Perangkat Keras

8 SSD Terbaik 2020

Seiring berkembangnya teknologi, perangkat penyimpanan data pun turut berkembang. Salah satu media penyimpanan yaitu SSD yang memiliki kepanjangan Solid State Drive yang merupakan  media penyimpanan yang menggunakan komponen semacam PCB seperti yang terdapat pada RAM.

Dengan memakai SSD pula bisa mendongkrak performa komputer ataupun laptop jadi lebih cepat proses booting- nya. Untuk kalian yang sedang mencari SSD Terbaik. Jangan khawatir karena di sini, Selera.id telah menyusun daftar SSD terbaik yang akan kalian dapatkan.

SSD Terbaik

Berikut kriteria yang kami gunakan untuk membuat list SSD terbaik:

  • Kecepatan membaca data.
  • Besar kapasitas.
  • Popularitas.
  • Fitur.
  • Daya tampung.
  • Ukuran.

Simak langsung daftarnya:

1. SanDisk SSD Plus 120GB SATA

Rekomendasi pertama SSD terbaik dari merek SanDisk. SSD ini memang memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan SSD dengan besar kapasitas yang sama. Tentu saja, karena performa SSD dari Sandisk ini lebih tinggi dan merek yang lebih dikenal dengan kepercayaan terhadap produk-produk media penyimpanan yang dihasilkan oleh SanDisk.

SSD Terbaik

SSD Sandisk ini akan membuat kecepatan booting yang dimiliki laptop kalian akan jauh lebih cepat. Baik untuk start maupun proses shutdown. Dengan kecepatan pembacaan sampai dengan 520 Mbps dan kecepatan penulisan hingga 400 Mbps. Akan membuat laptop bisa digunakan dengan kecepatan yang tinggi.

SSD ini diproduksi dan desain dengan baik yang membuat ukuran dan berat SSD dibuat seminimal mungkin dan dibuat tanpa memiliki ruang kosong, sehingga SSD ini dapat bertahan terhadap getaran yang akan merusak data pada SSD. Teknologi yang digunakan sendiri adalah tipe SLC. Yang menghasilkan performa SSD jauh lebih baik. Dengan konsumsi daya yang minim akan membuat laptop lebih awet..

Keunggulan Sandisk SSD Plus120GB SATA

  • Dapat mempercepat booting laptop.
  • Kecepatan baca SSD hingga 520 Mbps.
  • Kecepatan baca sampai dengan 400 Mbps.
  • Memiliki ukuran kecil dan bobot yang ringan.

2. Samsung SSD 850 PRO

Samsung merupakan perusahaan teknologi asal Korea Selatan yang pertama kali membekali teknologi TLC NAND. Setelah sukses dengan tipe 840 EVO-nya, Samsung memperkenalkan tipe 850 PRO, yaitu SSD pertama yang menggunakan teknologi 3D NAND. Dengan teknologi ini pengguna dapat menyimpan data lebih cepat.

SSD Terbaik

Dengan kecepatan yang mumpuni, SSD Samsung ini tentu cocok digunakan pekerja industri kreatif, seperti mengedit video, audio, dan foto berkualitas tinggi dalam jumlah banyak. Dilengkapi dengan fitur enchanted endurance yang dimilikinya SSD ini mampu menangani 150 Terabytes Written (TBW) selama penggunaannya. Setara dengan rata-rata penggunaan harian 40 GB write/speed selama 10 tahun.

Baca juga artikel lainnya mengenai rekomendasi microSD Terbaik.

3. SSD WD 120GB GREEN SATA

Dengan performa yang ditingkatkan untuk kebutuhan sehari-hari, SSD WD SATA membuat Anda lebih nyaman dalam menggunakan komputer yang membuat SSD dari WD ini SSD terbaik yang kami rekomendasikan untuk Anda.

Keunggulan yang pertama dari SSD WD ini yaitu, Performa yang dimiliki oleh komputer kalian akan meningkat sehingga melancarkan browsing dan game yang kalian mainkan. SSD ini memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 120GB.

SSD Terbaik

SSD WD ini juga memiliki desain yang kecil dan ringan, SSD ini telah dibuat menggunakan teknologi sehingga SSD akan tahan terhadap berbagai guncangan. Hl tesebut yang akan membantu SSD tidak mudah rusak apabila terjatuh atau terhimpit dengan barang-barang.

SSD ini menggunakan Interface SATA III, yang merupakan versi yang baik untuk saat ini. Selain itu, dengan sertifikasi dari WD berupa F.I.T Lab yang membuktikan kompatibilitas dan keandalannya merupakan standar WD yang paling unggul

SSD WD juga memiliki keperluan daya yang sedikit. Sehingga laptop yang menggunakan SSD ini dapat bertahan lebih lama dari kehabisan daya baterai yang digunakan untuk media penyimpanan. Khusus pada SSD WD, telah disediakan software resmi yang dapat membuat Anda bisa melihat keadaan SSD pada laptop.

4. SSD SOLID STATE DRIVE V-GEN 120GB SATA 3

Selanjutnya ada SSD dari merk V-GeN yang dilengkapi dengan kapasitas penyimpanan besar 120GB. SSD ini juga dbekali dengan teknologi interface SATA 3. Dengan kecepatan baca sampai dengan 510 Mbps dan kecepatan penulisan sampai dengan 410 Mbps. Kecepatan ini akan menunjang laptop Anda menjadi lebih nyaman saat digunakan.

