AksesorisBeautyFashion

Pilih Mana: Platinum atau Perak?

Perhiasan merupakan salah satu jenis aksesoris yang memiliki keindahan dan kecantikan khas. Sesuai dengan namanya, perhiasan dapat membuat penampilan menjadi lebih cantik, elegan dan modis. Berdasarkan bentuknya, perhiasan yang umum ditemukan yaitu, cincin, kalung, gelang dan anting.

Peminat dari perhiasan semakin hari semakin meningkat, membuat beberapa produsen perhiasan mengambil inisiatif untuk memproduksi perhiasan dari material lain selain emas. Material yang sering digunakan sebagai pengganti emas adalah platinum dan perak. Baca Juga: Pilih Mana: Emas Putih atau Kuning?

Kedua material pembuat perhiasan ini tak kalah menarik, berbeda dengan emas yang menghasilkan perhiasan berwarna kuning, dua material ini akan membuat perhiasan yang mempunyai warna putih berkilau.

Platinum dan perak memiliki warna yang sangat mirip. Meski warna yang dihasilkan sama, kedua material ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk mengetahui lebih lanjut, mari simak penjelasan di bawah ini!

Tentang Platinum

Platinum atau platina merupakan salah satu jenis logam mulia yang langka. Untuk mendapatkan platinum harus melewati proses pengerukan kerak bumi dengan kelimpahan sekitar 5 μg/kg. Harga platinum lebih mahal jika dibandingkan dengan emas, hal ini dipengaruhi oleh kepadatan yang dimiliki platinum.

Logam platinum dikenal sebagai material yang memakan biaya produksi besar ketika dibuat menjadi perhiasan. Hal ini disebabkan oleh kepadatan dan struktur keras dari platinum. Jika dibandingkan dengan logam lainnya, platinum memiliki titik lebur sebesar 3214 derajat fahrenheit. Angka yang tinggi ini menandakan bahwa platinum membutuhkan peralatan yang canggih untuk mencapai suhu tinggi tersebut.

Kelebihan Platinum

Meski pembuatannya terlihat rumit dan susah, Platinum mempunyai berbagai kelebihan yang dapat membuat perhiasan terlihat cantik dan menarik.

1.  Lebih Berkilau dan Indah

Tak dapat dipungkiri jika perhiasan yang menggunakan bahan platinum akan membuat penampilan menjadi indah. Hal ini dikarenakan perhiasan akan memancarkan kilauan putih yang menawan. Kilauan ini berasal dari bahan platinum itu sendiri tanpa memerlukan campuran bahan lainnya.

2.  Perawatan yang Mudah

Merawat perhiasan ini juga tergolong mudah, Anda hanya perlu mengelap perhiasan dengan menggunakan kain lembut untuk menjaga warna dari perhiasan tetap bercahaya dan berkilau.

3.  Warna Tidak Mudah Pudar

Perhiasan yang menggunakan bahan ini tidak akan mudah berubah warna atau pudar, menjadikan perhiasan akan lebih tahan lama dan dapat digunakan tanpa takut warna perhiasan akan luntur.

Kekurangan Platinum

Material ini terlihat sempurna, namun platinum tentunya memiliki kekurangan. Berikut penjelasannya.

1.  Sulit Dibentuk

Seperti yang diketahui bahwa material ini memiliki struktur yang padat dan keras, menjadikan platinum akan sulit dibentuk. Selain struktur, platinum juga memiliki titik lebur yang tinggi, menjadikan pembuatan platinum lebih rumit.

2.  Lebih Berat

Karena struktur platinum lebih padat dan keras, menjadikan perhiasan menggunakan bahan ini akan memiliki bobot yang lebih berat daripada logam mulia lainnya. Tentunya akan membuat pengguna tidak nyaman ketika dipakai untuk pertama kali.

Tentang Perak

Perak juga merupakan salah satu logam mulia yang dapat dijadikan sebagai perhiasan, baik cincin, kalung, gelang dan anting. Harga beli dari perhiasan yang menggunakan perak juga lebih terjangkau dibandingkan bahan utama perhiasan lainnya.

Lihat juga:  Pilih Mana: Tas Eiger atau Tas Bodypack?

Perak sering digunakan sebagai bahan perhiasan pengganti emas. Dengan harga yang lebih terjangkau, perak dapat menjadi salah satu barang investasi paling berharga dan banyak diminati. Perak juga dapat membuat perhiasan yang mudah untuk dipadukan dengan berbagai jenis penampilan.

Kelebihan Perak

Sebagai bahan pengganti emas, perak tentunya memiliki berbagai kelebihan. Berikut penjelasannya.

1.  Desain yang Unik

Perhiasan dengan menggunakan bahan perak tentunya akan memiliki berbagai desain yang unik dan bervariasi. Hal ini dikarenakan tekstur dan struktur dari perak yang lembut serta lunak akan memudahkan dalam membentuk perhiasan.

2.  Cocok Dilapisi Material Apapun

Warna perhiasan yang dihasilkan dengan bahan perak ini memiliki perpaduan warna abu-abu dan putih. Hal ini akan membuat perhiasan dari perak akan cocok dipadupadankan dengan bermacam warna dari batu permata.

3.  Harga yang Terjangkau

Dibandingkan logam mulia lainnya, perak memiliki harga yang lebih terjangkau dan ekonomis. Tak heran jika perhiasan dari material ini banyak diminati oleh masyarakat luas.

Kekurangan Perak

Walaupun harga yang dimiliki terjangkau, perak juga tidak terlepas dari kekurangannya. Berikut penjelasan mengenai kekurangan perak.

1.  Warna Lapisan Mudah Pudar

Perhiasan dari perak sering kali dilapisi dengan logam lain untuk mengubah warna perak menjadi warna lain, seperti kuning keemasan. Meski perak dapat dengan mudah ditutup menggunakan bahan apapun, tapi lapisan ini akan mudah hilang. Warna lapisan yang mudah hilang ini akan membuat kecantikan dari perhiasan perak berkurang. 

2.  Daya Tahan yang Buruk

Kekurangan lainnya dari perak ini adalah daya tahan perhiasan yang tidak dapat bertahan lama. Perhiasan akan mudah pudar, kusam bahkan menghitam jika digunakan secara terus menerus. Hal ini dikarenakan sifat alami dari perak yang mudah bereaksi dengan bahan kimia lain.

Pilih Mana: Platinum atau Perak?

Keterangan PlatinumPerak
Kelebihan - Lebih Berkilau dan Indah - Perawatan yang Mudah - Warna Tidak Mudah Pudar- Desain yang Unik - Cocok Dilapisi Material Apapun - Harga yang Terjangkau
Kekurangan - Sulit Dibentuk - Lebih Berat- Warna Lapisan Mudah Pudar - Daya Tahan yang Buruk

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, terlihat jelas kelebihan dan kekurangan dari kedua material perhiasan ini. Dapat disimpulkan bahwa platinum akan membuat perhiasan lebih indah dan memiliki daya tahan yang tinggi, meskipun perhiasan ini lebih mahal dan variannya yang tidak banyak.

Sedangkan perak memiliki berbagai varian bentuk perhiasan yang unik dan dapat dibeli dengan harga terjangkau tapi perhiasan ini tidak memiliki daya tahan yang lama. Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Platinum atau Perak

VS