. Untuk Galaxy Watch, Anda tetap bisa mengunduh beberapa aplikasi, namun secara keseluruhan Apple Watch lebih baik karena didukung dengan App Store.
Pelacakan Aktivitas dan Kebugaran Masing-masing dari keduanya memiliki sistem yang berbeda. Apple Watch memiliki tiga cincin yang bisa diisi dengan aktivitas Anda setiap hari sama seperti Galaxy Watch. Keduanya juga akan memberitahu Anda untuk bangun dan bergerak jika Anda duduk terlalu lama.Galaxy Watch lebih unggul dalam mendeteksi latihan secara otomatis, dibutuhkan hanya sekitar 10 menit untuk melacak latihannya, sedangkan Apple Watch Anda perlu memulai secara manual untuk melacak olahraga setiap saat.
Harga Per-Desember 2019 Rp. 6.000.000 - Rp. 14.000.000Rp. 4.000.000 - Rp. 6.000.000
Lihat juga:  8 Laptop 2 in 1 Terbaik 2020

SmartWatch Samsung

Samsung merupakan merk gadget yang mungkin paling sering kita temui. Samsung memiliki banyak produk mulai dari smartphone dengan harga menengah ke bawah hingga yang paling mahal. Samsung juga memiliki produk lain seperti galaxy tab hingga laptop.

Kini samsung pun turut membuat produk jam tangan pintar atau yang biasa kita sebut dengan smartwatch. Ada banyak sekali series smartwatch yang dikeluarkan oleh Samsung. Samsung Galaxy Watch Active 2 kini sering dijadikan perbandingan dengan Apple Watch Series 5 karena sama-sama dirilis pada september 2019 lalu.

Samsung Galaxy Watch Active 2 ini memiliki fitur yang tidak kalah bagus dibanding Apple Watch Series 5, Samsung Galaxy Watch Active 2 merupakan pembaruan dari versi sebelumnya dengan nama produk yang sama yaitu Samsung Galaxy Watch Active.

Kelebihan SmartWatch Samsung

Kelebihan smartwatch Samsung yang akan dibahas kali ini adalah kelebihan dari produk smartwatch yang paling baru yaitu Samsung Galaxy Watch Active 2.

  • Baterai yang tahan lama
    Samsung Galaxy Active 2  ini memiliki daya tahan baterai yang cukup lama yaitu pemakaian selama dua hari. Kelebihan yang satu ini tentu mempermudah kita untuk tidak terus menerus mengisi daya dari jam pintar kesayangan tentunya.
  • Bisa disambungkan baik dengan Android maupun iOS
    Yap, yang satu ini memang jadi kelebihan mencolok dari produk smartwatch produksi dari Samsung dibanding dengan produksi dari Apple. Samsung smartwatch ini bisa dengan mudah disambungkan ke perangkat android lain, bahkan iPhone sekalipun.
  • Dibekali fitur olahraga dan kesehatan
    Galaxy Watch Active 2 ini juga dibekali fitur untuk berolah raga. Pengguna bisa didampingi untuk melakukan olah raga seperti lari, berenang, bersepeda dan berbagai olah raga lainnya yang cukup beragam.Selain aktivitas olah raga, pengguna Galaxy Watch Active 2 juga akan mendapatkan capaian kesehatan harian. Pengguna bisa memantau berapa lama bersepeda atau berjalan, hitung detak jantung, jumlah kalori yang terbakar serta kecepatan rata-rata yang ditempuh sepanjang perjalanan serta pemantau tidur.Smartwatch Apple vs Samsung

Kekurangan SmartWatch Samsung

  • Masih membutuhkan lebih banyak aplikasi dari pihak ketiga lainnya
    Di pasar aplikasinya, Galaxy Store, aplikasi-aplikasi buatan dari pihak ketiga yang tersedia di Samsung Galaxy Watch Active 2 ini masih sangat sedikit. Apalagi dari yang sedikit ini, kebanyakan aplikasi yang tersedia merupakan aplikasi yang berbayar.Ya, Galaxy Store berbeda dengan App Store yang tersedia di Apple Watch yang memiliki cukup banyak aplikasi yang bisa diunduh.
  • Hanya tersedia dalam dua pilihan
    Berbeda dengan Apple Watch Series 5 yang memiliki tiga pilihan bahan yaitu aluminium, stainless steel dan brushed titanium, Samsung Galaxy Watch Active 2 hanya memiliki dua pilihan bahan yaitu aluminium dan stainless steel. Sebenarnya hal ini bukan masalah besar mengingat fitur yang disediakan dari bahan manapun akan tetap sama saja bagusnya.
Apple Watch Series 5Samsung Galaxy Watch Active 2
Kelebihan- Dilengkapi dengan App Store. - Memiliki layar dengan fitur always-on. - Memiliki sensor elektrik detak jantung.- Baterai yang tahan lama. - Bisa disambungkan baik dengan Android maupun iOS. - Dibekali fitur olahraga dan kesehatan.
Kekurangan- Harga yang cukup mahal. - Hanya bisa disambungkan dengan sesama perangkat Apple. - Masih membutuhkan lebih banyak aplikasi dari pihak ketiga lainnya. - Hanya tersedia dalam dua pilihan.

Kesimpulan

Berdasarkan infromasi yang sudah ada di atas, kesimpulan yang bisa kita ambil adalah baik smartwatch dari Apple maupun Samsung memiliki fitur yang tidak jauh berbeda, sama-sama bagus untuk ukuran jam pintar yang ada di era sekarang.

Samsung Galaxy Watch Active 2 cocok untuk kita yang menginginkan jam pintar yang memiliki fitur yang terbilang sangat canggih namun dengan harga yang cukup murah atau masih terjangkau.

Sedangkan smartwatch dari Apple yakni Apple Watch Series 5 lebih cocok untuk kita yang memiliki budget cukup besar dan menginginkan jam pintar dengan desain yang lebih elegan. Pada akhirnya, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing, ya.

Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Smartwatch Apple vs Samsung

VS

Leave a Reply