Lihat juga:  Pilih Mana: Razer Mamba Chroma vs Razer Deathadder Elite

SSD Terbaik

Ukuran SSD ]ini cukup kecil yaitu dengan panjang diagonal hanya 2,5in. Selain ukuran yang kecil SSD ini juga memiliki bobot yang sangat ringan akan membuat laptop yang dipasangkan media penyimpanan ini tidak akan terasa berat.

V-GeN sendiri merupakan merek yang sudah terkenal dalam berbagai inovasi-inovasinya. Sehingga V-GeN dapat dengan serius menggunakan chipset Samsung, yang membuat kualitas SSD pastinya lebih terjamin dari segi kualitasnya.

Kelebihan SSD SOLID STATE DRIVE V-GEN 120GB SATA 3:

  • Menggunakan teknologi SATA 3.
  • Kecepatan baca hingga 510 Mbps.
  • Kecepatan tulis hingga 410 Mbps.
  • Ukuran kecil dan bobot ringan.

Baca juga: Pilih Mana: SanDisk atau V-GeN?

5. Crucial MX300

Kami merekomendasikan Crucial MX300 untuk Anda yang mencari SSD terbaik yang cepat dalam proses booting dan shut down komputer, serta loading yang responsif pada penggunaan aplikasi. Bagi Anda yang menuntut kecepatan dalam memproses data, SSD  ini memiliki fitur dynamic write acceleration agar file bisa ditransfer dan disimpan dengan lebih cepat.

SSD Terbaik

SSD ini juga cukup hemat dalam penggunaan energi listrik jika dibandingkan dengan SSD merek lain yang rata-rata membutuhkan 6,8 watt untuk beroperasi, SSD Crucial MX300 ini hanya membutuhkan daya 0,075 watt saja. Itu berarti SSD ini lebih hemat daya 90 kali lipat. Anda juga tidak perlu khawatir karena Crucial memberikan garansi uang kembali apabila SSD rusak dalam waktu 45 hari.

    • Interface : SATA 6 Gbps.
    • Ukuran : 2,5 inci.
    • Ketebalan : 7 mm.
    • Kapasitas : 525 GB.
    • Kecepatan read dan write maksimum : 530MB/s dan 510 MB/s.

6. Transcend SSD 370S 

Merek Transcend SSD 370S merupakan  pilihan yang tepat jika Anda ingin mengupgrade Komputer lama. SSD ini memberikan kinerja cepat, Dilengkapi juga dengan beberapa fitur yang mudah digunakan (termasuk enkripsi), daya tahan dan daya tahan yang kuat, dan memiliki harga yang terjangkau, untuk boot.

SSD Terbaik

SSD Ini juga mendapat kecepatan read maksimum 570 MB per detik dan kecepatan write maksimum 470MB / s. SSD ini sedikit lebih lambat dari Samsung 850 EVO, tetapi masih dijamin untuk memberikan kinerja yang luar biasa.

Selain itu, apa yang kurang dalam kecepatan write itu menekan harganya. 128 GB SSD 370S berharga kurang lebih 1,7 jutaan. Dengan ketahanan getaran dan getaran serta mode daya ultra rendah DevSleep, Anda juga dapat mengandalkan Transcend untuk memberikan respons yang cepat dan mulus sekaligus menghemat daya dan masa pakai baterai laptop.

7. Toshiba OCZ TR150

Toshiba merupakan produsen yang terkenal yang menghasilkan banyak produk berkualitas di berbagai teknologi dan elektronik. Salah satu unggulannya untuk bagian SSD adalah OCZ TR150 yang dilengkapi utility management software, perangkat lunak yang akan membantu Anda mengecek data dan rekomendasi masa pakai SSD. Fitur penting untuk selalu memantau kondisi data yang tersimpan.

SSD Terbaik

Dari segi performanya SSD dari Toshiba ini sangat pas untuk first-time users ataupun bagi yang mencari SSD tambahan. Ragam kapasitas penyimpanannya bervariasi dari yang terkecil sebasar 120 GB sampai yang paling besar, 960 GB.

8. SSD KINGSTON A400 120GB 2.5″ SATA 3

Terakhir, yang dapat kami rekomendasikan sebagai SSD terbaik yaitu Kingston. Kingston juga merupakan merek yang terkenal di kalangan produk media penyimpanan. SSD Kingston ini dilengkapi dengan kapasitas 120GB memiliki interface SATA 3. Dengan kecepatan membaca data sampai dengan 500 Mbps dan kecepatan dalam menulis hingga 320 Mbps.

SSD Terbaik

SSD ini dibekali dengan beberapa kelebihan dalam kecepatan start-up yang baik, pemindahan data dan memiliki ketahanan yang bagus. Dengan ukuran yang kecil dan ringan dapat membantu meringankan laptop yang Anda gunakan .

Meskipun SSD ini memiliki teknologi TLC yang merupakan teknologi yang paling rendah yang dimiliki oleh SSD, tetap saja SSD ini menggunakan interface terbaik sehingga memiliki performa yang baik pula. Oleh karenanya, SSD ini memiliki harga yang cukup menguras kantong..

Keunggulan SSD KINGSTON A400 120GB 2.5″ SATA 3:

  • Menggunakan interface SATA III.
  • Kecepatan membaca sampai dengan 500 Mbps.
  • Kecepatan dalam menulis hingga 320 Mbps.
  • Kemampuan start-up dan pemindahan data yang baik.
  • Ketahanan yang bagus.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply